Jenis-jenis E-Book yang Harus Kamu Kenal

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka jenis e-book atau buku digital yang dibuat juga makin beragam. Macam dan jenis e-book ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 
 
jenis ebook yang harus kamu kenal

Jelas, tiap e-book itu unik. Jadi, jenis e-book apa saja yang sudah kamu kenal nih? Kalau belum kenal, yuk kenalan dengan jenis-jenis e-book berikut!
 

Format text biasa (.txt)

Format ini adalah format paling dasar dari buku digital atau e-book. E-book hanya berisi teks saja, sehingga ukurannya bisa menjadi sangat kecil. Dengan kata lain, hanya teks polos saja.

Contohnya, buku dengan 800.000 kata bisa berukuran hanya sektiar 4 MB saja. Jenis txt ini merupakan standar ASCII yang memungkinkan dengan mudah dibaca di berbagai system operasi. Ini juga memungkinkan mudah melakukan konversi satu sama lainnya.

Format Hypertext Markup Language (.html;..htm)

HTML adalah Bahasa yang digunakan pada banyak web halaman. Buku digital yang menggunakan format HTML dibaca menggunakan web browser.

Sebenarnya, HTML bukan merupakan format yang efisian untuk menyimpan informasi. Jenis file ini membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih banyak. Meski demikian, beberapa e-book format seperti Amazon Kindle, Mibipocket, dan EPUB menggunakan satu file HTML untuk setiap bab buku dan kemudian di-ZIP untuk memanpatkan file, bersama gambar, metadata, dan style sheet dalam satu file saja.

Portable Document Format (.pdf)

Jenis e-book satu ini dikembangkan oleh Adobe System. Pada mulanya, dibuat untuk menyediakan bentuk standar dan menyimpan dokumen sebelum diterbitkan. Format ini asalnya dari PostScript, tetapi tanpa disertai fitur bahasa seperi loop. Selain itu dilengkapi dengan dukungan tambahan untuk fitur compress dan password. 

jenis ebook yang harus kamu kenal
Format dokumen PDF ini mudah dilihat dan dicetak oleh pengguna pada berbagai platform. Spesifikasinya sendiri tidak dikenakan biaya oleh Adobe.

Umumnya, file PDF berisi brosur, manual produk, artikel majalah hingga seluruh buku. Ini karena PDF mendukung font embed, gambar, dan dokumen lainnya. Sebuah file PDF dapat berisi satu atau lebih gambar halaman yang dapat diperbesar. 

 

Format DjVu (.djvu)

Keunggulan yang ditawarkan format DjVu adalah dalam scan menyimpan gambar. Gambar yang ada masing-masing dikompresi dengan metode terbaik yang tersedia. Format ini dirancang dengan dekompresi sangat cepat.

DjVu memungkinkan mengambil scan dengan revolusi tinggi, inilah keuntungannya. Sehingga baik untuk penyimpanan yang lebih efisien dan hasil terbaik saat dicetak.

Format Mobipocket (.prc;.mobi)

Format e-book Mobipocket menggunakan format standar XHTML dan mencakup JavaScript. Untuk membacanya, dibutuhkan e-book reader atau aplikasi pembaca e-book yangs esuai. Format ini juga memberikan keleluasaan bagi pembaca untuk menambahkan halaman kosong.

Selain itu, fitur seperti highlight, bookmark, koreksi, catatan, dan gambar juga dapat ditambahkan pada format ini dengan mudah. Format ini juga mudah dibaca dengan layer kecil seperti ponsel.

Format EPUB (.epub)

Format Epub OEBPS adalah standar terbuka untuk buku digital yang dibuat oleh International Digital Publishing Forum (IDPF). Ini merupakan gabungan dari tiga standar IDPF:
  • Publikasi Terbuka Struktur (OPS) 2.0, yang menggambarkan markup konten (baik XHTML atau Daisy DTBook)
  • Buka struktur Format (OPF) 2.0, yang menggambarkan struktur sebuah epub. Dalam XML
  • OEBPS berisi Format (OCF) 1.0, yang bundel file bersama (sebagai file ZIP dinamai)
Format ini dapat dibaca pada eReader Kobo, Apple iBooks, Barnes dan Noble Nook, Sony Reader, BeBook, Bookeen Cybook Gen3 (dengan firmware v. 2 ke atas), SEJUK-ER, Adobe Digital Editions, Lexcycle Stanza, BookGlutton, AZARDI, Aldiko dan WordPlayer Android dan Mozilla Firefox add-on EPUBReader. 

 

Format Amazon Kindle (.azw)

Format ini muncul bersamaan dengan peluncuran pembaca e-book Kindle. Dasar dari format ini adalah Mobipocket standar dengan seri yang sedikit berbeda. 

jenis ebook yang harus kamu kenal
 
Saat membeli e-book di Kindle, pengguna tidak akan melihat file Azw selama proses unduh. Ini karena filenya dikirim dalam system nirkabel Whispernet. Saat ini, format Kindle sudah tersedia pada berbagai platform.

Format Flip Books

Seperti Namanya, flip book, jenis e-book ini dapat dibalik secara virtual seperti halnya membuka halaman pada buku fisik. Pertama kali dikembangkan pada tahun 2003/2004 oleh Interaxive Media untuk Nishe Media (Kanada). Karenanya, awalnya disebut sebagai Halaman Nishe.

Versi pertamanya dipamerkan pada public bulan Agustus 2004. Segera setelahnya, banyak bermunculan versi tiruan dari flip. Ini seiring dengan munculnya aplikasi Macromedia Flash. 
 
Baca juga Audiobook, Baca Buku Berbentuk Suara

Sebenarnya, perangkat lunak asli tetaplap unik. Hal ini karena didukung oleh system CMS yang lengkap berbasis server, sehingga memungkinkan buku dibuat, dipublikasikan, dan dilihat pada jarak jauh dari server web tanpa harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi tertentu.

jenis ebook yang harus kamu kenal
 
Demikian tadi beberapa jenis e-book atau buku digital yang harus kamu kenal. Sebenarnya, jenis e-book sendiri lebih banyak dari ini. Setiap format e-book memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekian untuk hari ini, terima kasih. Sampai jumpa di tulisan lainnya.



Jenis-jenis E-Book yang Harus Kamu Kenal Jenis-jenis E-Book yang Harus Kamu Kenal Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

2 komentar:

  1. .epub kesukaanku, google play book andalanku!

    #prinsip

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, dasar ya
      selalu cari yang ter ter deh

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.