Manfaat Review Buku Bagi Pembaca

Menulis ibarat menuangkan isi teko ke dalam gelas. Kalau tekonya penuh, ya sebaiknya dituangkan, biar bisa diisi lagi. Seperti itulah saat membaca buku. Kalau sudah membaca buku, kepala sudah terisi, maka saatnya menuangkannya dalam bentuk tulisan. Salah satunya dalam bentuk review buku.

manfaat review buku
Membuat review buku jadi kegiatan yang menyenangkan bagiku. Tidak hanya untuk membagikan ‘kesenangan’ setelah membaca buku, tapi juga untuk mengisi waktu luang. Ternyata membuat review buku memberikan manfaat bagi pembaca, penulis buku maupun penerbit.

Arti Review Buku

Setelah membaca buku secara lengkap, urutan review buku selanjutnya adalah memberikan tanggapan, tafsiran dan penilaian mutu atau kualitas dari isi sebuah buku. Jadi, apa arti review buku? Pada ulasan sebelumnya tentang apa arti review buku, saya juga sudah menuliskannya bahwa review buku adalah kegiatan mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap suatu buku.

Sebelum membuat review buku, seorang reviewer harus membaca buku terlebih dahulu. Agar ulasan yang dituliskannya nanti objektif dan sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Manfaat Review Buku Bagi Pembaca

Isi teko yang dituangkan ke dalam gelas lebih bermanfaat daripada yang tetap berada di tekonya saja. Seperti itu juga review buku, memiliki berbagai manfaat. Lalu, apa saja manfaat review buku bagi pembaca? Berikut ulasannya:

Mengintip Isi Buku Tanpa Harus Membaca Lengkap

Pada review buku umumnya ditulis juga ringkasan isi buku. Meski tidak selalu lengkap. Terutama jika yang dibuat review adalah buku fiksi, tentu akan ditulis sebagian saja untuk menarik perhatian calon pembeli buku dan pembaca buku.

Tapi keberadaan ringkasan buku pada review buku dapat membantu calon pembaca atau pembeli buku untuk melihat atau mengintip isi buku terlebih dahulu sebelum membeli atau membacanya secara lengkap. Dengan mengetahui garis besar isi buku, maka pembaca akan tahu isinya dan bisa menentukan kesesuaian isi buku dengan judulnya. Endingnya pembaca tidak akan kecewa karena bisa memilih buku yang tepat.

Belajar Memberikan Pendapat

Pada review buku, reviewer akan memberikan pendapatnya berupa penilaian terhadap isi buku. Nah ini ternyata bermanfaat juga bagi pembaca. Pembaca akan diarahkan untuk berpikir kritis juga. Pembaca belajar cera menilai suatu buku, apakah sudah menarik atau belum dan akhirnya bisa selektif menentukan bacaan yang sesuai.

Sumber Informasi dan Membuka Cakrawala Pengetahuan

Buku adalah salah satu sumber informasi yang sangat penting. Tetapi umumnya review buku ditulis secara singkat dan padat. Bagi orang yang tidak memiliki waktu yang cukup atau selera yang sama, review buku membantu untuk tetap mendapatkan informasi dari suatu buku.

manfaat review buku bagi pembaca

Meski ditulis secara singkat dan padat, review buku umumnya sudah memuat sebagian informasi. Terutama jika buku yang direview adalah buku non fiksi. Ulasan buku yang singkat dikemas padat, informatif tetapi tidak mengurangi unsur pengetahuan yang terkandung dalam buku itu. Informasi yang bisa diperoleh dari review buku seperti ringkasan isi buku yang bisa membuat penasaran, tebal halaman buku, penerbit, penulis, harga buku hingga tahun terbit buku.

Bahan Pertimbangan (Calon) Pembeli Buku dan Pembaca Lain

Review buku memiliki tujuan utama jelas yakni menjadi bahan pertimbangan bagi (calon) pembeli buku maupun pembaca lain. Keberadaan review buku dapat membantu calon pembeli untuk mempertimbangkan akan membeli buku tahu tidak. Apakah buku itu cocok dengan selera, kebutuhan dan tujuannya atau tidak.

Calon pembeli dan pembaca lain yang tidak punya waktu ke toko buku, bisa membaca review buku terlebih dahulu. Mereka bisa mengintip isi buku tanpa harus membaca sampel buku yang sudah dibuka di toko buku. Berada di toko buku, melihat sampel buku, pasti butuh waktu tidak sebentar. Kalau membaca review buku, calon pembeli dan pembaca lain bisa lebih leluasa. Bisa dibaca kapan saja. Bisa dipertimbangkan kapan saja. Baru setelahnya ambil keputusan untuk membeli buku.

Media Pembelajaran Menulis

Manfaat review buku lainnya bagi pembaca adalah menerapkan pelajaran bahasa Indonesia. Kenapa demikian? Karena saat menulis review buku, maka pembaca akan praktik langsung dari pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.

Pada saat menulis review buku, tentu harus mengupas unsur intrinsik dan ekstrinsik buku. Selain itu si penulis review buku juga bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan buku. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu buku, maka pembaca akan lebih tahu mana buku yang sudah bagus dan mana yang masih butuh perbaikan. Nantinya bisa jadi acuan jika akan menulis buku, untuk menulis yang lebih bagus lagi.

Bahan Perbandingan Buku

Dalam review buku, seorang reviewer mengulas juga beberapa buku lain sebagai perbandingan. Entah buku dengan tema yang sama, gaya yang sama atau ditulis oleh penulis yang sama.

Tidak ada tujuan negatif ketika membandingkan suatu buku. Tujuan membandingkan karya buku ini adalah menambah wawasan bagi pembaca. Nantinya, pembaa akan tahu lebih banyak buku-buku dari penulis yang sama, ataupun buku dengan tema serupa dan gaya yang sama.

Membuka Interaksi para Pembaca

Keberadaan review buku ternyata bermanfaat juga untuk membuka ruang interaksi antar pembaca. Sebelum menulis review suatu buku, ada kalanya saya juga membaca dulu beberapa review dari penulis yang lain. Tujuannya untuk memberikan sudut pandang berbeda-beda saat mereview suatu buku. Reviewer berbeda bisa memberikan rasa yang berbeda juga jika mengulas buku yang sama.

Satu judul buku yang dibuat review-nya oleh banyak reviewer akan lebih menarik. Nantinya pembaca punya kesempatan lebih banyak untuk melihat dari berbagai sudut pandang. Pembaca juga bisa saling membagikan ulasannya terhadap suatu buku yang sama dengan pembaca lainnya.

Penutup

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat review buku bagi pembaca. Tidak hanya bagi pembaca saja, review buku juga bermanfaat bagi penulis, penerbit maupun media. Selamat membaca, semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan lainnya.

5 komentar:

   
  1. Ternyata banyak ya manfaat review buku terutama untuk pembaca. Saya juga sedang belajar menulis review buku, dan menurut saya ternyata mereview sebuah buku itu tidak mudah.

    BalasHapus
  2. Tentang istilah review dan resensi buku ini masih abu-abu bagi saya, Kak. Karena mengenal kata resensi terlebih dahulu, kata review buku menjadi perlu saya cermati lagi bedanya dengan resensi. Yap, saya setuju dengan manfaat review buku ini, Kak. Tak hanya bagi pembaca, tetapi seluruh circle di dalamnya.

    BalasHapus
  3. Iya, sebelum membeli atau membaca buku biasanya aku cek ratingnya di Goodreads atau membaca ulasan bukunya di blog orang jadi lebih yakin mau baca atau tidak hehe

    BalasHapus
  4. Saya sering merasakan salah satu manfaat dari para reviewer buku. Membaca reviewnya untuk mempertimbangkan buku yang akan dibeli. Suka kagum sama para reviewer buku, saya jadi tertarik juga untuk melakukan review buku agar bisa merasakan manfaat yang lebih dari sekadar membaca

    BalasHapus
  5. Saya selalu baca review sebelum membeli dan ternyata ada ya review buku dan ternyata bermanfaat untuk pembaca

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.