Rekomendasi Ebook Reader Terbaik untuk Smartphone

Pada tulisan sebelumnya, ada rekomendasi ebook reader terbaik untuk digunakan pada pc atau laptop. Nah kali ini akan ada rekomendasi ebook reader terbaik untuk smartphone. Berbeda dengan laptop atau pc, smartphone punya karakter khusus, salah satunya layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pc atau laptop. Ini sangat penting diperhatikan bagi penyedia ebook reader agar pembaca tetap mendapatkan pengalaman terbaiknya.

Nah kali ini, aku akan memberikan rekomendasi ebook reader terbaik untuk smartphone yang bisa kamu coba sendiri di ponsel masing-masing. Langsung cek daftarnya berikut ya.

Amazon Kindle (Android & iOS)

Sama seperti fasilitasnya di PC atau laptop, amazon juga memberikan fasilitas ebook reader yang tersedia di smartphone. Aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone berbasis android maupun iOS. Yang menarik, aplikasi Amazon Kindle ini juga tersinkronisasi dengan Kindle Reader yang dimiliki.

rekomendasi ebook reader terbaik

Aplikasi ini tidak hanya sebagai pembaca saja. Tetapi juga dapat digunakan untuk membeli buku-buku yang diperlukan. Begitu ebook sudah dibeli dan didownload, maka bisa langsung dibaca menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Amazon Kindle juga menyediakan rekomendasi buku-buku utnuk dibaca selanjutnya.

Fasilitas sinkronisasi data pada Kindle ini benar-benar memanjakan pembacanya. Ibaratnya, hanya beli ebook sekali saja di Amazon Kindle, pembaca bisa punya 3 ebook di perangkat berbeda sekaligus:

1. Pada Kindle device yang dimiliki (Kindle Oasis, Kindle Paperwhite, atau Kindle Voyage)
2. Pada aplikasi Amazon Kindle yang terinstall di Android based (Google)
3. Pada aplikasi Amazon Kindle yang terinstall di iOS based (Apple)

Fasilitas lainnya yang tidak kalah seru adalah adanya Reading Insight. Jadi, pembaca punya catatan membaca selama satu bulan. Akan ada catatan rekor tertinggi saat membaca buku hingga bisa menentukan tantangan membaca selama setahun. Mirip seperti Goodreads.


Kobo Books (Android & iOS)

Kobo Books terintegrasi dengan e-readernya (Kobo Forma, Kobo Libra). Ini sama seperti Amazon Kindle. Meski demikian Kobo banyak dikeluhkan pembacanya karena sinkronisasi aplikasinya yang lambat, meski tetap menjadi pilihan karena lebih low profile.

rekomendasi ebook reader terbaik

Masih sama seperti Amazon Kindle, pengguna Kobo Books juga bisa melakukan pembelian ebook dengan mudah yang tersedia di Rakuten, lalu membacanya di aplikasi. Instal aplikasi Kobo Books bisa dengan mudah dilakukan lewat playstore maupun apple store.

Moon+ Reader (Android Base)

Bagi pengguna smartphone berbasis android, Moon+ Reader menjadi pilihan menarik. Setelah menginstal aplikasinya, pembaca tinggal mendownload file ebook, menyimpan file itu di folder tertentu lalu mengimportnya untuk dibaca.

rekomendasi ebook reader terbaik

Selain karena tersedia secara gratis, Moon+ Reader ini juga memanjakan pembaca. Pembaca bisa memberikan tanda pada teks yang diinginkan dan mencatat kecepatan membaca sehingga bisa dicek lagi kemudian.

Hal penting lainnya, Moon+ Reader cocok digunakan untuk membaca nyaris semua file buku digital berbagai format, contohnya: EPUB, PDF, DJVU, AZW3, MOBI, FB2, PRC, CHM, CBZ, CBR, UMD, DOCX, ODT, RTF, TXT, HTML, MD(MarkDown), WEBP, RAR, ZIP or OPDS. Meski demikian, aplikasi ini ternyata kurang cocok untuk membaca komik digital.


Cool Reader (Android Base)

Aplikasi berbasis android ini ternyata mampu membaca nyaris semua format ebook termasuk komik digital. Pada Moon+ Reader, tampilan halaman utamanya terkesan bersih dan modern, tetapi pada Cool Reader kesannya adalah klasik.

rekomendasi ebook reader terbaik

Bagi pembaca yang memiliki banyak variasi bentuk file ebook, maka aplikasi satu ini sangat cocok, karena ia bisa membaca nyaris semua format. Bahkan untuk buku-buku yang menggunakan bukan alfabet, seperti aksara Mandarin, Jepang, dan Korea.

Nook (Android & iOS)

Nook e-reader adalah aplikasi keluaran Barnes dan Noble. Jadi tidak aneh jika pembacanya bisa juga membeli ebook secara langsung melalui pasar online mereka yaitu Barnes&Noble.

rekomendasi ebook reader terbaik

Ciri khas lain yang ditawarkan Nook adalah dapat meminjamkan ebook yang sudah dibeli pada satu orang pengguna Nook lainnya yang juga memiliki akun Barnes&Noble. Satu ebook ini hanya dapat dipinjamkan pada satu orang saja, dengan batas waktu 14 hari, menggunakan tombol ‘Lend Me’ sebanyak sekali.


EBook Reader (iOS)

Bagi pengguna apple, EBook Reader adalah pilihan aplikasi pembaca ebook terbaik. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membaca berbagai format ebook.

rekomendasi ebook reader terbaik

Sayangnya, aplikasi berbasis iOS ini memang hanya menyediakan buku yang dapat dibeli di Apple Store-nya saja. Untuk ebook yang tidak dibeli di Apple Store atau copy paste file di perangkat pengguna, tidak dapat digunakan.

Aldiko Book Reader

Aldiko Book Reader ini bisa dianggap sebagai aplikasi tertua pembaca ebook. Saat ini, Aldiko Book Reader masih jadi pilihan menarik untuk membaca ebook dengan berbagai format, seperti EPUB, PDF, Adobe DRM, dan lain-lain.

rekomendasi ebook reader terbaik

Tampilan muka dari Aldiko ini juga sangat rapi dan membuat pembaca akan merasa nyaman. Termasuk dapat diatur sendiri oleh pembaca untuk mendapatkan kenyamanan versi personal.


AlReader

Jika Aldiko yang tertua, maka AlReader mungkin bisa dibilang ‘termuda’. Meski demikian, aplikasi ini ternyata masih mendukung android versi lama, ini merupakan hal yang langka saat ini.

rekomendasi ebook reader terbaik

Aplikasi ini mendukung versi ebook berbagai format, seperti EPUB, RTF, MOBI, PRC, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik lain seperti customization options, auto scrolling, page turning animations dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sebenarnya bisa didapatkan secara gratis. Tetapi jika kamu ingin mengubahkan menjadi versi premium juga bisa, hanya dengan Rp15.000 hingga Rp150.000 saja.

FBReader

Seangkatan dengan ALdiko, FBReader juga termasuk aplikasi pembaca buku tertua. File yang disupport oleh aplikasi ini seperti AZW3, EPUB, RTF, HTML bahkan plain text document.

rekomendasi ebook reader terbaik

Tampilan mukanya juga cukup ringan, meski terkesan kuno. Tetapi tampilan yang simpel ini tetap bisa efektif dalam pencarian ebook maupun dalam layout menu dari aplikasi ini. Yang tidak kalah menarik, aplikasi ini juga mendukung gesture tangan, benar-benar mempermudah saat membaca ya?

FullReader

FullReader adalah salah satu aplikasi ebook yang populer dan modern. Bisa digunakan untuk berbagai format ebook, bahkan format MP3 untuk audiobook. Halaman mukanya masih menggunakan konsep klasik dengan sentuhan layout sederhana yang bisa membuat nyaman penggunanya.

rekomendasi ebook reader terbaik

Fitur menarik lainnya, adalah adanya cloud storage yang support dengan Google Drive dan Dropbox, AMOLED dark mode, terjemahan bahasa dengan 95 bahasa. Aplikasi ini sendiri tersedia secara gratis. Meski demikian, pengguna juga bisa memberikan donasi untuk pengembangan aplikasi ini selanjutnya.

Google Play Books

Dibuka dengan Amazon Kindle, dan ditutup dengan kompetitor utamanya, Google Play Books. Ada banyak buku yang disediakan oleh Google Play Book. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung berbagai format ebook, komik dan tipe format ebook baru lainnya. Selain itu, ebook yang dimiliki bisa diunggap ke cloud storage. Ini memberikan sisi praktis agar pembaca bisa membuka dan membacanya di mana saja.

rekomendasi ebook reader terbaik

Hal ini jelas akan membuat ruang penyimpanan perangkat lebih hemat. Aksesnya bisa dengan mudah dilakukan kapan saja asal terkoneksi dengan internet. Selain itu, Google Play Books juga menawarkan fitur seperti rental buku, Rapid Skim Mode, dan fitur Quick Bookmark. Aplikasi ini bisa dinikmati secara gratis. Meski demikian, beberapa ebooknyalah yang harus dibeli lebih dahulu sebelum bisa dibaca.

Demikian tadi beberapa rekomendasi ebook reader terbaik atau pembaca ebook untuk perangkat berbasis android dan iOS. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi selalu http://www.beningpertiwi.com untuk informasi lainnya. Selamat membaca.



Rekomendasi Ebook Reader Terbaik untuk Smartphone Rekomendasi Ebook Reader Terbaik untuk Smartphone Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.