Alasan Ebook Menarik yang Harus Kamu Simak

Ebook atau buku digital sebenarnya bukan hal baru. Buku ini adalah versi digital dari buku yang biasa dikenal atau buku konvensional. 

alasan ebook menarik yang harus kamu simak
 
Jika buku konvensional berisi teks atau gambar yang dijilid, maka buku digital atau ebook mengubahnya menjadi bentuk digital. Format digital yang sering digunakan antara lain teks biasa, jpeg, html, dan lain sebagainya.

Alasan Ebook Menarik

Ebook ini sejujurnya cukup menarik bagiku. Ada sisi kepraktisan yang ada pada ebook dan tidak ditemui pada versi buku konvensional. Selain itu, dari segi ekonomi, ebook juga cenderung lebih murah.

Sebenarnya, tidak ada alasan khusus pemilihan ebook bagiku. Asal bukunya cocok saja, maka tidak masalah. Tapi sepertinya kali ini aku harus membuat list alasan ebook menarik bagiku. Here we go! 
 

Ukuran yang Kecil

Karena ebook disimpan dalam bentuk digital, maka penyimpanannya berupa hardisk, CD-rom, DVD, dan lain sebagainya. Tidak seperti buku konvensional yang butuh tempat khusus yang cukup besar, maka versi digital ebook ukurannya relatif kecil.

Ukuran kecil ini yang membuat ebook jauh lebih ringkas dibanding buku konvensional. Puluhan, ratusan bahkan ribuan buku bisa disimpan dalam satu keeping CD atau DVD saja. Bahkan bisa juga disimpan di cloud. Factor ringkas ini yang membuat ebook jadi lebih menarik. 

Ringkas dan Mudah Dibawa

Karena ukurannya yang kecil dan ringkas, ebook akhirnya menjadi mudah dibawa kemana saja. Ini berbeda dengan buku konvensional yang ukurannya lebih besar, lebih memakan tempat dan kurang ringkas. 
 

Tidak Mudah Rusak

Apakah buku konvensional lebih mudah rusak? Sebenarnya ini tergantung pemakaian dan perawatan sih.

Tapi, jika dibandingkan ebook, maka factor satu ini bias lebih dihindari. Ebook disimpan dalam bentuk digital, sehingga relative lebih aman dari kerusakan fisik. Selain itu, jika ebook hilang, maka masih bisa dicari penggantinya dengan lebih mudah jika dibanding dengan buku konvensional.

Format digital dari ebook ini juga bisa bertahan dalam waktu yang panjang dengan kualitas yang tidak berubah. Jika ada perubahan bentuk digital, juga bisa lebih menyesuaikan.
 
 

Mudah Dinikmati Kapan Saja

Kalau kamu suka membaca buku dalam perjalanan atau saat menunggu sesuatu, maka ebook jadi pilihan praktis untuk ini. Ebook bisa dinikmati kapan saja dengan mudah, tanpa perlu repot membuka buku berukuran besar. 

alasan ebook menarik yang harus kamu simak

Ebook mudah saat dicari. Selain itu, saat mencari isi tertentu dari ebook, juga mudah dilakukan dengan bantuan menu ‘search’. Ini sangat membantu bagi orang yang membutuhkan informasi dalam ebook, dalam waktu cepat.

Bisa Dinikmati Bahkan Oleh Orang yang Tidak Membaca

Bagi pembaca buku, ebook sudah memudahkan dan ringkas digunakan. Bahkan bagi orang yang tidak sempat membaca, ebook tetap bisa dinikmati. Isi dari ebook dapat ‘dibacakan’ oleh ‘text to speech synthesizer’.

Ini juga bermanfaat bagi orang yang buta. Mereka bisa tetap menikmati isi ebook dengan bantuan teknologi.

Mudah Digandakan

Alasan lain ebook menarik, karena ebook mudah untuk digandakan atau dicopy. Tidak butuh biaya yang terlalu besar, alias murah dan mudah.

Jika buku konvensional membutuhkan percetakan untuk memperbanyak buku, maka ebook hanya butuh aplikasi dan perangkat computer saja. Untuk membuat ribuan buku sekalipun, menjadi lebih cepat dan lebih murah. 
 

Distribusi yang Mudah

Jika mudah digandakan, artinya ebook juga mudah untuk didistribusikan kan? Ya, buku berbentuk digital ini mudah didistribusikan melalui media elektronik seperti internet.

Tidak butuh waktu yang lama untuk proses distribusinya. Tidak butuh tenaga dan biaya yang terlalu besar untuk mendistribusikannya.

Lebih Interaktif

Siapa bilang ebook ketinggalan zaman. Saat ini, ebook pun semakin interaktif. Informasi yang ada dalam ebook tidak hanya bisa dinikmati dengan membaca saja, bahkan bisa didengarkan.

Selain itu, ebook juga makin dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan berbagai tambahan fitur pelengkap lainnya. Pada beberapa ebook juga sudah dilengkapi dengan visual yang interaktif seperti animasi serta timbal balik dengan pembacanya. 

Alasan Ebook Menarik yang Harus Kamu Simak
 
Itu tadi manfaat ebook dan beberapa alasan ebook menarik bagiku. Yang jelas, ebook memberikan pilihan lain buku bacaan. Bukan untuk menghilangkan sepenuhnya manfaat buku konvensional. Lebih pada adanya variasi agar tidak bosan saat menikmati buku. Sampai jumpa di artikel lainnya. Selamat membaca.



Alasan Ebook Menarik yang Harus Kamu Simak Alasan Ebook Menarik yang Harus Kamu Simak Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

2 komentar:

  1. Daripada ebook aku lebih suka epok (baca: epok-epok).

    Tapi, kalau aku beli ebook terus aku copy ke teman. teman aku share copy-an nya ke banyak orang. itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. greyyyyyy!!!
      boleh nggak, kalau pertanyaan ini enggak perlu dijawab
      hahahahaha

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.