Kelebihan dan Kekurangan E-Book yang Perlu Kamu Tahu

E-book atau buku versi digital dari buku konvensional. Tulisan dan gambar yang ada pada buku konvensional diubah ke dalam format digital, sehingga bisa dinikmati tanpa harus memegang fisik buku secara biasa.

Kelebihan dan kekurangan ebook

Membahas kelebihan dan kekurangan e-book, sebenarnya bukan berarti meniadakan keberadaan buku konvensional. Buku konvensional tetaplah diperlukan keberadaannya. Maka, keberadaan e-book dan buku konvensional akan saling melengkapi.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan e-book yang perlu kamu tahu. Daftar di bawah bisa kamu gunakan secara bijak, untuk menentukan apakah kamu lebih memerlukan e-book atau buku konvensional.
 

Kelebihan Ebook

Di bawah ini ada beberapa kelebihan e-book yang bisa kamu simak, antara lain:

Ebook lebih Murah

Salah satu alasan paling umum pemilihan e-book bagi pembaca adalah alasan ekonomi, e-book lebih murah jika dibandingkan dengan buku umum atau konvensional.

Pada beberapa buku, harga buku konvensionalnya bahkan bisa disamakan dengan dua hingga tiga kali lipat harga e-book. Selain itu, pada beberapa e-book, bahkan bisa didapatkan secara gratis melalui sejumlah website. Tentu ini jadi daya tarik tersendiri bagi penikmat buku.

E-book lebih Ramah Lingkungan

Masih terkait dengan alasan ekonomi, e-book juga dianggap lebih ramah lingkungan. Untuk mencetak buku konvensional, tentu dibutuhka kertas yang dihasilkan dari pohon. Selain itu, dibutuhkan tinta dan alat serta bahan pelengkap lainnya.

Kelebihan dan kekurangan ebook

Berbeda dengan e-book yang tidak membutuhkan kertas serta tinta sama sekali. Jelas e-book menjadi lebih ramah lingkungan

E-book lebih Tahan Rusak

Jika buku konvensional punya risiko rusak, kertas sobek dan menguning, serta masalah lainnya, maka e-book tidak akan mengalami hal ini.

E-book yang merupakan bentuk digital, lebih tahan terhadap risiko kerusakan. Asalkan tidak terkena virus, e-book bisa lebih awet. Bahkan jika terkena virus pun, masih akan kemungkinan dibersihkan dengan anti virus. Jadi, file e-book masih aman.
 

Mudah Dibawa dan Ukurannya Kecil

Bentuk e-book adalah file digital. Sehingga lebih mudah dibawa serta ukurannya relatif kecil dibandingkan buku biasa. File e-book bisa disimpan dalam media penyimpanan seperti kindle atau bahkan flashdisk.

Hemat Tempat

Masih berhubungan dengan ukuran e-book yang kecil, ini artinya e-book tidak butuh ruangan penyimpanan yang besar.

Jika buku konvensional butuh ruangan yang cukup besar untuk penyimpanan, maka e-book tidak memerlukan ini. Perangkat penyimpanan e-book yang kecil seperti kindle ataupun flashdisk bisa disimpan di meja atau rak yang terbatas juga.

Sistem Pengiriman yang Cepat

Salah satu kelebihan lain dari e-book adalah sistem pengirimannya. Saat membeli buku konvensional secara daring, maka kita membutuhkan beberapa waktu lebh dulu untuk pengiriman buku.

Berbeda dengan e-book yang bisa dikirimkan dengan cepat. Tidak butuh hitungan menit, bahkan dalam beberapa detik saja, e-book yang dibeli sudah bisa langsung diterima dan dinikmati.
 

E-book Lebih Interaktif

Saat ini, format e-book makin berkembang pesat. Sejumlah fasilitas tambahan diberikan agar pengguna e-book makin nyaman. Salah satunya adalah adanya interaksi saat membaca. Jika membaca buku konvensional, maka hanya dinikmati dengan dilihat saja. Maka pada e-book yang bersifat interaktif, pembaca bisa lebih aktif berinteraksi.

E-book yang lebih interaktif memberikan tambahan fitur agar pembaca bisa membaca, mendengar, sekaligus menonton e-book tersebut. Buku digital tidak hanya berbentuk tulisan saja, tapi juga suara ataupun gambar bergerak bahkan hologram.

Kekurangan E-Book

Selain memiliki beberapa kelebihan, e-book juga memiliki sejumlah kekurangan. Kita tidak bisa mengabaikan kekurangan ini begitu saja. Tentu harus jadi bahan pertimbangan juga. Berikut beberapa kekurangan e-book.

Butuh Gawai dan Aplikasi Khusus untuk Membukanya

E-book adalah buku berbentuk digital. Jadi, untuk dapat membuka dan membacanya dibutuhkan gawai tertentu dan juga aplikasi tertentu yang mendukung.

Kelebihan dan kekurangan ebook

Ini berbeda dengan buku konvensional biasa. Buku biasa bisa dibuka dan dibaca secara langsung tanpa membutuhkan alat tambahan.

Faktor Kenyamanan

Jika buku biasa bisa dibaca dengan posisi nyaman seperti tiduran, duduk di sofa atau bahkan di lantai, maka agak sulit untuk e-book. E-book membutuhkan perangkat tambahan seperti PC atau laptop. Ini membuat e-book hanya bisa dibaca pada tempat terbatas.

Meski memang, pada beberapa e-book yang ada di kindle atau menggunakan ponsel, faktor kenyamanan juga bisa diperoleh.

 

Risiko Mata Cepat Lelah

Membaca e-book menggunakan gawai tentu harus memandang monitor. Untuk beberapa orang, ini melelahkan. Terlalu lama memandang monitor bisa membuat mata lebih cepat kering dan lelah. 

E-book butuh Aplikasi yang Sesuai Formatnya

Sebagai buku digital, e-book memiliki beberapa format, contohnya seperti pdf, txt, doc, chm, dejavue, iSilo dan lain-lain. Untuk bisa membuka format tersebut, dibutuhkan aplikasi pembuka khusus. Dan file akan sulit dibuka atau bahkan tidak bisa dibuka jika digunakan aplikasi lain.

Artinya, pada saat membaca e-book, maka dibutuhkan aplikasi yang sesuai dengan format si e-book tersebut. Tidak bisa yang lain.

Sejumlah E-book tidak Aman

Sayangnya, tidak semua format e-book memiliki tingkat keamanan yang baik. Contohnya format txt. Format ini sangat rawan diserang virus. Selain itu, mudah juga dijebol oleh hacker. Secanggih apapun format e-book, tetap ada peluang untuk dibongkar atau dirusak.
 

Aroma Buku dan Sensasi Membalik Halaman

Salah satu daya tarik buku konvensional adalah aroma kertasnya. Sejumlah orang bahkan suka sekali membaui aroma kertas dari buku baru. Hal ini tentu tidak akan bisa ditemukan pada e-book, karena e-book tidak berupa buku fisik biasa.

Selain itu, jika pada buku konvensional bisa dirasakan sensasi membalik halaman, maka ini tidak ada pada e-book. Memang, pada sejumlah format e-book ada juga yang sudah dilengkapi dengan kegiatan ‘membalik halaman’ alih alih hanya menggulirkan mouse, tetapi tetap saja rasanya akan berbeda.

Demikian bebeapa kelebihan dan kekurangan E-book perlu kamu tahu. Sampai jumpa di tulisan lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan E-Book yang Perlu Kamu Tahu Kelebihan dan Kekurangan E-Book yang Perlu Kamu Tahu Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.