Rekomendasi Penyedia E-Book Gratis dan Legal (part 1)

E-book atau buku digital saat ini makin populer. Dengan sisi manfaat yang sama dengan buku fisik, membaca e-book juga bisa dilakukan di mana saja dengan perangkat yang memadai. Bagi sebagian orang, e-book bahkan sudah menjadi gaya hidup. Mereka tidak mau tertinggal trends ataupun tidak tampil keren, karena belum membaca e-book.

Selain dengan alasan lebih praktis, e-book menjadi pilihan menarik karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan buku fisik. Harga satu buku fisik jika digunakan untuk membeli e-book, bisa dapat beberapa e-book sekaligus. Alasan inilah yang kemudian membuat makin banyak orang yang memburu e-book. Berikut beberapa rekomendasi situs penyedia e-book gratis dan legal yang bisa kamu simak. 

1. Project Gutenberg

Salah satu penyedia buku digital tertua yang pernah adalah adalah Project Gutenbert. Digagas oleh Michael Hart sejak 1971, saat ini Project Gutenberg sudah memiliki 49.000 judul buku. Dan semuanya ini bisa diunduh sert diakses secara legal. 

rekomendsi situs ebook gratis dan legal
Project Gutenberg tidak sendirian dalam proyeknya mengumpulkan buku digital. Afiliasinya dengan sejumlah situs lain sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 100.000 judul buku, baik dalam format epub maupun kindle.

Tidak hanya kuantitasnya saja yang luar biasa, situs ini juga menyedian jenis buku yang cukup lengkap. Sebut saja sastra, sejarah, fable, hingga sains. Ciri khas utama Project Gutenberg adalah koleksi buku-bukunya yang sudah masuk dalam public domain. Banyak di antaranya berupa buku klasik. Buat kamu yang berminat, boleh cek langsung http://www.gutenberg.org/

2. Open Library

Open library merupakan sebuah perpustakaan online. Di sini, tersedia banyak buku yang terbuka bagi siapapun yang hendak mengaksesnya. Seperti perpustakaan pada umumnya, buku-buku koleksinya dapat dibaca saja tetapi secara online. 

rekomendasi situs ebook gratis dan legal
 
Meski demikian, di situs ini disediakan juga sejumlah buku yang dapat diundung dengan gratis, sehingga dapat dibaca sewaktu-waktu. Situs ini merupakan open project. Jadi, pengguna situs ini juga dapat berkontribusi terhadap koleksi buku yang tersedia. Bagi kamu yang ingin mengaksesnya, bisa langsung dating saja ke https://openlibrary.org/

Baca juga Mengenal Ebook dan Manfaat Ebook
 

3. Literature.org

Situs berikutnya yang juga menyediakan beragam ebook menarik adalah literature.org. Situs ini banyak menyediakan karya sastra dunia, seperti karya Dumas, Mark Twain, Allan Poe, Leo Tolstoy, dan sebagainya. Ribuan buku dari sastrawan ternama dunia bebas diakses lewat situs ini. 

rekomendasi penyedia ebook grati dan legal
 
Meski demikian, literature.org tidak menyediakan versi unduhan dalam format pdf, epub ataupun kindle. Tetapi, jangan khawatir. Situs ini tetap bisa diakses dengan mudah, karena koleksi buku-bukunya hanya disajikan dalam teks tanpa gambar, sehingga tidak akan memakan banyak kuota internet. Penasaran? Silakan berkunjung langsung ke http://literature.org/

4. OAPEN Library

Jangan terkecoh dengan namanya ya. Memang benar, situs ini alamatnya ada di http://www.oapen.org/home. 

rekomendasi penyedia ebook gratis dan legal
 
Situs ini memang lebih focus pada buku akademik dalam ranah social humaniora. Ada puluhan ribu buku berkualitas tersedia di situs ini. OAPEN Library menerapkan mekanisme peer review, jadi hanya buku-buku yang lolos uji baca saja yang bisa muncul di situs ini.

Baca juga Alasan Ebook Menarik yang Harus Kamu Simak
 

5. books.google.com

Selain menjadi mesin pencari, Google juga menyediakan situs sendiri yang menyediakan buku digital. Situs besutan Google ini menyediakan berbagai format buku digital yang bisa dipilih. 

rekomendasi penyedia ebook gratis dan legal
 
Ada buku yang bisa diunduh secara penuh melalui google book ini. Tetapi, ada juga buku yang hanya bisa diunduh sebagian saja, agar pembaca bisa melihat sebagian isinya sebelum membeli buku fisiknya. Selain bisa diakses pada perangkat computer, google book juga tersedia dalam versi mobile dengan nama Play Books.

6. Feedbooks

Feedbooks menyediakan buku-buku yang sebagian besar sudah masuk dalam public domain. Ada ribuan buku yang tersedia dan berasal dari berbagai genre serta disiplin ilmu. Dari religi, novel, hingga sejarah. 

rekomendasi penyedia ebook gratis dan legal
 
Seluruh buku yang tersedia di situs ini dapat diunduh secara gratis, legal, dan dapat dibaca tanpa koneksi internet sekalipun. Alamatnya ada di http://www.feedbooks.com/
 

7. Internet Archive

Cocok dengan Namanya, situs besar ini memiliki arsip dokumen lebih dari delapan juta. Tentu dapat diakses secara bebas dan diunduh dalam berbagai bentuk file. Jumlah ini masih terus bertambah tiap harinya. 
 
rekomendasi penyedia ebook gratis dan legal

Saat ini, dokumen yang ada pada situs internet archive dapat diakses secara gratis. Tidak hanya buku saja, Internet Archive juga dalam proses mendokumentasikan dan mengarsipkan artefak kebudayaan manusia. Penasaran? Cek langsung di https://archive.org/

8. manybooks.net

Situs download milik Bruce Hartman ini memiliki lebih dari 33.000 buku. Manybook dapat diakses dan diunduh secara gratis. 

rekomendsi penyedia ebook gratis dan legal
 
Halaman mukanya juga sangat ‘user friendly’. Dengan memilih jenis, judul, penulis, bahasa,dan rekomendasi buku, bisa ditemukan dengan mudah buku yang dicari. Selain itu ada juga rekomendasi buku-buku yang populer diunduh. 
 
Baca juga Jenis-jenis Ebook yang Harus Kamu Kenal

Demikian tadi Rekomendasi penyedia E-Book Gratis dan Legal (part 1). Kenapa part 1? Karena nantinya ada bagian kedua di artikel lainnya. Dengan mengunduh buku dari situs legal dan gratis, artinya sudah membantu para penulis.

Jangan lupa cek juga artikel lain tentang review buku dan informasi serta tips seputar buku di blog https://beningpertiwi.com. Sampai jumpa di tulisan lainnya.


Rekomendasi Penyedia E-Book Gratis dan Legal (part 1) Rekomendasi Penyedia E-Book Gratis dan Legal (part 1) Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.