Daftar Review Buku 2021 part 1

Daftar Review Buku 2021 blog beningpertiwi.com ini jadi daftar review yang pertama. Pada tahun lalu, sebenarnya aku punya rencana ikut Goodreads Challenge untuk membaca 20 judul buku. Ya artinya tiap bulan rata-rata ada dua judul buku yang harusnya kubaca. Tapi kenyataannya, tidak seperti itu.

Target membaca yang aku susun, tidak terealisasi sesuai rencana. Ada aja yang terjadi. Ada aja suatu hal yang membuatku gagal menyelesaikan target ini. Bukan salah targetnya sih. Tapi kayaknya aku aja yang memang belum berhasil mengelola waktu dengan baik.

Daftar Review Buku

Nah, meski target membaca (dan mengulas serta upload buku di blog) tidak sesuai rencana, tapi kali ini aku membagikan daftar ulasan buku apa aja yang sudah kubaca pada 2021. Here we go!

Review Tujuh Pelajaran Singkat Fisika

Awalnya, beli buku ini karena trend. Selanjutnya tertarik karena judulnya mengandung unsur fisika, bidang yang kutekuni belakangan ini. Dan ya, akhirnya buku ini pun berhasil diulas.

Tujuah Pelajaran singkat Fisika membahas beberapa hal tentang fisika yang berkaitan erat dengan kehidupan. Buku ini adalah buku non fiksi yang berisi esai. Seperti judulnya, karena ini pelajaran singkat, tiap esai pun ditulis singkat oleh sang penulis. Meski aku butuh lebih dari sekali untuk membacanya, tapi menyenangkan bisa membaca tentang fisika, dengan cara yang lebih mudah.

Review Astrofisika untuk Orang Sibuk

Beli buku ini sepaket dengan Tujuh Pelajaran Singkat Fisika. Trend dan fisika. Kalau pada buku sebelumnya yang dibahas relatif umum, maka di buku ini yang dibahas lebih khusus, tentang astrofisika.

review buku astrofisika untuk orang sibuk

Sebenarnya, judul aslinya tidak benar-benar mengatakan ‘orang sibuk’. Tetapi di Indonesia memang diterjemahkan demikian. Dibanding buku sebelumnya, buku ini sedikit ‘lebih berat’, jadi bacanya butuh waktu lebih lama.

Review Novel A Moment to Decide

Novel islami yang bahas tentang Kpop juga. Waktu buat fotonya, warna salemnya ternyata cocok dengan warna merah beberapa pernak-pernik yang kususun. Jadinya cantik fotonya.

review novel moment to decide

Isinya sendiri membahas tentang kehidupan remaja, Kpop, sampai pernikahan. Agak rumit untuk usia remaja, sebenarnya. Tapi masih cukup enak dibaca sampai akhir kok.

Review Novel Ayah, Aku Rindu

Awalnya, aku buat ulasan buku ini untuk ikut lomba review buku di salah satu penerbit. Dan ini jadi buku pertama yang kuulas. Mengusung tema tentang ayah.

review buku ayah aku rindu

Dan seperti kutulis dalam ulasan bukunya, sang penulis ini adalah jagonya membuat cerita sedih. Iya, sedih beneran. Karena bukan hanya ‘rindu’ yang dibahas dalam buku ini. Lebih dari itu. Baca buku dan ulasannya sendiri aja ya.

Review Novel Petualangan Tiga Hari

Masih dalam rangka ikut lomba, ini jadi novel kedua yang aku buat ulasannya. Covernya menarik dengan karakter remaja dan warna salem yang kalem, tapi bagus waktu dibuat foto.

review buku petualangan tiga hari

Yang tidak kusangka, tokoh utama novel ini ternyata remaja awal usia 12-13 tahun. Berbeda dari novel lainnnya. Dan yang lebih menarik lagi, novel ini membahas tentang sebuah kampung dan gugusan kepulauan terpencil di salah satu wilayah Indonesia. Kalau tidak baca novel ini, mungkin aku tidak akan pernah tahu kalau pulau itu ada.

Review Novel Mitomania Sudut Pandang

Buku berikutnya ini masih membahas tema remaja. Saat membaca judulnya, ‘Mitomania’, sejujurnya aku tidak mengerti maksudnya, meski di belakangnya ada keterangan ‘sudut pandang’.

review buku mitomania sudut pandang

Dan akhirnya aku baru memahami maksud si penulis setelah selesai membaca bukunya. Buku ini mengingatkanku pada movie korea ‘4th Period Mistery’, tentang kisah kejahatan yang terungkap dalam satu hari. Sebuah sudut pandang unik dihadirkan dalam novel ini. Endingnya, jelas tidak terduga.

Review Novel Mencari Jejak Caraka

Caraka atau Raka adalah karakter utama dalam novel ini. Dengan setting tempat di sekolah, novel ini jadi mirip juga dengan Mitomania, meski yang dibahas hal berbeda.

review buku mencari jejak caraka

Dengan alur maju-mundur, dan penceritaan dari lebih satu sudut pandang, membaca novel ini butuh waktu dan perhatian khusus. Pokoknya, harus focus dan bisa selesai membacanya. Kalau berhenti terlalu lama, keburu lupa alur ceritanya.

Review Novel Deal With Mr Celebrity

Novel ini aku dapat dari salah seorang wattpad author yang kukenal di Instagram. Dan sebenarnya, ini novel keduanya yang aku bahas. Diangkat dari cerita wattpad, novel ini membawa pembaca mengikuti dunia selebriti yang tidak melulu hitam dan putih.

review buku deal with mr celebrity

Dan kalau boleh jujur, ulasan novel ini adalah salah satu yang paling laris di blog beningpertiwi.com. Bahkan kalau memasukkan kata kuncinya di google, maka artikelku yang berada di atas cerita aslinya di wattpad.

Review Novel Pasukan Matahari

Sebenarnya, punya novel ini agak lama. Cuma memang baru sempat buat ulasan buku-nya belum lama ini.

review buku pasukan matahari

Dan yang membuatku agak terkejut, karena ulasan novel ini jadi salah satu artikel populer juga di blog-ku. Di google sendiri (masih) masuk pejwan. Sebuah hal yang Ajaib, mengingat sebenarnya aku menulisnya dalam waktu yang sangat singkat.

Penutup

Oke, itu tadi Sembilan daftar review buku tahun 2021 yang sudah kubuat. Tapi ini baru bagian pertama ya. Karena bagian kedua akan kuposting pekan depan. Sengaja dibuat dua postinga, demi Kesehatan mata dan jiwa, hehe. Selamat membaca dan sampai jumpa di tulisan lainnya.

2 komentar:

   
  1. Gimana ya,

    Aku tahun ini baca 5 buku. Nggak ada yg kelar semua.

    Baca 10-15 halaman pertama atau 1 chapter abis itu nggak dilanjut semua.

    Apa ya tipis tipisnya supaya bisa baca buku 1 sampai selesai? Apa karena nggak menarik ya.

    Aku nonton drakor atau anime eps 01 kalo menarik bisa habis satu season 2 atau 3 hari doang.

    Mohon bantuannya kaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca yg tipis2 aja, komik misalnya
      dan cari buku yg menarik
      kalau drakor sama anime, jangan ditanya lah ya

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.