Menulis Review Buku Antologi Puisi

Daftar Isi [Tampil]
    Puisi adalah salah satu jenis karya non fiksi. Puisi umumnya tidak terlalu panjang. Bisa satu atau beberapa halaman saja. Tapi, apakah ada buku puisi? Mungkin lebih tepat kalau namanya kumpulan puisi atau antologi puisi.

    menulis review buku antologi puisi

    Buku antologi puisi adalah kumpulan dari banyak puisi yang dibukukan. Ada kalanya berasal dari satu penulis saja. Tetapi kadang antologi puisi berasal dari beberapa penulis. Puisi yang tergabung dalam antologi puisi dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti tema yang sama, gaya penulisan yang sama atau tujuan yang sama.

    Hal-hal yang Perlu Dicantumkan dalam Review Buku Antologi Puisi

    Mengulas atau meresensi buku antologi puisi hampir sama seperti mengulas buku pada umumnya. Tetapi kita perlu untuk menulis review buku lebih kreatif agar menarik minat pembaca. Ada beberapa hal yang wajib dicantumkan dalam review buku antologi puisi, yakni:

    #1 Informasi Umum

    Informasi umum ini sama seperti buku pada umumnya, meliputi judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, ISBN, ketebalan, harga buku dan informasi penting lainnya. Apabila antologi yang direview berasal dari beberapa penulis berbeda, maka kita bisa mencantumkan salah satu penulis saja (biasanya namanya ditulis paling awal) dan kawan-kawan. Nanti bisa dibahas lagi lebih detail pada isi review buku.

    #2 Isi Review Buku Antologi Puisi

    Untuk dapat menulis review buku antologi puisi, maka kita harus paham benar unsur-unsur dan ciri khas puisi. Puisi adalah jenis karya sastra yang berbeda dengan tulisan lainnya. 

    isi review buku antologi puisi

    Berikut beberapa hal penting dalam isi review buku antologi puisi:

    Pendahuluan

    Pendahuluan berisi informasi singat tentang buku, misalnya siapa saja penulisnya, penerbitnya hingga tahun terbit. Kita bisa juga mengambil sedikit cuplikan puisi untuk menarik perhatian pembaca.

    Biografi Penulis

    Pada buku antologi puisi yang berasal dari satu penulis, kita bisa membahas biografinya terlebih dahulu. Misal dibahas latar belakangnya, karya yang lain serta penghargaan yang pernah diraih.

    Tapi jika buku antologi puisi berasal dari banyak penulis, akan kesulitan jika harus dibahas semua. Bisa dituliskan saja nama penulisnya dan hal-hal yang menjadi kesamaan para penulis ini. Misal satu komunitas, memiliki latar belakang yang sama atau punya tujuan yang sama saat membuat antologi puisi.

    Sinopsis, Tema dan Gaya Penulisan

    Sinopsis pada buku antologi puisi berbeda dengan buku non fiksi lainnya. Sinopsis di sini hanya berupa ringkasan saja. Bisa dibahas karena buku puisi ini memiliki puisi-puisi dengan tema yang sama atau gaya penulisan yang sama.

    Analisis Puisi

    Kita bisa memilih satu puisi untuk jadi contoh dan dibahas. Tapi bisa juga memilih beberapa puisi untuk dibahas. Kita bisa membahas hal-hal yang menarik dari puisi tadi. Jika memilih beberapa puisi, kita juga bisa membandingkan satu puisi dengan puisi lainnya.

    Untuk dapat menganalisis buku antologi puisi, sebaiknya penulis review buku paham betul tentang puisi. Baik karakternya, ciri-cirinya hingga keterampilan kebahasaan lainnya. Bahkan bisa juga membahas suatu puisi dihubungkan dengan si penulisnya.

    Kekuatan dan Kelemahan Buku

    Kalau sudah dibahas tentang puisinya, maka kita tinggal menuliskan saja hal-hal yang menjadi kekuatan atau kelemahan buku antologi puisi itu secara umum.

    Kesimpulan

    Setelah semuanya dibahas, saat membuat kesimpulan. Kesimpulan bisa berisi pertimbangan atau penilaian apakah buku itu layak baca atau tidak. Apakah kita akan merekomendasikan buku itu pada orang lain atau tidak. Apakah ada buku pembanding lainnya atau tidak, dan sebagainya.

    Langkah-langkah Menulis Review Buku Antologi Puisi

    #1 Memilih dan Membaca Buku Antologi Puisi Secara Keseluruhan

    Saat akan membuat review buku non fiksi informatif, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih buku yang tepat. Kita bisa memilih karena temanya yang menarik, penulisnya yang terkenal, sesuai selera, dan berbagai alasan lainnya.

    memilih dan membaca buku antologi puisi

    Setelahnya baru dibaca secara keseluruhan. Hati-hati membaca buku antologi puisi. Karena apa yang ditulis, belum tentu sama dengan maksud yang ingin disampaikan penulisnya. Jangan lupa tandai juga hal-hal menarik untuk melengkapi review buku nantinya.

    #2 Menganalisis Isi Buku Antologi Puisi

    Saat menganalisis isi buku antologi puisi, kita bisa berpedoman pada hal-hal yang perlu ada pada isi review buk antologi puisi. Dimulai dari pendahuluan hingga kesimpulan.

    Pada bagian analisis ini, kita bisa membahas juga mengenai tema buku antologi, gaya bahasa yang digunakan oleh penulisnya, makna puisi yang ingin disampaikan hingga kesatuan antologi.

    Kisa bisa memilih salah satu atau beberapa puisi untuk dianalisi dan dipahami maknanya. Lalu buat kesimpulan berupa hubungan atau keterkaitan antara satu puisi dengan puisi lainnya.

    #3 Mencari Informasi Tambahan (Jika Diperlukan)

    Informasi tambahan di sini maksudnya adalah informasi yang mendukung review buku. Seperti latar belakang penulisnya, karya mereka yang lain, informasi terkait penerbitnya dan bisa juga kritik dari penulis review buku yang lain.

    Kita bisa membandingkannya dengan isi review buku yang kita susun. Ini bukan untuk dijiplak, tetapi dijadikan sudut pandang berbeda.

    #4 Menulis Review Buku Antologi Puisi

    Menulis review buku antologi puisi dimulai dari judul. Judul sebaiknya dibuat semenarik mungkin tetapi tepat informatif. Lalu dilanjutkan seperti yang sudah ada pada hal-hal yang perlu ada pada review buku antologi puisi, seperti identitas buku, pendahuluan, isi review buku hingga kesimpulan.

    #5 Edit Sebelum Diterbitkan

    Sebelum diterbitkan atau dipublikasikan, baiknya review buku yang sudah dibuat dicek lagi dan lagi. Kita bisa memeriksa apakah ada typo atau tidak, dan memastikan tata bahasanya bagus dan tepat. Pastikan review buku yang kita buat terstruktur dengan rapi dan mudah dipahami.

    Kadang kita juga bisa minta orang lain untuk ikut mengedit atau memberikan pandangannya terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

    Penutup

    Untuk membuat review buku antologi puisi yang baik, kita perlu memahami benar isi buku itu dan mengerti tentang puisi. Kita perlu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Jangan menggunakan bahasa akademis yang rumit, yang justru membuat orang malas membaca.

    Pendapat pribadi pada review buku antologi puisi perlu juga disebutkan. Lalu kita bisa membandingkannya dengan antologi lain atau karya penulis lainnya. Ingat, review buku tidak perlu terlalu panjang, asal sudah lengkap, informatif dan menarik. Cara review buku singkat yang informatif lebih menarik perhatian pembaca daripada review buku panjang yang membosankan. 

    Menulis review buku adalah salah satu cara mengekspresikan diri pembaca. Nah, tapi bagaimana jika ternyata buku yang kita baca tidak sesuai ekspektasi? Padahal kita perlu tetap menulis review buku. Kalau begitu, kamu perlu simak tulisan berikutnya tentang Menulis Review Buku Tidak Sesuai Ekspektasi. Sampai jumpa pada tulisan lainnya.

    35 komentar:

       
    1. Sampai saat ini, saya belum pernah mereview buku puisi atau antologi puisi, Mbak. Karena memang terkadang apa yang kita baca, berbeda maksudnya. Apalagi puisi itu banyak makna yang tersembunyi dan kata kiasan juga. Namun saya suka penggunaan kata-kata yang indah.

      BalasHapus
    2. Memang nggak mudah sih menulis buku antologi. Soalnya, ada beragam judul didalamnya. Sehingga, kadang kita bingung soal gimana ya harus menuliskan reviewnya.

      BalasHapus
    3. Menulis review buku antologi puisi menurut bayangan saya agak sulit ya. Tetapi jadi tercerahkan berkat artikel ini. Terima kasih banyak

      BalasHapus
    4. Pernah baca review di sebuah blog dan rasanya gemessss sekali karena sampai akhir dia tidak menyebut judul dan penerbit buku tersebut. Padahal itu info dasar.

      BalasHapus
    5. Menurut saya, tidak mudah memahami sebuah puisi. Itulah kenapa saya kurang tertarik dengan buku-buku antologi puisi. But it's ok, artikel ini bisa jadi referensi suatu hari ini. Thanks for sharing :)

      BalasHapus
    6. Pernah ikutan menulis untuk antologi puisi, agak sesuatu karena memahami puisi memang gak mudah. Apalagi urusan bikin resensinya yang riweh

      BalasHapus
    7. Untuk membuat review buku antologi puisi yang baik, kita perlu memahami benar isi buku itu dan mengerti tentang puisi.

      nah itu, kalau memang suka dengan puisi, aku yakin kalau mau review jadi lebih mudah. Soalnya udah paham bakal gimana ya kak.

      BalasHapus
    8. Kalau misalkan salah satu penulis antologi itu masih ada, bahkan bisa dihubungi di wa atau sosmed nya baik gak sih kalau kita wawancara juga tanya tanya seputar karya puisi nya gitu?

      BalasHapus
    9. Dulu saya pernah punya blog yang didedikasikan khusus untuk mereview buku, dan jujur, itu sama sekali nggak mudah. Apalagi untuk mereview buku puisi ya... terima kasih tipsnya, mbak

      BalasHapus
    10. Wah kebetulan pengen banget bikin tulisan review buku antalogi, dan pas nemu artikel ini, bisa banget dan bermanfaat buat aku untuk mempermudah nulis artikel review buku antalogi

      BalasHapus
    11. Aku pernah bikin buki puisi bareg teman-teman tapi belum pernah coba nulis review sih. Baru tahu juga tata caranya lewat artikel ini

      BalasHapus
    12. Saya masih belum bisa menikmati puisi. Dari zaman sekolah sampai sekarang. Puisi lebih sulit dipahami menurut saya

      BalasHapus
    13. Kalau menulis buku antologi, saya sudah punya beberapa pengalaman
      Tapi kalau buku antologi puisi belum pernah
      Menarik juga sepertinya untuk menulis buku antologi puisi

      BalasHapus
    14. Pernah dulu diminta mereview buku antologi, aku ya agak kebingungan ketika harus menyebutkan bagian biografi penulisnya. Dulu itu 100 penulis dengan 100 cerita dalam satu buku. Gak mungkin nama penulisnya ditulis semua dalam review. Akhirnya fokus review-nya per cerita yang paling menarik saja sih. Tapi ya tetap jadi agak gak enak sendiri juga, karena kesannya jadi subyektif sekali

      BalasHapus
    15. Udah lama juga nih nggak baca dan bikin puisi. Sekali² juga boleh ah bikin review antologi puisi yg ditulis bareng temen² berapa tahun lalu, xixixi..

      BalasHapus
    16. Menulis review buku antologi puisi bisa menjadi tugas yang menantang namun menyenangkan. Di satu sisi, kita perlu memahami dan menganalisis kumpulan puisi yang beragam. Di sisi lain, kita juga harus mampu menyampaikan pemikiran dan interpretasimu dengan cara yang menarik dan informatif.

      BalasHapus
    17. Keren banget kak bikin antologi puisi brg teman. Jujur, peminatnya ini ga bnyk sih tp yg seneng puisi tuh royal bgt kl nemu karya yg bgs. Smg penikmat antologi puisi mkn banyak ya kak.

      BalasHapus
    18. Betul sekali. Untuk membuat review buku antologi puisi yang baik, perlu memahami isi buku itu dan mengerti tentang puisi secara menyeluruh. Perlunya menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Sehingga memudahkan pembaca memahami review yang kita buat.

      BalasHapus
    19. Belum pernah mencoba review buku antologi puisi, karena kalau mau review buku puisi tentu harus paham isi puisinya sedangkan aku kurang suka membaca puisi,

      BalasHapus
    20. Iih saya tidak ngerti blas dengan yang namanya puisi. Bingung menterjemahkannya😅. Apalagi untuk mereviu, jelas belum pernah.

      Tapi mirip-mirip ga caranya dengan mereviu buku lainnya

      BalasHapus
    21. wah kalau soal puisi ini, memang ya harus paham betul jadi bisa luas ngebahasnya

      BalasHapus
    22. Aku pernah ikutan nulis buku antologi, tapi bukan puisiii. Ternyata puisi juga bisa yahh dijadiin buku antologi. Jadi kangen deh buat nulis bareng lagi hehehe.

      BalasHapus
    23. Bahasa puisi kan kadang pakai bahasa yang puitis atau metafora gitu yaa mba, bagaimana cara menerjemahkannya dalam review ya agar tepat seperti yang ingin disampaikan penulisnya?

      BalasHapus
    24. Membuat review buku itu memang harus benar benar mamahami isi dari buku tersebut. Kalo misal antologi puisi susah susah gampang sih buat mengutarakan apa yang telah dibaca hehe

      BalasHapus
    25. Gak mudah ya mereview antologi puisi, berbeda pastinya dengan mereview buku biasa pada umumnya. Karena pasti dalam 1 buku cenderung penulis akan banyak sekali, kemudian kita harus memaknai setiap puisi. Buatku pasti berat sih, sudut pandang kita kadang kala tidak sama dengan maksud dari si penulis..

      BalasHapus
    26. Gak mudah ya mereview antologi puisi, berbeda pastinya dengan mereview buku biasa pada umumnya. Karena pasti dalam 1 buku cenderung penulis akan banyak sekali, kemudian kita harus memaknai setiap puisi. Buatku pasti berat sih, sudut pandang kita kadang kala tidak sama dengan maksud dari si penulis..

      BalasHapus
    27. Oke berarti untuk menulis review buku antologi puisi itu bisa dimulai dengan menuliskan informasi umum, isi review yang dimulai dari pendahuluan sampai ke kesimpulannya kak. Noted, aku catat langkah-langkah dari sini

      BalasHapus
    28. Menarik nih. Menulis resensi buku sudah beberapa kali dilakukan, kalau resensi antologi pusi belum pernah coba. Bismillah, tulisan ini bisa jadi guidanceku untuk nulis resensi antologi puisi anakku. Jazakillah, Mbak...

      BalasHapus
    29. Kekuatan dan kelemahan buku itu loh yang wajib dicantumkan kalau lagi baca buku termasuk antalogi puisi. Jadi pembuatnya bisa bebenah diri

      BalasHapus
    30. wah udah lama banget rasanya nggak baca tentang bahasan antologi puisi. dulu aku suka banget, bahkan sering ikutan lomba antologi puisi kalau ada yang adain. menulis reviewnya yang pasti harus baca dan pasti kita punya interpretasi sendiri sih yaa

      BalasHapus
    31. Lama nih kategori review buku di blog saya tidak terisi. Apa nulis review buku antologi puisi aja ya, kan udah dapat ilmua dari Kak Bening. Nanti bukunya baca di iPusnas.

      BalasHapus
    32. Menulis review buku memang membutuhkan proses yang panjang dan berulang untuk bisa menghasilkan hasil review yang tidak panjang namun mengena dan memiliki kekuatan yang mempengaruhi pembaca

      BalasHapus
    33. Saya kalau mereview antologi puisi belum pernah, tapi kalau ikut serta dalam antologi puisi pernah. Tapi kok malu ya baca puisisku zaman dulu wwkwkwkwk

      BalasHapus
    34. jadi teringat tugas jaman sekolah dulu, disuruh guru buat review buku antologi puisi yang ada di perpus sekolah, lumayan menguras pikiran hehe

      BalasHapus
    35. Panduan yang lengkap banget nih buat yang mau nge-review buku antologi puisi! Jadi jelas langkah-langkahnya dari awal sampe akhir. Suka banget sama tipsnya yang ngasih penekanan buat pake bahasa yang ramah dan gampang dipahami, jadi bener-bener bikin pembaca nyaman.

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.