Menulis Review Buku di Google Play Book

Daftar Isi [Tampil]
    Bisa membaca buku kapan saja dan di mana saja tanpa harus membawa buku fisiknya, memang jadi salah satu kenikmatan masa kini. Dengan modal ponsel pintar saja, kita bisa menjelajah dunia dari sebuah layar kecil. Baca buku jadi makin praktis dengan aplikasi Google Play Buku. Kalau sudah baca, pasti ingin tulis review buku-nya juga kan?

    review buku di Google Play Book dan Audiobook

    Sebenarnya, menulis review buku yang dibaca dari Google Play Book sama sih dengan menulis review buku biasanya. Ditulis lalu diposting deh di blog. Tapi, bagaimana kalau menulis review buku juga di aplikasinya?

    Apa itu Google Play Books dan Audiobooks

    Btw, sebelum lanjut, ini bukan iklan ya. Dan ini juga bukan tulisan endorse. Ini murni aku ingin berbagi pengalaman saja membaca dari aplikasi di ponsel pintar.

    Google Play Book atau dalam bahasa Indonesia menjadi Google Play Buku adalah aplikasi buku elektronik atau ebook yang disediakan oleh Google. Dulunya, aplikasi ini bernama Google eBook. Konsumen dapat membeli dan mengunduh berbagai buku elektronik pada aplikasi ini, baik eBook maupun Audiobook. Selain itu, pengguna juga dapat mengunggah buku dalam format PDF atau ePUB ke akun penyimpanan Google Play.

    Bagaimana membacanya? Tidak ribet dan tidak perlu aplikasi tambahan. Membaca buku dari Google Play Book bisa dilakukan secara daring atau online, melalui situs penjelajah dengan bantuan JavaScript. Eits, buku juga bisa dibaca secara luring apabila sudah didownload dan tersimpan di perangkat ponsel pintar yang kita miliki.

    Kerjasama Google dengan berbagai penulis dan penerbit memungkinkan mereka mengirim buku-buku mereka ke Google melalui Play Book Partner Centre. Nantinya buku-buku ini tersedia dan dapat dibeli oleh pelanggan. Saat ini, Google Play Book melayani pembelian buku di 65 negara.

    Negara yang melayani pembelian buku melalui Google Play Book adalah: Argentina, Australia, Austria, Belarus, Belgia, Bolivia, Brasil, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Republik Ceko, Denmark, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Guatemala, Honduras, Hong Kong, Hungaria, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Kazakstan, Kirgistan, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Nikaragua, Norwegia, Panama, Paraguay, Peru, Filipina, Polandia, Portugal, Rumania, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, Turki, Ukraina, Britania Raya, Amerika Serikat, Uruguay, Uzbekistan, Venezuela, dan Vietnam.

    Cara menulis Review Buku di Google Play Books dan Audiobooks

    Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan agar dapat menulis review buku di Google Play Books dan Audiobooks, untup ponsel pintar berbasih Android.

    #1 Instal Aplikasi Google Play Books dan Audiobooks

    Kalau kamu belum punya aplikasinya, bisa bukan menu play store di ponsel Android kamu. Lalu pada menu pencarian ketikkan ‘play book’ atau tulis lengkap ‘Google Play Book’.

    instal Google Play Book dan Audiobook

    Nah akan muncul aplikasi warna biru, berbentuk segitiga dengan pita warna biru terang. Lalu bertuliskan Google Play Books dan Audiobooks. Klik instal deh. Tunggu sebentar. Tentang, aplikasi ini ukurannya tidak besar kok. Jadi bisa cepat instalnya.

    #2 Buka Google Play Books dan Audiobooks di Perangkat Kamu dan Login

    Langkah berikutnya setelah sukses instalasi adalah buku aplikasi Google Play Books dan Audiobooks pada perangkat Android kamu.

    akun Google Play Book dan Audiobook

    Kalau kamu pengguna baru, maka kamu akan diminta memilih akun yang akan digunakan untuk login. Karena pada umumnya ponsel kita sudah terhubung dengan email, dan aplikasi ini produk Google, maka kita akan diberi pilihan login dengan akun email kita. Pilih email yang kita mau dan klik deh.

    #3 Pilih Buku yang Akan Dibuat Review Bukunya

    Berikutnya akan muncul halaman home. Di bagian bawah ada ‘home’, ‘library’, ‘whislist’, dan ‘shop’. Di atasnya juga ada ‘recommended for you’. Bagian ini berisi buku yang direkomendasikan Google Play Books untuk kita.

    pilih buku di Google Play Book dan Audiobook

    Kita bisa gulir ke bawah untuk memilih buku lain yang mau dibaca. Atau kalau ada yang sudah punya judul buku yang ingin dibaca, bisa diketikkan saja di menu pencarian.

    Kali ini aku pilih buku dengan judul ‘the Memoirs of Sherlock Holmes’. Buku berbahasa Inggris. Jadi memang harus baca pelan-pelan, hehe

    #4 Berikan Ulasan

    Kalau sudah pilih buku, kita tinggal memberikan rating atau penilaian. Rating biasanya berupa bintang. Kalau kita suka dengan buku itu, tinggal pilih bintang paling banyak.

    menulis review buku di Google Play Book dan Audiobook

    Jangan lupa tuliskan juga review buku pada kolom di bawahnya. Kita dibatasi hanya bisa menulis review buku sebanyak 1000 karakter saja. Setelahnya tinggal submit deh. Yatta! Kamu Sudah Berhasil Menulis Review Buku di Aplikasi Google Play Books dan Audiobooks.

    Penutup

    Salah satu alasan buku elektronik atau ebook dan audiobook semakin diminati adalah sisi kepraktisannya. Kita bisa membawanya ke mana saja, membacanya di mana saja dan kapan saja. Meski bagi sebagian orang, sisi kepraktisan ini belum bisa menggantikan aroma kertas buku baru. Tetapi, ini tetap bisa jadi pilihan kan? Beda selera tidak masalah kan.

    Menulis review buku adalah cara berbagi yang unik. Kita bisa membagikan pengalaman setelah membaca suatu buku. Bahkan kita bisa membagikan rasa bahagia atau kesal setelah membaca suatu buku. Maka buku menjadi cara terhubung dengan banyak orang. Kalau kamu mau tahu Cara Menulis Review Buku Non fiksi Pelajaran, berarti kamu harus cek artikel selanjutnya. 

    Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

    41 komentar:

       
    1. Wah baru tahu ini Google play book, jadi bisa membaca dimanapun kita berada, cocok banget ya, klo lgi nunggu someone dan nggak ngapa"in, jadi bisa baca" lewat google play book ini

      BalasHapus
    2. Oooo... jadi bikin reviewnya seperti kalau bikin review di Google Maps itu ya.. Keren, keren! Layak dicoba :)

      BalasHapus
    3. Wah bisa review buku di google play book juga ya. Memang sih aku lebih suka baca buku fisik ketimbang online. Tapi kalo buku udah lama, baunya jadi nggak enak.

      BalasHapus
    4. Aku kemarin baru bikin akun di Google Book. Nah, keren ini, bisa baca-baca di Google Play book.
      Cari ah...buku favorit. Genre kriminal ada mestinya yah di Google Book

      BalasHapus
    5. Baru tau bisa nulis review juga di google play book. Taunya cuma buat beli buku secara digital aja

      BalasHapus
    6. Ni bagus juga buat para pengarang buku. Mereka juga butuh review agar bisa berkembang dan evaluasi dimana letak kekurangannya

      BalasHapus
    7. Dengan adanya review buku di play store jadi bikin simple siapa aja yang mau membacanya. Walau memang hal ini berlaku juga terhadap produk selain buku

      BalasHapus
    8. Saya sekilas sering lihat google play book. Tapi baru tau caranya termasuk mereviewnya. Padahal sering juga baca e-book, terutama saat di transportasi saat ngebolang. Nanti saya intip nih, buku-bukunya. Siapa tau ada yang saya incar.

      BalasHapus
    9. Btw kalo ngereview buku kyk gini dpt peringkat/bintang khusus kyk review gmaps ga kak? Kan asyik tuh kalo udh di peringkat tertentu, ntr Google ngasih hadiah khusus. Sepele sih tp ya apresiasinya bgs bgt gt loh.

      BalasHapus
    10. Saya taunya di Google Play Book ini hanya bisa membaca buku saja. Jadi ternyata. Kita juga bisa menulis review buku, ya? Thank Infonya Kak Bening, kapan-kapan bisa dicoba nih.

      BalasHapus
    11. Wah baru tahu caranya nih, bisa dicoba buat beberapa buku yang sudah aku baca di google play book. Makasih infonya mba

      BalasHapus
    12. Betul sekali. Praktis yg saya rasakan juga ketika sudah bermunculan ebook dan buku digital lainnya.
      Sejaka ada aplikasi ipusnas, let's read, dan aplikasi novel novel online itu sekarang saya sering baca tanpa harus bawa atau beli buku cetak lagi

      BalasHapus
    13. Ternyata selain bisa baca buku elektronik atau e-book, kita juga bisa membuat review buku tersebut di google play book, ya.

      BalasHapus
    14. E-Book dan audiobook memang bikin hidup lebih praktis, bisa dibawa ke mana-mana tanpa repot. Tapi ya gitu, nggak bisa ngebayangin aroma halaman buku yang baru dibuka itu kayak apa. Tapi pada akhirnya, kan yang penting tetap sama-sama bisa menikmati cerita dan berbagi pengalaman buku, nggak peduli formatnya gimana 📚✨

      BalasHapus
    15. Berhubung menulis reviewnya dibatasi hanya 1000 karakter aja. Kudu beneran jeli dan point penting nih pas nulis review di Google Play Books.

      BalasHapus
    16. Menarik nih buat dicoba. Trus kita yg gemar baca juga jadi bisa tau review buku lain yg mau kita baca.

      BalasHapus
    17. Cara berbagi yang menarik nih, banyak yang beralih ke buku digital karena praktis sih sehingga kemungkinan besar banyak yang perlu review buku digital ini

      BalasHapus
    18. bisa jadi latihan untuk mereview ya buku yang kita baca
      terus bermanfaat juga bagi orang lain yang membutuhkan review sebelum membaca

      BalasHapus
    19. Mba, pilihan buku di Google Playbook lengkap kan? Soalnya ada beberapa buku yang susaah dicari.

      BalasHapus
    20. Aku lagi eksplor nih si google book karena mereka pakai format epub yang lebih ramah dilihat.. berharap lebih banyak diskon sih supaya lebih getol lagi beli buku digitalnya hehehe

      BalasHapus
    21. Perkembangan ebook dan audiobook belakangan ini, sering kujadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan me time dengan membaca buku yang dulunya kalau ke mana-mana, atau sedang dalam perjalanan jauh, seringnya aku bawa buku. Lebih ringan sih. Tapi keberadaan buku cetak pun masih sulit tergantikan. Sensasi membacanya berbeda. Nah ulasan buku juga nih yang banyak membantuku memutuskan untuk beli bukunya apa nggak.

      BalasHapus
    22. google play book emang banyak banget pilihannya dan harganya juga mostly terjangkau. tapi saya belum pernah pakai fitur yang satu ini, hahahaha. masih pake yang free.

      BalasHapus
    23. Betul banget dan Google Play Book bisa jadi solusi buat bisa baca buku dari mana saja ya. Cukup banyak buku bagus yang bisa dibaca di sana. Nah, sekalian deh habis baca, bikin reviewnya juga

      BalasHapus
    24. Wah menarik nih. Selama ini seringnya hanya baca ebook di ipusnas dan let's read. Bisa coba google playbook ini juga biar praktis...

      BalasHapus
    25. Wah ternyata bisa nulis review juga di google playbook ya kak, jadi kita sebagai pembaca juga jadi tau gimaa review orang lain untuk buku tersebut yaaa

      BalasHapus
    26. Aku jarang banget nih buka google book, soalnya lebih suka baca buku fisik dibandingkan buku online kayak gitu, matanya suka cepat lelah..

      BalasHapus
    27. Aku termasuk generasi yang gak bisa move on dari bau kertas dari buku...hehe... Buatku ada rasa yang berbeda membaca buku sambil memberikan coretan dan warna warni dikertas. Tapi ini akan membuat sulit dan ribet kalau harus bepergian jarak jauh. Buku elektronik atau e-book menjadi solusi buatku termasuk dengan memanfaatkan aplikasi Google Play Book.

      BalasHapus
    28. Bagiku buku cetak dan e-books saling melengkapi dengan kelebihan kekurang mereka. Aku suka pakai Google Books kalau butuh satu informasi secara cepat (karena ada fitur Search).

      BalasHapus
    29. Nah aku suka pakai Google play book buat baca buku tapi nggak sadar kalau ada buat rating bukunya juga ternyata semudah itu ya Kak nanti aku mau cobain ah

      BalasHapus
    30. Seruuu nih bisa langsung memberikan review di aplikasinya gitu ya. Kita jadi bisa membantu calon pembaca lainnya tentang isi buku yang telah kita baca tersebut.

      BalasHapus
    31. Menulis review ternyata bisa di Playbook juga, ya Kak. Jadi oengen nyobain nih, Kak. Berarti ga jauh beda dengan review aplikasi ya, Kak.

      Buat nukis reviewnya kudu betul-betul nih, karena ada batas 1000 karakter

      BalasHapus
    32. Setuju, membaca buku di Google Play Book memang lebih praktis, terutama saat travelling. Kalau lagi di rumah, saya tipe yang lebih suka membaca buku secara fisik agar mata tidak terlalu lama menatap gadget. Mereview buku bagi saya sulit dilakukan secara singkat, karena biasanya sekaligus curcol, hahaha.

      BalasHapus
    33. baru ngeuh nih kalau google punya audiobooks juga hehe tapi bikin review di googlr play book emang bikin pengguna atau calon pembaca jadi punya referensi ya..tapi sy belum pake, baru pake google review yg lain aja

      BalasHapus
    34. wah belum pernah aku nyobain Google PlayBook, banyak pilihan juga ya dan kita bisa review di sana? sepertinya harus coba deh. tapi rata-rata buku luar?

      BalasHapus
    35. Wah saya blm pernah kak. Biasanya review aplikasi aja :)

      BalasHapus
    36. Aku pernah beberapa kali beli buku di google play book. Tapi belum pernah menuliskan reviewnya. Padahal bukunya udah dibaca semua. Yah, meski cuma novel yang kubeli.

      BalasHapus
    37. Selain Google play book, biasanya aku membaca buku hasil pinjaman dh ipusnas mba. Hanya saja menurutku, membaca buku digital ini punya sisi plus minusnya. Minusnya, membaca buku digital ini tidak senyaman membaca buku fisik menurutku

      BalasHapus
    38. Review buku di Google Play Book, mirip review tempat di Google seperti yg lain ya... Belum coba review sih. Baru baca-baca buku aja di sana. Ada peringkat juga ga ya, kayak review Google?

      BalasHapus
    39. pengen banget bisa baca buku secara online biar wawasan ku semakin luas :D

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.