Checklist Weekend untuk Booklover

Booklover mana nih suaranya? Udah weekend lagi aja. Biasanya sih kalau weekend jadi kesempatan untuk rehat dari kesibukan pekerjaan atau aktivitas lainnya di hari biasa. Ada yang rebahan aja, enggak ngapa-ngapain full gitu. Ada juga yang memanfaatkan weekend buat refreshing tipis, yang dekat-dekat aja. Ya gimana dong, mau yang jauh, eh masih inget lagi pendemi.

kaca mata di rumput

Eh ada juga yang memilih baca buku? Wah ini sih namanya booklover sejati. Tapi weekend nggak harus baca buku aja sih. Kamu juga perlu memenuhi hak tubuh yang lain, yang tidak bisa dilakukan selama weekdays. Udah dibuat list-nya dong mau ngapain aja? Bukan biar inget sama pekerjaan sih. Tapi biar semua sempat dilakukan. Berikut checklist weekend untuk Booklover yang bisa kamu lakukan.

Baca Buku

Weekend itu surganya booklover buat baca buku. Enggak ada yang boleh ganggu. Enggak ada yang bisa mengubah jadwal satu ini. Pilih salah satu buku favorit atau ambil buku yang udah dibeli tapi belum sempat dibaca. Nah, ini kesempatan untuk membayar hutang baca yang sulit dilakukan saat weekdays.


Menulis

Membaca enggak bisa dilepaskan begitu saja dengan menulis. Kalaupun kamu enggak punya target khusus menulis, tapi menyempatkan waktu menulis saat weekend juga bagus kok. Kamu bisa menulis diary, misalnya. Menulis untuk diri sendiri aja, enggak perlu memaksakan menulis untuk orang lain.


Merawat Buku

Punya barang, harus bisa merawatnya dong. Apalagi ini buku. Sesuatu yang spesial bin istimewa. Kamu bisa memanfaatkan weekend kamu untuk merawat buku-bukumu di rumah. Misalnya dengan membersihkan rak buku, memberi sampul pada buku-bukumu ataupun membersihkan satu per satu buku dari debu yang menempel. Terakhir, pastikan buku-bukumu tetap dalam keadaan terbaiknya, jangan sampai rusak apalagi hilang.


Self Care

Nah kalau yang ini wajib dong. Udah capek dengan kesibukan pekerjaan selama sepekan, self care itu penting. Kamu bisa memilih self care dengan cara melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau melakukan perawatan diri seperti ke salon. Pilih olahraga ringan aja, yang enggak memakan tempat dan waktu. Pastikan Senin pagi lebih segera, bukan lelah. Pun ketika melakukan perawatan. Kalau enggak ke salon, bisa juga kok melakukan perawatan sendiri di rumah.

Ikut Kajian

Buat kamu yang tetap haus ilmu, bisa juga kok weekend kamu manfaatkan dengan mengikuti kajian. Kan biasanya kalau hari biasa susah tuh meluangkan waktu. Nah kamu bisa pilih dan ikuti kajian ilmu yang diselenggarakan di akhir pekan. Selain waktunya lebih longgar, ini juga jadi salah satu cara untuk mengisi kembali pengetahuan tentang keilmuan.

Family Time

Family timeeee!!! Yatta! Mumpung weekend kan ya, kapan lagi ada waktu untuk keluarga. Kamu bisa memanfaatkan momen akhir pekan untuk berkumpul dengan keluarga. Bisa makan bersama, beraktivitas bersama bahkan jalan-jalan bareng keluarga. Eits, tapi kayaknya rencana jalan-jalannya sebaiknya ditunda dulu deh. Ya sampai situasi sudah normal kembali. Family time tetap bisa asyik kok, meski enggak dilakukan dengan bepergian ke tempat wisatan.

Rebahan Aja deh

rebahan di ranjang

Tapi kalau kamu emang dari awal enggak ada niat mau ngapa-ngapain, alias mau rebahan aja di akhir pekan, juga boleh kok. Nikmati waktu akhir pekan dengan tidak melakukan apapun. Jadikan ini momen benar-benar bersantai. Yang penting, hari Senin pekan selanjutnya udah segar dan siap beraktivitas lagi. 


Nah itu tadi beberapa checklist weekend yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih aktivitas. Hmmm ... mau pilih yang mana nih? Atau mau kamu lakukan semuanya? Boleh aja kok. Yuk share juga kegiatan weekend kamu juga di kolom komentar di bawah.
Checklist Weekend untuk Booklover Checklist Weekend untuk Booklover Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

4 komentar:

  1. Weekend,klo dulu pasti ngebolang atau gowes^^
    Klo masa pandemi gini, di rumah saja, ngintip tulisan yang enggak selesai2 :D
    Berkebun, ngedekor atau apapun yang bikin bahagia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gowes dong yg selalu jadi jadwal rutin pas weekend
      kan gowes sendirian, enggak berkerumun, hahahaha
      weekend di rumah malah enggak bisa santai2 deh, selalu ada kerjaan, hmmm

      Hapus
  2. Weekend aku menolong orang - orang dari kejahatan,

    aku kan spiderman. B)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.