Produk Kimiawi dan Alami Bantu Penumbuhan Rambut

Ada pepatah mengatakan bahwa rambut merupakan mahkota bagi seorang individu. Enggak salah sih, apabila memiliki rambut yang bagus, pasti secara tidak langsung kita juga akan lebih baik dan percaya diri. Tapi, beberapa orang memiliki masalah rambut seperti rambut rontok, pertumbuhan rambut lambat dan lain-lain.

Salah satu permasalahan rambut utama manusia adalah rambut rontok. Rambut yang rontok dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya faktor hormon seperti saat stress atau kekurangan protein. Sehingga banyaknya rambut yang rontok dan pertumbuhan rambut lambat dapat menjadi masalah yang akan membuat Anda semakin tidak percaya diri atau bahkan menambah stress.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan rambut rontok atau pertumbuhan rambut yang lambat? Berikut akan kami ulas beberapa produk yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan menyelesaikan masalah Anda. 
 

Bahan Alami Penumbuh Rambut

Aloe Vera atau Lidah Buaya

Sebagai bahan rumahan, lidah buaya atau aloe vera merupakan produk dengan bahan alami yang sangat mudah Anda jumpai, mungkin ada di sekitar rumah Anda. Saat ini, lidah buaya juga sudah diolah sehingga lebih mudah didapatkan meski tidak memiliki tanamannya langsung. Anda bisa menemukan produk lidah buaya dari berbagai merek di situs rekomendasi Pickybest.id. Untuk sekarang ini mungkin semua masyarakat sudah mengetahui manfaat dari penggunaan aloe vera. Kandungan di dalamnya mempunyai manfaat untuk membantu pertumbuhan rambut. 

shampo penumbuh rambut
daging lidah buaya untuk penumbuh rambut

Untuk mengatasi rambut rontok, lidah buaya digunakan sebelum mencuci rambut. Daging lidah buaya yang lembut dan berlendir itu digunakan dengan cara dioleskan pada seluruh bagian rambut, terutama yang mendekati akar. Anda akan merasakan sensasi dingin menyejukkan saat daging lidah buaya ini menyentuh kulit kepala.

Pastikan Anda menggunakan bahan ini dengan benar. Lidah buaya dapat digunakan sebelum Anda mencuci rambut sehingga dapat membuat rambut Anda menjadi sehat dan tebal, tidak perlu lagi melakukan perawatan mahal dengan pergi ke salon. Untuk mendapatkan semua itu, lidah buaya atau aloe vera sudah cukup memenuhi segala kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda.

Kopi

Siapa yang tidak suka kopi? Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai minuman berwarna hitam satu ini. Bahkan saat ini minum kopi di kafe sudah jadi trend budaya tersendiri di kalangan orang muda. Tidak hanya baik untuk tubuh saja, kopi ternyata juga memiliki manfaat untuk rambut lho.

Manfaat kopi dalam membantu pertumbuhan rambut tidak perlu dipertanyakan lagi. Terdapat begitu banyak produk kopi dengan berbagai merek, tetapi dalam hal pertumbuhan rambut tidak semua kopi dapat digunakan. Anda disarankan untuk menggunakan kopi hitam tanpa adanya kandungan gula.

Untuk penggunaan kopi sendiri dapat digunakan dengan perbandingan 1:1 dengan produk shampoo yang Anda gunakan. Simpelnya, Anda hanya perlu satu sendok makan kopi saja untuk digunakan mencuci rambut bersamaan dengan shampoo. Meski baik untuk rambut, penggunaan kopi ketika ingin mencuci rambut tidak disarankan untuk digunakan setiap hari karena dapat mengangkat minyak alami yang ada di kulit kepala Anda.

Selain bisa membantu dalam mengatasi kerontokkan rambut, mencuci rambut dengan kopi juga membuat rambut jadi tidak lepek setelah kering nanti. Selain itu, rambut juga lebih segar oleh aroma kopi dan lembut. Anda bisa menggunakan kopi bersamaan dengan shampoo satu atau dua kali dalam satu minggu.

Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Siapa yang tidak tahu manfaat kedua bahan ini? Tentu sudah banyak yang tahu bahkan sudah dipakai sejak dahulu pada zaman kakek nenek Anda. Kedua bahan ini tidak hanya bisa digunakan untuk perawatan kulit misalnya mengatasi kulit kusam saja. Kandungan yang ada dalam minyak kelapa maupun minyak zaitun ternyata juga dapat membantu permasalahan rambut Anda yaitu membantu pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kelapa dan zaitun juga sangat mudah, tidak membutuhkan peralatan atau bahan-bahan yang sulit didapatkan. Anda hanya perlu menuangkan dua sendok atau beberapa tetes ke telapak tangan dan gosok ke kulit kepala Anda. Pastikan Anda menggunakannya satu jam sebelum Anda mencuci rambut. Selain memberikan nutrisi pada rambut, minyak zaitun dan minyak kelapa juga bisa memberikan efek mengkilap pada rambut. Jadi, rambut semakin sehat.

Produk Kimiawi Penumbuh Rambut

Selain bahan-bahan alami yang sudah disebutkan, ada juga produk-produk buatan yang dapat membantu Anda dalam permasalahan rambut. Produk ini dapat Anda temukan di apotek terdekat Anda. Beberapa produk tersebut yaitu minoxidil dan finasteride. Kandungan produk ini dapat membantu permasalahan pertumbuhan rambut Anda tanpa membutuhkan resep dari dokter.

Sebelum menggunakan produk penumbuh rambut dengan kandungan tadi, Anda perlu tahu persis cara pakainya. Hasil pertumbuhan rambut yang diinginkan juga tidak bisa dalam waktu cepat. Semua produk membutuhkan proses dan tentunya dengan waktu yang berbeda-beda. Untuk produk finasteride lebih dikhususkan pemakaian untuk pria dan Anda juga harus menanyakan efek samping penggunaan produk tersebut.

Penutup

Apabila rambut Anda rontok masih <50-100 helai rambut per hari, hal itu masih dikatakan normal. Tetapi apabila kerontokan rambut >100 helai per hari, maka dapat menyebabkan kebotakan di area kepala Anda. Hal ini harus menjadi perhatian khusus Anda.

Disarankan untuk menggunakan produk alami yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga pemakaian shampo penumbuh rambut yang disarankan dua hari sekali. Banyak produk-produk alami yang dapat Anda temui di minimarket atau pasar swalayan bahkan lingkungan sekitar Anda dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.