Lebih dari Sekadar Ulasan, Ini Tujuan Mereview Buku

Membaca buku lalu membagikannya dalam bentuk tulisan, bagiku adalah having fun. Membaca jadi hiburan tersendiri. Apalagi bisa membagikannya pada orang banyak lewat tulisan di blog ini. Aku bisa membagikan pengalamanku setelah membaca. Akan seru bisa berdiskusi juga dengan orang lain, tentang betapa menariknya suatu buku. Atau tentang kekurangan yang aku temukan di dalam suatu buku.

tujuan review buku

Menulis review buku atau resensi buku secara tidak langsung memaksaku selalu membaca. Lalu setelahnya menulis. Ini semacam pelatihan menulis yang terus dilakukan. Membuat review buku menjadi cara mengasah kemampuan menulis.

Menulis Review Buku tidak Sekadar Ulasan

Pernah suatu saat, seorang kawan membagikan potongan layar yang berisi artikel resensi dari buku yang pernah aku tulis. Wah, senangnya bukan main. Rasanya puas, karena bukuku ternyata dibaca. Apalagi dibuat review buku-nya, yang artinya ada orang yang melakukan analisis terhadap bukuku, dan membagikannya dalam bentuk tulisan.

Yup, review buku ternyata adalah bentuk penghargaan terhadap karya seorang penulis. Penulis yang bukunya direview akan merasa sangat senang. Karya yang dibuatnya dengan sepenuh hati ternyata dibaca dan direview oleh reviewer. Artinya menulis review buku tidak sekadar membuat ulasan, melainkan bentuk apresiasi terhadap penulis.

Tujuan Menulis Review Buku

Menulis review buku memberikan manfaat baik bagi penulis maupun pembaca dan calon pembaca. Selain itu, review buku juga memiliki beberapa tujuan, seperti:

Membantu Pembaca Mengintip Isi Buku

Review buku dibuat dengan tujuan membantu pembaca buku atau calon pembaca untuk mengintip isi buku. Karena dalam review buku biasanya dicantumkan sejumlah informasi penting, seperti sinopsis atau ringkasan, alur, tokoh, tema, dan lain-lain.

Informasi-informasi penting ini bisa didapat oleh pembaca tanpa harus membaca buku secara lengkap terlebih dahulu. Review buku bagus umumnya singkat, hanya satu atau dua halaman saja. Jadi dengan jumlah halaman yang sedikit tadi saja, informasi yang dicari bisa diperoleh dengan mudah dan cepat.

Mengetahui Kekurangan dan Kelebihan Buku

Pada review buku, selain informasi penting yang ditulis sebelumnya, akan dibahas juga kelebihan serta kekurangan suatu buku. Nah informasi ini dapat diperoleh pembaca atau calon pembaca dari review buku.

Dari informasi ini, pembaca atau calon pembaca dapat mempertimbangkan apakah akan lanjut membaca atau tidak. Apakah akan lanjut membeli atau tidak. Tujuannya agar tidak salah pilih atau kecewa setelah membeli buku ternyata tidak sesuai dengan harapan.

Mengetahui Alasan Buku Diterbitkan

Tujuan menulis review buku selanjutnya adalah mengetahui alasan dan latar belakang suatu buku diterbitkan. Ada buku-buku yang memang ditulis untuk tujuan khusus. Misalnya buku-buku teks atau buku pendamping yang memang ditujukan untuk mendampingi proses pembelajaran. Atau buku-buku self improvement dan motivasi yang bertujuan memberikan informasi dan masukan bagi pembaca.

Alasan suatu buku diterbitkan kadang dibahas juga pada review buku. Ini bisa menjadi pertimbangan, apakah suatu buku layak diterbitkan atau dibaca oleh pembaca atau tidak. Atau adakah faktor lain hinggi buku tersebut layak diterbitkan.

Membandingkan Buku

Tujuan menulis review buku berikutnya adalah sebagai bahan pembanding. Penulis review buku bisa membandingkan suatu buku dengan buku lain yang memiliki tema atau genre yang sama. Selain itu, dapat dibandingkan juga satu buku dengan buku lain dari penulis yang sama.

membandingkan buku tema sama

Buku dengan genre atau tema yang sama dapat dibandingkan, mana yang menarik, mana yang memiliki nilai lebih dibandingkan yang lain. Informasi ini memperluas pengetahuan pembaca saat membaca suatu buku. Perbandingkan beberapa buku dari penulis yang sama juga membantu pembaca melihat ciri khas si penulis. Seorang penulis biasanya memiliki ciri khas tertentu yang selalu muncul dalam karya-karyanya.

Memberikan Masukan Bagi Penulis

Keberadaan review buku juga memiliki tujuan memberi masukan bagi penulis. Ini adalah kesempatan penulis buku mengembangkan kreativitasnya. Penulis buku yang karyanya diulas, akan dibahas kekurangan dan kelebihannya. Lalu diberikan penilaian. Hasil penilaian ini bisa jadi masukan bagi penulis untuk memperbaiki lagi tulisannya pada kesempatan yang lain.

Mengajak Pembaca Mendiskusikan Isi Review Buku

Tujuan berikutnya menulis review buku adalah bisa mengajak pembaca berdiskusi tentang isi review buku. Pada review buku terdapat kekurangan, kelebihan review buku, dan penilaian suatu buku. Hal-hal ini yang dapat jadi bahan diskusi.

diskusi isi buku

Ruang diskusi ini dapat terbuka dengan membahasnya bersama pereview buku dan penulisnya, baik secara langsung dalam suatu forum atau dalam bentuk tulisan. Diskusi ini bisa berisi kritik, saran, bahkan ulasan lain yang lebih dalam. Nantinya, informasi yang didapat dari diskusi ini dapat menjadi masukan bagi berbagai pihak.

Penutup

Dari sejumlah tujuan resensi atau review buku yang telah dibahas di atas, sebenarnya tujuan utama menulis review buku adalah memberikan bahan pertimbangan bagi pembaca dan calon pembaca untuk menentukan keterbacaan suatu buku. Mereka bisa menjadikan review buku singkat dasar pengambilan keputusan, apakah akan membaca suatu buku atau tidak. Apakah akan membeli suatu buku atau tidak.

Demikian tadi beberapa tujuan menulis review buku. Sampai jumpa pada artikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.