Serba Serbi Fitur bluRewards dari blu by BCA Digital: Transaksi Makin Praktis

Pendemi dua tahun ini mengajarkanku tentang mengelola keuangan. Yang dulunya hanya kenal menabung secara konvensional dalam satu pos saja, kini harus dipaksa berkenalan dengan berbagai istilah seperti ‘dana darurat'. Jujur ini hal yang sangat baru bagiku. Apalagi di lingkungan sekitarku, belum banyak yang memilikinya.

Dari hasil ngobrol dengan kawan, ‘dana darurat’ ternyata penting banget, buktinya ya waktu pendemi ini. Tapi sejujurnya, aku masih agak takut juga kalau berurusan dengan aplikasi digital. Takut ribet dan repot kalau harus mengurusnya ke Bank. Belum lagi, pasti ada kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi digital.

review aplikasi blu

Sampai salah seorang kawan memperkenalkanku dengan aplikasi blu by BCA Digital. Ternyata yang aku butuhkan hanya smartphone dan prosesnya pun tidak butuh waktu lama. Uwow ... itu kesanku waktu pertama kali mencoba. Nah, berikut ceritaku tentang mengunakan aplikasi super praktis satu ini.

Yuk Kenalan dengan Aplikasi blu by BCA Digital

Aplikasi mobil Banking dari BCA Digital ini sejak awal memang didesain untuk memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, melalui smartphone kapanpun dan di mana pun bahkan dalam 7x24 jam. Untuk pembukaan rekeningnya saja, calon nasabah sepertiku tidak perlu datang langsung ke kantor cabang. Yang dibutuhkan hanya smartphone dan jaringan yang stabil.

Dari sini sudah jelas terlihat, kalau BCA Digital memang hadir untuk menyasar generasi Z dan kaum milenial pada umumnya yang sudah terbiasa melakukan segala sesuatunya secara digital.

Perbedaan BCA Digital dan Bank BCA Konvensional

Lalu, adakah beda antara BCA Digital dengan Bank BCA Konvensional? Bagi pengguna baru sepertiku, hal ini penting sekali. Aku harus tahu lebih dulu bedanya, sebelum menggunakan layanan mereka.

BCA Digital dan Bank BCA Konvensional sebenarnya masih sama-sama di bawah naungan PT Bank Central Asia (BCA). Meski demikian, mereka merupakan dua hal yang berbeda. Berikut perbedaan yang lebih jelas antara kedua layanan perbankan ini.

1. Bank BCA Konvensional umumnya memiliki kantor pusat dan sejumlah kantor cabang di berbagai daerah. Sementara BCA Digital hanya memiliki satu kantor pusat dan tidak memiliki kantor cabang di manapun.

2. Ada perbedaan rekening Bank BCA Konvensional dengan BCA Digital. Nomor rekening BCA Digital ternyata lebih panjang dibanding nomor rekening dari Bank BCA konvensional.

3. BCA Digital hanya melayani transaksi secara online saja melalui aplikasi blu by BCA Digital. Sementara Bank BCA konvensional melayani nasabah secara luring atau offline.

Saatnya Buka Rekening di blu by BCA Digital

Kalau sudah tahu perbedaannya gini kan jadi lebih tenang ya. Dan akhirnya aku instal deh blu by BCA Digital. Oh iya, untuk dapat menginstal aplikasi ini, dibutuhkan spesifikasi minimal Android 6.0 ke atas, dan iOS 12.4 ke atas. Bisa diinstal melalui Aplikasi blu untuk Android dan juga Aplikasi blu untuk iOS

aplikasi blu by BCA Digital

Setelah aplikasi terinstal, akan tampak halaman muka seperti ini. Tinggal klik ‘yuk mulai’. Kebetulan aku pengguna android, jadi tampilannya seperti itu. Sepertinya tidak jauh berbeda kok dengan tampilan untuk pengguna iOs.

mendaftar blu by BCA Digital

Berikutnya akan muncul tampilan untuk memasukkan nomor handphone. Pastikan nomer handphone yang dimasukkan dalam keadaan aktif ya. Klik lanjut dan akan muncul laman syarat informasi calon nasabah dan beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Yang aku suka, ternyata tidak butuh banyak hal yang perlu dipersiapkan. Hanya e-KTP, NPWP dan juga koneksi internet yang lancar. Berikutnya akan muncul laman verifikasi. Kode verifikasi ini terdiri dari empat digit angka yang dikirimkan ke nomor handphone yang tadi dimasukkan. Kode verifikasi ini tidak perlu dicatat ya, karena hanya digunakan sekali.

email daftar blu by BCA Digital

Langkah berikutnya adalah memasukkan email. Di bawah email itu ada kolom untuk kode referal. Nah kalau buat akun blu dari saran orang lain, bisa tuh minta juga kode referalnya. Nanti ada keuntungannya juga lho.

Selanjutnya akan muncul laman yang berisi beberapa langkah yan harus diikuti. Ada foto e-KP, pengenalan wajah hingga foto NPWP. Pertama aku klik foto e-KTP. Nanti akan muncul kolom seukuran e-KTP. Nanti tinggal pas-kan saja kotak itu dengan e-KTP masing-masing dan klik pengambilan gambar.

Berikutnya pengenalan wajah. Simpelnya foto selfie sih. Untuk foto selfie, usahakan tidak ada bagian wajah yang tertutupi. Misal pakai kaca mata, bisa dilepas dulu. Dan usahakan di tempat terang serta background yang sewarna.

Yuk lanjut. Nah berhubung aku lupa menyimpan NPWP (jangan ditiru), jadi klik ‘saya tidak memiliki/tidak membwa NPWP’. Tenang, untuk NPWP ini nanti bisa disusulkan kok. Baru deh klik lanjut.

Berikutnya akan muncul laman lain untuk mengkonfirmasi apakah sudah menjadi nasabah BCA atau belum. Berhubung aku belum pernah punya akun di Bank BCA, jadi aku pilih ‘belum menjadi nasabah BCA’. 

isi pekerjaan pada blu by BCA Digital

Pada bagian berikutnya ada konfirmasi pekerjaan. Tinggal pilih dan isi saja, jenis pekerjaan, nama instansi dan seterusnya. Jika pekerjaannya tidak ada dalam daftar, bisa klik pekerjaan lainnya. Setelah lengkap mengisinya, maka akan ada konfirmasi data. Klik saja ‘Data Saya Sudah Benar’.

syarat akun blu by BCA Digital

Pada bagian berikutnya akan muncul syarat dan ketentuan penggunaan blu by BCA Digital. Gulir ke bawah, lalu klik pada bagian ‘Saya telah membaca ...’ dan ‘Saya adalah WNI ... ‘, kemudian lanjut.

video call akun blu by BCA Digital

Langkah berikutnya adalah video call dengan tim haloblu. Kebetulan saat itu aku lagi agak longgar, jadi pilih langsung saja. Nah yang perlu dipersiapkan di sini adalah e-KTP dan koneksi internet yang stabil.

Aku menunggu sekitar lima antrian sebelum akhirnya mendapat giliran video call. Kebetulan petugas yang menanganiku waktu itu, cewek. Prosesnya sendiri cukup cepat. Aku ditanya nama lengkap, nama ibu kandung lalu diminta untuk memegang e-KTP di bawah dagu. Saat itu aku butuh dua kali untuk difoto, karena rupanya posisi wajahku sebagian tertutup e-KTP. Tapi setelah itu langsung berhasil sih.

Setelah sesi video call, langsung deh rekening blu by BCA Digital milikku sudah selesai. Eits, tapi meski sudah jadi, ternyata nomor rekeningnya belum ada. Nah fasilitas dari BCA Digital ini, nasabah bisa memilih nomor rekeningnya sendiri.

final akun blu by BCA Digital

Berhubung aku enggak mau ribet mikir angka yang sederet itu, jadi aku memilih untuk nomor rekening dipilihkan saja. Oh iya, nomor rekening ini tidak bisa diganti nantinya ya. Setelah dipilihkan nomor rekening, dan akhirnya aku benar-benar punya bluAccount!

Terakhir tinggal atur PIN blu. Pin ini dibuat sendiri dan harus diingat-ingat. Jangan lupa konfirmasi emailnya dengan memasukkan kode verifikasi. So, sekarang sudah resmi jadi sobatblu nih.

Kenalan dengan Fitur bluRewards

Kali ini aku juga mau kenalan dengan Fitur bluRewards. Fitur ini ternyata memberikan fasilitas berupa bebas biaya transaksi dan juga mendapakan cashback. Ini berlaku untuk nasabah baru yang membuka rekening di bulan pertama pembukaan rekening dan bulan berikutnya tanpa syarat saldo rata-rata.

fitur bluRewards bebas biaya transfer ke bank lain

Nah ini akan berbeda untuk nasabah yang sudah memiliki rekening aktif lebih dari dua bulan. Fitur bluRewards ini bisa dinikmati jika memiliki saldo rata-rata lebih besar atau minimal Rp1.000.000 pada bulan sebelumnya. Tidak hanya bebas biaya transaksi, berikut aku coba list juga sejumlah keuntungan menggunakan fitur bluRewards.

1. Tidak ada biaya admin
2. Tidak ada alias bebas biaya transfer antar Bank (Online/LLG) dengan batas 20x transaksi/bulan
3. Bisa bebas top up OVO sebanyak 5x transaksi/bulan dalam bentuk cashback
4. Mendapatkan cashback QRIS 50% sebanyak 2x maksimal Rp5.000 per transaksi
5. Bebas top up GoPay 5x transaksi per bulan
6. Ada pembaharuan bluRewards pada tanggal 1 tiap bulannya

Pengecekan fitur bluRewards bisa dilakukan di bluAccount masing-masing, di sebelah pojok kanan (gambar kotak hadiah).

Menu Wajib Aplikasi blu

Selain fitur bluRewards, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur standar yang menjadi bawaannya. Yang jelas, berasa dimanjakan banget lah dengan fitur-fitur ini. Berikut beberapa fitur utama aplikasi blu:

1. Transaksi

Fitur wajib untuk menu layanan digital yang wajib ada nih, blu menyediakan beberapa jenis transaksi yang memang dibutuhkan para pengguna usia muda. Ada 8 fitur transaksi yang ditawarkan:
  • Transfer antar Bank BCA atau Bank lain (bebas biaya transfer ke Bank lain).
  • Bayar/Beli pulsa, paket data, token listrik, internet/TV kabel, voucher digital, hingga voucher game.
  • Bayar pakai QRIS.
  • Tarik Tunai di ATM BCA terdekat tanpa kartu ATM.
  • Top up e-Money di OVO dan GoPay.
  • Setor tunai di bluAccount.
  • Transfer melalui BCA Virtual Account.
  • bluGift untuk memberikan hadiah uang ke siapa saja.

2. Tracker

Fitur Tracker ini bisa dibilang mirip seperti buku tabungan. Jadi, di dalamnya akan dicatat riwayat transaksi baik pemasukkan maupun pengeluaran dari rekening. Tidak akan repot memantau cashflow dengan adanya fitur tracker ini.

3. Simpanan

Seperti tabungan pada umumnya, pada aplikasi ini juga ada menu simpanan. Nah yang aku suka nih, simpanan ini terbagi-bagi menjadi beberapa pos berbeda. Jadi, berasa seperti punya beberapa kotak tabungan masing-masing, meski hanya punya satu nomor rekening.

bluAccount

Rekening utama berada pada bluAccount. Rekening ini adalah rekening yang aktif saat sukses mendaftar sebagai nasabah blu. Dapat digunakan untuk berbagai kepentingan transaksi. Dan yang pasti bebas biaya transfer ke Bank lain.

bluSaving

Agak berbeda dengan bluAccount, bluSaving adalah fitur tabungan khusus. Fitur ini berbeda dengan rekening utama. Enaknya bluSaving, bisa dibuat beberapa pos berbeda. Misalnya pos untuk beli barang, beli rumah, biaya kuliah, liburan, dan lain-lain. Nah saldo tabungan yang ada bisa dimasukkan sesuai tujuan masing-masing, tanpa tercampur dengan saldo yang lain.

bluGether

Seperti namanya, bluGether adalah jenis rekening bersama. Ini bisa digunakan untuk kepentingan kelompok seperti patungan atau arisan. Member yang bergabung bisa sampai 24 akun. Tiap akun bisa menambah atau melihat saldo serta mutasi transaksi.

bluDeposit

Butuh persiapan jangka panjang? bluDeposit jawabannya. Fitur ini dapat digunakan nasabah untuk membuka tabungan deposit. Nominal yang ditawarkan mulai dari satu juga saja. Konsep yang ditawarkan oleh bluDeposit adalah Non Automatic Roll Over (Non-ARO) dengan tenor mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Meski namanya deposit, jika ada keperluan mendadak, deposit ternyata bisa juga ditarik sebelum jatuh tempo dan tanpa dikenakan penalti. Tentu tetap dengan konsekuensi tidak mendapatkan bunga.

Review Aplikasi blu by BCA Digital

Bagian terakhir dari tulisan ini adalah review aplikasi blu dariku. Setelah memiliki aplikasi blu ini, aku jadi merasa ini benar-benar cocok untuk para milenial. Praktis dan anti ribet. Tanpa harus datang secara langsung ke Bank konvensional, eh sudah bisa langsung menikmai semua fasilitasnya.

review aplikasi blu

Selain praktis, alasanku memilih aplikasi ini adalah gratis biaya admin bulanan. Jadi tidak lagi memikirkan sisa saldo yang mengendap. Selain itu, karena terintegrasi dengan infrastuktur BCA, jadi bisa tarik dan setor tuna di mana saja, di ATM BCA di Indonesia. Bahkan bisa tarik tunai tanpa kartu. Jelas, keinginanku untuk mulai menabung sudah bisa dimulai dari aplikasi ini. Aku juga jadi bisa lebih bebas mengontrol keuangan tanpa ribet mencatatnya secara manual. Eits, dan kali ini lebih lengkap juga dengan fitur bluRewards yang benar-benar asyik terutama untuk nasabah baru sepertiku.

Bukan hanya untuk nasabah baru saja, karena aplikasi blu itu brand yang baik, mensupport hobi anak muda terutama tren sekarang. Kalau bagiku, selain menabung, sangat praktis untuk top up e-Money di OVO dan GoPay. Dan yang tidak kalah asyik, kemudahannya bertransaksi melalui BCA Virtual Account.

Kalau ada yang bertanya, apa aman bertransaksi dan menyimpan dana di blu? Jawabannya, sampai saat ini aplikasi blu telah diawasi dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). So simpanan tabungan di aplikasi ini juga dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Lebih lega kan?

Oke, itu saja review aplikasi blu dariku saat pertama kali mendaftar akun blu by BCA Digital. Yuk ah nikmati transaksi yang makin praktis, menabung tanpa ribet!

19 komentar:

   
  1. Ahhh bening aku jd pingin bikin blu bca. Tar kirim kode reveralmu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, boleh, sini mendekat. tak bisikin langsung aja via DM ya

      Hapus
  2. Alhamdulillah ya disaat serba digital ini kita bisa ikut menyesuaikan diri dengan mudah
    Tinggal download dan daftar buka rekening kita sudah bisa menjalankan transaksi praktis dengan berbagai reward dari blu by BCA Digital ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mbak. dri blu by BCA Digital ini benar-benar terasa super praktisnya baik untuk buka rekening maupun transaksi

      Hapus
  3. aku pakai blu by BCA sebagai rekening utama sekarang karena fitur-fitur bluRewardsnya

    BalasHapus
  4. Seneng banget pake blu by BCA Digital ini. Bener sih transaksi makin praktis krn tdk perlu biaya sana sini. Plus masih untung dgn deposito dan fitur2 lain dari perbankan ini. Yg aku suka, dapat cashback dari transaksi via QRIS-nya. Keren.

    BalasHapus
  5. fitur bluRewars ini ngebantu banget sih buat yang sering transfer, bisa dapet gratis biaya admin

    BalasHapus
  6. Kalau menabung tersedia pos-pos tabungan, maka bisa dikhususkan ya tujuan tabungan masing² jadi bisa teratur juga

    BalasHapus
  7. Asik ya pakai BlubyBCA, teman-teman juga sepertinya sudah banyak yang menggunakan, bahkan karena kemudahan dn afiturnya tak jarang mereka menjadikannya sebagai rekening utama

    BalasHapus
  8. emang praktis banget ya blu by BCA Digital ini, walaupun layanan perbankan baru tapi terjamin dan malah lebih maju dan terdepan secara layanan perbankan digitalnya menyesuaikan banget sama kemajuan jaman dan teknologi

    BalasHapus
  9. Banyak banget lho yg merekomendasikan aplikasi satu ini karena fitur-fiturnya memang membantu nasabah ya

    BalasHapus
  10. beneran praktis sih transaksi di aplikasi blu. cepat dan bebas biaya admin terutama untuk transfer. aku suka banget aplikasi ini

    BalasHapus
  11. yeay samaan kita kak. aku dari setahun lalu udah pakai blu dan benar-benar aku khususin buat plot tabungan biar gak keambil-ambil ternyata berhasil! sama dipakai kalau mau transfer antarbank soalnya gratis hahaha

    BalasHapus
  12. Selain mudah dan cepat, praktis memang seharusnya sudah menjadi tipikal layanan dalam lini apapun, termasuk palayanan dunia perbankan. Blu by Bca Digital ini salah satu buktinya ya, kak!

    BalasHapus
  13. Mudah ya bikinnya, ga perlu antri². Banyak keuntungannya juga karena ada bluRewards, bisa makin hemat deh

    BalasHapus
  14. Wah enak ya serba online, ga perli repot keluar rumah lagi. Ternyata fasilitasnya juga lengkap, tapi sayang sekali no.rek nya lebih panjang

    BalasHapus
  15. Wah, ini dia yang ditunggu2! Menabung tanpa ribet, tanpa biaya admin saat transaksi transfer antar bank dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Pakai blu by BCA Digital asik banget yach mbak. Caranya juga mudah, tinggal ikuti aja langkah2nya secara online begini praktiiiss :) TFS.

    BalasHapus
  16. Aplikasi Blu bagus nih buat yang suka cashless ya. Praktis dan aman lagi. Kepoin aaah. Makasih reviewnya Mbak Bening.

    BalasHapus
  17. Kalau aplikasinya dari BCA sih terpercaya ya walaupun bukan BCA konvensional tapi rekam jejaknya lebih aman terus fiturnya juga menarik seperti BluGether buat patungan dan arisan

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.