Manfaat Review Buku Bagi Penulis

Ada beragam manfaat yang dapat dirasakan pembaca dengan adanya review buku. Salah satunya keberadaan review buku bisa jadi bahan pertimbangan bagi pembaca dan calon pembeli buku, untuk melihat isi buku sebelum membeli. Nantinya ini bisa jadi patokan untuk memutuskan akan membeli buku atau tidak, akan membaca suatu buku atau tidak.

manfaat review buku untuk penulis

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas mengenai manfaat review buku bagi pembaca. Nah selain pembaca, penulis ternyata juga merasakan manfaat dari review buku lho. Berikut beberapa manfaat review buku bagi penulis.

Manfaat Review Buku Bagi Penulis

Manfaat review buku bagi penulis ternyata tidak main-main. Penulis akan banyak diuntungkan dengan keberadaan review buku. Manfaat yang dirasakan penulis bisa secara langsung maupun tidak lnagsung. Begitupula waktunya, bisa langsung dirasakan atau tertunda. Berikut beberapa manfaat review buku bagi penulis yang perlu diketahui:

Review Buku adalah Bentuk Apresiasi Bagi Penulis

Sebelum menulis review suatu buku, seorang reviewer pasti membaca bukunya terlebih dahulu. Suatu buku yang dibaca adalah bentuk apresiasi bagi penulisnya.

Seorang penulis akan merasa senang saat buku hasil karyanya dibaca. Entah oleh pembaca saja, ataupun oleh pembaca yang juga membuat review bukunya. Buku yang dibaca artinya karyanya itu bertemu dengan jodoh pembacanya.

Review Buku Membantu Memperkenalkan Karya Penulis Baru ke Pembaca

Pernah suatu kali, saya dihubungi oleh penulis baru. Dia berniat mengirimkan bukunya yang baru saja terbit, dan meminta saya untuk menuliskan review-nya lalu mempostingnya di blog ini. Wah ini keren sekali.

Ternyata saat bukunya yang baru terbit dibuat review, dan banyak orang yang membaca review buku tadi, makin banyak orang juga yang tahu tentang si penulis. Akhirnya mereka akan ikut membaca bukunya juga. Penulis ikut diuntungkan juga kan?

Review Buku Membantu Penulis Menemukan Kelebihan dan Kekurangan Bukunya

Review buku tidak hanya berisi ringkasan isi buku saja. Tetapi juga dilengkapi dengan paparan dan analisis kelebihan dan kekurangan suatu buku yang dibuat reviewnya. Ini bermanfaat bagi penulis. Dia akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari buku yang ditulisnya.

Masukkan ini sangat penting bagi penulis. Tujuannya agar pada karya selanjutnya, dia bisa menuliskannya dengan lebih baik lagi.

Review Buku Membantu Branding Penulis

Saat ada yang membuat review bukunya, ini akan membantu penulis membangun personal branding. Review buku yang positif membuat penulis mendapat penilaian positif dari pembaca secara umum. Begitu pula sebaliknya.

Penulis akan merasa senang saat karya buku mereka dibuat reviewnya. Akhirnya penulis dan perensei akan dikenal juga lebih luas.

Review Buku Membantu Meningkatkan Hasil Penjualan dan Royalti Penulis

Sssst ... review buku ternyata juga mampu mendongkrak hasil penjualan buku. Lho. Ketika suatu buku dibuat review-nya, dan menarik perhatian pembaca, maka pembaca akan tertarik untuk membeli buku itu. Akhirnya penjualan buku juga akan menjadi tinggi. 

manfaat review buku bagi penulis

Saat penjualan buku tinggi, maka penulis juga akan mendapatkan royalti yang lebih tinggi.

Review Buku Membantu Meningkatkan Popularitas Penulis

Review buku ternyata juga bisa membantu meningkatkan popularitas penulis. Semakin banyak orang yang mereview bukunya, maka buku dan penulisnya bisa jadi lebih populer. Kepopuleran si penulis ternyata juga akan berefek pada penjualan buku. Semakin populer penulisnya, bisa jadi jumlah penjualan buku makin tinggi.

Review Buku Membuka Peluang Penulis Sebagai Pembicara, Diundang Podcast hingga Kerjasama dalam Bentuk Lain

Saat review suatu buku tersebar secara luas dan makin banyak yang tertarik, maka penulis bisa mendapat dampak lain. Misalnya penulis mendapat tawaran untuk jadi pembicara dalam event bedah buku. Menjadi pembicara pada podcast milik seseorang. Bahkan kerjasama dalam bentuk lain.

Kerjasama dalam bentuk lain misalnya adaptasi buku menjadi bentuk serial atau film. Saat ini hal ini sedang tren. Banyak buku yang diadaptasi ke dalam layar lebar. Pada proses adaptasi, penulis bisa juga dilibatkan. 

Ada penulis yang tidak terlibat langsung dan hanya memberikan hak adaptasi bukunya menjadi skenario sepenuhnya. Tetapi ada juga penulis yang terlibat langsung dengan mengubah naskah bukunya menjadi skenario. Artinya penulis buku juga menjadi penulis skenario. Ada banyak bentuk kerjasama lainnya yang bisa diperoleh penulis apabila bukunya tersebar makin luas.

Dimana kekuatan preview mampu memperluas jangkauan buku. Sehingga buku menjadi lebih banyak diketahui oleh banyak orang, dan memiliki peluang dibeli pun juga tinggi.

Penutup

Jadi, manfaat review buku ternyata tidak hanya dirasakan oleh pembaca saja. Penulis juga merasakan manfaat dari bukunya yang dibuat review oleh reviewer, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Eits, tidak hanya pembaca dan penulis saja yang mendapatkan manfaat dari review buku ya. Karena penerbit juga akan merasakan manfaatnya. Nanti deh, saya bahas manfaat review buku bagi penerbit di artikel lainnya. Terakhir, semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.