ASUS ExpertBook B5 Series: Kembali Produktif Pasca Pendemi

Daftar Isi [Tampil]
    Masa pendemi memang belum benar-benar selesai. Tetapi kebijakan pemerintah tampaknya mulai longgar. Sejumlah aktivitas pekerjaan sudah beroperasi normal kembali. Kebijakan WFH pun berubah menjadi Work from Office (WFO), baik WFO penuh ataupun sistem hybrid.

    Kenyataannya, transisi dari WFH ke WFO bukan hal mudah. Dalam sebuah survei yang dilakukan BBC pada September 2021, terungkap bahwa 70% karyawan "would never return to offices at the same rate". Terjemahan bebasnya, tidak akan kembali bekerja di kantor seperti sebelum pendemi. Jadi, karyawan ternyata lebih nyaman bekerja secara jarak jauh, alih-alih datang ke kantor.

    Sebenarnya, penerapan sistem kerja WFO, WFH ataupun hybrid tidak membuat adanya perbedaan target produktivitas yang ada. Artinya, dalam situasi apapun, karyawan dituntut untuk untuk produktif.

    Bicara produktivitas pekerja, tidak bisa lepas dari perangkat elektronika seperti laptop. Kali ini ASUS ExperBook B5 hadir menawarkan sejumlah fitur yang menunjang aktivitas bisnis, baik untuk pekerja WFO, WFH ataupun hybrid.

    Resmi diluncurkan sejak 27 Februari 2022, ASUS ExpertBook B5 hadir dalam dua jenis, yakni seri ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) dengan form factor clamshell (engsel layar laptop bisa dibuka hingga 180°) dan juga ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) dengan form factor convertible (engsel layar bisa diputar hungga 360° & dukungan layar sentuh).

    Benarkah ASUS ExpertBook B5 Series Menunjang Produktivitas Pasca Pendemi?

    Kalau bicara harga, jangan bandingkan ASUS ExpertBook B5 Series ini dengan seri ASUS lainnya, seperti ASUS VivoBook 15 A516. Jelas keduanya memang didesain untuk tujuan pemakaian berbeda. Meski secara kasat mata tampilan ASUS ExpertBook B5 Series ini biasa dan kurang ‘wah’, tapi seri ini didesain untuk menunjang produktivitas pekerja yang lebih tinggi.

    ASUS Expertbook B5 series

    ASUS ExpertBook B5 Series ini adalah seri laptop bisnis pertama ASUS yang dilengkapi dengan layar ASUS OLED. Seri ini juga memiliki varian dengan harga lebih murah, tanpa menggunakan layar OLED. Ada beberapa alasan ASUS ExpertBook B5 dan ASUS ExpertBook B5 Flip dengan layar OLED bisa menunjang produktivitas pasca pendemi. Simak ulasan beriku!

    1. Fisik Tangguh untuk Aktivitas Padat

    Ketangguhan ASUS ExpertBook B5 series ini dibuktikan dengan sertifikasi standar militer MIL-STD 810H. Sejumlah pengujian ekstrem dilakukan untuk membuktikan kalau laptop ini memang cocok digunakan oleh orang-orang dengan aktivitas yang tinggi. Tidak masalah untuk digunakan bekerja baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

    Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan fitur spill-resistant. Jadi, saat terkena tumpahan cairan hingga 66cc, laptop ini masih tetap aman. Tidak hanya itu, engselnya juga diklaim bisa mengalami siklus buka-tutup hingga 50.000 dengan aman. Untuk port-nya sendiri diklaim bisa bertahan hingga 15.000 siklus pasang-cabut.

    Bicara soal fisik secara umum, ASUS ExperBook B5 series sudah menggunakan magnesium-aluminium alloy (MgAl) pada bagian cover dan juga bagian bawahnya. Meski menggunakan material tangguh, ternyata laptop ini tetap ringan. Bobotnya saja hanya sekitar 1,11 kg saja. Tidak hanya ringan saja, ukurannya yang sangat tipis sekitar 1.69 cm juga membuat ASUS ExperBook B5 series sangat mudah dibawa.

    Sebagai penunjang aktivitas padat, ASUS ExperBook B5 series juga didukung dengan baterai 4-cell berkapasitas 66WH yang diklaim bisa bertahan hingga 14 jam untuk penggunaan ringan.

    Untuk urusan pengisian daya, port USB Type-C juga melengkapi laptop ini agar baterainya bisa diisi ulang dengan mudah, bahkan tanpa harus membawa charger aslinya. Pengisian ualng daya bisa dilakukan dengan charger apapun asal menggunakan kabel USB Type-C.

    2. Layar ASUS OLED, Luas dan Lega

    Seperti yang tersemat pada detailnya, ASUS ExperBook B5 series menawarkan dukungan layar ASUS OLED. Teknologi ini menawarkan layar kaya warna dengan tingkat reproduksi hingga 100% DCI-P. Artinya, tidak hanya memberikan tampilan visual yang lebih baik, juga mendukung berbagai skenario penggunaan.

    Misalnya pada orang yang harus berlama-lama memandangi layar, Sertifikasi TÜV Rheinland (low blue-light & anti-flicker) yang tersemat membuat layarnya lebih aman dan nyaman untuk mata. Meski demikian, tidak mengabaikan keakuratan warna. Ini merupakan kelebihan dari Pantone Validate yang juga ada pada ASUS ExperBook B5 series.

    Berikutnya, teknologi VESA DisplayHDR TrueBlack juga menawarkan fasilitas tampilan yang memiliki kontras rasio yang sangat baik. Selain warna yang akurat, teknologi ini memberikan tampilan gambar yang lebih jelas. Lapisan anti-glare juga jadi menu wajibnya, tentu untuk memastikan tidak ada efek silau pada layar.

    3. Laptop Bisnis Performa Tinggi

    Sebagai laptop yang telah tervalidasi Intel EVO, artinya ASUS ExperBook B5 series sudah memenuhi standar khusus Intel®, dalam hal performanya. Tujuan utamanya untuk memastikan latop ini bisa bekerja dengan performa terbaiknya tetapi juga tetap efisien dalam pemanfaatan daya dan baterainya.

    Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Selain itu, RAM yang digunakan adalah RAM 3200Hz DDR4 dengan kapasitas 16GB yang dapat diupgrade hingga 48 GB. RAM besar tersebut tentu sangat mendukung untuk kegiatan yang multitasking agar tetap bisa berjalan dengan baik.

    Dari segi penyimpanan, ASUS ExpertBook B5 series ini menggunakan jenis M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD dengan kapasitas maksimal hingga 2TB (dua keping SSD dengan kapasitas masing-masing 1TB). Penyimpanan tersebut mampu menembus kecepatan hingga 3500MB per detik. Artinya, performanya bisa sangat cepat dan gesit.

    Fitur lain yang dibawat laptop ini adalah teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disks). Teknologi ini memungkinkan untuk memasang dua keping SSD sekaligus. Mode RAID yang didukung laptop ini adalah RAID 0 dan RAID 1. Dengan RAID 0, dapat digabungkan kedua kapasitas SSD dan menyimpan data secara merata, sehingga kecepatannya bisa menjadi dua kalinya. Sementara RAID 1 digunakan untuk membuat salinan secara otomatis paga masing-masing SSD. Ini bermanfaat untuk mem-backup kalau ada SSD yang mengalami rusak atau gagal berfungsi.

    4. Fitur Lain Pendukung Produktivitas

    Fitur My ASUS yang ditawarkan laptop ASUS ExpertBook B5 series ini memiliki sejumlah kegunaan, seperti untuk menghubungkan laptop dan smartphone. Fitur ini memungkinkan penggunanya melihat notifikasi smartphone langsung dari laptop ataupun mengontor smartphone yang terhubung. Artinya, meminimalkan distraksi atau gangguan saat bekerja. Selain itu, proses transfer file pun menjadi lebih mudah.

    Selain itu, fitur lain seperti screen expander juga dapat digunakan saat membutuhkan layar tambahan dengan memanfaatkan smartphone ataupun tablet. Fitur remote file access juga disertakan agar memungkinkan penggunakan mengakses data kerjanya dari jarak jauh menggunakan smartphone, meski tidak membawa laptop.

    Saat pekerja membutuhkan situasi tenang untuk melakukan aktivitas meeting online, maka ASUS ExpertBook B5 series menawarkan fitur two way AI noise-canceling. Jadi, fitur ini bisa menyaring suara bising yang tidak diinginkan di background. Yang tidak kalah keren, fitur ini juga bisa bekerja dua arah. Artinya, suara bising dari lingkungan lawan bicara juga dapat tersaring dengan baik oleh fitur ini.

    Fitur pendukung produktivitas lainnya juga tidak kalah penting adalah lampu LED backlit pada keyboard dan port penghubung yang lengkap. Selain itu, laptop ini juga dapat terhubung dengan tiga monitor eksternal yang memiliki resolusi layar 4K melalui dua port Thunderbolt 4 dan sebuah port HDMI 2.0.

    Nah fitur menarik lainnya yang ada pada laptop ini adalah fitur NumberPad 2.0. Fitur ini akan memunculkan keypad numerik secara vertikal pada panel touchpad. Meski demikian, fungsi touchpad-nya tetap akan berjalan normal meski NumberPad ini tengah aktif.

    5. Laptop Aman bikin Nyaman

    Pada masa kini, kebutuhan akan keamanan perangkat elektronik seperti laptop, tidak bisa diabaikan lagi. Hal ini jadi salah satu prioritas saat memilih perangkat laptop.

    Kebutuhan akan keamanan ini dijawab oleh ASUS dengan adanya chip TPM (Trusted Platform Module). Chip ini diklaim berfungsi untuk melindungi berbagai data dan informasi penting lainnya dalam laptop. TPM 2.0 ini akan membuat data dan aktivitas lainnya dalam laptop, akan diproses menggunakan sistem enkripsi.

    Secara sederhana, chip tersebut memungkinkan semua data yang tersimpan pada laptop, hanya dapat diakses pada laptop tersebut saja. Artinya, jika terjadi laptop hilang lalu kepingan SSD-nya dibongkar untuk dibaca oleh perangkat lain, maka isinya tidak akan bisa dibaca. Risiko data yang bocor juga dapat diminimalkan dengan adanya fasilitas ini.

    Selain data, fitur kemanan lainnya adalah pasword login windows. Jika pada laptop umumnya pasword login terismpan pada HDD atau SSD, maka pada laptop dengan TPM 2.0 ini, pasword tersimpan pada chip TPM. Artinya ada laposan keamanan ekstra untuk meminimalkan kebocoran pasword tersebut.

    Keamanan berlapis juga ditawarkan dengan adalah fitur fingerprint sensor pada tombol power ExpertBook B5 series ini. Selain itu, pada kameranya juga terpasang fitur penutup atau webcam shield yang bisa menutup kamera secara fisik.

    6. Soal Garansi

    Bicara soal garansi, ini jadi fasilitas wajib untuk tiap pembelian barang elektronik. Apalagi untuk ExpertBook B5 series yang memang didesain sebagai laptop bisnis untuk mendukung produktivitas yang tinggi.

    Fasilitas garansi yang diberikan ASUS untuk ExpertBook B5 series memungkinan perusahaan mengajukan perpanjang masa garansi. Jadi, tidak hanya dua tahun saja. Selain itu, ASUS juga memberikan fasilitas ADP (Accidental Damage Protection) yang berlaku selama satu tahun.

    ADP adalah jenis asuransi yang bisa diklaim pengguna ExpertBook B5 series saat perangkat laptopnya mengalami kerusakan karena kecelakaan atau situasi tidak terduga. Di sini, laptop bisa diperbaiki tanpa adanya biaya tambahan. Layanan ADP ini berlaku dan dapat diklaim satu kali selama masa layanan masih berlaku.

    Yuk Cek Spesifikasi Lengkap ExpertBook B5 series

    Seperti sudah dibahas sebelumnya, ASUS ExpertBook B5 hadir dalam dua series. Perbedaan utama keduanya adalah pada engsel laptopnya. Untuk fitur lainnya, secara umum sama. Berikut detail spesifikasi ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) dan juga ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA).

    spesifikasi ASUS Expertbook B5 series

    Penutup

    Kebutuhan akan perangkat laptop untuk produktivitas tinggi memang tidak bisa terhindarkan lagi. Mau tidak mau, ya memang butuh. Itulah sekilas review dan spesifikasi lengkap tentang ASUS ExpertBook B5 series terbaru. Sampai jumpa di ulasan lainnya.

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.