Tujuh Alasan Kamu Perlu Membuat Resensi Buku

Ketika sebuah buku sudah dilempar ke pasaran, maka apa yang terjadi setelahnya tergantung pasar. Hmmm ... ada yang setuju dengan pernyataan ini? Membuat dan memberikan penilaian terhadap suatu karya bukanlah hal baru sih sebenarnya. Sudah sejak lama, hal itu dilakukan oleh banyak orang. Bagaimana dengan buku? Ojelas dong, akan ada juga orang yang membuat dan memberikan penilaian terhadap buku. Nah mereka ini yang dapat disebut ‘pereview’ atau ‘peresensi’, artinya orang yang membuat review atau ulasan atau resensi buku. 
 
buku diresensi

Eh tapi kamu pernah enggak sih, bertanya sebenarnya apa alasan resensi perlu dibuat? Kalau belum, cek tulisan di bawah ya. 

Baca juga Review Novel Petualangan Tiga Hari

 

Untuk Memperpanjang Ingatan

Salah satu cara terbaik untuk mengingat sesuatu adalah dengan mencatatnya. Nah membuat resensi berarti mencatat apa saja yang ada dalam buku. Otak manusia didesain dengan kapasitas besar. Tetapi tidak setiap informasi yang masuk ke otak manusia akan bertahan di sana. Oleh karena itu, resensi perlu dilakukan dalam rangka memperpanjang ingatan. Kalau kamu lupa isi buku yang pernah kamu baca, kamu bisa kok cek resensi yang pernah kamu buat tanpa harus membaca ulang keseluruhan isi buku. Etapi nih, bukan berarti enggak boleh baca ulang ya. Maksudnya, kalau waktu kamu tidak banyak, maka resensi bisa membantu kamu untuk mengingat kembali isi buku dalam waktu singkat.

Meningkatkan Pemahaman Terhadap Isi Buku

Apakah meresensi atau mereview buku hanya mencatat isinya saja? Jelas enggak dong. Dalam resensi, kamu membaca kritis dan melakukan pencatatan isi buku secara kritis pula. Ini akan membantu kamu meningkatkan pemahaman terhadap isi buku. Kamu bisa membandingkan isi suatu buku dengan buku lain yang memiliki tema sama. Kamu bisa mendapatkan informasi baru pada suatu buku yang tidak kamu temukan pada buku lain. Kamu bahkan bisa menemukan banyak hal tidak terduga dari suatu buku. Hmmm, apa ya? 

Baca juga Review Novel Ayah, Aku Rindu

 

Meningkatkan Kemampuan Merangkai Kalimat

Menulis adalah kelanjutan dari membaca. Dengan membaca secara kritis lalu menuliskan ulang resensi secara kritis pula, maka secara tidak langsung kamu juga bisa meningkatkan kemampuanmu dalam merangkai kalimat. Kan enggak lucu ya, mana ada peresensi Cuma membaca dan mencatat tanpa menuliskan ulang dengan gaya tulisannya sendiri.

Membantu Orang Lain

Ada yang berpikir kalau resensi bisa membantu orang lain? Yup, betul sekali. Resensi yang kamu buat dan dipublikasikan bisa membantu orang lain yang ingin mengetahui secara ringkas terlebih dahulu isi suatu buku sebelum membelinya. Loh, penting loh ini. Masa mau beli buku tapi enggak tahu isinya. Iya kalau isinya sesuai dengan harapan. Kalau ternyata isinya tidak sesuai harapan, kan sayang tuh. Loh, kan ada bagian belakang buku, yang berisi ringkasan isi buku? Betul sekali. Memang ada bagian belakang buku yang berisi ringkasan isi buku. Nah kehadiran resensi ini membantu ringkasan isi buku ini. Resensi membantu calon pembaca untuk menentukan akan membaca buku tersebut atau tidak. 

Baca juga Review Novel A Momen to Decide

 

Mendukung Karya Penulis

Eh tahu kan kalau menulis resensi juga merupakan salah satu cara mendukung karya penulis? Betul sekali. Dengan adanya resensi atau ulasan yang dipublikasikan, maka buku karya penulis akan dikenal lebih luas. Orang yang berniat membaca dan membeli akan semakin yakin setelah membaca resensi yang kamu buat. Nah, gimana, asyik kan?

Bisa dapat Buku Gratis

Eh beneran ini? Beneran dong. Kamu bisa membuat resensi lalu mengirimkannya ke media cetak atau media online. Nah setelahnya, kamu tinggal kirimkan bukti terbit ini pada penerbit. Bisa dalam bentuk email atau surat. Sejumlah penerbit akan dengan senang hati memberikanmu satu atau bahkan dua buku baru sebagai bentuk apresiasi. Dan malah bisa kamu jadikan bahan resensi baru. Seru kan? 

Baca juga Review Astrofisika untuk Orang Sibuk

 

Membuat Review/Resensi dapat Menghasilkan Uang

Loh kan udah dapat buku gratis, masih bisa dapat uang juga? Jika biasanya yang memberikan buku gratis adalah penerbit, maka yang memberikan uang sebagai bentuk apresiasi resensi adalah media tempat resensi kamu dimuat. Kan lumayan tuh, dapat buku gratis dan dapat uang juga. 

resensi dibayar

 Eh tapi ada cara lain nih biar resensi kamu juga menghasilkan uang. Kamu juga bisa ikutan lomba resensi. Beberapa penerbit juga menyelenggarakan lomba resensi atas buku-buku mereka. Kalau resensi kamu menang nih, kan bisa dapat hadiah juga. 

Baca juga Review Tujuh Pelajaran Singkat Fisika

Nah itu tadi tujuh alasan kamu perlu membuat review atau resensi buku. Jadi, mana nih yang menurut kamu paling kamu banget? Share di komen di bawah ya.

Tujuh Alasan Kamu Perlu Membuat Resensi Buku Tujuh Alasan Kamu Perlu Membuat Resensi Buku Reviewed by Bening Pertiwi on April 20, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.