Rekomendasi Aplikasi Audiobook

Rekomendasi aplikasi audiobook ini adalah artikel ketiga yang aku buat untuk melengkapi artikel berseri yang aku buat. Dan kali ini temanya adalah tentang audiobook. Buat yang belum baca artikel sebelumnya, cek langsung aja ya, hehe

Sekilas tentang Audiobook

Seperti pernah aku bahas di tulisan sebelumnya, kali ini aku juga mau bahas tentang audiobook dulu. Nah audiobook ini adalah salah satu jenis buku digital. Selama ini, buku digital identik dengan ebook. Jadi, bentuknya berupa file buku yang membacanya memerlukan gawai atau aplikasi tertentu.

Audiobook ini jenis buku digital berbentuk file suara atau rekaman suara. Cara menikmatinya dengan cara didengarkan menggunakan gawai dan atau dengan aplikasi tertentu.

Baca juga Tips Memilih dan Mendengarkan Audiobook

Rekomendasi Aplikasi Audiobook yang Layak Dicoba

Nah buat kamu yang tertarik mendengarkan audiobook, berikut beberapa rekomendasi aplikasi audiobook yang bisa kamu nikmati lewat website langsung ataupun ponsel. Cek ya!

1. Audiobooks by Audiobook.com

Gratis dan punya banyak koleksi bestseller berbayar? Audiobooks cocok untuk kamu.

Audiobooks bisa diakes lewat situsnya maupun melalui aplikasi yang tersedia untuk Andoid dan iOS. Kualitasnya sendiri sudah high definition dan bisa diputar kembali jika dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur kecepatan narasi buku audio yang tengah didengarkan. 

rekomendasi aplikasi audiobook
sumber: play.store
 
Situsnya sendiri menyediakan 100 ribu audiobook premium, dengan tujuh ribu di antaranya bisa dinikmati juga secara gratis. Tidak tanggung-tanggung, tiap minggu ada ribuan judul buku baru yang ditambahkan ke katalognya.

2. AudioBuku

Audiobuku adalah aplikasi asli buatan dalam negeri. Aplikasi ini sudah tersedia untuk di unduh di Google Play Store maupun Apple App Store. 

rekomendasi aplikasi audiobook audiobuku
sumber: bluebrry.com
 
Ada banyak ragam kategori buku yang disediakan, seperti pengembangan diri, religi, buku anak, parenting dan keluarga, dan horor misteri. Yang menjadi daya tarik tersendiri, koleksi buku-buku itu berasal dari konten lokal khas Indonesia, seperti legenda dan cerita rakyat.

Untuk menikmati aplikasi ini, kamu juga tidak perlu repot. Tanpa harus memiliki kartu kredit pun, kamu bisa menikmati aplikasi ini dengan pulsa saja.

Eits, lebih penting lagi, Audiobook Indonesia ini juga bisa didengarkan secara luring atau offline. Jadi, bisa lebih irit kuota dong ya. Kamu juga tidak perlu khawatir buku terhapus, karena bisa mengunduhnya kembali secara gratis. 

3. Google Playbooks

Kalau yang satu ini sepertinya bukan hal baru. Google tentunya tidak mau ketinggalan dengan trend buku digital. Google meluncurkan aplikasi andalannya, Google Play Books pada Januari 2018 dan resmi menjadi bagian dari Play Store. 

rekomendasi audiobook google playbook
sumber: play.store
 
Berbeda dengan aplikasi lain yang hanya menyediakan satu jenis buku digital saja, Google Playbooks adalah aplikasi yang menyediakan buku digital dalam bentuk ebook, textbook dan tentunya audiobook sekaligus. Ciri utama aplikasi satu ini adalah kemudahan akses dalam berbagai perangkat.

Bagi kamu yang ingin langsung menikmatinya, tinggal gunakan saja akun Google kamu. Lalu kamu bisa menikmati semua layanan yang disediakan oleh Google Playbook ini. Kamu tidak perlu repot harus melakukan transfer file buku antar perangkat.

4. Audible

Rekomendasi aplikasi audiobook berikutnya yang layak dicoba adalah Audible. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Amazon. Per 15 Juli 2019, aplikasi ini sudah mencapai 100 juta download dan bisa dinobatkan sebagai the king of audiobook.

Koleksi bukunya tidak kurang dari 470 ribu judul dengan bermacam-macam genre. Beberapa di antaranya adalah genre fiksi, non-fiksi, romantis, sains, horor, buku anak, biografi, dan lain-lain. Yang tidak kalah menarik, audiobook berbahasa Indonesia juga tersedia. 

rekomendasi audiobook audible
sumber: amazon.com

Amazon lewat Audible benar-benar memanjakan penikmatnya dengan beragam fasilitas, seperti playback, navigasi antar bab, mode tidur, penanda halaman hingga multitasking. Yang tidak kalah penting adalah kualitas suara yang luar biasa.

Bagi kamu yang tidak sabar ingin menggunakannya, bisa langsung kunjungi Google Play Store atau Apple Play Store. Saat pertama kali mengunduh, kamu juga bisa mencobanya terlebih dahulu lewat fasilitas free trial selama 30 hari serta satu audiobook gratis.

Untuk langganan tiap bulannya juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar $14,95 atau sekitar Rp. 210.000 setiap bulannya.

5. Kobo Books

Aplikasi berikutnya yang layak dicoba adalah Kobo Books. Meski tidak memiliki katalog sebesar Audible, aplikasi ini tetap memiliki koleksi audiobook cukup banyak kok.

Lewat Google Play Book, kamu bisa menemukan dan mengunduh aplikasi ini. Saat pertama mengunduhnya, kamu akan mendapatkan uji coba gratis selama 30 hari dan satu audiobook gratis. Setelahnya, kamu hanya membutuhkan $ 10 tiap bulan untuk berlangganan aplikasi ini. 
 
rekomendasi aplikasi audiobook kobo
sumber: theverge.com

Kalau cara kerjanya sendiri tidak jauh bebeda dengan Google Playbook. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk membaca buku digital ataupun memutar audiobook, dengan fasilitas perpustakaan umum dan akses ke toko.

Menariknya, pemutar audiobooknya dibuat dengan desain cantik, ada slider bagus untuk memudahkan navigasi buku dengan satu sentuhan saja. Selain itu, saat mendengarkan audiobooknya, kamu juga bisa memperlambat atau mempercepat narasi, serta melihat waktu yang masih tersisa. 

 

5. LibriVox

Ada yang pernah mendengar LibriVox? Mungkin belum sepopuler yang lain, tapi layanan audiobook ini adalah layanan yang didukung sukarelawan yang menawarkan audiobook versi gratis dari buku klasik. Nah bukun klasik ini berasal dari domain publik di AS.
 
rekomendasi aplikasi audiobook  librivox

Untuk akses melalui Android, ada aplikasi khusus bernama LibriVox Audio Books Free. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan berbeda tetapi menawarkan audiobook gratis dari LibriVox juga.

Ada sekitar 24.000 koleksi audiobook klasik gratis yang dimiliki aplikasi ini. Bagi pengguna yang berada di AS, kamu juga bisa mengakses ke lebih dari 75.000 audiobook berbayar, termasuk yang terlaris dan terbaru.

Yang menarik, aplikasi ini juga memberikan akses mudah pada aplikasi Bluetooth. Bagi kamu yang ingin mendengarkan lewat speaker, tinggal menghubungkannya dengan bluetooth kamu saja. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung Android Auto dan Google Cast.

Penutup

Itu tadi rekomendasi aplikasi audiobook Indonesia dan Luar yang layak kamu coba. Dengan audiobook, kamu bisa tetap menikmati buku kesayangan di manapun dan kapanpun. Membaca jadi lebih praktis dan menyenangkan. Selamat membaca!

(Note: Dirangkum dari berbagai sumber)

1 komentar:

  1. pengen enggak jawab dong

    ini berasa lagi ujian aja, soalnya gampang, jawabannya susah

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.