Tips Membeli Buku Pasti Dibaca

Beli buku pastinya dengan tujuan untuk dibaca. Eh ada juga sih yang beli buku untuk tujuan koleksi atau mau disumbangkan. Tapi, adakah yang suka nge-ghosting buku? Iya, nge-ghosting buku, jadi Cuma dibeli aja tapi enggak dibaca. Cuma dibeli aja, dan akhirnya jadi pajangan. Cuma dibeli aja, tapi habis itu dilupakan. Cuma dibeli aja, tapi jadi tumpukan terlupakan. Nyesek tahu, hehehehe.

gambar toko buku

Ya emang sih, kadang kalau ada buku bagus, murah atau bahkan populer dan best seller, akhirnya tergoda untuk menjadikannya koleksi. Tapi sebenarnya itu bukan hal yang sepenuhnya benar ya. Beli buku ya sebaiknya memang untuk dibaca. Enggak Cuma dikoleksi aja dan dilupakan nantinya. Ehm, jadi ini ada beberapa tips beli buku pasti dibaca yang wajib kamu simak.

Beli karena Perlu, bukan Sekadar Murah

Buku-buku yang baru keluar fresh from penerbit, kadang kan suka tuh buat PO. Nah buku-buku PO ini biasanya dijual dengan harga di bawah harga normalnya. Ini sih yang sering jadi godaan besar beli buku. Mumpung murah, mumpung masih PO, bisa jadi kalangan yang pertama memiliki buku itu sebelum beredar luas. Huaaaa … seneng banget pastinya.

Tapi untuk saat ini, kamu harus mulai mempertimbangkan kebutuhan juga. Kalau memang butuh, ya beli. Kalau memang perlu, ya dapatkan. Murah saja jangan dijadikan alasan untuk kalap beli buku. Ini tidak berlaku sih bagi beberapa orang memang sudah punya alokasi sendiri untuk beli buku. Tapi bagi kamu yang tidak punya alokasi ini, maka ‘perlu atau tidaknya’ beli buku harus jadi pertimbangan utama.


Best Seller bukan berarti Wajib Dibeli

Buku best seller memang menggoda untuk dibeli. Tapi bukan berarti tiap buku best seller wajib dibeli ya. Tiap buku itu punya jodoh pembacanya masing-masing. Mungkin saja buku itu best seller, tapi ternyata isinya enggak cocok dengan selera ataupun kebutuhan kamu. Kalau seperti ini, ya jangan memaksakan diri untuk membelinya hanya demi agar tidak tertiggal trend.

Buku best seller bagus. Tapi buku best seller belum tentu jadi buku ter-debest buat masing-masing orang.

Baca Daftar Isi

Salah satu cara agar tidak kecewa saat membeli buku adalah dengan mengecek lebih dulu daftar isinya. Iya, daftar isi adalah salah satu representasi isi buku. Jadi, dengan mengecek daftar isi, kamu bisa memperkirakan isi buku yang akan dibeli. Paling tidak, kamu punya gambaran lah, seperti apa isinya. Ini bisa jadi cara agar kamu tidak kecewa saat membaca nantinya.


Cicipi Baca Random

Selain daftar isi, cara lain mengecek isi buku adalah dengan membaca sebagian atau mencicipi isi buku secara random. Ini bisa kamu cek lewat situs-situs seperti amazon atau google book. Kalau kamu mencicipi sebagaian isi buku tersebut dan bertahan untuk terus membacanya bahkan penasaran, berarti buku itu cocok untuk kamu. Kalau sudah penasaran kan, otomatis pasti dibaca ya.

Baca Review Buku

Cara berikutnya untuk menentukan perlu belu buku atau tidak adalah dengan mengecek review atau ulasan buku tersebut. Beberapa bookblogger atau bookstagrammer biasa membaca dan membuat ulasan terhadap suatu buku. Kamu bisa membaca ulasan mereka di sini. Selain itu, kamu juga bisa mengecek ulasan buku di goodreads. Dari ulasan yang ada, kamu jadi punya gambaran tentang buku tersebut. Apakah buku itu akan kamu baca atau enggak, dan apakah buku itu cocok denganmu atau enggak.

orang baca buku

Ulasan atau review buku biasa muncul di awal terbitnya buku. Meski memang, kalau kamu membeli benar-benar di awal keluar, mungkin masih sulit atau bahkan belum ada ulasan buku tersebut. Kamu bisa menunggu sebentar sampai ada yang membuat ulasannya untuk menentukan akan beli atau tidak.


Cari Alasan Buku itu Bagus

Apa sih bagusnya buku ini? Kamu bisa mancari tahu alasan buku yang kamu mau itu bagus atau tidak sebelum membelinya. Bisa cek dari daftar isi, sebagian isi buku hingga ulasan buku yang diunggah orang lain. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sendiri alasan buku itu bagus atau tidak. Cari alasan buku itu bagus dan akan kamu baca, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pastikan Budgetnya

Belanja buku jangan kalap ya, hehe. Pastikan alokasi dana yang kamu siapkan sesuai dengan harga buku yang ditawarkan. Kalau danamu tidak cukup, kamu bisa cari alternative buku lain yang isinya tidak jauh berbeda tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Atau kamu juga bisa membeli versi ebook yang legal di penerbitnya. Masih belum cukup juga? Kamu juga bisa mendapatkan akses baca buku lewat aplikasi perpustakaan gratis secara online. Eits, hindari beli buku bajakan ya.

Harus Beli Sekarang?

Bisakah beli buku ditunda? Bisa. Kalau memang ada pertimbangan lain, kamu bisa saja kok menunda lebih dulu beli buku.

Sebaliknya, jika saat ini kamu benar-benar membutuhkannya, maka beli saat ini juga. Tentu dengan berbagai pertimbangan lainnya. Jangan sampai kamu tidak mendapatkan manfaat dari buku yang kamu beli itu, hanya karena tidak tepat waktu membelinya.

Yakinkah Diri, Akan Selesai Dibaca

Terakhir nih. Yakinkan diri kalau buku yang mau kamu beli ini, akan selesai dibaca. Kalau kamu sudah yakin bisa menyelesaikan membacanya, maka belilah. Tapi kalau kamu belum yakin, ya yakinkan dulu untuk bisa menyelesaikan membaca nantinya, hehe

buku wajib dibaca

Oke, itu tadi beberapa tips beli buku pasti dibaca yang perlu kamu tahu dan bisa kamu praktikkan sendiri. Jadi, inget ya, jangan nge-ghosting buku. Kasian dong bukunya, sakit tahu, hehehe
Tips Membeli Buku Pasti Dibaca Tips Membeli Buku Pasti Dibaca Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

2 komentar:

  1. 'yakinkan diri akan selesai dibaca' bener bangetttt, jadi perlu mengumpulkan niat diawal ya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yg ini wajib banget. pokoknya harus yakin dulu, bisa selesai

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.