Apa Kegunaan Buku Bagimu?

Sejak kapan kamu kenal dengan buku? Buku seperti apa yang pertama kamu tahu? Apa buku ‘pertama’ itu sampai sekarang masih ada? Atau, apa yang kamu lakukan pada buku pertama tadi?

arti buku

Kayaknya lucu aja deh kalau ingat buku pertama yang dikenal dan dibaca. Mungkin sudah bertahun-tahun lalu. Tapi pasti ada saja hal menarik dari sebuah buku yang kadang baru muncul sekarang. Jadi, selama kamu kenal buku hingga saat ini, apa saja kegunaan buku bagimu? Ehm atau gini deh, sejak kapan kamu tahu kalau buku ternyata punya banyak kegunaan?


Kegunaan Buku yang Kamu Harus Tahu

Jelas dong untuk Dibaca

Jawaban pertama ini jelas no-debat lah ya. Kalau pertanyaan ini diajukan, sebagian besar orang akan memberikan jawaban yang nyaris serupa. Buku jelas untuk dibaca. Karena memang buku kan bahan bacaan. Ya meski tidak semua orang suka membaca, tapi kalau ditanya ‘buku itu untuk apa sih?’ Maka jawabannya, kalau tidak untuk dibaca ya untuk ditulis. Gitu aja, titik.

Pajangan dong atau Background Foto Estetik

Ternyata ada juga sih, orang yang koleksi buku tetapi hanya untuk pajangan. Enggak salah sih, karena sejak awal dia memang ingin menjadikan buku-buku koleksinya itu sebagai pajangan. Karena ternyata kalau ditata dengan rapi, buku juga bisa jadi penghias ruangan.

foto buku

Nah ngomongin penataan buku, buku pajangan ini juga bisa jadi background foto estetik lho. Sekarang enggak jarang kan ya, kalau foto menggunakan backgroudn rak buku di belakangnya. Dan memang jadi kelihatan keren dan estetik.


Bisa jadi Alas Laptop Darurat juga Lho

Kepepet enggak punya tempat meletakkan laptop padahal perlu digunakan? Yup, buku bisa jadi solusi mengatasi masalah ini. Kan laptop yang tengah digunakan sebaiknya tidak diletakkan di atas permukaan yang empuk, melainkan harus di permukaan yang padat atau keras. Nah buku bisa dipakai untuk ini nih. Kamu bisa pilih buku yang agak tebal untuk alas ya.

Biasanya sih yang melakukan ini para mahasiswa, hehehe. Kalau enggak ada alas, ya pakai buku yang ditumpuk. Tinggal sesuaikan tumpukan dan tingginya, maka kamu bisa mendapatkan meja laptop dadakan dengan mudah dan praktis.

Biar Enggak Mati Gaya kalau Lagi Sendirian

Selain ponsel, buku juga bisa kamu pakai sebagai ‘properti’ biar enggak mati gaya saat sendirian. Misalnya saat kamu menunggu seseorang, kamu bisa mengeluarkan buku dan pura-pura membaca. Ya, kalau enggak pura-pura, alis benar-benar membaca lebih bagus sih.

Eh tapi masih ada yang begini? Soalnya sekarang, ponsel jauh lebih menarik jadi ‘teman’ saat sendirian atau menunggu seseorang. Oh iya, kamu juga bisa kok membaca buku digital lewat ponsel ya, hehehe. Ya sambil menunggu kamu bisa skrol-skrol ponsel kamu menghabiskan bacaan yang belum sempat kamu selesaikan sebelumnya.


Obat Tidur yang Mujarab Bagi Sebagian Orang

Untuk yang terakhir ini, bisa berlaku pada sebagian orang. Tetapi tidak berlaku bagi orang lain. Memang ada beberapa orang yang akan langsung menguap panjang saat baru mulai membaca buku. Kalau begitu, buku bisa jadi obat tidur mujarab dong. Kamu hanya perlu membuka buku dan memulai membaca, lalu kantuk menyerang dan sukses tertidur.

Bagi sebagian yang lain, buku malah bisa mengaktifkan sel-sel waspada di kepala mereka. Alih-alih mengantuk, membaca justru bisa membuat orang itu makin susah tertidur. Bagi kamu yang mengalami hal ini, sebaiknya hindari membaca menjelang jam tidur. Kecuali kamu akan semakin sulit tertidur nantinya. Repot kan kalau akhirnya justru tidak bisa tidur akibat membaca.

baca buku biar ngantuk

Kesimpulan

Itu tadi beberapa hal yang bisa jadi kegunaan buku. Mungkin bagi sebagian orang, semua list di atas benar adanya. Tapi belum tentu bagi yang lain. Yang jelas, apapun anggapan kamu tentang kegunaan buku, pastikan untuk tetap memperlakukan buku dengan baik. Bukan hanya agar tidak cepat rusak, tapi juga sebagai bentuk penghargaan bagi penulisnya. Eh, kamu punya daftar kegunaan buku yang lain juga? Boleh kok share di bawah ya. Nanti kota obrolkan lagi kegunaan buku yang lain. Sampai jumpa di tulisan lainnya. Dan selamat membaca. Happy reading!

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.