Kelas Optimasi SEO: Belajar dari Nol

Kelas optimasi SEO kali ini benar-benar membuatku pegal-pegal. Berawal dari ‘rasa’ nyasar hingga maju mundur mau lanjut atau tidak. Tapi sudah telanjur di sini, rasanya sayang kalau harus mundur tanpa ada usaha. Minimal, usaha dulu lah ya. Soal hasil, belakangan.

Sebenarnya, apa sih SEO ini? SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Sederhananya, SEO adalah upaya-upaya yang perlu dilakukan agar blog mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. 

Awal kelas ini adalah story IG dari blogger asal Surabaya yang kuikuti, mbak Vicky Laurentina. Dia menyebutkan soal kelas optimasi SEO dan menawarkan followernya kalau mau ikut. Setelah kuketuk DM-nya, ternyata direspon dan aku diberi link pendaftaran.

kelas optimasi SEO

Seperti kelas-kelas lainnya, aku mendaftar saja. Toh tidak ada salahnya menambah ilmu soal blog yang memang tidak pernah usang. Masalahnya, kelas kali ini berbeda dari kelas biasanya. Efek yang kualami dari secuil mengikuti kelas: sakit kepala, leher kaku, gemas, kepo, hingga kuota internet yang membengkak.

Memangnya ini kelas optimasi SEO apa sih sebenarnya?


Kelas Optimasi SEO dari BRT Network

Setelah melakukan pendaftaran lewat form, tidak langsung masuk kelas. Sempat terpikir: ah enggak lolos nih, kayaknya. Atau salah masukkan info ya?’ Tapi selang beberapa hari setelahnya, aku pun diundang masuk kelas di grup whatsapp.

Ada sekitar 90 orang di grup ini. Dari sekian banyak orang, hanya ada dua yang kukenali. Pertama, mbak Vicky yang materinya pernah kuikuti di kelas Personal Branding untuk Blogger. Kedua, seorang teman blogger dari komunitas lain. Admin ataupun coach-nya tidak ada yang kukenali.

Dari informasinya, kelas ini direncanakan sekitar sebulan. Ada jadwal materi, tugas serta evaluasi yang dibagikan di grup juga. Dan masalahnya, kalau tidak menyelesaikan tugas, hukumannya kick dari grup. Baru masuk grup udah dibuat merinding sedap, haha


Mengintip Isi Kelas Gratis BRT Network

Kalau tadi sudah bahas sedikit tentang SEO, nah ada lagi nih BRT. Jadi, BRT adalah singkatan dari Blog Ruang Tunggu. Kalau dari blog resminya, BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama. 

Untuk kenalan lebih jauh, cek langsung ke websitenya ya. 

struktur dasar materi optimasi SEO
Hingga tulisan ini dibuat, baru dua (atau tiga?) materi dan tugas diberikan. Tulisan ini adalah tugas ketiga. Dan akan ada materi lebih banyak lagi nantinya. Tugas dari kelas yang sudah kukerjakan yakni:

1. Memeriksa ssl blog

Semua penghuni kelas ini punya domain TLD. Maka, ssl jadi hal yang penting. Domainku ini baru akan berusia setahun pekan depan. Tapi dari materi di kelas lain, ssl sudah kupastikan jadi hal wajib yang nempel pada domainku.

2. Cek Struktur Blog untuk Optimasi SEO

Dari cek struktur blog ini aku kenal dengan ekstensi Meta SEO Inspector. Pertama kali dipasang dan cek blog, ada 6 tanda merah di blog-ku. Tugas peserta kelas, adalah membenahi masalah-masalah ini. Dari judul, bahasa, dan masih banyak lagi.

3. Pasang Google Analytic (GA) dan Google Search Console (GSC)

Dari kelas-kelas blog sebelumnya, aku belajar dua hal ini. Sayangnya, keduanya nganggur alias tidak terpakai, lantaran aku melewatkan beberapa hal. Di kelas blog BRT ini, aku terpaksa membongkar dua hal ini (lagi).


Belajar Ngeblog dari Awal Lagi

Dunia blog sebenarnya bukan hal terlalu baru bagiku. Kebanyakan isi blogku tentang buku, cinta, kehidupan, dan kopi. Blog pertamaku ada sejak 2011. Sempat berkutat dengan blogspot, sebelum akhirnya beralih ke wordpress. Tapi saat itu, ada partner yang mengurusi html dan teman-temannya. Hasilnya, kemampuanku jauh dari standar.

belajar html optimasi SEO bersama BRT

Blog itu bertahan hingga sekitar 2017, sebelum akhirnya aku vakum dan tidak memperpanjang domain yang sudah bersamaku sejak 2011. Anehnya, aku tidak kapok dan jajan domain lagi di akhir 2020.

Sejak setahun silam, aku lebih banyak berkutat dengan buku. Karena itulah, blogku kali ini memang secara khusus membahas tentang resensi buku. Meski kadang ada saja alasan sulit menulis. Tapi toh aku tetap bertahan hingga saat ini, karena aku menyukainya. 

Meski tidak banyak, saat itu aku juga belajar soal SEO. Tapi, seperti dikatakan mbak Monica:
ngerjain blog ini PR-nya seumur hidup 
Dan dilanjut mbak Marita:
…beres benerin, algo google berubah lagi. Gitu aja terus. Tapi itulah nikmatnya ngeblog.
Itulah yang kurasakan. Ilmu yang dulu pernah aku dapat, ternyata sudah usang dan mengalami begitu banyak perubahan. Di masa vakumku, aku benar-benar ketinggalan banyak hal. Google enggak peduli soal vakumku ngeblog, dan terus memperbaharui algoritmanya.

1. Menabrak Ngeri Bongkar HTML

Bagiku, yang paling ngeri dari beberes blog adalah bongkar html. Beruntung sekarang aku pengguna blogspot (lagi). Meski sempat berkutat dengan wordrpress, tapi urusan template ini, aku lebih akur dan bersahabat dengan blogspot.

bongkar html optimasi SEO bersama kelas BRT

Kelas ini benar-benar memaksaku untuk berani bongkar html. Tentu dengan peringatan: 
jangan lupa cadangkan template sebelumnya! 
Demi tugas, rasa takut itu kupaksa menyingkir.

Saat awal-awal cek dengan meta SEO Inspector, sempat terpikir untuk ganti template yang lebih bersahabat. Tapi, kupikir lagi, kalau ganti template, maka PR-ku akan makin banyak. Aku harus bongkar dari awal lagi. Akhirnya kuputuskan bertarung dengan template yang ada. Memang sih, belum semua indicator di meta SEO ini hijau alias oke. Masih ada beberapa bagian blog-ku yang harus diperbaiki lagi.

Pengalaman ngeri-ngeri sedap ternyata dialami oleh mbak Novia yang satu grup denganku. Insiden tak terduga karena kebakaran Gedung Cyber beberapa hari silam, membuat blog-nya mendadak tidak biasa diakses.

Ini adalah kelasnya yang kedua di BRT. Tentu beda rasanya dengan kelas yang pertama, karena di kelas kedua ini, mbak Novia punya target jelas: performa blog lebih baik.

Pengalaman ini jadi lecutan bagiku. Situasi tidak terduga bisa saja terjadi. Dan aku harus siap dengan hal itu. Jadi memang harus lebih berani lagi bongkar html. Masalah-masalah yang saat ini masih ada di blog, bisa kok diperbaiki sambil melanjutkan kelas.

2. Sakit Kepala dan Leher Kaku, Padahal Baru Mulai

Awal masuk kelas ini, aku sudah dibuat sakit kepala dan leher kaku. Gimana enggak, baru ditinggal beberapa menit saja, chat sudah puluhan bahkan ratusan. Rasanya benar-benar bikin ngeri, karena untuk nyimak materi dari coach, harus manjat obrolan ke atas. Oke, sabar.

kelas gratis optimasi SEO blogger

Tidak cukup dengan chat yang ratusan, beberapa materi pun harus nyari sendiri. Aku dibuat sulit tidur karena dateline tugas. Belum lagi kekhawatiran ketinggalan materi di grup.

Satu hal yang sangat kusyukuri, coah-nya sabar banget. Mereka tetap menyempatkan waktu untuk membalas pertanyaan-pertanyaan di grup, meski tak henti-hentinya muncul. Totalitas banget ya, salut.

Beruntung di tugas ketiga ini, kami dibuat grup-grup kecil. Setidaknya, dengan anggota grup yang lebih sedikit, maka tidak terlalu banyak tertinggal materi. Dan satu lagi, kawan di grup kecil ini, berasa jadi kawan seperjuangan.

Kalau kata mbak Sakifah yang satu kelompok denganku, bingung baca materi+chat kalau telat buka grup. Jadi harus pinter cari teman buat privat ngikuti materinya. Setelah belajar dan berusaha baca di grup pastinya ya.

Peran grup kecil ini memang sangat terasa bagiku, berasa kelas privat. Sama seperti target yang diinginkan mbak Sakifah, aku juga berharap bisa mengikuti kelas ini sampai akhir, semoga bisa.

Kesimpulan: Arti Kelas Optimasi SEO dari BRT Buatku

Kelas optimasi SEO Blog ini belum selesai. Masih ada sekitar tiga pekan lagi ke depan yang harus aku siapkan. Belum terbayang tugas-tugas seperti yang menunggu nantinya. Pengetahuan soal SEO-ku yang sudah usang, memaksaku belajar dari nol lagi di kelas blog BRT ini.

Iseng buka web-nya BRT, nemu artikel yang mengatakan: ‘tidak usah ikut kelas gratisan, karena hanya menyiksa saja’. Aku Cuma bisa ketawa. Apakah ini yang akan kualami nantinya? Capek, kepala sakit, leher kaku, tapi tetap berusaha untuk melanjutkan kelas?

terus belajar ngeblog optimasi SEO lagi

Saat iseng juga, aku cek blog para peserta kelas lainnya yang jauh lebih keren. Dari sini, sempat terpikir, apa aku bisa ya mengikuti kelas ini? Yang lain pengalaman sudah banyak, dan belajar lebih cepat. Sementara aku belajar dengan lambat.

Yang ingin kulakukan sekarang adalah: mengosongkan gelas pikiranku dan memaksa diri belajar dari nol lagi. Asal badan bisa diajak akur, aku akan lanjut. Soal hasil, setidaknya, aku bisa kembali mengisi otakku dengan pengetahuan baru soal blog. Kalau bisa diaplikasikan minimal ke blog sendiri, itu lebih baik lagi. 

Dan tentu, mengisi blog artinya memaksa diri untuk selalu punya alasan menulis dan bisa bangkit serta bisa mengatasi writer block. Yuk ah, jangan nyerah belajar lagi, belajar dari awal lagi dan tidak pelit berbagi ilmu. Sampai jumpa di tulisan lainnya.


119 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih, mas sudah mampir, pokoknya mah enggak boleh menyerah terus berkarya yang terbaik

      Hapus
  2. Semangat mba..Sukses slalu..bagi2 ilmunya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, mas sudah mampir, iya, nih biar ilmunya makin mantep emang harusnya dibagikan ya

      Hapus
  3. Fighting mba ben... Belajar sesuatu yg kita suka seberat apapun akan terasa menyenangkan kok.. πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaa, bener banget. pokoknya kalau udah seneng mah, ya sesusah apapun, ya dijalani aja, pokoknya usaha dulu, hasilnya nanti

      Hapus
  4. Tulisannya bagus Mbak. Terima kasih sudah ebrgabung di kelas SEO. Cetar Mbaknyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. terima kasih juga sudah mampir kesini. semoga bisa berbagi ilmu lainnya juga. pokoknya belajar SEO ini luar biasa deh

      Hapus
  5. Wah beruntung nih bisa ikut kelas SEO dari BRT, semangat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. alhamdulillah bisa ikut. puyengnya juga terasa ini, hehehe

      Hapus
  6. Aaaak mantap beeen. Bsk pas udah lolos kelas pasti lega beudd, siap siap ngilmu baru lagi hahaha #belomjugakelarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh iki, pokokmen selalu update ilmu baru lah, enggak boleh berhenti belajar. iyo po iyo, hehehe

      Hapus
  7. Semangaaaaat...
    Aku kok ikutan mumet 😡

    BalasHapus
    Balasan
    1. ojo melu mumet, pokokmen kan wajib update ilmu baru. belajar enggak ada habisnya

      Hapus
  8. Wihh. Emang selalu bermaanfaat banget artikel-artikelnya Kak Bening. Makasih ya Kak. Semangat teruuus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau bisa bermanfaat ya. yang penting itu, blog selalu terisi dengan tulisan, biar enggak lumutan

      Hapus
  9. Keren Mba Bening. Semangat terus yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat jugat buat dirimu, mutia. belajar itu enggak ada selesainya, lanjut terus tiap ada kesempatan

      Hapus
  10. Kerennya Mbak Bening, Semangat. semoga kita bisa lolos sampai akhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin amin amin
      itu doa yang perlu diaminkan paling sering dan paling keras deh, semangat juga buat mbak sukma

      Hapus
  11. wah semangat ya mbak, moga bisa sampai akhir belajarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin amin amin
      itu doa yang perlu diaminkan paling sering dan paling keras deh, semangat juga buat mbak caca

      Hapus
  12. semangat mba, smoga bisa tercapai goals blogya dgn mengikuti kelas ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, amiiin, amiiin, semoga goalnya mbak juga tercapai ya kali ini

      Hapus
  13. Keren.!
    Semangat-semangatπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan cuma ngasih semangat doang dong, mas. ajarin juga sini lah. kan mumpung enggak jauh-jauh

      Hapus
  14. Semoga sakinah mawadah warahmah..

    Ada yang berubah deh aku lihat:
    - nama blognya
    - description blog
    - favicon
    - warna?

    Kayaknya ini hasil dari bergurunya yah. Bagus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. greeeeeeeey
      kenapa gue nungguin komen elo dari kemarin ya, hahahaha
      dan tengkiu, udah menyadari semua perubahan di blog ini
      sini ngobrol lebih banyak lagi
      perjalanan belajar masih jauh ini
      gue mesti banyak belajar juga sama elo

      Hapus
  15. terdampar di blog ini
    belajar ngeblog itu belajar sepanjang masa
    enggak ada habisnya, selalu ada ilmu baru
    semangat selalu, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget itu
      pokoknya gak boleh berhenti belajar, lanjut terus deh

      Hapus
  16. belajar begini tidak cukup sehari dua hari nih
    harus terus terusan dan pantang menyerah
    semangat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, apalagi saya belajarnya alon-alon banget ini
      kalau enggak maksa, ya enggak bisa

      Hapus
  17. mbaaaaak, kalau udah beres
    nanti gantian ajarin aku ya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tawarannya, belajar bareng aku mau, hehehe
      sini sini mendekat

      Hapus
  18. Html itu makanan apa sih? 🀣 duuh pengen punya semangat belajar kayak Bening

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanan enggak enak, mbak, hehehe
      tapi harus dipelajari
      meski dihindari pun, akan ketemu juga akhirnya

      Hapus
  19. Luar biasa, Mbak Bening, aku serasa ikut pelatihan. Ikut mencicip dan membayangkan turut membongkar-bongkar blog-ku yang masih teramat sangat awam.... Thanks ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada kesempatan, ikut pelatihan aja, pak
      seru seru pusing, tapi asyik, hehe
      pokoknya, ngeblog itu belajar terus

      Hapus
  20. Balasan
    1. Belum diaprove adsense ini, hehe
      Ini masih usaha
      Semoa segera bisa diterima

      Hapus
  21. menarik sekali, terutama yang bongkar html. bagian mana kah yang dibongkar? kapan kapan dibahas dong html sebelum dan sesudah dibongkar. sukses selalu buat bening yang semakin bening ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak ayuuuu
      sini, mbak. aku perlu belajar soal html sama dirimu deh.
      ilmuku masih jauh dari dirimu, hahahaha

      Hapus
  22. Lanjutkan, bagi2 ilmu kaya gini nih perlu apalagi diajari langsung sekalian, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, akh nanang mampir kesini juga
      lebih enak sih belajar gini langsung. belajar html online itu penuh dengan drama dan tantangan

      Hapus
  23. Semangatt bip...bip...belajar html emang sedep sedep asyik yakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum to, kandani og.
      sedep, asyik, ngerasakake mumet bin ngelu
      tapi yo seneng juga sih kalau berhasil
      btw, kalau pas mudik, kabar2 ya. tak mampir, hahahaha

      Hapus
  24. ning, fisika ae wes mumet lho
    kok kamu nambah belajar ini, hahahaha
    sukses selalu lah le sinau

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar merasakan nuansa kuliah dong, hahaha
      dadi kangen solo
      piye iki

      Hapus
  25. aku mencium aroma eldas jaman kuliah di sini
    ben, ben ... kujadi pengen kuliah lagi
    dulu belum sempat belajar html sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup yup
      berasa kuliah online dong
      tapi belajar html kalau ketinggalan or gagal fokus dikit, ya udah berabe deh
      lebih enak kuliah offline, hahahaha

      Hapus
  26. Wah keren. Pengalamannya seru ya. Aku bisa sekalian numpang belajar juga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. seruuuu banget
      sini, sini, merapat, belajar bareng, dapat pengalaman baru juga

      Hapus
  27. semangat ya teman...belajar itu g ada hentinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tengkiuuu sudah mampir
      iyo, betul sekali, belajar itu gak ada hentinya

      Hapus
  28. sukses selalu bu ben...kalo perlu kopi...tinggal bilang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini bantuin juga boleh, buat ngurang2in puyeng ini
      hahaha

      Hapus
  29. semangat teruuus bu ben...kalo perlu kopi tinggal bilang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas masih semangat lah
      jadi, kapan mau ngopi?

      Hapus
  30. "Sakit Kepala dan Leher Kaku, Padahal Baru Mulai", nanti kalo udah biasa mah dah g sakit sakit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya .... bagusnya sih enggak dibiasakan begini juga
      harus bisa bagi waktu, biar enggak perlu mengalami sakit kepala dan leher kaku, hehe

      Hapus
  31. manteb bening, awet biyen selalu semangat dan terus semangat untuk selalu belajar.... sukses kawan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tengkiuuuuu sudah mampir 😁
      Selama masih bisa, belajar lanjut terus lah

      Hapus
  32. Wiiiiw... Wiiiiiw...
    Semangaaaaat...
    Fisika ae wis mumet lho... Ditambah i yg begini. ��

    BalasHapus
  33. Kakaaaaaak...
    aku mendukungmu belajar lagi yang begini
    semangat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaaap
      Kakak akan semangat selalu
      Big hug 🀭

      Hapus
  34. Lanjutkaaaaan...
    Aq tim baca2 artikel jadi aja. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca dulu nggak apa2
      habis ini ikutan belaja juga boleh kok

      Hapus
  35. Mantap mba bening...Diem orangnya..beeeuh tulisannya kerend...sukses terus mbaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kayaknya kenal nih yang komentar
      terima kasih, dari meja sebelah, hehehe

      Hapus
  36. Kerend mba bening..sukses selalu..cemungut cemunguut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, terima kasih,
      semangat juga
      kayaknya saya yg perlu belajar bikin video juga deh

      Hapus
  37. Aku mumet baca istilah2nya wkwk. Berharap ada penjelasan yang lebih panjang dari istilah2 di atas, tapi yaqueen aku bakalan tambah mumet nek dijelaske lebih panjang.
    Kamu keren bip semangat belajarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aja mumet, hahahaha
      baca aja, sekadar buat pengetahuan, gak perlu mendalami juga gak apa2 kok

      Hapus
  38. ikutan kelas BRT Network ini banyak banget pengalaman yang didapet ya mba, seneng bisa nimba ilmu disini. Saatnya blogger optimasi SEO biar nambah traffic juga ya. Semangat mudah-mudahan kita lulus bareng ya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mbak. saatnya blogger belajar dan nambah traffic
      kali aja ada tujuan pribadi lain, hehehe

      Hapus
  39. Semangat terus mbak bening..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak mega
      terima kasih sudah mampir
      kapan-kapan kopdar, ada banyak yang perlu diobrolin nih

      Hapus
  40. Waow.... Semangat terus Mba Bening... Terus berkarya... Keep fighting πŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  41. Wah ikut kelas BRT dan program SEO. LUAR BIASAH...

    demi kenyamanan pembaca yg awam, please di awal diedukasi dong tentang istilah2 itu. Pembaca awam biasanya malas mencari informasi tentang SEO dan BRT. Mbok menowo pembaca awam tersebut tertarik, kan bisa juga latihan ngeblog.πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas D ... hahahaha
      akhirnya nemu komentar gini, terima kasih sarannya
      iyo, tak tambahi deh artikelku, biar lebih enak di mata

      Hapus
    2. wah kalau belajar soal SEO ini siap-siap fokus dan mumeet. SEO tuh tekniknya luas banget ya Mba, apalagi kalo pengen mendalami sampe kerak-keraknya

      Hapus
  42. Hadir mbak Bening. Jadi pengin ngeblog lagi kayak dulu nich.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok, mas ngeblog lagi
      ramaikan kembali dunia blogger dan kepenulisan

      Hapus
  43. SEO emang ilmu yang jarang orang tau. Dan sepertinya emang butuh juga aku-nya. Makasih ya. Infonya nambah wawasan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau enggak yang terjun langsung, emang masih jarang yang tahu
      sebenarnya, semua orang butuh. bukan hanya blog sih
      kesini aja deh, kita ketemuan dan ngobrol lebih banyak lagi

      Hapus
  44. Balasan
    1. amin amin amiiin
      terima kasih pak CH, sudah mampir kesini

      Hapus
  45. Mba Bening emang keren ih.... rajin pula... patut diteladani iniiiih... semoga sukses ya mbaaa ngeblog dan optimasi SEO nya makin yahud aamiin yeeaaaayyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok, mbak, merapat kesini. belajar bareng-bareng
      nulis bareng, biar makin rame blognya, hehehe

      Hapus
  46. Kelasnya pasti seru nih, aq juga pernah ikut kelasnya BRT dan materinya daging banget jadi mbaknya harus semangat ya biar bisa lulus dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah alumni BRT juga.
      Bener banget, mbak, materinya daging semua.
      Bener2 sayang kalau sampai terlewat πŸ˜‚

      Hapus
  47. Mantep mbak,jadi nambah ilmu

    Semangat terus mbak Ben☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo, ki, Wi.
      Harus nambah ilmu terus, gak boleh berhenti belajar pokoknya

      Hapus
  48. Keren, terus semangat menulis ya Bening. Duh aku kapan yak nulis lagi. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok nulis lagi, hehehe
      kamu juga keren, konsisten di jalur blog
      tapi kalau bosen, boleh kok balik nulis lagi

      Hapus
  49. Wah, berasa sekolah lagi, ya. Tapi, yakin deh, semakin banyak yang dipelajari, pasti hasilnya juga semakin mantap. Apalagi, didukung dengan praktik ngerjain tugas. Semangat, Mbak! ^^

    BalasHapus
  50. Mental block adalah monster yang harus dihadapi oleh semua penulis, mau amati ataupun profesional. Kalau sudah ketemu monster yamg satu ini, beraat πŸ˜…

    BalasHapus
  51. Saya juga lebih familiar dengan blogspot. Bdw Kak, ubah html blogspot masuk ke menu mana ya? Saya agak bingung dengan tampilannya yang baru ini. Oya, selamat belajar di BRT. Materinya keren ya

    BalasHapus
  52. Beruntungnya bisa ikutan, moga next aku juga bisa nyusul ikut yaah. Biar blognya jadi nambah bagus lagi hehe

    BalasHapus
  53. WordPress juga uprek html? Wow mantap sekali kak. Baca ini aku jadi mulai paham harus ngapain aja kalau ikut kelas SEO BRT. Moga lancar ya kak

    BalasHapus
  54. Wah sedih banget ga sempet join, padahal isi materinya daging bergizi semua nih. Semangat belajar nya ya mba, boleh kah one day kita sharing? Hehehe

    BalasHapus
  55. aku pernah ikut kelas BRT batch sebelumnya, dan auto pusing emang yaa ngurusin HTML dan coding2 itu, belum ngerti blas, ngoreksinya dimana, karena tiap blog dengan template beda2 juga sistem dan tata letak codingnya beda, kebayanggg rasa nyut nyut annya mbaaa

    BalasHapus
  56. Duhhh uprek2 html yg ternyata iimunya sepanjang hidup ya mba, pusing" gimana gitu... Wkwkw sesama blogspot bleh aku belajar breng mba, abissnya keren materinya daging bangett mba, semoga aku bisa pas waktunya dan ikut kelas kece yg satu ini...

    BalasHapus
  57. Semoga aman sampai akhir yaa.. Aku pernah ikut kelas BRT ini bulan Juni lalu. Hampir pingsan memang, tapi DA langsung naik. :)

    BalasHapus
  58. alhamdulillah ya bisa ikut kelas seo BRT, semoga lancar sampai akhir ya kak

    BalasHapus
  59. Bener kak kalau ganti template maka ngoprek blognya malah lebih sesuatu. Soalnya daku begitu, haha. Pokoknya semangat ngeblognya ya, sukses belajarnya

    BalasHapus
  60. Mantap Kak ilmunya. Semoga semakin sukses ya ke depannya bersama blognya. Semangaaat.

    BalasHapus
  61. Si setia penulis... Kakaku satu ini di tengah malam terdengar selalu tuts keyboard... Pasti karya terbaik yang dihasilkan... Sukses terus mba berkaahh πŸ’œ

    BalasHapus
  62. Gimana mbak? Apakah benar menyiksa? Wkwkwk.. udah bertahan sampai akhir mantapp bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin setia sama fres***re ini, mbak
      mantap lah pokoknya, emejing
      sama sekali enggak terduga

      Hapus
  63. Wuihhhhh, mantabbbb belajar SEO di BRT nih kak. Ah pengen jago juga deh jadinya hehhe. Semangatttt for us

    BalasHapus
  64. Biar kelas gratis tapi ilmunya daging semua ya mba^^ pusing dikit terbayarkan setelahnya hehehe....

    BalasHapus
  65. Ikut kelas BRT memang kudu siap mental, jiwa tenaga dan pikiran, ya. Kalau gak fokus, ketinggalan sampai ratusan chat yang bergizi dari para mentornya.

    Btw, tetep semangat ya, Mbak.. semoga bisa menyerap ilmunya dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneeeeer banget. harus siap jiwa raga ini mah
      meleng dikit aja, udah ketinggalan
      tapi emang luar biasa sih, isinya daging semua

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.