Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku

Lagi skrol-skrol IG eh ternyata ada diskonan buku yang udah lama diinginkan. Nah, tangan jadi gatel kan buat klik masuk keranjang terus checkout. Tapi kalau lihat di kamar ternyata masih ada setumpuk buku yang belum dibaca. Apakah ini tanda gue udah nge-ghosting para buku itu? Tidaaaaakkk!!!
 
lelah baca

Ini nih salah satu masalah serius banyak orang. Suka dan senang aja kalau belanja buku apalagi buku baru yang masih gress, baru terbit. Tapi eh tapi, kok membacanya malah malas ya? Salah satu alasan yang paling sering muncul itu ‘ngantuk’. Duh, emang benar begitu ya? Ya kalau ngantuk, enggak usah baca lah, rehat dulu. Tapi, kalau ngantuk jadi alasan untuk setiap waktu membaca, kayaknya juga perlu diluruskan nih. Nah buat kamu yang sering ngerasa ngantuk saat baca buku, boleh lah cek tips anti ngantuk saat membaca buku berikut.
 
 

Niat dan Fokus

Tarif napas dulu deh, terus mantapkan hati sebelum melakukan sesuatu. Ini sama aja sih dengan membaca buku, kamu hanya perlu luruskan niat dan fokus. Kalau enggak niat, ya jelas enggak jadi dilakukan. Kalau enggak fokus, jadi rawan gangguan.

Ada DUA hal yang membedakan diri kita saat ini dengan diri kita 10 tahun lagi: (1) teman yang kita punya, dan (2) BUKU-BUKU yg kita BACA. Nah, dua hal ini yang harus ditekankan pada diri sendiri, ‘kita butuh membaca’.

Buku Seru Anti Ngantuk

Tidak ada buku yang jelek atau membuat ngantuk. Yang ada, kamu belum menemukan buku yang tepat aja sih. Memilih buku yang tepat juga bisa mencegah ngantuk saat membaca. Yakali kamu baca buku berat dan serius, kalau pengen enggak ngantuk ya baca buku ringan dan lucu dong. Dijamin ketawa, lupa ngantuk deh.

Eh tapi, kalau misal terpaksa nih, harus baca buku yang serius ya mau gimana lagi. Berarti kamu harus cek tips anti ngantuk berikutnya.
 
 

Pilih Waktu Anti Ngantuk

Yakali kamu baca buku jam setengah duabelas malam setelah seharian beraktivitas yang lumayan bikin capek, jelas ngantuk. Nah kamu bisa memilih waktu yang enak buat membaca. Misalnya pagi hari nih, setelah Shubuh. Kan mata sudah melek dan badan masih segar. Atau sore hari nih, waktu santai setelah aktivitas seharian, sambil menunggu Maghrib.

Eh ada juga sih yang memilih membaca di malam hari, setelah semua aktivitas seharian selesai. Alasannya biar enggak terganggu dan bisa fokus membaca. Intinya sih, pilih waktu membaca paling pas buat kamu. 

Cari Tempat Nyaman

Kalau di sekolah nih, posisi menentukan prestasi. Eh bener enggak? Nah, kalau membaca buku, posisi atau tempat juga penting dong. Misal nih sambil rebahan di kasur, atau selonjoran di teras. Bisa juga duduk di sofa.

Sangat enggak nyaman kalau kamu membaca sambil jungkir balik, misalnya. Atau sambil duduk di kursi panas #eh. Tempat nyaman ini termasuk juga situasi sekitarnya ya. Misalnya kamu butuh selimut atau bantal buat sandaran. Terus suasana yang hangat bin nyaman. Asal jangan terlalu nyaman aja, terus ketiduran deh. Nah ini namanya udah over nyaman.

Perhatikan Pencahayaan

Salah satu penyebab ngantuk nih, kalau cahaya saat membaca kurang terang. Aih, masa iya kamu baca di tempat gelap? Alih-alih terlihat, mata malah jadi rusak atau kepala jadi pusing, ngantuk deh jadinya.

Nah, pencahayaan saat membaca penting banget. Kamu bisa kok pilih tempat terang, seperti dalam ruangan dengan lampu yang cukup, atau di luar ruangan. Atau di sisi jendela gitu, biar kelihatan ala-ala bookstagramer, hihihihi 
 

Hindari Pemicu Ngantuk

Sebenarnya apa aja sih yang membuat kamu merasa mengantuk saat membaca? Coba deh cek lagi, hal-hal yang bikin ngantuk ini. Kalau sudah tahu, hindari dong.

Misalnya nih, ngantuk karena cahaya kurang terang saat membaca. Ya solusinya cari tempat terang. Ngantuk karena membaca di malam hari saat lelah. Solusinya ya jangan baca di malam hari dan usahakan saat membaca, kondisi tubuh tidak lelah. Atau membaca di tempat tidur, alih-alih baca eh kepala malah tertarik magnet bernama bantal. Hindari tempat seperti ini dong.

Capek? Rehat dulu Lah

Penyebab lain ngantuk saat membaca adalah capek atau lelah. Baik karena terlalu lama membaca atau karena aktivitas lainnya. Kalau udah capek bin lelah, ya rehat dulu lah. Kamu bisa bangun dan melakukan peregangan tubuh, misalnya. Kamu juga bisa beranjak ke dapur untuk ambil minuman atau bahkan makan kalau lapar.

Pokoknya, kalau capek ya rehat dulu. Kalau lelah, ya penuhi hak tubuh dulu untuk rehat.

Siapkan Teh, Kopi, Camilan

Apa sih ritual kamu kalau lagi baca buku? Ada yang suka ditemenin teh, kopi, atau camilan? Selain enak, hal-hal kecil ini bisa juga digunakan untuk mengatasi ngantuk. Iya, jadi kamu enggak fokus sama buku terus. Hal-hal kecil seperti ini bisa jadi pengalihan biar enggak mudah mengantuk.

Eh tapi ingat ya, teh, kopi, dan camilan ini sifatnya hanya bagian kecil aja. Bukan bagian utamanya. Jadi jangan sampai camilan udah habis eh buku yang dibaca malah enggak pindah halaman. Enggak benar ini! 
 
 

Cari Teman Baca

Dan tips terakhir baca anti ngantuk adalah cari teman baca. Ya biar enggak sendirian dan keliatan jomlonya gitu #ups. Kamu bisa cari teman sesama pencinta buku atau penyuka baca, terus baca bareng deh. Waktu dan tempat? Bebas lah. Yang penting ada teman baca. Jadi, kalau kamu udah mulai ngantuk nih, akan ada temenmu yang mengingatkan.

Eits, teman baca itu artinya baca masing-masing ya, bukan malah ngerumpi enggak jelas. Jangan jadikan ngumpul ini malah jadi lupa baca.
 
rebahan baca buku

Oke, jadi itu beberapa tips anti ngantuk saat membaca buku yang bisa kamu praktikkan sendiri. Yang jelas, baca itu perlu. Jadikan membaca sebagai sebuah kebutuhan. Jadi kalau enggak baca rasanya ada yang kuraaaaang gitu. Nah kalau udah gini, maka niat membaca akan semakin kuat. Kalau kamu punya tips lain biar membaca tanpa ngantuk, boleh kok share juga di bawah.
Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku Reviewed by Bening Pertiwi on Maret 09, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.