Tips Menemukan Review Buku Terbaik

Daftar Isi [Tampil]
    Buku itu ibarat makanan. Ada makanan yang cocok di lidah seseorang, kadang tidak cocok di lidah orang lain. Harus sesuai dengan selera. Begitu pula dengan buku, ada penikmatnya masing-masing. Dari semua buku yang saat ini banyak beredar, bagaimana caranya menemukan harta karun berupa buku yang tepat? Karena itulah, review buku penting keberadaannya.

    menemukan review buku terbaik

    Review buku ibarat peta, yang jadi panduan menemukan buku yang sesuai selera kita. Ibarat kompas, review buku bisa membantu menemukan arah, menunjukkan kelebihan dan kekurangan buku. Nantinya, ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk memutuskan akan membaca suatu buku atau tidak. Untuk memutuskan untuk membeli suatu buku atau tidak.

    Tips Menemukan Review Buku Terbaik Sesuai Selera

    Berikut beberapa tips yang bisa panduan menemukan review buku terbaik:

    #1 Pahami Selera Bacaan

    Kalau mau mencari review buku yang cocok, maka kita perlu memahami terlebih dahulu selera bacaan kita. Mana yang lebih disukai, fiksi atau non fiksi. Mana genre yang mau dicari, fantasi, romantis, misteri, fiksi ilmiah, dan lan-lain. Semakin sempit jenis buku yang mau dicari, maka akan makin mudah menemukan review buku yang cocok.

    #2 Baca Berbagai Review Buku dan Terbuka dengan Genre Baru

    Jika ingin menemukan review buku yang cocok, maka kita perlu membaca berbagai macam review buku. Dengan membaca review buku berbeda-beda, dari beragam reviewer maupuan beragai sumber, maka kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan lebih objektif dari sebuah buku.

    Selain itu, kita juga perlu terbuka dengan genre baru. Tidak menutup kemungkinan, penulis yang sama menulis buku lain yang berbeda genre. Pun seorang reviewer kadang tidak hanya menggunakan satu gaya saat menulis reviewnya.

    #3 Cek Poin-poin Penting Review Buku

    Pada artikel sebelumnya, sudah banyak dibahas tentang review buku bagus dan tips menulis review buku menarik, nah ini saatnya mengaplikasikannya. Kita bisa mengecek poin-poin penting pada review buku untuk mencari review buku yang menarik.

    - Cek Ringkasan Cerita

    Pada bagian awal review buku, bisa kita cek dulu ringkasan cerita atau sinopsis buku. Apakah ringkasan ceritanya memberikan gambaran jelas tentang alur cerita? Apakah ringkasan ceritanya memberikan spoiler?

    - Kelebihan dan Kekurangan Buku

    Apakah pada review buku dibahas dengan jelas kelebihan serta kekurangan buku?

    - Gaya Bahasa dan Penulisan

    Apakah pada review buku yang dibuat dibahas juga tentang gaya bahasa dan penulisan si penulis?

    - Pendapat Pribadi Penulis Review

    Bagaimana pendapat pribadi reviewer terhadap buku itu? Apakah reviewer menyukai buku tersebut dan merekomendasikannya pada orang lain?

    #4 Sesuaikan dengan Kebutuhan

    Review buku terbaik, adalah review buku yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya. Jika kita sedang membutuhkan buku fiksi, maka cari review buku fiksi dari penulis review yang banyak menulis tentang buku fiksi. Jika mencari review buku non fiksi, bisa dicari dari situs atau penulis yang terbiasa menulis review non fiksi.

    #5 Manfaatkan Berbagai Sumber

    Sumber review buku yang menarik bisa didapat melalui sumber daring maupun luring. Pastikan sumbernya adalah sumber yang terpercaya dan kredibel. Cek juga kredibilitas sumber review buku tersebut. Berikut beberapa sumber review bukunya:

    - Situs Web Tentang Buku

    Ada banyak situs web yang membahas tentang buku. Kita bisa mencari ulasan berbagai buku dari situs ini, seperti: Goodreads, Perpusnas, Gramedia, dan lain-lain.

    - Media Sosial Pereview Buku

    Banyak influencer dan pemilik media sosial yang secara rutin mengulas tentang buku. seperti di blog, Instagram, Youtube dan platform lainnya.

    - Komunitas Pecinta Buku

    Komunitas pencinta buku ada yang daring dan luring. Kalau bergabung di komunitas ini, kita bisa punya teman diskusi tentang buku dan bisa mendapatkan rekomendasi buku ataupun review buku yang menarik.

    - Perpustakaan

    Siapa bilang perpustakaan sudah tidak laku. Justru di tempat inilah kita bisa mendapatkan berbagai rekomendasi buku atau review buku

    - Toko Buku

    Kalau mau lihat rekomendasi buku menarik, atau menunjukkan review buku spesifik, kita juga bisa datang ke toko buku.

    #6 Gunakan Kata Kunci Spesifik Dan Filter yang Sesuai

    Kalau kita mencari review buku di media daring, maka gunakan kata kunci spesifik agar semakin relevan hasil pencarian yang dihasilkan.

    Selain itu, kita juga bisa melakukan filter hasil pencarian berdasarkan genre, penulis, tanggal publikasi dan peringkatnya.

    #7 Cek Portofolio dan Biografi Pereview Buku

    Pertimbangan pemilihan review buku juga bisa didasarkan pada track record pereviewnya. Kita bisa mengecek portofolio dan biografi pereview buku untuk menentukan kualitas reviewnya. 

    review buku terbaik

    Pereview yang sudah punya banyak portofolio atau sudah banyak mengulas buku, biasanya memiliki hasil review yang lebih baik, menarik dan bisa menilai dari berbagai sudut pandang berbeda.

    #8 Tanggal Publikasi Review Buku

    Tanggal publikasi review buku juga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih review buku yang sesuai. Review buku yang dipublikasikan makin baru, lebih update dan berisi informasi yang lebih kekinian.

    Penutup

    Demikian tadi beberapa tips memilih review buku terbaik. Review buku bisa dijadikan peta untuk memilih buku yang tepat juga. Jadi, kita juga perlu memilih review buku sesuai kebutuhan.
    Dan bagi kamu yang mau tahu lebih detail lagi tentang identitas buku perlu ditulis pada review buku, cek artikel selanjutnya ya.   

    26 komentar:

       
    1. Aku biasanya baca review buku di goodreads sih dan so far bagus karena review yg spoiler ending bakal disembunyikan Ama pihak goodreads wkwkwk. Atau baca short review di app Ipusnas.

      BalasHapus
    2. Kalau saya sukanya fiksi. dari fiksi anak sampai fiksi dewasa. Dan saya sukanya ganre misteri dan detektif. Dan saya sukanya mencari langsung di toko buku. Biasanya kan ada buku contoh. Jadi saya bisa membaca bab awal dulu. Terutama buku penulis yang baru saya baca untuk pertama kali.

      BalasHapus
    3. Terima kasih tipsnya. Memang sebaiknya baca review dari web yang kompeten yah. Aku juga suka cari di Goodreads sih. Sukanya misteri kalau aku...

      BalasHapus
    4. Kalau ngomongin soal buku, pasti inget banget dulu sering ngendon di perpus or toko buku sekadar lihat-lihat cover buku yang bagus. Asyik rasanya

      BalasHapus
    5. Baca review buku bikin penasaran sama bukunya. Jadi pengen baca juga. Biasanya saya baca review buku lewat blog.

      BalasHapus
    6. Omong-omong review, aku paling kesel sama orang yang mengulas buku dengan gaya menghina-dina, bahkan penulisnya pun dihina-hina.

      BalasHapus
    7. Sudah lama sekali tidak menulis rsensi buku! Dulu lumayan sering dan memang jujur susah sekali ya menulis resensi buku itu!

      BalasHapus
    8. Nah iya, kalau pas bukunya terbit terus gak lama kemudian kita review asik ya, karena bener² fresh from the oven. Updatenya berasa.

      BalasHapus
    9. Betul, saya biasanya juga membaca reviewnya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli bukunya.

      BalasHapus
    10. Untuk mendapatkan bacaan berkualitas saya juga biasanya melihat review nya dulu. Kalau bagus dan pendapat reviewer masuk akal saya pertimbangkan
      Betul, jangan sampai merasa dibohongi atau tidak sesuai fakta antara buku pas kita baca dengan review-nya

      BalasHapus
    11. Nice! Kalo mau beli buku, jangan cuma lihat dari judulnya aja. Better, memang kudu lihat ripyu orang² dulu. Takutnya malah kena zonk.

      BalasHapus
    12. Tips yang bagus, penting banget untuk baca-baca review dulu sebelum memutuskan membeli buku, jadi setidaknya kita tahu buku tersebut worth it to buy nggak dari pengalaman orang yang telah membacanya

      BalasHapus
    13. Aku jg tipe baca review produk, termasuk buku hrs dr berbagai sumber. Ini buat penguat sih kalo buku yg ingin kubeli tuh emg layak dibaca dan aku cari.

      Ibarat makan, kita ingin ada nutrisi bgs buat otak. Kalo ga th isinya ya ngapain beli. Gitu kan?

      BalasHapus
    14. Portofolio dari perivew buku ini juga penting ya. Berarti sebelum kita memutuskan untuk menjadi periview buku ini kita harus bisa membangun portofolio kita dengan bagus.

      BalasHapus
    15. useful banget tipsnya mba, saya termasuk orang yang suka bingung kalau mau review buku mau ambil sudut mana yang direviewnya atau susunannya, dan membaca tipsnya mba jadi ngasih ide gitu

      BalasHapus
    16. Thank you tips-tipsnya, kakak. Memang benar, untuk membaca review buku sebaiknya dari sumber yang kompeten. Sama seperti yang lainnya, aku pun suka baca review di Goodreads.

      BalasHapus
    17. Aku nih, termasuk yang sering terlewat untuk memperhatikan portofolio dari per-review buku yang sedang masuk wishlist aku. Hanya saja, sejujurnya aku malah nggak mudah terpengaruh sama review buku sih. Orang lain bilang nggak bagus, bisa jadi pas aku baca malah asik. Kadang orang lain bilang bukunya bagus banget, pas aku baca ternyata nggak sesuai selera. Memang harus memahami selera sendiri dulu sih ya, baru mencari reviewer yang satu selera baru bisa mempercayai hasil ulasannya.

      BalasHapus
    18. Pentingnya memahami selera bacaan kita sendiri dan terbuka terhadap genre baru membuat proses mencari review yang relevan jauh lebih mudah. Selain itu, memanfaatkan berbagai sumber seperti situs web tentang buku, media sosial, komunitas buku, perpustakaan, dan toko buku juga memberikan variasi yang kaya akan opsi. Dengan menggunakan kata kunci spesifik dan memfilter hasil pencarian, kita bisa lebih tepat dalam menemukan review buku yang memberikan gambaran yang komprehensif sebelum memutuskan untuk membaca sebuah buku.

      BalasHapus
    19. jadi ingat istilah, buku akan menemukan jodohnya sendiri-sendiri...boleh nih mba rekomendasi reviewer buku yang oke menurut mba bening

      BalasHapus
    20. Salut banget untuk yang bisa konsisten dengan membaca dan menulis review buku.
      Karena memang selain membutuhkan waktu juga membutuhkan mood selera membaca buku dengan genre tertentu. Bener siih, kalau lagi mood A, kudu bacanya yang relate dengan mood tersebut.

      BalasHapus
    21. dulu tuh ada goodreads. jadi aku tuh bener-bener kalau mau beli buku atau nyari review buku patokannya di goodreads. btw sekarang masih ada ga ya? dan masih ada ga yang nulis review di sana ya

      BalasHapus
    22. Nge review buku paling enak itu review buku yang gemre nya benar-benar kita suka. Karena makin nyaman dalam mereview. Makin mudah, dapat feelnya

      BalasHapus
    23. Aku suka banget bacain review buku, soalnya bikin penasaran dan pengen ikutan baca juga. Genre buku teka teki, misteri atau pemecahan masalah tuh adalah genre yang paling aku suka.

      BalasHapus
    24. Saya sudah punya beberapa akun review buku yang saya sukai, salah satunya akun di Instagram. Selain tampilan gambarnya yang estetik, mereka dapat mengolah kata yang terbatas di IG dengan ulasan yang to the poin namun pesan dari reviewnya sangat bisa tersampaikan, which is I Like it

      BalasHapus
    25. Biografi pereview juga penting ya untuk diketahui. Supaya kita bisa mempertimbangkan, dia reviewer terpercaya atau gak. Supaya kita bisa dapat insight yang baik.

      BalasHapus
    26. Jujurly beberapa kali sebelum membeli buku saya baca dulu reviewnya yang beredar, jika sreg saya lanjutkan beli, jika ga sreg ya ga beli

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.