Mengenal Ebook dan Manfaat Ebook

E-book adalah singkatan dari elektronik book. Atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai buku elektronik atau buku digital. Buku ini adalah versi digital dari buku yang biasa dikenal.

Jika buku biasa merupakan kumpulan kertas berisi teks dan atau gambar yang dijilid, maka buku elektronik mengubah format itu menjadi format digital. Adapun format digital yang sering digunakan berbentuk teks biasa, jpeg, pdf, html, dan lain sebagainya. 

mengenal e-book dan manfaat e-book
 
Kalau dilihat sekilas, buku elektronik ini adalah alih bentuk dari buku biasa atau buku konvensional. Peralihan bentuk ini tentu karena alasan atau tujuan tertentu, seperti kebutuhan. Selain itu, buku elektronik juga muncul sebagai respon dari semakin berkembangnya teknologi atau bisa disebut sebagai inovasi. 
 
Baca juga Audiobook, Baca Buku Berbentuk Suara

Mengenal E-book Lebih Dalam

E-book adalah versi elektronik dari buku konvensional yang dapat dibaca menggunakan perangkat elektronik, seperti komputer pribadi, ponsel atau perangkat pendukung lainnya. Untuk membacanya pun, kadang diperlukan aplikasi tertentu sesuai dengan format ebook tersebut.

Untuk mendapatkan buku elektronik ini pun bisa dari berbagai cara. Ada yang dibaca langsung melalui website yang menyediakan, tetapi ada pula yang menyediakan versi unduh sehingga perlu diunduh dulu. Kelebihan versi unduh ini dapat dibaca tanpa harus terhubung dengan jaringan internet sekalipun. 

mengenal e-book dan manfaat e-book
 
Saat ini, perkembangan buku elektronik makin pesat. Jumlah pengguna buku jenis ini pun makin banyak. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya perangkat dan aplikasi yang mendukung jenis buku satu ini. Sebut saja e-reader seperti Amazon kindle, Apple Ipad, dan ponsel pintar pada umumnya.

Dengan semakin populernya buku elektronik, ini menjadi tantangan bagi buku konvensional. Sebenarnya, ide kemunculan buku elektronik bukanlah sebagai pengganti buku cetak. Buku elektronik didesain untuk sejumlah kebutuhan seiring perkembangan zaman.

Kenyamanan saat membaca merupakan salah satu alasan dibuatnya buku elektronik. Buku jenis ini bisa dibawa ke mana-mana tanpa memakan tempat, praktis serta lebih tidak rawan rusak.

Buku elektronik pun tidak hanya sekadar peralihan buku konvensional menjadi bentuk digital saja. Bentuknya tidak hanya sekadar tulisan biasa. Tapi makin berkembang dengan jenis yang lebih menarik serta bisa berinteraksi langsung dengan pembaca. 
 
Baca juga Tips Memilih dan Mendengarkan Audiobook

Selain berbentuk tulisan biasa, buku elektronik yang ada saat ini juga sudah menampilkan suara serta gambar animasi. Hal ini membuat pembaca mendapatkan pengalaman membaca yang lebih menarik dibanding buku konvensional. Tentu ini jadi salah satu alasan buku elektronik makin diminati.

Hal lain yang membuat buku elektronik makin diminati adalah hemat dalam biaya produksi. Selain itu, lebih cepat dalam proses penerbitan serta penyebaran. Keuntungan dari segi ekonomi inilah yang banyak menarik pihak penerbit untuk menerbitkan buku dalam bentuk digital. 

Manfaat E-book atau Buku Elektronik

Berikut ini beberapa manfaat serta fungsi dari e-book yang dapat disimak:

1. Media Belajar Alternatif

Buku elektronik dan e-book makin berkembang. Tidak hanya berisi teks saja seperti buku konvensional biasa. Tetapi makin beragam dengan teks atau gambar yang lebih menarik. Bahkan bisa berupa suara atau gambar animasi.

Bentuk e-book yang makin beragam ini tentu membuat e-book jauh lebih menarik. Interaksi yang terbangun dari adanya e-book dengan pembaca membuat pembaca lebih kerasan membaca e-book.

2. Media Penyimpan Informasi

Pada masa serta digital seperti saat ini, informasi sebagian besar disimpan dalam bentuk digital. Bahkan informasi yang mulanya berbentuk konvensional, perlahan juga dialihbentukkan menjadi produk digital. Saat ini, informasi berbentuk digital dianggap lebih aman dibanding bentuk konvensional.

Berbeda dari buku fisik yang rawan basah atau rusak, e-book bisa menghindari masalah-masalah tersebut. Selain itu, jika buku ‘hilang’, bisa dengan mudah dicari penggantinya dengan cepat.

3. Media Berbagi Informasi

Buku berbentuk digital dapat dibuat serta disebarkan dengan mudah. Orang mudah menemukan bentuk buku seperti ini di website atau media penyimpanan daring. Hal ini juga menjadi daya tarik bagi pembuat konten, karena bisa membuatnya dengan cara lebih menarik serta interaktif.

Faktor kemudahan dalam membagikan informasi berbentuk digital inilah yang membuat e-book makin diminati. Dalam format e-book, informasi bisa dengan cepat serta praktis dibuat, dibagikan serta dipelajari.

4. Mempermudah Proses Belajar

Bentuk e-book yang makin beragam ternyata bisa jadi daya tarik juga untuk mempermudah proses belajar. Bagi guru, dengan berbagai e-book melalui perangkat digital mempercepat proses belajar. Siswa bisa lebih cepat mencari informasi yang dia perlukan lewat e-book. 
 
Demikian tadi sekilas tentang mengenal e-book dan manfaat e-book. Sekali lagi, buku digital atau e-book bukanlah pengganti mutlak keberadaan buku fisik atau buku konvensional. Tapi, keberadaan e-book adalah pelengkap adanya buku fisik.


Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.