Cara Memakai Cushion Foundation agar Tahan Lama dan Terlihat Alami

Dua hal yang selalu suka aku lakukan dan jarang bosennya adalah baca buku dan nonton drakor. Iya lah, otak tetap terisi, hiburan jalan terus. Apalagi kalau aktornya adalah oppa tersayang. Sebagai pencinta drama Korea, aku sering berpikir, kok bisa ya para aktor dan aktris itu punya wajah mulus bersih nyaris tanpa noda. Iya sih, teknologi CGI memang canggih. Tapi bahkan ketika tidak di drama pun, wajah mereka memang mulus dengan makeup-nya. Selain perawatan wajah yang uwow dan kemampuan makeup artist-nya yang super canggih, ternyata ada satu produk andalan mereka. Produk ini sudah populer di Korea sejak beberapa tahun belakangan, namanya cushion foundation. Apa sih bedanya dengan foundation biasa?

memakai cushion foundation tahan lama

Cushion foundation adalah jenis kosmetik yang biasa digunakan sebagai alas bedak. Bentuknya sebenarnya cair tetapi dikemas dalam kemasan berbentuk cushion atau spons. Kepopuleran produk satu ini disebabkan karena praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, pemakaiannya juga lebih mudah dibandingkan cushion biasa, yaitu dengan menekan spons lalu diaplikasikan ke wajah. Cushion foundation populer karena hasilnya ringan, natural dan dewy. Selain itu pada beberapa produk bahkan sudah dilengkapi juga dengan SPF untuk melindungi wajah dari matahari.

Cara Memakai Cushion Foundation agar Tahan Lama dan Terlihat Alami

Salah satu kelebihan cushion foundation adalah kemudahannya saat digunakan. Meski demikian, memakai cushion foundation tidak bisa sembarangan. Apalagi jika ingin mendapatkan hasil yang tahan lama tetapi tetap terlihat senatural mungkin. Seperti halnya banyak tips kecantikan dari Buttonscarves Beauty, berikut beberapa tips yang dapat dicoba agar saat menggunakan cushion foundation bisa tahan lama dan terlihat alami:

Perhatikan Kebersihan Wajah

Sebelum menggunakan produk makeup, pastikan wajah dalam keadaan siap. Pertama, bersihkan wajah terlebih dahulu. Gunakan produk perawatan wajah yang biasa digunakan, misalnya pembersih wajah dan toner. Wajah yang bersih membantu makeup menempel dengan baik.

Jangan Lewatkan Pelembap Wajah

Siapa bilang pelembap wajah tidak penting. Justru sebelum menggunakan makeup, wajah harus dalam keadaan lembap. Pelembab digunakan untuk menghidrasi kuit wajah. Nah nantinya kulit wajah yang lembap juga bisa membantu cushion foundation menempel dengan baik pada kulit.

Pilih Shade Cushion Foundation yang Sesuai dengan Kulit

Pemilihan cushion foundation memang agak tricky. Tapi, kalau menginginkan hasil akhir yang alami, maka harus memilih shade yang sesuai dengan warna kulit. Jangan terlalu gelap ataupun terlalu terang. Karena jika terlalu gelap atau terlalu terang, hasilnya tidak akan tampak alami.

memakai foundation alami

Perlu mencoba beberapa kali agar mendapatkan shade yang paling pas untuk kulit wajah. Biasanya dicoba tiga warna foundation yang dioleskan pada kulit, untuk dibandingkan warna yang paling tepat. Memang sih, tidak semua warna kulit bisa mendapatkan shade cushion foundation yang pas. Tapi paling tidak, pilih yang paling mendekati.

Gunakan Aplikator Bawaan Cushion dan Teknik yang Tepat

Dalam wadahnya, cushion foundation biasanya sudah dilengkapi dengan aplikator bawaan berbentuk spons. Nah gunakan saja aplikator bawaan ini saja untuk memakainya. Pastikan aplikator bawaan tadi dalam keadaan bersih.

Tekan spons agar produk menempel lalu tepuk-tepukkan dengan lembut ke wajah. Oh iya, jangan lakukan gerakan menggosok atau menarik. Karena bukan makin rata, cushion foundation bisa jadi tidak rata dan tidak alami.

Gunakan Secukupnya dan Blending

Karena efek utama yang ingin dicapai saat menggunakan cushion foundation adalah tampak alami atau natural, maka gunakan foundation ini secukupnya saja. Tidak perlu mengambil produk terlalu banyak. Kalau memang dirasa masih belum cukup menutup dosa-dosa kulit wajah, bisa diaplikasikan kembali lapisan berikutnya, dengan tipis-tipis juga. Ini untuk menghindari efek tak rata, tebal apalagi cakey.

Agar makin terlihat efek alami-nya, bisa juga diratakan dengan lembut menggunakan jari atau spons yang lebih kecil. Contohnya area dagu dan rahang, untuk mendapatkan efek alami sekaligus wajah yang lebih kecil atau tirus.

Pilih Bedak atau Setting Spray?

Sebenarnya, dua hal ini bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika memang ingin mendapatkan kesan dewy yang basah, maka gunakan setting spray saja. Ini akan membantu mengunci foundation dan membuatnya tahan lama seharian. Efek alami pun bisa didapatkan dengan hal ini.

Cushion foundation tahan lama dan alami

Bagi yang merasa efek dewy tidak cocok atau kilap di wajah terlalu banyak, maka bisa memilih bedak tabur. Gunakan bedak tabur dengan cara tap-tap di kulit wajah dengan lembut. Cara ini juga bisa membantu cushion foundation menjadi lebih tahan lama.

Touch Up Perlu Lho!

Cushion foundation memang dibuat agar tahan lama saat digunakan. Meski demikian, pada situasi tertentu, misalnya di siang hari atau beraktivitas di luar ruangan, tidak ada salahnya melakukan touch up. Hal ini juga bisa membantu agar riasan tetap sempurna serta tampilan tetap segar dan alami.

Jangan Sentuh Wajah!

Seperti makeup lainnya, terlalu banyak menyentuh wajah juga bukan hal yang baik dilakukan. Kalau terlalu sering menyentuh wajah, bisa saja kan kotoran atau minyak dari tangan merusak cushion foundation dan membuatnya jadi tidak tahan lama.

Penutup

Itu tadi beberapa tips yang dapat dilakukan agar saat memakai cushion foundation bisa mendapatkan efek cantik yang alami. Cantik itu relatif, tetapi kecantikan bisa diusahakan. Cantik tidak melulu soal fisik. Kamu juga bisa kok tampil cantik alami sekaligus punya otak yang berisi. Salah satunya dengan memperkaya diri lewat membaca buku bahkan membuat review buku.

tips memakai foundation tahan lama

Buat kamu yang butuh lebih banyak tips seputar kecantikan kunjungi juga Buttonscarves Beauty. Ssst ... ada banyak info menarik sekaligus produk-produk keren yang siap masuk keranjangmu. Eh kali saja ada inspirasi juga yang bisa kamu ambil, siapa tahu kamu jadi punya kesempatan ketemu oppa. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.