Kelebihan Menulis Review Buku Berikut Wajib Disimak

Review buku adalah bentuk apresiasi pembaca terhadap buku yang diulas atau direview. Review buku berbentuk tulisan yang tidak hanya berupa opini dan kritik saja terhadap suatu buku, tetapi juga memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Bagi pembaca, review buku dapat menjadi panduan untuk menentukan buku tersebut layak dibaca atau tidak. Bagi penulis, review buku menjadi masukkan bagi karyanya saat ini dan meningkatkan kualitas pada karya berikutnya. Bagi dunia literasi, keberadaan review buku membantu promosi karya berkualitas dan mendorong masyarakat makin gemar membaca.

Kelebihan Menulis Review Buku

Pada era digital seperti saat ini, informasi semakin mudah diperoleh dari mana saja dan akses buku semakin mudah didapat. Karena itu, akan muncul pertanyaan: buku mana yang layak dibaca? Oleh karena itu, perlu adanya review buku. Berikut kelebihan menulis review buku yang wajib disimak.


Kelebihan Menulis Review Buku

Review buku sebaiknya tidak hanya berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya saja. Manfaat review buku bagi pembaca lebih luas dari itu. Review buku harus memuat pengalaman dan pengetahuan pembaca lain. Review buku yang baik dapat membantu orang lain memutuskan suatu buku sesuai dengan kebutuhan baca mereka atau tidak. Ada banyak kelebihan tulisan review buku, disimak pada ulasan berikut.

Kemampuan Berpikir Kritis Semakin Meningkat

Seorang reviewer yang menulis review buku, hendaknya tidak hanya menerima informasi dari penulis saja secara buta. Dia harus mau dan mampu menganalisis dan mengevaluasi isi buku secara kritis. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti kredibilitas penulis, validitas informasi dan relevansi informasi dengan kebutuhannya.

Reviewer perlu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan isi buku, dengan mempertimbangkan pendukung yang kuat. Dengan proses ini, seorang penulis review buku dipaksa untuk berpikir lebih kritis, hingga akhirnya jika sering melakukan review buku, semakin banyak jenis buku yang direviewnya, maka reviewer akan memiliki kemampuan berpikir kritis yang semakin meningkat.

Kemampuan Menulis Mengalami Peningkatan

Menulis review buku tidak hanya menceritakan kembali isi sebuah buku. Menulis review buku berarti menyampaikan pendapat dan kritik terhadap sebuah buku dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Tulisan hasil review buku hendaknya menggunakan bahasa yang efektif, menarik, jelas, dan ringkas. Selain itu, dalam penyusunannya juga harus memperhatikan struktur kalimatnya, logis saat dibaca. Semakin menarik tulisan review buku, semakin menarik perhatian pembaca. Dengan banyak buku yang dibaca dan dibuat reviewnya, maka kemampuan seorang reviewer akan mengalami peningkatan.

Memperkuat Kemampuan Berkomunikasi

Menulis review buku berarti mengomunikasikan hasil ulasan dan pendapatnya. Review buku yang baik, adalah review buku yang berisi opini yang informatif, jelas dan disampaikan dengan cara yang menarik. Dengan menulis review buku, seorang reivewer akan lebih terlatih untuk mengomunikasikan ide-idenya secara efektif.

Memperkaya Wawasan dan Pengetahuan

Membaca buku yang berasal dari berbagai jenis dan genre akan memperkaya wawasan seorang reviewer akan berbagai topik dan sudut pandang yang baru. Ada banyak hal yang dapat dipelajari, seperti sejarah, sains, budaya, filsafat, dan lain sebagainya.

Kelebihan Menulis Review Buku

Menulis review buku berarti harus mau dan mampu mempelajari topik yang ada dalam buku. Kalau tidak dipelajari terlebih dahulu, review buku yang ditulis bisa jadi tidak menarik, tidak dibahas secara tepat dan cermat bahkan bisa menyesatkan. Semakin banyak buku yang dibaca dan ditulis review-nya, maka akan semakin luas pula wawasan dan pengetahuan si reviewer.

Membantu Orang Lain

Sisi positif lainnya dari menulis review buku adalah membantu orang lain. Review buku yang ditulis dapat membantu orang lain sebelum membeli buku. Pembaca review buku akan punya kesempatan ‘mengintip’ dulu isi buku itu sebelum akhirnya memutuskan akan membeli dan membacanya atau tidak.

Calon pembeli dan pembaca akan mendapatkan informasi mengenai isi buku, gaya penulisan dan kualitas suatu buku. Hal ini akan membantu mereka untuk menemukan buku yang sesuai baik dari segi minat maupun kebutuhan.

Berkontribusi pada Dunia Literasi

Bagi dunia literasi, keberadaan resensi buku, review buku ataupun ulasan buku adalah komponen penting. Selain sebagai salah satu bentuk karya tulisan, review buku banyak bermanfaat bagi penulis, pembaca, penerbit maupun media massa.

Manfaat review buku bagi penulis adalah bentuk apresiasi sekaligus kritik atas karyanya. Manfaat review buku bagi pembaca, sebagai sumber referensi sebelum memutuskan akan membeli dan membaca suatu buku. Bagi penerbit, review buku adalah salah satu cara promosi cerdas untuk menunjukkan buku-buku berkualitas. Dan bagi media massa, review buku memperkaya jenis tulisan yang dipublikasikan.

Mendapatkan Penghasilan

Review buku yang dipublikasikan, ternyata tidak hanya sebatas publikasi saja. Sejumlah media massa dan platform online juga menawarkan honor bagi penulis review buku. Jadi mereka yang menulis review buku dan diterbitkan pada platform juga mendapatkan honor.

Selain honor, beberapa penerbit juga memberikan buku gratis. Penulis review buku yang karyanya diterbitkan kemudian memberikan bukti terbitnya pada penerbit, akan diberikan ganti buku baru dari penerbit. Selain sebagai bentuk apresiasi dari penerbit, buku gratis tadi juga dapat dibuat review buku kembali. Jadi, seorang penulis review buku juga dapat memperoleh penghasilan tambahan dari menulis tadi.

Membangun Reputasi

Kelebihan lainnya menulis review buku adalah membangun reputasi. Dengan semakin banyak dan sering menulis review buku yang baik dan berkualitas, maka reputasi reviewer juga akan semakin baik. Reviewer dapat membangun reputasinya sebagai seorang ahli buku.

Bahkan bisa membuka peluang pekerjaan baru, seperti menjadi reviewer profesional, penulis blog hingga penulis buku.


Penutup

Kelebihan menulis review buku dapat dirasakan oleh banyak orang, misalnya penulis ataupun pembaca. Misalnya memiliki kemampuan berpikir kritis makin baik, kemampuan menulis makin meningkat, memperkaya pengetahuan dan wawasan, membantu orang lain, mendapat penghasilan hingga membangun reputasi sebagai ahli buku. 

kelebihan menulis ulasan buku

Bagi pencinta buku, review buku juga merupakan caranya berbagi kecintaan terhadat buku pada orang lain. Sampai jumpa pada artikel lainnya. Selamat membaca. Selamat menulis.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.