Cara Dapat Buku Gratis untuk Review Buku

Awal mulai blog ini ada adalah untuk menuliskan review buku. Jadi, buku yang sudah aku baca, akan aku buat dalam bentuk tulisan dan diposting dalam blog ini. Nah, dari sekian buku itu, tentu sumbernya macam-macam. Ada yang penasaran enggak sih, dari mana saja aku dapat buku untuk direview?

buku gratis untuk review buku

Sumber pertama tentu beli sendiri, alias koleksi pribadi. Koleksi lama dan baru. Tapi kalau ini masuk dalam list, bukan gratis dong ya? Karena biasanya yang gratis jauh lebih menarik.

Dari Mana Buku Gratis untuk Review Buku?

Berikut beberapa cara atau sumber buku gratis yang aku jadikan bahan review buku.

Giveaway di Media Sosial

Cara pertama yang pernah aku lakukan untuk mendapatkan buku gratis adalah ikut giveaway di media sosial. Sebut saja facebook, instagram, maupun twitter. Aku suka follow akun penulis, penerbit atau komunitas. Dari akun mereka ini, kadang ada giveaway. Giveaway biasanya diadakan saat ada event, seperti terbit buku baru.

Untuk bisa mendapatkan buku gratis dengan cara ini, kita perlu punya akun media sosial juga. Lalu ikuti syarat-syarat yang disebutkan dari akun pemberi giveaway. Kalau sudah, ya tinggal berdoa saja, semoga dapat. Beberapa kali aku dapat buku gratis dengan cara ini. Dan dari cara ini, aku pun jadi dapat kenalan baru dengan penulisnya.

Baca di Perpustakaan Nyata dan Digital

Cara ini sebenarnya cara paling klasik. Kita bisa mendapatkan buku secara “gratis”. Eits, gratis di sini, maksudnya kita bisa baca dengan pinjam, bukan jadi milik sendiri ya. Nah ini paling enak kalau masih sekolah atau kuliah, karena perpustakaan pasti tersedia. Bisa saja dengan mengunjungi perpustakaan daerah.

Nah perpustakaan tidak lagi hanya berupa fisik saja. Karena sudah ada perpustakaan digital yang bisa diakses lewat gawai. Ada ipusnas, gramdig, dan lain-lain. Bisa pinjam buku dan baca di mana saja kapan saja. Setelahnya bisa tulis review buku deh.

Hubungi Penerbit Langsung

Cara ini bisa dilakukan kalau sebelumnya kita sudah membuat review buku. Lalu dipublikasikan ke media, seperti koran, majalah atau website terpercaya. Nah hasil review buku itu kemudian dikirimkan buktinya ke penerbit melalui email atau media lain.

Penerbit akan sangat senang jika buku mereka direview oleh orang lain. Karena menjadi salah satu cara promosi. Nah beberapa penerbit memberikan apresiasi pada pereview berupa dikirim buku baru/buku lain untuk kembali dibuat reviewnya. Kadang dapat honor juga. Asyik kan?

Ikut Webinar Kepenulisan

Cara selanjutnya yang sudah aku buktikan bisa dapat buku gratis adalah ikut webinar kepenulisan. Saat ini banyak lho acara webinar baik khusus kepenulisan ataupun umum. Beberapa webinar memberikan buku sebagai souvenir atau hadiah pada peserta webinar yang bertanya.

Nah ini kesempatan untuk bisa mendapatkan buku secara gratis. Kita tinggal mengajukan pertanyaan sesuai dengan isi webinar, nantinya bisa dapat buku gratis.

Ikut Challenge Kepenulisan

Ini pengalaman lama sih, tapi terbukti memberikan buku gratis. Waktu itu ada suatu komunitas kepenulisan yang rajin memberikan challange pada anggotanya. Jadi anggota yang ikut, diminta menulis cerpen dengan tema tertentu dan diposting di blog/media sosial masing-masing.

Nah nanti ada juri dari tim yang memberikan penilaian. Bagi cerpen terbaik dan terpopuler akan dapat buku gratis sebagai hadiahnya.

Bergabung dengan Komunitas Pencinta Buku

Katanya untuk jadi penulisa itu butuh teman lho. Makanya komunitas kepenulisan dan komunitas pencinta buku itu penting.

Cara berikutnya memperbesar peluang mendapatkan buku gratis adalah dengan bergabung dengan komunitas pencinta buku. Di sini kita bisa bertukar buku dengan anggota komunitas lainnya, ataupun bertukar informasi tentang buku dan bisa mendapatkan kesempatan memperoleh buku gratis.

Daftar jadi Reviewer di Web atau Blog Resensi

Sejumlah web atau blog menyediakan program review buku dan menawarkan buku buku gratis bagi para reviewernya. Kita bisa cari web atau blog resensi lalu ikuti proses pendaftarannya. Biasanya kita akan diminta mengisi formulir pendaftaran lalu perlu menyertakan contoh tulisan review buku yang pernah dibuat.

Cari Ebook dari Situs Buku Gratis

Ada enggak sih buku yang benar-benar gratis? Ada dong. Sejumlah ebook bisa didapat dari situs penyedia ebook yang gratis. Eits, jangan lupa, gratis pun tetap harus legal. Jangan sampai beli bajakan ya.

situs ebook gratis

Berikut beberapa situs yang menyediakan banyak ebook gratis dan legal:
1. http://www.gutenberg.org/ 
2. https://openlibrary.org/ 
3. http://www.oapen.org/home 
4. http://www.acehbooks.org/ 
5. http://literature.org/ 
6. http://www.feedbooks.com/publicdomain 
7. https://archive.org/details/texts

Ebook yang disediakan tidak selalu merupakan buku baru. Beberapa buku atau ebook bahkan merupakan buku yang sudah menjadi publik domain. Meski demikian, buku buku ini tetaplah buku bagus yang akan bisa jadi sumber review buku menarik jika dikemas dengan baik.

Beli Buku Bekas

Sebenarnya cara ini tidak sepenuhnya gratis sih. Kita bisa mendapatkan buku ‘nyaris gratis’ alias dengan harga murah dengan membeli buku bekas. Tidak banyak uang dikeluarkan dengan cara satu ini.

Tetapi, harus hati-hati ya. Bedakan antara buku bekas dengan buku bajakan. Tidak selalu buku bekas pasti murah. Buku tertentu yang jadi koleksi atau buruan kolektor kadang harganya malah mahal. Hindari beli buku murah, eh ternyata bajakan.

Penutup

Demikian tadi beberapa cara mendapatkan buku gratis untuk menulis review buku. Beberapa cara di atas sudah pernah aku praktikkan dan lakukan. Jadi sudah terbukti adanya. Ada juga sih, yang belum dicoba. Tapi tetap bisa dicoba kok.

Hati-hati mencari buku gratis. Jangan karena gratis, kita tidak hati-hati eh ternyata buku bajakan. Benar-benar harus hindari buku bajakan. Oke, itu untuk kali ini. Kapan-kapan kalau aku nemu cara lain yang juga terbukti bisa dapat buku gratis, aku tambah deh. Sampai jumpa di tulisan lainnya ya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.