Daftar Pertanyaan Untuk Menulis Review Buku

Menulis review buku tidak selalu lancar bagi tiap orang. Mungkin saja terlalu banyak yang ingin dituliskan, atau sebaliknya tidak ada yang bisa dituliskan. Aku sendiri mengalami keduanya. Kadang terlalu banyak yang ingin ditulis, hingga bisa dibuat jadi beberapa bagian postingan. Tapi di lain kesempatan, untuk menghasilkan satu tulisan review buku dengan 700-800 kata saja bukan hal mudah.

pertanyaan untuk menulis review buku

Sebenarnya, aku juga sudah pernah memposting panduan menulis review buku di blog ini. Bisa dong simak langsung di linknya. Kali ini aku mau mencoba hal lainnya. Mengubah panduan itu jadi daftar pertanyaan.


Pertanyaan Panduan untuk Menulis Review Buku

Tapi, bagaimana kalau panduan itu diubah menjadi pertanyaan? Sepertinya akan lebih menarik dan membuat fokus, jadi lebih berguna untuk membuat review. Daftar pertanyaan dibuat untuk membantu otak kita mendapatkan informasi melalui kata kunci dan hal-hal menarik tentang buku yang akan dibuat review-nya. Sebenarnya sih, enggak perlu dijawab semua pertanyaan itu. Bahkan tidak perlu urut juga saat menjawabnya. Karena memang pertanyaan-pertanyaan berikut sifatnya hanya panduan saja.

Pertanyaan Pertama : Informasi Umum

Sebelum membahas lebih jauh tentang isi buku, jelas yang harus dijelaskan lebih dulu adalah informasi umum tentang buku itu. Bisa berupa plot, genre, setting, atau apapun yang merupakan informasi awal yang perlu diketahui pembaca. Berikut beberapa pertanyaan awal yang bisa digunakan.

- Buku tentang apa ini?

- Buku ini bergenre apa?

- Di mana dan kapan setting pada buku ini?

- Buku ini ditujukan untuk siapa?

- Apakah buku ini cocok untuk pembaca tadi?

- Apakah buku ini harus diberikan peringatan isi juga?

Pertanyaan Kedua: Hal Unik dan Menarik

Penulis perlu menunjukkan hal paling menarik dari karya mereka. Tapi jika cerita mereka tidak menarik atau tidak logis, maka buku itu akan jadi biasa saja. Anggap saja karya yang akan dibahas punya hal menarik, berikut beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan panduan.

- Buku ini ditulis dengan gaya bagaimana?

- Apa sudut pandang yang digunakan dalam buku ini?

- Apakah si penulis menggunakan teknik yang menarik?

Pertanyaan Ketiga: Karakter

Membahas tentang karakter, yang disukai atau tidak, bisa membuat buku makin menarik. Kalau tidak terasa nyata, mungkin akan jadi biasa saja. Pastikan juga untuk selalu memasukkan informasi tentang karakter utama (dan karakter) lainnya, tapi tidak harus membahas tiap orang. Berikut daftar pertanyaan yang bisa digunakan.

- Siapa karakter kunci dalam buku ini?

- Apakah karakternya terasa nyata?

- Apa karakter itu pantas disukai?

- Karakter apa yang menurutmu paling menarik?

- Apakah kau merasa kalau karakter kuncinya benar-benar penting?

Pertanyaan Keempat: Pendapatmu

Tiap review buku yang baik, pasti berisi pendapatmu, si pembuat review. Apakah buku ini adalah buku favorit yang sudah lama masuk list keinginan atau buku yang baru saja ditemukan, tapi ternyata menarik? Eits, tapi tetap harus seimbang ya, jadi pembaca juga bisa punya pendapat sendiri sebelum memutuskan apakah buku itu layak dibaca atau tidak. Mungkin saja hal yang tidak kamu sukai, adalah hal yang disukai pembaca. Cek daftar pertanyaan berikut.

- Apa yang kamu sukai dari buku itu?

- Apa yang tidak kamu sukai dari buku itu?

- Apa saja yang mungkin bisa jadi lebih baik dari buku itu jika ada yang berubah?

- Bagaimana perasaanmu terhadap buku itu?

- Bagaimana perbandingan buku itu dengan buku lain yang sejenis?

Pertanyaan Kelima: Kesimpulan

Pastikan akhiri tiap review buku dengan kesimpulan, misalnya tentang siapa saja yang harus membaca buku itu, apa yang bisa dipelajari dari buku itu ataupun buku apa saja yang mirip. Kalau pembaca menemukan kemiripan terhadap buku lain yang mereka sukai, mungkin saja bisa jadi ciri kalau mereka juga akan menyukai buku yang kamu review tadi. Berikut beberapa daftar pertanyaannya.

- Apakah kamu akan merekomendasikan buku ini?

- Apa yang dipelajari setelah membaca buku ini?

- Apa yang mungkin akan disukai pembaca dari buku ini?

- Apakah buku ini membuatmu teringat buku lain yang mirip?

- Berapa rating yang harus diberikan pada buku ini?


Penutup

Seperti ditulis pada bagian sebelumnya, harus selalu ada kesimpulan atau penutup. Itu tadi beberapa daftar pertanyaan yang bisa digunakan sebagai panduan saat akan menulis review buku. Lagi-lagi, pertanyaan-pertanyaan tadi sifatnya hanya membantu saja. Bisa dijawab semua, bisa tidak. Bahkan bisa dikembangkan lebih luas lagi tergantung kebutuhan.

Yang jelas, daftar pertanyaan tadi memang disusun untuk membantu saat menulis review buku, untuk menemukan hal menarik tentang buku yang baru dibaca dan akan dibuat ulasannya. Kalau kamu punya daftar pertanyaan lainnya yang bisa membantu juga, silakan komentar di bawah ya. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.