Tips Menulis Review Buku untuk Pemula

Selain membaca buku, suka juga membaca review buku yang bagus? Review buku yang bagus tidak dibuat dalam satu dua menit saja. Penulis review buku yang bagus bahkan butuh latihan dan pembiasaan berkali-kali untuk membuatnya.

apa review buku

Hal wajib yang harus dilakukan sebelum menulis review buku adalah membaca. Bahkan setelah berkali-kali menulis review buku, membaca tetap harus jadi hal utama dan pertama dilakukan sebelum menulis. Selain untuk mengetahui dan memahami isi buku, membaca banyak buku juga agar kemampuan menulis makin terasah.

Apa Review Buku?

Review buku adalah analisis kritis dari isi suatu buku. Termasuk di dalamnya membahas tentang plot, perkembangan karakter dan gaya penulisan. Review buku yang bagus berisi ulasan tentang kekuatan dan kelamahan suatu buku. Penulis review buku kadang memasukkan juga quote atau kutipan untuk mendukung pendapatnya pada review buku.

Eits, review buku berbeda lho dengan ‘book report’ atau laporan. Karena ‘book report’ hanya menyajikan deskripsi inti dari buku saja. Sementara review buku mengandung ulasan atau penilaian juga.

Apa Tujuan Review Buku?

Tujuan mereview buku untuk membantu pembaca, memutuskan apakah buku itu sesuai dengan selera mereka. Karena di dalamnya berisi tema, kekuatan dan kelemahan suatu buku. Review buku kadang memasukkan juga perbandingan dengan karya yang mirip.

Berapa Panjang Review Buku?

Panjang tulisan review buku tidak baku, tergantung tujuan dan penggunannya. Review buku di koran, majalah, dan jurnal umumnya berisi 500 hingga 2000 kata. Sebaliknya, review buku di situs review buku dan media online lainnya seperti Goodreads, Amazon, Facebook, atau Google hanya berisi 50-500 kata saja.

Review buku yang pendek tidak berarti merupakan review buku yang lebih jelek dibandingkan review buku panjang. Sekali lagi, ini menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika review buku pendek tetapi sudah lengkap isinya, tentu akan menarik. Begitupula review buku yang panjang, dan lebih lengkap lagi, tentu lebih baik.

Tips Menulis Review Buku untuk Pemula

Menulis review buku tidak bisa sembarangan. Setelah membaca buku dan memahami isinya secara baik, baru deh bisa menulis review buku. Jam menulis yang sudah banyak biasanya berpengaruh pada kualitas review bukunya. Tetapi, bukan berarti reviewer pemula tidak boleh mencoba membuat review buku ya.


· Catat Poin-Poin Pentingnya

Ini adalah langkah penting sebelum menulis review buku. Kita bisa memulainya dengan mencatat tentang karakter, tema, plot dan pandangan pribadi. Selain itu, catat juga judul, nama penulis dan informasi penting lainnya yang berhubungan dengan buku itu.

· Mulai dengan Perkenalan yang Kuat

Sebutkan nama penulis, judul buku, tema dan karakter utamanya pada bagian awal atau perkenalan. Bagian perkenalan atau awalan harus memberikan ringkasan tetapi review buku bebas spoiler

· Analisis Isi Bukunya

Tuliskan kekuatan dan kelemahan dari si buku. Ini dapat memasukkan juga pendapat pribadi tentang cara bercerita, gaya penulisan, perkembangan karakter dan struktur buku. Kita juga dapat membandingkannya dengan buku lain yang memiliki genre sama. Untuk mempermanis review buku, kita juga bisa memasukkan quote atau kutipan menarik untuk mendukung sudut pandang kita.

· Bagikan Pengalaman

Deskripsikan bagaimana perasaanmu saat membaca buku itu. Apakah kamu merasa tertarik, bersemangat atau malah jadi malas? Apakah kamu senang dengan klimak ceritanya atau berharap lebih?

· Simpulkan Review Buku

Buat kesimpulan dari poin-point penting di akhir review buku dengan penilaian final tentang buku itu. Di sini kita juga bisa menyebutkan apakah buku itu direkomendasikan untuk pembaca atau tidak. Ini adalah bagian penting dalam menulis review buku.

· Berikan Rating (Opsional)

Tergantung kebutuhan. Jika review buku diposting pada blog atau website pribadi, kita bisa memberikan rating sesuka kita. Mau rating 5, 10 atau 100 sekalipun. Tetapi jika review buku dibagikan pada situs review buku, kita ikuti saja sistem rating yang ada di sana.

Format Review Buku

Nah kalau sudah paham cara penulisan dan tips menulis review buku, ini saatnya menulis dong. Bagi reviewer pemula, jika masih bingung dengan formatnya, bisa gunakan template berikut untuk referensi.

template review buku

Bagaimana Cara Mengakhiri Review Buku?

Setelah menulis sesuai langkah dan tips di atas, maka ini saatnya membuat ‘ending’ atau penutup review buku. Untuk menyimpulkan review buku secara efektif, penting untuk meringkas bagian-bagian pentingnya. Akhiri review buku dengan komentar evaluasi final, dan rekomendasi yang meninggalkan kesan kuat untuk pembaca.

Penutup

Semoga tips di atas dan template ini dapat membantu dan menginspirasi untuk mulai menulis review buku. Setelah paham cara menulis review buku bagus, bisa langsung mulai. Mau jadi penulis review buku untuk kesenangan saja atau menulis review buku secara profesional? Kita yang bisa menentukan sendiri nantinya.

tips review buku pemula

Meski demikian, tetap harus ingat, jadikan menulis review buku kegiatan menyenangkan. Karena dari awal, menulis review buku berarti membagikan kesenangan karena membaca suatu buku dalam bentuk tulisan. Kalau rasa senang ini saja sudah hilang, bagaimana bisa menulis review buku yang bagus?

1 komentar:

   
  1. sewaktu awal-awal dulu nulis artikel buat blogku yaitu review buku yang aku suka, aku nulisnya ga panjang-panjang banget, kayak inti cerita, plus minusnya juga
    cuman heran aja dulu aku nulis artikel review mungkin ga sampe 500 kata

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.