Kegiatan yang Bisa Dilakukan Pencinta Buku di Tahun Baru

Libur tahun baru hampir tiba. Rasanya tahun ini cepat sekali ya. Baru kemarin awal 2023, eh sudah nyaris 2024 saja. Kadang suka mikir sih, apa saja yang sudah dilakukan di tahun ini? Apakah sudah melakukan hal bermanfaat? Apa sudah memberikan manfaat bagi orang lain.

kegitan pencinta buku di tahun baru

Tapi sebelum memikirkan mau apa dan bagaimana, rasanya menikmati libur tahun baru sejenak juga tidak masalah kok. Kita manusia. Wajar untuk merasa lelah dan butuh istirahat. Jadi, apa kegiatanmu di tahun baru?

Kegiatan Tahun Baru

Tahun baru selalu jadi momen pas dan tepat untuk memulai hal baru. Salah satunya dengan membaca buku. Pencinta buku juga bisa ikutan menikmati dan meramaikan tahun baru. Tahun baru bisa jadi kesempatan untuk menambah wawasan, mengembangkan diri, mencari motivasi atau bahkan menikmati hiburan lewat buku. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pencinta buku di tahun baru:

Membuat resolusi membaca

Pencinta buku, kuy saatnya membuat resolusi membaca. Untuk meningkatkan minat membaca buku di tahun baru, bisa dengan membuat resolusi membaca. Resolusi membaca bisa berupa target jumlah buku yang ingin dibaca, jenis buku yang ingin dibaca, atau waktu yang ingin dihabiskan untuk membaca.

Resolusi membaca adalah rencana yang dibuat untuk membaca buku dalam jangka waktu tertentu. Resolusi membaca bisa membantu para pencinta buku untuk tetap fokus dan konsisten dalam membaca.

Untuk membuat resolusi memabca, bisa diawali dengan menentukan jumlah buku yang ingin dibaca dalam satu tahun ke depan. Lalu bisa juga pilih genre yang ingin dibaca. Setelahnya bisa bagi-bagi dan buat jadwal membaca. Ingat, jadwal membaca usahakan dibuat serealistis mungkin. Ukur kemampuan membaca disi sendiri. Dan jangan paksakan menghabiskan banyak buku hanya demi memenuhi target saja. Tetap jadikan momen membaca jadi hal menyenangkan untuk dilakukan.

Menyusun daftar bacaan

Selain membuat resolusi membaca, tahun baru juga bisa jadi momen tepat untuk membuat daftar bacaan. Kita bisa membuat daftar, buku apa saja yang ingin dibaca selama satu tahun ke depan. Daftar bacaan bisa disusun berdasarkan jenis buku, genre, penulis atau target bacaan. Dengan membuat daftar bacaan, kita bisa lebih fokus dan lebih termotivasi untuk membaca.

Membaca buku baru

Bosan dengan jenis buku yang itu-itu saja? Tahun baru jadi kesempatan baik untuk mulai meluaskan jenis bacaan. Kita bisa membaca buku-buku baru yang belum pernah dibaca sebelumnya. Kita bisa memilih jenis buku sesuai minat ataupun kebutuhan.

Jika biasanya hanya membaca buku-buku fiksi saja, maka bisa coba mulai membaca juga buku-buku non fiksi. Buku non fiksi bisa memberikan pengetahuan dan wawasan baru tentang berbagai hal. Atau bisa juga mencoba membaca buku-buku dari genre yang berbeda, seperti puisi, drama, atau komik.

Mengikuti kegiatan literasi

Acara literasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Ada banyak acara literasi yang bisa diikuti oleh pencinta buku, seperti pameran buku, festival buku, atau diskusi buku.

Di Indonesia, ada banyak kegiatan literasi yang bisa diikuti oleh pencinta buku. Acara literasi bisa menjadi sarana untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, mendapatkan informasi terbaru tentang buku, dan menambah wawasan.

Menjadi sukarelawan di perpustakaan

Pernah mencoba jadi pekerja perpustakaan atau pustakawan? Nah ini bisa jadi ide menarik bagi pencinta buku di tahun baru. Menjadi sukarelawan di perpustakaan adalah salah satu cara untuk berbagi kecintaan membaca dengan orang lain.

Kegiatan yang dapat dilakukan di perpustakaan contohnya memilah buku, menata rak buku, atau menjadi pemandu perpustakaan. Menjadi sukarelawan di perpustakaan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu dengan orang-orang baru.

Ikut komunitas pencinta buku

Pencinta buku tidak harus selalu berkutat dengan buku saja. Tidak harus selalu menyendiri dengan membaca. Justru pencinta buku juga perlu berkenalan dengan dunia lebih luas terkait buku. Salah satunya dengan ikut komunitas pencinta buku.

Ikut komunitas pecinta buku bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Kita bisa mengikuti komunitas pecinta buku secara online atau offline. Komunitas pecinta buku biasanya mengadakan berbagai kegiatan, seperti diskusi buku, bedah buku, atau sekadar berkumpul untuk membaca bersama.

Membuat karya dan buku sendiri

Biar kegiatan pencinta buku tidak itu-itu saja, yuk saatnya berkreasi. Di tahun baru nanti, kita juga bisa membuat karya seperti menulis. Bisa menulis cerita pendek, puisi, ataupun artikel. Eits, bahkan kalau punya naskah yang belum selesai, bisa juga ini untuk diselesaikan dalam mengisi tahun baru.

Selain karya berbentuk tulisan, kita juga bisa membuat karya bentuk lain. Kita bisa membuat blog atau vlog tentang buku. Membuat karya tulis bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan diri dan berbagi kecintaan terhadap buku dengan orang lain.

Mendonasikan buku

Mendonasikan buku adalah salah satu cara untuk berbagi ilmu dan pengetahuan dengan orang lain. Donasi buku bisa dilakukan ke perpustakaan, panti asuhan, atau komunitas literasi. Mendonasikan buku juga bisa menjadi cara untuk mengurangi limbah buku. Pasalnya, buku yang tidak terpakai bisa berakhir di tempat pembuangan sampah.

Penutup

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pencinta buku di tahun baru. Semoga kegiatan-kegiatan tersebut bisa membantu untuk lebih mencintai buku dan membaca.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.