Tahun Baru, Buku Baru

Kebayang enggak sih, kalau tahun 2023 tinggal sebulan lagi. Iya, sebentar lagi 2023 habis dan berganti dengan tahun 2024. Tahun baru akan jadi momen tepat untuk memulai hal baru, contohnya membaca buku. Sadar atau enggak, buku itu selalu jadi sumber inspirasi, pengetahuan dan bahkan motivasi. Apalagi untuk memulai tahun baru dengan lebih baik.

tahun baru buku baru

Dengan membaca buku, dapat membantu memahami dunia sekitar dengan lebih baik. Dari buku, kita belajar banyak hal, misalnya tentang sejarah, budaya, sains, teknologi, hingga hiburan. Dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuan kita menjadi lebih luas dan kaya. Buku bisa menjadi sumber inspirasi untuk meraih cita-cita.

Beberapa buku mengajarkan tentang kisah orang-orang sukses yang bisa jadi motivasi untuk kita tidak mudah menyerah. Buku juga bisa membantu kita memahami diri sendiri. Dengan buku, kita belajar tentang emosi, pikiran dan perilaku kita. Pada akhirnya bisa jadi cara untuk jadi orang yang lebih baik.

Kenapa Perlu Membaca Buku?

Kenapa sih perlu membaca buku? Manfaat membaca buku sebenarnya sudah bertebaran di mana-mana. Tapi, berikut beberapa manfaat membaca buku yang sudah dirangkum:

1. Menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan

Buku adalah sumber pengetahuan. Dengan membaca buku, artinya kita memberikan diri kita pengetahuan dan wawasan tentang berbagai hal. Selain itu, membaca buku ternyata juga merangsang keterampilan berpikir. Dengan membaca, keterampilan kita akan meningkat, contohnya menulis, berpikir kritis dan memecahkan masalah

2. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

Buku adalah sumber imajinasi. Beberapa buku bahkan seolah dapat membawa kita ke dunia yang sama sekali berbeda. Buku membantu kita mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari, yang tidak pernah kita temui sebelumnya, misalnya tempat baru, budaya asing dan berbagai karakter orang.

3. Meningkatkan pemahaman diri dan orang lain

Buku ternyata juga dapat membantu kita memahami diri sendiri dengan baik. Selain itu, buku juga membantu kita belajar tentang perspektif dan pengalaman orang lain. Pada akhirnya, membaca buku juga mendorong kita untuk lebih menghargai orang lain, menghargai perbedaan dan menjadi pribadi yang toleran.

4. Meringankan stres dan meningkatkan mood

Kamu merasa stres? Mungkin kamu perlu membaca. Buku ternyata juga bisa jadi sumber hiburan. Membaca buku adalah kegiatan menyenangkan dan menenangkan. Membaca buku sejenak di sela-sela kesibukan, membantu kita bersantai dari hari yang sibuk. Pada akhirnya bisa membantu mengurangi stress dan memperbaiki mood kita.

Tips Membaca Buku di Tahun Baru

Untuk memulai tahun baru yang lebih baik, kita bisa memulainya dengan membaca buku. Buku bisa menjadi teman baik untuk menemani kita selama tahun baru. Berikut beberapa tips membaca buku di tahun baru.

1. Tetapkan tujuan membaca

Momen tahun baru memang bisa jadi momen pas untuk membaca buku. Karena itu, kita perlu menentukan berapa banyak buku yang ingin dibaca pada tahun baru.

2. Pilih buku yang menarik

Untuk memilih buku yang menarik, bisa dipertimbangkan minat serta kebutuhan. Buku apa yang kita butuhkan saat ini? Atau buku apa yang menarik minat kita dan membuat kita ingin membaca.

3. Tetapkan jadwal membaca

Kadang, kalau enggak dipaksa, maka selalu ada alasan untuk malas membaca. Sebelum membentuk kebiasaan membaca, tidak salah kalau awalnya dipaksa dulu. Jadi bisa dong, luangkan waktu 15-30 menit dalam sehari untuk membaca

4. Jangan memaksakan diri jika bosan

Duh bosan ini. Bosan itu wajar. Kalau menemui kebosanan, ya berhenti dulu membaca buku. Bisa dilanjut lain kali kok. Beberapa cara untuk mengatasi malas membaca bisa dicek nih. 

5. Pilih tempat yang nyaman

Tips berikutnya untuk membaca buku di tahun baru adalah pemilihan tempat. Pilihlah tempat yang nyaman untuk membaca. Selain dengan pencahayaan yang cukup, tempat yang hangat dan nyaman seperti sofa bisa jadi pilihan terbaik saat membaca buku.

Penutup

Membaca buku adalah salah satu cara terbaik untuk memulai tahun baru yang baru. Dengan membaca buku, kita dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman diri kita.

Membaca kembali dengan rutin adalah resolusi tahun baruku kali ini. Ya, kembali membaca dengan rutin. Sesederhana itu. Karena saat itu, pada situasiku saat ini, meluangkan waktu untuk membaca memang tidak semudah tahun-tahun lalu. Ada yang berbeda. Ada yang berubah. Tapi, bagiku, tetap bukan berarti berhenti membaca. Bukan berarti mundur dari kebiasaan membaca. Justru harusnya jadi alasan untuk membaca lebih rajin lagi. Untuk menyebarkan virus membaca lebih luas lagi.

Pada akhirnya, tulisan ini adalah pengingat untuk diri sendiri. Tidak hanya soal membaca buku dan kebiasaan membaca. Tapi juga soal isi blog ini. Mari kembali membaca. Mari kembali menulis. Mari sebarkan hal-hal baik di sekitar kita. Kebaikan yang disebarkan, tidak akan ada batasnya. Mari mulai kebiasaan membaca buku di tahun baru ini! Mari awali tahun baru 2024 dengan lebih baik lagi.



1 komentar:

   
  1. dulu aku membaca buku yang lumayan tebal biasanya butuh waktu ga sampe seminggu.
    sekarang, baca buku bisa sebulan lebih baru kelar. Malah seringnya beli bukunya dulu, bacanya kapan-kapan yang entah kapan dibuka bungkus plastiknya
    koleksi buku cukup banyak kalau dikumpulin dari SD, kadang ada yang lupa naruh dimana, ada yang dipinjam tapi ga kembali

    kalau baca memang enaknya di saat suasana lagi tenang gitu, jadi ga terganggu

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.