Jenis-jenis Julukan untuk Pencinta Buku, Kamu Harus Tahu!

Pencinta buku ya pencinta buku. Eh gimana maksudnya? Iya, pencinta buku adalah istilah yang ditujukan pada orang yang sangat menyukai buku. Nah tapi ternyata, selain pencinta buku, ada juga beberapa julukan lain yang lebih khusus diberikan pada orang-orang yang mencintai dan menyukai buku. Jadi kayak julukan khusus gitu.

anak baca buku

Terus apa bedanya dong? Okedeh, berikut jenis-jenis julukan untuk pencinta buku yang kamu harus tahu. Daftar berikut disusun sesuai abjad ya.


Abibliophobia

Abibliophobia bisa dikatakan sebagai sebutan bagi orang yang merasa sangat frustasi dan khawatir tidak memiliki bahan bacaan. Nah mereka ini kayak udah haus banget sama bacaan. Oleh karena itu, biasanya mereka akan membeli buku dalam jumlah banyak sekaligus, sebagai upaya jaga-jaga jangan sampai kehabisan bacaan secara tiba-tiba.

Biblioarti

Bibliolarti ini kesannya seperti obsesi sih. Jadi mereka memiliki kekaguman berlebihan terhadap buku. Mereka juga berkeinginan kuat untuk melindungi si buku ini. Terutama buku-buku miliknya supaya tidak diambil oleh orang lain.


Bibliobibuli

Eh kalian ada yang Bibliobibuli enggak nih? Nah seorang bibliobibuli ini biasanya memiliki kemampuan membaca di atas rata-rata orang pada umumnya. Jika orang normal menyelesaikan satu novel tebal dalam waktu dua hingga tiga hari paling cepat, eh mereka ini dengan santainya bisa menyelesaikan bacaan yang sama dalam waktu beberapa jam saja. Pokoknya rakus membaca sih dia ini.

Bibliognost

Bibliognost mungkin tepat disematkan pada seorang yang berprofesi sebagai reviewer atau pengulas buku. Soalnya mereka ini sangat tahu tentang detail isi suatu buku. Mereka bisa mengerti hal-hal detail mulai dari daftar isi, isi setiap halaman hingga daftar pustaka dari suatu buku. Daya ingatnya mantap banget nih.


Bibliokleptomania

Eh ada yang Bibliokleptomania enggak nih? Semoga enggak ya. Soalnya mereka ini adalah tipe orang yang cenderung lupa atau malah sengaja melupakan untuk mengembalikan buku yang dipinjamnya. Enggak Cuma begitu, kadang bahkan memang berniat mencurinya. Penyebabnya? Hmmm ... macam-macam sih. Salah satunya karena ketidakmampuan membeli buku tersebut tapi ingin memilikinya. Jangan ditiru ya.

Bibliomania

Bibliomania adalah orang yang punya obsesi untuk mengumpulkan buku. Akibatnya koleksi mereka makin menumpuk. Tetapi buku-buku tersebut ternyata tidak diabca sama sekali. Nah kan, terus buat apa menumpuk buku kalau tidak dibaca? Salah satu sebabnya karena ingin menjadikannya sebagai pelarian dari situasi sekitar yang tidak menguntungkan.


Bibliophile

Kalau istilah Bibliophile pasti sudah banyak yang kenal kan ya? Yup, istilah satu ini diberikan pada seseorang yang benar-benar mencintai buku. Kecintaan mereka pada buku dibuktikan dengan membaca dan mengoleksinya. Tetapi kecintaan sang bibliophile ini masih termasuk wajar, dan tidak berlebihan hingga menjadi obsesi.

anak baca buku dalam gelap


Cara bibliophile menunjukkan kecintaannya pada buku adalah dengan merawatnya, membaca dan mengoleksinya seperti teman sendiri. Tapi mereka tidak pelit berbagi. Mereka kadang membuat perpustakaan pribadi dan tetap mengijinkan orang lain untuk membaca bukunya juga.

Bibliotaphs

Kebalikan dari Bibliophile, bibliotaphs cenderung menyembunyikan koleksi buku-bukunya dari orang lain. Mereka tidak rela jika koleksi buku-bukunya ini dipakai atau dipinjam orang lain. Penyebabnya khawatir jika bukunya rusak atau hilang jika dipinjam.

Librocubicularist

Istilah satu ini juga sepertinya sudah cukup populer ya? Seorang Librocubicularist sangat suka membaca buku-bukunya di tempat tidur. Pokoknya, tempat tidur adalah tempat paling nyaman untuk digunakan sebagai tempat membaca. Eh, kamu juga melakukan ini?



Book Sniffer

Dari terjemahan bebasnya juga sudah ketahuan ya, apa arti istilah satu ini. Seorang Book Sniffer sangat menyukai aroma kertas buku. Aroma khas buku lama ataupun buku baru adalah favoritnya. Rasa senang akan muncul saat membaui atau mengendus aroma buku.

Bookworm

Eh ternyata Bookworm hampir sama dengan Bibliophile lho. Bedanya, kecintaan terhadap buku seorang bookworm lebih pada isi bukunya saja atau pada saat dia membaca buku. Keinginan seorang bookworm untuk mengoleksi buku tidak sekuat bibliophile.

Tsundoku

Kayaknya istilah satu ini yang paling beda ya. Yup, Tsundoku berasal dari bahasa Jepang. Mereka sangat gemar membeli buku, tetapi tidak dibaca sama sekali. Akibatnya bukunya menumpuk dan hanya jadi pajangan belaka.

anak baca buku lucu

Nah, itu tadi jenis-jenis julukan untuk pencinta buku. Kira-kira, mana nih yang paling menggambarkan diri kamu sebagai seorang pencinta buku. Share di komen bawah ya. Sampai jumpa di tulisan lainnya.
Jenis-jenis Julukan untuk Pencinta Buku, Kamu Harus Tahu! Jenis-jenis Julukan untuk Pencinta Buku, Kamu Harus Tahu! Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.