7 Tips Mengatasi Reader’s Block

Memaksa diri kembali membaca ternyata tidak sama mudahnya dengan mamaksa diri kembali menulis. Padahal kan untuk bisa menulis, jelas perlu membaca. Kalau tidak membaca, bagaimana bisa menulis? Kalau tidak membaca, apa yang bisa dituangkan dalam tulisan?

gadis baca buku

Bahkan seorang pencinta buku—penggila buku—sekalipun, pernah mengalami kesulitan untuk kembali membaca. Namanya reader’s block. Mirip ya dengan writer’s block, meski tidak terlalu populer. Alasan seseorang berhenti membaca banyak sih, misalnya sibuk dengan aktivitas sehari-hari, tidak ada buku yang menarik, tidak punya buku baru atau kehilangan ketertarikan sama sekali dengan buku. Bukan sehari-dua hari rasa lapar terhadap buku itu hilang. Bahkan bisa berbulan-bulan atau tahun. Rasa rindu untuk menyelesaikan suatu buku, sering muncul. Cuma untuk memulainya memang tidak pernah mudah. Tapi, seperti halnya writer’s block, sebenarnya reader’s block juga bisa diatasi kok. Ya, minimal bisa membantu lah. Berikut 7 tips mengatasi reader’s block yang bisa kamu coba sendiri.


Pilih Bacaan yang Tipis

Jika dulu bisa membaca buku tebal dengan sekali duduk, maka mungkin setelah kehilangan keinginan membaca, kamu akan kesulitan membaca buku tebal lagi. Tidak masalah kok. Kamu bisa memulainya dengan memilih dan membaca buku yang lebih tipis. Tidak perlu harus memaksakan diri menyelesaikannya dalam sekali duduk. Cukup lakukan aktivitas membaca satu dua halaman tiap hari, tapi lakukan terus menerus.

Contoh bacaan tipis seperti komik, majalah atau bahkan buletin bisa kamu pilih sebagai awalan. Jika sudah terbiasa dengan bacaan tipis ini, kamu bisa mulai meningkatkan volume bacaan kamu hingga akhirnya bisa kembali membaca buku-buku yang lebih menantang.

Membaca Komik? Kenapa Tidak

Tidak sedikit informasi penelitian yang menyebutkan kalau manusia lebih tertarik dan memahami sesuatu berbentuk gambar dibanding tulisan. Apalagi yang berwarna. Nah ini bisa jadi saran keren juga. Untuk memulai kembali membaca, kamu bisa memilih bahan bacaan berupa komik.

anak baca komik


Ada banyak jenis komik yang bisa kamu pilih. Tentu sebaiknya pilih yang ringan dan tidak banyak tulisan. Ini untuk kembali membentuk kebiasaan membaca kamu. Kamu bisa memilih komik yang selama ini jadi favorit kamu. Atau jika kamu tidak punya komik favorit, kamu juga bisa datang ke toko buku untuk melihat-lihat dan membeli beberapa komik yang menarik.

Cerpen juga Bolah Dicoba

Selain komik, bahan bacaan lain yang tidak butuh waktu lama adalah cerpen. Untuk mengembalikan kebiasaan membaca kamu, kamu juga bisa memulainya dengan membaca cerpen. Pilih cerpen-cerpen ringan seperti di majalah atau koran.

Jika dibandingkan dengan novel yang tebalnya bisa 300-400 halaman, cerpen yang hanya 5-8 halaman akan lebih cepat diselesaikan. Kamu juga sudah bisa merasakan sensasi menyelesaikan bacaan dengan cepat. Tidak perlu banyak cerpen yang dibaca. Cukup satu cerpen saja tiap hari, tapi lakukan secara terus menerus.


Coba Ganti Genre Bacaan

Apa genre bacaan favorit kamu? Romance, detective, thriller, suspense, komedi? Coba deh ganti genre bacaan yang biasa kamu baca, dengan genre lain yang tidak kamu baca sebelumnya. Atau bisa juga, jika kamu terbiasa membaca non-fiksi, sekarang coba baca fiksi.

anak membacakan buku pada boneka

Mengganti genre bacaan bisa menyegarkan pikiran. Kamu akan menemukan pengalaman baru dengan genre bacaan yang baru. Ya kan, siapa tahu kamu jadi kembali tertarik membaca karena menemukan hal baru yang semula tidak kamu temukan di genre bacaan lama kamu.

Baca ulang Buku Favorit

Tiap pembaca, umumnya punya buku bacaan favorit. Nah kalau selama ini kamu tengah malas membaca, maka kamu juga bisa memulainya dengan membaca ulang buku favorit kamu. Membaca ulang buku favorit bisa membuat serasa kembali ke masa lalu. Dan ini ternyata bisa juga membantu mengembalikan semangat membaca. Mau coba?

Datang ke Toko Buku

Jika orang pada umumnya datang ke toko buku hanya untuk membeli buku, kamu bisa memanfaatkan ini untuk mengembalikan keinginan membaca kamu. Berada di tempat penuh buku menarik dengan banyak orang yang juga tengah membaca atau mencari bacaan yang mereka sukai, seperti sebuah charger semangat. Apalagi membaui aroma buku baru, hmmmm


Mengobrol dengan Teman Sesama Pencinta Buku

Mengembalikan semangat membaca juga bisa dimulai dari mengobrol bersama teman sesama pencinta buku. Kamu bisa berbagi alasan kamu yang saat ini tengah mengalami ‘hilang ketertarikan membaca’. Bahkan kamu juga bisa mengobrolkan buku-buku menarik yang mungkin saja bisa mengembalikan keinginan kamu untuk kembali membaca. Saling menyemangati juga bisa kamu lakukan sebagai sesama pencinta buku.

anak baca buku berdua

Mengembalikan rasa lapar akan bacaan tidak bisa dilakukan secara instan. Ada yang bisa menemukan kembali rasa tertariknya dalam waktu singkat. Tapi juga ada yang butuh waktu lebih lama. asalnya tidak menyerah, itu sudah cukup. Ayok, kutemani membaca. Jadi, hari ini apa yang sudah kamu baca?

7 Tips Mengatasi Reader’s Block 7 Tips Mengatasi Reader’s Block Reviewed by Bening Pertiwi on Juni 04, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.