Apa yang Kamu Lakukan Saat di Toko Buku?

Salah satu tempat paling seru untuk dijelajahi adalah toko buku. Rasanya dunia seperti ada di sana semua. Dan enggak cukup seharian untuk mengelilingi toko buku dan menjelajah semua isinya. Sayangnya, kalau kelamaan juga pasti diikuti sama pegawainya, hehehehe

mengunjungi toko buku

Kalau kamu datang ke toko buku, biasanya ngapain aja sih? Yuk ah, cek list di bawah. Kira-kira, mana aja yang biasa kamu lakukan saat datang ke toko buku. Ups, ada yang biasa aja tapi ada juga yang malu-maluin.

Keliling Semua Rak

Tata ruang toko buku biasanya mirip perpustakaan. Dengan rak dan buku yang berderet ditata rapi. Cantik banget deh. Nah kalau udah gini rasanya jadi gatel untuk menengok dan mengelilingi semua rak. Kayaknya selalu ada hal menarik untuk dilihat dan enggak ada habisnya.

Biarpun kaki udah pegel, tapi keliling rak di toko buku itu asyik dan seru. Ya entah Cuma pengen lihat-lihat aja, atau benar-benar mau cari buku. Kalau memang benar-benar mau cari buku tertentu dan sudah tahu pasti judulnya, mending cek dulu di katalognya. Nah nanti tinggal dicari di deretan yang dituju. Tapi kalau memang mau jalan-jalan aja, ya keliling-keliling aja juga seru kok.


Beli Pernak-pernik Lucu

Toko buku itu ternyata tidak hanya menyedikan buku aja. Enaknya toko buku di negeri ini adalah keberadaan pojok pernik-pernik lucu. Ada yang berupa alat tulis, pembatas buku, maupun benda-benda lain yang biasa digunakan saat berinteraksi dengan buku. Ada banyak macam, jenis, ukuran, dan warna tersedia di toko buku. Tinggal pilih aja dan sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi hati-hati ya, jangan sampai kalap belanja.

Baca Sinopsis Buku

Eh ada juga lho yang datang ke toko buku hanya untuk membaca sinopsis berbagai buku. Jadi, meski tidak dibaca semua, kamu bisa tetap tahu isi buku secara umum. Ada yang sengaja membaca sinopsis karena memang perlu tahu isi bukunya tapi tidak ingin membelinya. Ada juga yang sengaja membaca sinopsisnya untuk mencari trend bacaan yang saat ini ada ataupun mencari ide tulisan.


Baca Buku/Komik yang Sudah Dibuka Sampulnya

Untuk yang satu ini, tolong jangan dibahas keras-keras ya, ssssst. Ini modusnya orang-orang yang haus bacaan, tapi kehabisan bacaan. Kan enggak jarang tuh, di toko buku ada beberapa buku yang sampulnya sudah terbuka. Entah memang sengaja dibuka oleh pihak toko buku agar calon pembeli bisa mengintip isinya sebelum beli. Atau bisa juga sengaja dibuka oleh pembeli nakal, yang ingin tahu isi buku tetapi tidak mau membelinya.

baca buku

Tapi kalau kamu melakukan ini, sebaiknya hentikan mulai sekarang ya. Karena ini bukan hal baik sebenarnya. Kalau kamu memang perlu membaca tanpa harus membeli, kamu bisa datang ke perpustakaan ataupun mengakses perpus online. Karena toko buku sebenarnya tempat membeli buku. Kasihan pegawainya lho, harus menyampuli ulang.

Ngadem Cantik

Ada yang datang ke toko buku untuk sekadar ngadem? Hehehehe ... enggak salah sih. Toko buku memang biasanya adem bin sejuk. Apalagi tidak terlalu banyak orang di sana, sehingga jadi tempat yang enak banget buat ngadem.

Tapi meski bisa buat ngadem, sebaiknya jangan lama-lama ya. Apalagi kalau sampai menghalangi orang lain yang mau melihat atau mengambil suatu buku, lantaran kamu menghalanginya saat kamu ngadem. Jangan ya, plis.


Foto-foto Cantik di Antara Rak Buku

Trend foto di tempat estetik ternyata merambah ke toko buku juga. Apalagi tatanan toko buku yang didesain cantik bin estetik. Bisa sih jadi tempat keren untuk berfoto ria. Apalagi banyak properti buku yang bisa jadi latar belakangnya.

foto cantik

Eits, tapi kayaknya hal ini jangan kamu lakukan lagi ya. Enggak lucu sih, datang ke toko buku buat foto-foto aja. Karena sebenarnya ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan saat ke toko buku. Ya foto oke lah ya, tapi seperlunya saja. Jangan sampai mengganggu kenyamanan konsumen lain yang datang ke toko buku benar-benar untuk mencari buku.

Book-Date

Ada yang pernah sengaja ngajak ke toko buku untuk nge-date? Hehehehe ... suka kepikiran sih, kok kayaknya seru ya. Apalagi kalau kalian berdua sesama pencinta buku. Meski larut dengan selera bacaan masing-masing, tapi akhirnya seru aja, karena ada temen yang diajak diskusi.

Eh tapi ngajak nge-date ke toko buku, bukan modus biar kelihatan ‘pintar’ dong ya? Yakali biar kelihatan keren, terus ngajakin nge-date di toko buku. Biar makin keren, bayari juga belanjaan bukunya ya. Jangan Cuma jalan aja, tapi enggak beli apapun.

duduk di toko buku

Nah itu tadi beberapa hal yang ‘kadang’ dilakukan orang-orang saat di toko buku. Yang jelas, apapun yang kamu lakukan, jangan sampai mengganggu kenyamanan konsumen lain yang datang ke toko buku benar-benar untuk mencari buku ya. Mungkin kamu punya cerita lain saat ke toko buku, sharing di bawah ya. Sampai jumpa di tulisan lainnya.
Apa yang Kamu Lakukan Saat di Toko Buku? Apa yang Kamu Lakukan Saat di Toko Buku? Reviewed by Bening Pertiwi on Juni 08, 2021 Rating: 5

7 komentar:

  1. Bayar buku di kasir? apakah termasuk?
    Xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goodjob, emang selalu terdepan urusan satu ini 👍👍👍
      (Bayarin belanjaan gue sekalian 😂)

      Hapus
  2. Kalau aku menghabiskan waktu mengamati satu persatu buku dan menelusuri setiap lorong sambil dan kadang sedikit bernyanyi dengan suara kecil. Hihihi serasa ada di dunia aku klo ke toko buku mah. Kadang juga ambil satu buku dan larut dalam membacaya sampai lupa klo lagi gak dikamar tp di toko buku hehehe

    BalasHapus
  3. Kalo aku berlama2 di bagian yg aku suka kaya novel, buku2 nonfiksi yg temanya aku suka dkk. Kalo liat pernak pernik diusahakan belakangan fakutnya budget buat beli buku kepake buat beli yg unyu2 tadi dan akhirnya menyesal tak terkira hahahha...

    BalasHapus
  4. Aku tim baca sinopsis buku sama baca komik yang udah dibuka sampulnya. Terus bisa betah lama-lama di toko buku buat milih buku yang bakal diadopsi bawa pulang...

    BalasHapus
  5. Aku paling hobi keliling rak buku sama baca buku yang sampulnya udah dibuka. Seru banget, kalau menarik ya aku beli.. kalau enggak, ya udah ngadem aja xD

    BalasHapus
  6. Menyenangkan sekali ke toko buku ya walaupun masa pandemi begini jadi makin jarang turun gunung, kalau aku biasanya baca-baca sinopsis buku baru buat cari ide nulis..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.