Baca Review Buku Sebelum Beli

Terbitan berbentuk buku di Indonesia sangat banyak. Menurut data dari Perpusnas RI, pada periode 2003 hingga 2018 saja ada sekitar 1 juta buku yang mendapatkan ISBN. Sejak tahun 2018 hingga 2022 saja, sudah ada sekitar 623.000 buku yang ber-ISBN. Ini belum buku-buku dan jenis terbitan lainnya yang tidak memiliki ISBN.

jangan fomo beli buku

Dengan banyaknya pilihan buku ini, pembaca punya peer serius untuk menemukan pilihan bacaan buku yang tepat. Masing-masing buku menawarkan ilmu, pengalaman, bahkan cerita menarik untuk disimak. Lalu, bagaimana kita bisa memutuskan buku yang layak dibeli dan tidak akan menyesal kemudian? Oleh karena itu, peran review buku menjadi penting.

Alasan Perlu Baca Review Buku sebelum Beli Buku

Review buku umumnya berisi ringkasan atau sinopsis, kelebihan dan kekurangan buku serta penilaian terhadap isi buku. Review buku dapat ditulis oleh pencinta buku, pembaca buku atau bahkan ahli pada bidang tertentu.

Review buku bagus dapat membantu untuk menentukan sebuah buku layak dibaca atau tidak dan sesuai harapan calon pembaca atau tidak. Berikut alasan perlu baca review buku sebelum beli buku.

1. Meminimalkan Kemungkinan Kecewa

Saat membeli buku, pembaca pasti berharap kalau buku yang dibeli sesuai keinginan. Nantinya akan bisa membaca buku yang menarik, asyik dan mendapatkan hal baru yang dicari. Tapi, bagaimana jika ternyata buku yang dibeli tidak sesuai harapan?

Seperti beli buah, buku juga boleh ‘dicicipi’ dulu. Cara mencicipi buku dengan membaca review buku. Kita bisa membaca review buku yang ditulis oleh pembaca lain yang sudah lebih dulu membacanya. Dari review buku, kita bisa tahu gaya penulisan, alur cerita, atau informasi penting dalam buku. Dengan mencicipi ini, kemungkinan kita kecewa setelah membeli buku bisa dikurangi atau ditekan.

2. Mencari Genre dan Gaya Penulis yang Cocok

Buku memiliki berbagai jenis genre, seperti non fiksi, fiksi, biografi, misteri, pengembangan diri, dan lain-lain. Pada review buku, umumnya hal ini juga dibahas. Dengan mengetahui hal ini, maka kita bisa menyesuaikannya dengan buku yang kita inginkan.

Selain itu, pada review buku juga dibahas gaya kepenulisan, seperti gaya bahasa populer, gaya bahas serius, gaya bahasa sastra, humor, dan lain-lain. Kita juga bisa menjadikan ini sebagai panduan dalam memilih buku.

Selain itu, review buku juga bisa jadi jembatan untuk menemukan genre atau penulis yang kita sukai. Pada review buku kadang dituliskan juga perbandingan karya satu buku dengan buku lain dari penulis yang sama atau satu buku dengan buku lain dari penulis yang sama tetapi genre berbeda. Informasi ini membantu kita menemukan hal baru.

3. Mengintip Lebih Dalam isi Buku, Lebih Detail dari Sinopsis

Pada bagian belakang buku, biasanya terdapat blubr atau ringkasan isi buku. Nah pada review buku, biasanya hal ini dibahas lebih dalam. Tidak hanya ringkasan atau sinopsis saja, tetapi juga membahas plot, sudut pandang bahkan kadang cuplikan dialog atau deskripsi yang menarik.

Karena pada review buku yang dibahas lebih dalam dan luas, maka kita jadi bisa mengintip lebih banyak tentang isi buku. Hal ini juga bisa jadi bahan pertimbangan saat memilih buku.

4. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Isi Buku

Pada review buku biasanya diulas mengenai kelebihan suatu buku. Selain itu, dibahas juga tentang kekurangannya. Review buku yang baik tidak hanya menunjukkan kebaikan dari buku saja, tetapi juga membahas tentang kekurangannya.

Review buku yang mengungkap kelebihan dan kekurangan buku, lebih realistis menggambarkan isi buku. Kritik yang bersifat membangun atas kekurangan buku bisa membantu kita memahami, apakah kekurangan tersebut masih bisa ditolerir atau tidak. Nantinya, informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan saat memilih buku.

5. Menemukan Perspektif Baru dan Rekomendasi Tambahan

Dengan membaca ulasan atau review dari pembaca lain, kita akan mendapatkan informasi dan pandangan baru dari suatu buku. Mungkin saja kita bisa menemukan sudut pandang baru dan berbeda atau bahkan hal-hal menarik yang sudah ditemukan oleh pembaca lain.

baca review buku sebelum beli

Apalagi jika satu buku direview oleh lebih dari satu orang. Latar belakang dan selera yang berbeda dari reviewer berbeda akan memberikan hasil review buku berbeda pula. Kita jadi bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap mengenai isi buku. Dan akhirnya, kita bisa mendapatkan rekomendasi tambahan terhadap suatu buku.

6. Menghindari FOMO dan Boros Beli Buku

Ada kalanya buku-buku baru dijual dengan harga cukup mahal. Apalagi jika buku itu disampul hardcover atau bahkan buku terjemahan. Beli buku tanpa pertimbangan matang, berisiko menyesal di kemudian hari. Sudah beli mahal, eh ternyata tidak sesuai harapan.

Review buku memiliki peran sebagai ‘rem’ agar kita tidak fomo atau boros membeli buku hanya karena gengsi saja, tanpa mempertimbangkan isi kantong, selera atau bahkan kecocokan. Jangan-jangan sudah mahal dibeli, malah tidak dibaca, kan sayang.

Dari review buku, kita bisa mendapatkan informasi apakah buku tersebut menawarkan kualitas yang sepadan dengan harganya. Ini membantu kita lebih bijak dalam berbelanja buku dan menghindari boros beli buku. Karena itu kita perlu memastikan membeli buku pasti dibaca.

7. Mengambil Manfaat dari Pembaca Lain

Membaca review buku adalah salah satu bentuk diskusi dengan sesama pencinta buku. Penglaman pembaca lain saat membaca dibagikan dalam review buku. Mereka bisa mengungkapkan rasa suka atau tidak sukanya terhadap suatu buku.

Pengalaman pembaca lain ini dapat membantu kita memutuskan untuk membeli buku atau tidak. Informasi yang ada pada review buku dapat membantu kita mengantisipasi alur cerita dan menyesuaikan dengan harapan kita.

8. Berani Memutuskan Beli Buku

Saat membaca review buku, kita akan mengetahui pendapat orang lain. Meski demikian, keputusan membeli buku atau tidak kembali pada diri kita sendiri. Kita tidak harus selalu mengikuti pendapat orang lain seperti pada review buku yang dibaca.

Review buku menawarkan berbagai sudut pandang dan penilaian suatu buku, apakah buku itu sesuai dengan kriteria dan ekspektasi kita atau tidak. Review buku membantu kita memberikan penilaian pribadi.

Haruskah Selalu Membaca Review Buku?

Membaca review buku sebelum membeli buku sebenarnya bukan hal wajib. Tapi bisa jadi pilihan bijak agar tidak menyesal setelah membeli buku. Dengan informasi yang ada pada review buku, kita jadi bisa menemukan bacaan yang sesuai dengan minat kita, menimalisir kecewa setelah membeli dan memperluas wawasan.

Jadikan membaca review buku sebagai peta sebelum memulai membaca buku. Dari review buku, kita bisa tahu isi buku, potensinya dan kesesuaian buku dengan selera kita. Jadi, manfaatkan review buku sebagai penghubung mencari bahaan yang cocok dan memuaskan.

Selamat membaca dan temukanlah pengalaman membaca yang menyenangkan!

1 komentar:

   
  1. zaman sekarang kalau mau belanja buku sudah dipermudah dengan adanya review
    dari sini kita bisa memastikan kembali apakah kita yakin buat beli buku tersebut ataukah masih bisa dipending untuk sementara waktu

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.