Perbedaan Review Buku, Resensi Buku, dan Ulasan Buku

Waktu sekolah dahulu, guru Bahasa Indonesia saya menggunakan istilah resensi buku untuk menunjukkan tulisan yang mengulas suatu buku. Tetapi saat ini, ternyata ada beragam istilah yang umum digunakan untuk menunjukkan teks yang sama, pembahasan terhadap suatu buku.

perbedaan review buku dan resensi buku
sumber: pixabay

Review buku, resensi buku dan ulasan buku adalah tiga istilah yang umum digunakan untuk merujuk tulisan tentang suatu buku. Kadang orang menggunakannya secara bergantian. Tidak jarang yang beranggapan kalau ketiga istilah ini sama saja. Padahal, ketiga istilah ini berbeda lho. Berikut pembahasannya:

Apa itu Review Buku, Resensi Buku, dan Ulasan Buku?

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang arti review buku. Kali ini saatnya saya melengkapinya dengan resensi buku dan ulasan buku.

Review Buku

Review buku adalah tulisan yang mengulas atau mengevaluasi suatu buku. Evaluasi pada review buku berdasarkan kriteria tertentu, seperti kualitas sastra, kualitas informasi, atau kualitas hiburan. Review buku biasanya ditulis oleh seorang penulis atau kritikus buku yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas di bidangnya.

Dahulu, review buku diterbitkan di surat kabar dan majalah. Tetapi saat ini, review buku sudah banyak beredar di situs web, blog, bahkan media sosial.

Resensi Buku

Berbeda dengan review buku, istilah resensi buku terkesan lebih formal. Umumnya digunakan di dunia pendidikan, akademik maupun literasi secara khusus. Hampir sama dengan review buku, resensi buku mengulas buku berdasarkan kriteria tertentu, seperti kualitas sastra, kualitas informasi, atau kualitas hiburan.

Resensi buku biasanya ditulis oleh seorang penulis atau kritikus buku yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas di bidangnya. Namun, resensi buku lebih menekankan pada penilaian terhadap kualitas buku tersebut, baik kelebihan maupun kekurangannya.

Ulasan Buku

Sementara itu, istilah ulasan buku justru lebih umum jika dibandingkan dengan review buku ataupun resensi buku. Ulasan buku dapat ditulis oleh siapapun. Penulis, kritikus buku, pembaca buku maupun pencinta buku bebas untuk membuat membuat ulasan buku.

Ulasan buku biasanya mencakup pembahasan tentang isi buku, kesan dan pendapat pembaca, dan rekomendasi untuk pembaca. Oleh karena itu, ulasan buku biasanya lebih singkat dan lebih bersifat objektif. Artinya pendapat dari penulisnya jauh lebih dominan.

Tabel Perbedaan Review Buku, Resensi Buku dan Ulasan Buku

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan ketiga istilah tersebut:

Aspek

Review Buku

Resensi Buku

Ulasan Buku

Tujuan

Memberikan informasi dan penilaian terhadap suatu buku.

Memberikan penilaian yang obyektif terhadap suatu buku

Memberikan penilaian berupa pendapat terhadap suatu buku

Aspek yang dibahas

Isi buku, gaya bahasa, kualitas penulisan, dan aspek lainnya, rekomendasi untuk pembaca

Isi buku, gaya bahasa, kualitas penulisan, dan aspek lainnya serta penilaian terhadap pentingnya suatu buku untuk dibaca

Isi buku, kesan dan pendapat pembaca, dan rekomendasi untuk pembaca

Panjang

Bervariasi, tetapi biasanya lebih panjang dari ulasan buku

Lebih panjang dari review buku. Paling panjang dibanding yang lain

Lebih pendek dari review buku. Paling pendek dibanding yang lain

Penulis

Penulis atau kritikus buku yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas di bidangnya

Penulis atau kritikus buku yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas di bidangnya

Pembaca yang telah membaca buku tersebut, tidak harus orang yang ahli di bidangnya

Sifat

Objektif

Objektif

Subjektif

Tingkat kedalaman

Mendalam

Mendalam

Dangkal


Penutup

Jika melihat perbedaan di atas, review buku dan resensi buku memiliki tujuan yang sama, yakni memberikan pendapat atau penilaian terhadap kualitas suatu buku.

Review buku biasanya ditulis oleh orang yang telah membaca buku secara keseluruhan. Sementara itu, resensi buku ditulis oleh orang yang telah membaca buku secara keseluruhan serta memiliki latar belakang yang sesuai dengan isi buku itu. Sehingga analisis yang disampaikan berbeda. Pada resensi buku, analisis yang disampaikan lebih mendalam dibanding pada review buku.

Ulasan buku mungkin yang paling berbeda dibanding review buku dan resensi buku. Ulasan buku hanya memberikan informasi dangkal dan dapat ditulis oleh siapa saja. Karena isinya yang cenderung subjektif, dominan memberikan komentar dan tanggapan terhadap suatu buku, ulasan buku dapat dibuat oleh siapa saja. Tidak harus orang yang ahli atau memiliki latar belakang sesuai dengan isi buku yang dibahas.

ulasan buku
sumber: pixabay

Saya sendiri lebih suka menggunakan istilah review buku. Karena yang saya bahas di blog ini, berisi informasi suatu buku secara umum, analisis dan juga tanggapan terhadap suatu buku. Jadi kalau menurut saya sih, paling dekat ya dengan arti review buku.

Yang jelas, istilah manapun yang digunakan, ulasan maupun analisis terhadap suatu buku adalah jenis tulisan yang menarik untuk dibuat. Saya memiliki beberapa alasan membuat review buku, seperti ada pada postinga sebelumnya. Dan semua itu menunjukkan kalau review buku adalah hal yang menarik dilakukan.

Postingan di blog ini dominan berisi review buku. Ada beragam buku yang saya buat reviewnya. Dari novel, buku non fiksi hingga buku anak. Ada rasa puas tersendiri setelah membaca, lalu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Kamu yang punya pengalaman sama, share di kolom komentar bawah ya. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.