Internet yang Cepat dan Stabil: Kebutuhan Pokok Pekerja WFH

Awal tahun 2023 ditandai dengan nyaris seluruh aktivitas pekerjaan beroperasi secara normal. Meski kebijakan work from office (WFO) penuh sudah diberlakukan kembali, kenyataannya masih banyak juga yang memberikan kesempatan bagi pekerjanya untuk tetap kerja dari rumah atau work from home (WFH) penuh ataupun sistem hybrid, yakni gabungan antara WFO dengan WFH.

Pada sebuah survei yang dilakukan Microsoft, dirilis BBC pada September 2022, menyatakan lebih dari 20.000 staf di 11 negara, yakni 87% pekerjanya merasa lebih efisien saat kerja dari rumah. Sebenarnya, penerapan sistem kerja WFO, WFH ataupun hybrid, tidak membuat perbedaan tuntutan produktivitas pekerja. Dalam salah satu situs teknologi, bahkan sudah dijelaskan manfaat positif yang didapat saat pekerja kerja dari rumah. Pekerja tetap dituntut produktif saat bekerja di mana saja.

Kenapa Work From Home (WFH)?

Selain menunjang produktivitas, manfaat utama WFH bagi pekerja adalah pengaturan waktu kerja yang lebih fleksibel sehingga mereka bisa membuat rencana kerja sebaik mungkin. Selain itu, pekerja juga mendapatkan kemudahan karena tidak perlu pindah domisili apabila jarak tempat tinggal dan tempat kerjanya berjauhan. 

kerja dari rumah
sumber: pixabay

Agar dapat leluasa bekerja dari rumah, maka pekerja membutuhkan akses internet yang cepat dan stabil. Beberapa manfaat internet yang cepat dan stabil bagi pekerja yang bekerja secara WFH seperti:

- Meningkatkan Produktivitas

Bekerja dari rumah bisa mengurangi stress akibat perjalanan dan macet, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu bahkan lebih cepat. Selain itu, pekerja juga bisa mendapatkan work life balance saat menerapkan WFH. 

- Koordinasi dan Komunikasi Antar Pekerja yang Mudah

Dengan internet cepat, komunikasi dengan sesama pekerja menjadi lebih cepat karena bisa dilakukan dengan meski hanya dengan chat atau telepon tanpa harus bertatap muka langsung

- Fleksibilatas dalam Pengaturan Waktu dan Rencana Kerja

Aturan waktu kerja yang lebih fleksibel, memungkinkan pekerja menentukan waktu kerja sendiri. Asalkan semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu, dan sesuai ketentuan.

- Fasilitas Penyimpanan yang Memadai dan Kemudahan Aksesnya

Fasilitas internet yang memadai memungkinkan pekerja untuk memanfaatkan penyimpanan, kolaborasi antar pekerja sekaligus kemudahan dalam akses pemanfaatannya.

Dari manfaat yang ada di atas, jelas bahwa WFH ternyata bisa jadi pilihan bagi perusahaan maupun pekerja untuk tetap mempertahankan produktivitas tetapi mempermudah pekerja dalam banyak hal. Tentu dengan tidak mengabaikan efek negatifnya.

Internet Cepat Buat Apa?

Seperti sudah disebutkan pada bagian sebelumnya, kebutuhan internet cepat bagi pekerja yang bekerja secara WFH adalah hal pokok dan wajib. Jadi, menjawab pertanyaan di atas; internet cepat buat apa? Jelas untuk menunjang produktivitas pekerja WFH.

IndiHome dari Telkom Indonesia
sumber: laman IndiHome

Nah, untuk mendapatkan internet cepat, dibutuhkan provider internet yang terpercaya, maka provider internet IndiHome merupakan pilihan tepat. Provider yang dikelola oleh Telkom Indonesia ini masih jadi primadona banyak orang. Tidak hanya menyediakan koneksi yang cepat, minim eror, IndiHome dari Telkom Indonesia juga tersebar secara luas di berbagai wilayah Indonesia dan menawarkan banyak kemudahan bagi para pelanggannya.

Kualitas produk Telkom ini menawarkan jaringan internet di atas rata-rata, yakni jaringan 4G dan 5G. Jelas dengan kecepatan akses seperti ini, akan sangat menunjang para pekerja WFH. Kegiatan komunikasi yang memanfaatkan aplikasi seperti zoom meeting, google meet hingga sejumlah fasilitas penyimpanan pun sangat mudah diakses. Ssst, khusus untuk fasilitas penyimpanan, IndiHome bahkan menyediakan Cloud Storage for IndiHome yang menawarkan kualitas penyimpanan lebih mumpuni lagi. Bahkan aplikasi kolaborasi seperti trello, notion, todoist maupun slack, yang berguna bagi pekerja pun menjadi sangat mudah digunakan. 

Terakhir, soal harga. Dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, ternyata IndiHome tetap bisa memberikan harga yang bersaing. Ada harga tentu ada kualitas, untuk fasilitas internet yang cepat dan stabil. Harga yang ditawarkan pun cukup variatif, relatif aman di kantong bahkan bisa dipilih sesuai kebutuhan bagi pekerja yang kerja dari rumah.


Kesimpulan

Kerja dari rumah atau WFH yang menjadi pilihan dan makin tren saat ini memaksa internet cepat dan stabil sebagai kebutuhan wajib yang tidak bisa dihindarkan lagi. Tentu dengan pertimbangan banyak dampak positifnya bagi pekerja dan tanpa mengabaikan dampak negatifnya. Bahkan kalau perlu, meminimalkan dampak negatifnya.

Apapun pilihan yang diambil oleh pemberi kerja maupun pekerja, baik memberlakukan hybrid work ataupun WFH penuh, maka yang tidak boleh diabaikan adalah produktivitas. Jadi, kamu mau memilih WFH, WFO ataupun hybrid work ini? Boleh juga sharing di komentar bawah ya.

8 komentar:

   
  1. Suamiku juga lagi dilema pilih internet yang bagus nih buat di rumah. Indihome udah jadi salah satu yang ada d listnya. Siapa tahu artikel mbak ini bisa meyakinkan beliau. Kasian kalau lagi meeting internetnya suka tiba2 putus 🥲

    BalasHapus
  2. AKu sudah lama berlangganan IndiHome 3P di rumah. ALhamdulillaah cocok. Berbagai aktivitas yang membutuhkan internet cepat, insya allah dapat dikerjakan dengan cepat juga. Apalagi jika suamiku sedang WFH, jangan sampai jaringan inet terputus.

    BalasHapus
  3. Sebagai pengguna indihome memang terbantu sekali pas WFH...urusan daring emang harus pilih yang stabil dan cepat

    BalasHapus
  4. WFH emang nyaman awalnya. Tp, buatku setelah beberapa bulan bikin stres karena nggak ngobrol sama org hehe. Daan tentu aja godaan jd lebih banyak, dr jajan sampe gangguan suara 😁

    BalasHapus
  5. Internet cepat memang udah harusnya mendukung para pekerja WFH supaya lebih produktif ya, Mbak. Sukur² dapet bonus juga dari atasan, hehe..

    BalasHapus
  6. Aku pakai Indihome setahun ini so far bagus jaringannya, kalau ada gangguan tinggal panggil teknisi dan mereka tanggap, cepat datangnya, ada pesain provider lain nawarin lebih murah jadinya tak tergoda

    BalasHapus
  7. Setuju nih mba, aku merasakan banget pentingnya internet cepat dan stabil buat freelancer sepertiku yang otomatis pasti WFH

    BalasHapus
  8. Indihome memang jangkauan jaringannya luas, cocok untuk berbagai pelosok. Tapi, kadang aku suka kecewa dengan pelayanannya huhu

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.