Membaca Kehidupan, Menorehkan Kalam

Surprise manis di bulan Mei 2017 adalah ... antologi baru. Bahkan saya sendiri sudah lupa, kapan ‘urun’ tulisan. Etapi ternyata nama saya ada dan jadi bagian dari antologi baru FLP Solo Raya tahun 2017 dengan judul, ‘Membaca Kehidupan, Menorehkan Kalam’.

sampul antologi flp

Rasa-rasanya masih nggak percaya, dan—agak nggak sopan—lha siapa saya ini, berani-beraninya bersanding dengan sejumlah penulis kece cem Mbk Afifah Afra, mbk Asri Istiqomah, mbk Riannawati, mas Trimanto, dll. Etapi ternyata saya punya kesempatan satu buku dengan beliau-beliau ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, FLP Solo Raya memang secara rutin menelurkan antologi tiap tahunnya. Dan tahun ini salah satunya ya antologi ini. Sebenarnya, ini tulisan agak lama. Setelah cek email, saya baru ingat kalau pernah kirim tulisan dalam antologi ini, tahun lalu. Bahkan saya sudah benar-benar lupa, tapi ternyata tidak dilupakan.

Berbeda dengan beberapa antologi sebelumnya, yang biasanya berisi cerpen atau puisi, maka antologi kali ini berisi essay—atau opini—tentang pengalaman menulis. Dan entah bagimana ceritanya, ternyata tulisan yang saya kirim, adalah tulisan terpanjang dalam antologi ini. 13 halaman, begitu kata sang editor. Serius, saya benar-benar lupa. Bahkan waktu saya cari file aslinya di laptop pun, belum ketemu sampai sekarang.

17 tulisan berisi pengalaman masing-masing penulis, dalam perjalanan menghasilkan tulisan. Tidak jarang pengalaman itu menceritakan kisah sedih atau jungkir baliknya menulis. Tapi memang seperti itulah menulis. Kadang butuh jungkir balik hanya untuk menghasilkan sebuah tulisan.

Tapi saya suka dengan kalimat, ‘setiap tulisan punya jodoh pembacanya masing-masing’. Dan seperti itulah yang saya percayai. Meski sampai saat ini, saya belum punya buku solo yang resmi beneran, dan saya masih cukup tahu diri—untuk disebut masih piyik—soal menulis, dibanding penulis-penulis kece lainnya dalam buku ini, tapi saya tidak akan menyerah. Saya masih punya harapan dan usaha, biar suatu saat nanti saya bisa punya tulisan solo sendirian. #ehe. Amiiiinkan dong.

Oh ya, identitas antologi ini ya, cek berikut deh :

Membaca Kehidupan, Menorehkan Kalam

Penulis : Afifah Afra, dkk
ISBN : 978-602-724876-2
Penerbit : Madina Publika
Terbit : Maret 2017
Tebal : 123 halaman
Harga buku : Rp 35.000,- (belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan, sila hubungi langsung Mas Opik Oman di (0878 8098 0311) atau datang langsung ke sekretariat FLP Solo Raya, Jl. KH. Samanhudi no. 3, Tegalsari, Bumi, Laweyan, Surakarta.

Sampai jumpa di tulisan lainnya ^_^

2 komentar:

   
  1. Selamat! Tulisannya nongol di buku.
    Btw antologi tu tulisan - tulisanya jenis apa aja?
    satu genre kah dalam satu buku?

    BalasHapus
  2. iya, trims hehe
    antologi itu kumpulan tulisan, kalau tema/genre apa, ya terserah yang buat sih
    yup bener bangt, satu buku, isinya satu genre

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.