5 Ide Menulis di Akhir Pekan

Akhir pekan selalu jadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selain untuk waktu istirahat, akhir pekan juga jadi kesempatan untuk melakukan banyak hal lain yang biasanya tidak bisa dilakukan di hari-hari biasa. Berbagai hobi menarik bisa kamu lakukan di akhir pekan. Efeknya? Selain agar otak lebih segar, badan juga lebih sehat. Terutama jika melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan fisik. 


kegiatan menulis depan laptop
sumber: pixabay

Eits, tapi boleh kok kalau kamu menghabiskan akhir pekan dengan menulis. Selain bisa sebagai cara melepaskan beban yang ada dalam pikiran, menulis juga bisa sebagai hiburan maupun untuk mengasah keterampilan. Hal pertama yang perlu kamu persiapkan sebelum menulis adalah menemukan ide. Sudah punya ide atau belum nih? Kalau belum, cek yuk 5 ide menulis di akhir pekan yang bisa kamu coba, biar ide-mu enggak gitu-gitu aja.

Tulis Ulang Cerita dari Penulis Favorit

Aktivitas menulis tidak bisa dilepaskan begitu saja dari membaca. Pasti kamu juga punya dong ya, buku favorit. Nah kamu juga bisa menulis ulang cerita dari buku favorit kamu, tetapi dari sudut pandang berbeda dengan penulis aslinya. Misal nih, buku aslinya menggunakan sudut pandang orang pertama, kamu bisa mengubahnya menjadi sudut pandang orang ketiga. Atau, kamu juga bisa membuat tulisan dari sudut pandang karakter pendukung di novel aslinya. Wah bisa jadi cerita baru nih.

Ini sama sekali berbeda dengan plagiat lho ya. Jadi, kamu menggunakan sumber dari buku untuk inspirasi saja. Karena niatnya untuk menulis ulang, jadi memang tujuannya bukan untuk dipublikaskan. Melainkan untuk melatih kemampuan menulis.

Tulis Ulang Cerita Lama

Kalau tadi kamu memanfaatkan cerita dari buku favoritmu, maka kali ini kamu juga bisa memanfaatkan cerita lama yang pernah kamu buat. Pilih cerita lama yang pernah kamu buat, lalu tulis ulang karakternya secara berkebalikan. 

kegiatan menulis dengan indah
sumber: pixabay

Contohnya misalnya tokoh baik, ubah jadi tokoh jahat. Waktu dan latar ceritanya juga bisa kamu ubah. Ini bisa jadi tantangan tersendiri, karena enggak semua bisa diubah karakternya. Dengan karakter yang berubah atau berkebalikan, ceritanya juga bisa berubah. Kamu bisa mendapatkan cerita yang sama sekali baru sebagai hasilnya nanti.

Deskripsi Rumah Idaman

Kalau tadi idenya berasal dari tulisan, maka kali ini idenya berasal dari imajinasi. Kamu pernah punya imajinasi atau rumah idaman? Nah ini juga bisa jadi ide yang menarik lho.

Pilih rumah idaman yang kamu inginkan. Lalu buat deskripsi rumah idaman ini, sedetail mungkin. Baik ruangan depan, ruang tengah, kamar, ruang keluarga bahkan area di sekitar rumah yang sesuai dengan idaman dan imajinasi kamu. Kamu bisa ceritakan juga apa saja yang kamu lakukan untuk bisa mendapatkan rumah idaman ini. Bisa jadi target menarik lho, apalagi kalau suatu saat nanti kamu benar-benar bisa mewujudkan rumah idaman ini.
 
 

Lagu Favorit Sumber Ide Tulisan

Inspirasi juga bisa datang dari lagu. Kamu bisa putar lagu favorit kamu secara acak, lalu gunakan untuk sebagai sumber ide dalam membuat tulisan. 

kegiatan mendengarkan musik dengan ponsel
sumber: pixabay

Selalu ada alasan tertentu untuk sebuah lagu menjadi favorit, karena kenangan soal seseorang, misalnya. Nah ini bisa kamu jadikan ide tulisan juga. Kamu bisa menceritakan tentang kenangan yang kamu punya saat mendengarkan lagu ini. Awas, kalau kamu jadi galau gara-gara hal ini, enggak ditanggung ya, hehe

Makanan Sumber Inspirasi

Hei, makanan juga bisa jadi sumber inspirasi ya. Coba deh ingat-ingat lagi, makanan terakhir yang kamu makan hari ini. Setelahnya, ceritakan isi makanan itu. Kamu juga bisa menceritakan tentang bagaimana kamu mendapatkan makanan itu. Atau kalau kamu mau, kamu juga bisa menceritakan bahan-bahan makanan itu termasuk cara membuatnya serta proses pembuatannya.

Kalau makanan beli, gimana dong? Tenang, kamu juga bisa membuat tulisan tentang rasa makanan itu. Review bentuknya dan juga tempat membeli makanan itu. Nah, kamu bisa jadi foodblogger tuh. 

 
Jadi, dari 5 ide menulis di akhir pekan tadi, mana nih menurut kamu paling asyik buat dicoba? Kamu enggak harus menulis langsung jadi kok. Bisa saja kamu tuliskan poin-poin pentingnya dulu, setelahnya baru kembangan tiap poin. Setelah tulisan selesai, kamu juga bisa endapkan dulu dan bisa juga kamu edit lagi di lain kesempatan sebelum diunggah. 

kegiatan menulis ditemani kopi
sumber: pixabay

Self editing atau mengedit tulisan secara mandiri ini penting lho ya. Tulisan yang rapi bisa membuat pembaca nyaman saat membaca. Dan kalau kamu mengunggahnya di blog, tulisan yang bagus, rapi, dan menarik juga bisa membuat pembaca betah datang ke blog kamu. Tidak hanya membaca satu tulisanmu saja, tapi juga bisa tertarik membaca tulisanmu yang lain.

Oke, gitu aja. Selamat terinspirasi, selamat berimajinasi, dan selamat menulis. Sampai jumpa di tulisan lainnya.
5 Ide Menulis di Akhir Pekan 5 Ide Menulis di Akhir Pekan Reviewed by Bening Pertiwi on Desember 19, 2020 Rating: 5

2 komentar:

  1. menulis ulang cerita dengan gaya penulisan sendiri bakal menarik untuk dibaca, ah kegiatan yang menarik, saya suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ini punya tantangan tersendiri. selalu ada sisi menarik yang bisa diungkap lagi ya

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.