Jajanan Rumahan Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

Daftar Isi [Tampil]
    Siapa bilang jadi ibu rumah tangga enggak bisa berbisnis dan menghasilkan uang sendiri? Dengan waktu yang lebih fleksibel, ibu rumah tangga justru bisa berkesempatan untuk mengembangkan diri sekaligus bonus menghasilkan cuan.

    Ibu Rumah Tangga Berdaya dengan Bisnis Rumahan

    Menjadi ibu rumah tangga tidak berarti selalu bergantung secara finansial pada pasangan. Bagi ibu rumah tangga, memiliki bisnis sampingan berupa bisnis rumahan bisa jadi sarana untuk memberdayakan diri. Manfaat yang dapat dirasakan baik secara ekonomi maupun sosial.

    ide bisnis rumahan

    Secara ekonomi, bisnis rumahan dapat menjadi sumber penghasilan. Selain itu, dapat juga menjadi sarana mengembangkan diri dan meningkatkan keterampilan. Secara sosial, dengan bisnis rumahan yang menghasilkan, ibu rumah tangga dapat menjadi lebih percaya diri.

    Bisnis rumahan menjadi pilihan tepat bagi ibu rumah tangga karena beberapa keunggulan, yaitu:

    - Modal relatif kecil
    - Waktu lebih fleksibel, dapat dilakukan pada waktu luang
    - Dapat dilakukan secara mandiri
    - Dapat dilakukan di rumah
    - Mudah dipasarkan
    - Memiliki prospek yang menjanjikan

    Meski demikian, bisnis rumahan juga memiliki tantangan, seperti:

    - Harus bisa membagi waktu antara tugas rumah tangga dan bisnis
    - Harus bisa selalu menjaga kualitas produk atau jasanya
    - Harus mau melakukan promosi secara gencar dan mandiri
    - Siap dengan persaingan yang ketat

    Jajanan Rumahan sebagai Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

    Ada banyak ide bisnis rumahan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Baik berupa produk maupun jasa. Contoh produk bisnis rumahan seperti katering dan kerajinan tangan. Produk berupa jasa, contohnya adalah laundry, menjahit, kursus, menulis, dan lain-lain.

    Salah satu ide bisnis ibu rumah tangga yang nyaris selalu dibutuhkan dan tidak ada matinya adalah produk kuliner, contohnya jajanan rumahan. Ada banyak jenis jajanan rumahan yang mudah dibuat dan dapat dijual serta menjanjikan, misalnya:

    - Aneka gorengan
    - Kue-kue kering dan basah
    - Aneka camilan dan keripik
    - Kue tradisional
    - Minuman kekinian

    Tip Bisnis Rumahan bagi Ibu Rumah Tangga

    Menjalankan bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga tidak bisa sembarangan. Selain memiliki keunggulan, bisnis rumahan juga memiliki sejumlah tantangan. Oleh karena itu, agar bisnis rumahan dapat berjalan dengan baik, ibu rumah tangga perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut beberapa tips memulai bisnis rumahan berupa jajanan rumahan:

    - Menentukan Jenis Jajanan Rumahan

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah riset pasar. Dari riset pasar, maka bisa menentukan jenis jajanan rumahan apa yang akan dibuat dan dijual. Ide bisnis rumahan berupa jajanan rumahan dapat disesuaikan juga dengan minat dan keterampilan yang dimiliki ibu rumah tangga.

    - Memastikan produk yang dibuat berkualitas

    Setelah menentukan jenis jajanan rumahan yang akan dibuat, maka hal berikut yang harus dilakukan adalah membuat produknya berkualitas. Pastikan agar rasa, tekstur maupun kemasan produk yang dibuat berkualitas.

    - Buat Perencanaan Usaha

    Jika sudah tahu produk dan kualitas yang akan ditentukan, maka berikutnya adalah membuat perencanaan yang matang, dari perhitungan modal, target pasar hingga strategi pemasaran.

    - Dukungan Keluarga Penting

    Ibu rumah tangga yang melakukan bisnis jajanan rumahan perlu mendapatkan dukungan dari keluarga. Komunikasi dengan keluarga tentang rencana bisnis, pembagian waktu hingga peran rumah tangga penting dilakukan agar tidak ada yang merasa dirugikan.

    - Pengelolaan Waktu Ibu Rumah Tangga

    Ibu rumah tangga perlu memiliki pengelolaan waktu yang baik, antara tetap menjalankan tugas rumah tangga dengan menjalankan bisnisnya dengan baik.

    - Melirik Media Sosial itu Perlu

    Ibu rumah tangga yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah artinya butuh media pemasaran yang praktis tetapi efektif. Salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial. Ibu rumah tangga dapat memperkenalkan produk-produknya pada konsumen lewat media sosial.

    - Peka pada Tren dan Perubahannya

    Ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis rumahan perlu peka pada hal-hal yang tengah tren. Buatlah produk dan kemasannya yang mengikuti tren dan perubahannya. Bisnis rumahan modal kecil ini bukan berarti tidak bisa mengikuti tren.

    - Pemasaran Harus Efektif

    Jika media sosial dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk jajanan rumahan, maka ibu rumah tangga juga dapat meluaskan bisnisnya dengan memanfaatkan e-commerce atau berjualan secara online.

    Jadi, sudah siap berjualan secara online? Sudah punya bayangan untuk memulai jualan online? Kalau begitu, Yuk Jualan Online di Lazada.

    Ibu Rumah Tangga Makin Berdaya dengan Jualan Online di Lazada

    Kenapa Harus Jualan di Lazada?

    Kenapa sih harus jualan di Lazada? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan: Lazada adalah platform eCommerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia. Artinya, konsumen yang dijangkau cukup luas. Seller baru maupun seller lama bisa memanfaatkan dengan mudah e-commerce ini. Bahkan untuk seller baru, dengan pendaftaran mudah dan validasi cepat, ada juga fasilitas pendampingan selama 90 hari. 

    bisnis rumahan yang menjanjikan


    Dan lebih lengkap lagi dengan gratis ikut promo serta campaign. Ini sangat mendukung bagi ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis rumahan modal kecil. Masih ada yang ragu jualan online di Lazada? Sudah, singkirkan saja ragunya. Yuk Jualan Online bersama Lazada.

    Langkah-langkah Utama Jualan Online di Lazada

    Cara jualan di Lazada ini sangat mudah serta pendaftarannya gratis. Ibu rumah tangga yang akan berjualan hanya perlu ponsel pintar saja, tidak perlu perangkat yang ribet dan mahal. Selain itu, customer service-nya pun siap membantu kapan saja. Ikuti langkah berikut untuk dapat jualan di Lazada.

    - Buka situs Lazada di lazada.co.id

    - Di halaman depan, klik ‘Daftar Sekarang

    - Siapkan berkas yang diperlukan. Ini bisa berbeda disesuaikan dengan tipe penjual yang dipilih ya. (marketplace perorangan, marketplace perusahaan, distributor resmi atau pemilik brand/distributor tunggal)

    bisnis rumahan yang menjanjikan


    - Ada dua pilihan, yakni Seller Lokal Lazada atau LazMall, silakan tentukan pilihan

    - Bagian berikutnya adalah mengisi alamat toko dan dokumen penjual lainnya. Ini penting dilakukan agar bisnis rumahan menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.

    - Persiapan selesai, saatnya mengunggah produk yang dijual. Berikan deskripsi yang sesuai dengan produknya ya, dan pastikan calon pembeli paham

    - Selesai, dan saatnya Jualan di Lazada

    Kesimpulan

    Menjadi ibu rumah tangga berdaya artinya bisa mandiri dan berani keluar dari zona nyaman. Ada banyak pilihan bisnis rumahan yang dapat dilakukan, selain untuk mengembangkan keterampilan, aktualisasi diri, menyalurkan hobi bahkan bisa menghasilkan cuan. Ada banyak ide bisnis rumahan modal kecil yang dapat dilakukan.

    Jika tren yang ada saat ini adalah belanja secara online, maka penjual juga harus mau untuk berjualan secara online. Dengan berbagai kemudahan dan beragam promo, tidak aneh jika berjualan secara online mengundang lebih banyak audiens, hingga meningkatkan penjualan. Penjual senang, konsumen jelas lebih senang. Ini jadi alasan jajanan rumahan adalah bisnis rumahan yang menjanjikan.

    bisnis ibu rumah tangga

    Nah, bagi ibu rumah tangga yang butuh lebih banyak tips menarik tentang bisnis online, bisa kunjungi juga situs Yuk Jualan Online. Ada banyak tips mengenai wawasan jualan online dan strategi melakukan bisnis online. Yang jelas, manfaatnya banyak sekali bagi ibu rumah tangga yang akan berjualan online. Tips-tips praktisnya mudah dilakukan serta selalu up to date. Karena menjalankan bisnis ibu rumah tangga adalah bukti ibu rumah tangga berdaya.

    Nah, ibu rumah tangga sudah siap kan berjualan online? Kalau begitu, jangan lupa cek website Yuk Jualan Online dan simak terus tips dan cara di Lazada yang bikin bisnismu makin kece. Bagikan ceritamu juga di komentar bawah ya.

    25 komentar:

       
    1. Wah, ternyata ibu rumah tangga zaman now semakin berdaya dan kreatif dalam berkegiatan. Bisa berjualan online di Lazada tentunya seru ya. Langkah2nya diikuti saja ga sulit ini sepertinya. Jadi pengen jualan juga hihihi. Sesama member bisa saling berbagi info dan ilmu dagang ya keren nih.

      BalasHapus
    2. Kalau jual jajanan sendiri kalau gak habis bisa dikonsumsi sendiri ya, lebih tenang karena tahu pasti ngebuatnya gimana dan bahannya apa aja

      BalasHapus
    3. Ibu Rumah tangga jaman sekarang sudah bukan waktunya lagi hanya mengandalkan uang dari suami ya, Mbak. Keren banget ide jualannya. Apalagi ada Lazada, terimakasih sudah dikasih langkah langkah untuk jualan online di Lazada.

      BalasHapus
    4. Benar sekali. Menjadi ibu rumah tangga yang berdaya artinya memiliki banyak potensi untuk mengembangkan diri dan menghasilkan penghasilan tambahan melalui berbagai jenis bisnis rumahan. Bisnis rumahan memberikan kesempatan untuk mengejar minat, bakat, dan hasrat pribadi. Ini dapat memberikan rasa pencapaian dan kepuasan pribadi.

      BalasHapus
    5. jadi ibu rumah tangga jaman sekarang emang harus kreatif ya mba. Apalagi sekarang didukung oleh teknologi digital yang memudahkan dan memfasilitasi kita buat jualan online di rumah. saya acung jempol buat LAzada ini karena menyediakan support system khusus via yuk jualan online buat para sellernya.

      BalasHapus
    6. Nah pas banget nih sama adikku yg hobi masak, cocok utk jualan makanan sbg bisnis rumahan nya ya.. Terimakasih juga tips2nya jualan di Lazada ya..

      BalasHapus
    7. Ide yang bagus untuk para ibu rumah tangga yang ketika bosan dirumah dan lagi free tapi bisa menghasilkan cuan. Kehadiran toko online seperti Lazada tanpa sadar membantu kita dalam menambah pemasukan. Boleh juga nih buka usaha di lazada

      BalasHapus
    8. Kalau untuk jajanan sebagai bisnis rumah tangga, mungkin jajanan atau makanan ringan menjadi ide bisnis yang solutif untuk jangka pendek plus dengan daya tahan dan keawetannya yang cukup lama bisa memberikan opsi untuk ready stok terus dan terus berjualan

      BalasHapus
    9. ide yang bagus untuk para ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan nih. kehadiran platform seperti Lazada emang ngebantu banget yaa buat bisa kembangin bisnis kecil yg kita jalani

      BalasHapus
    10. Kalau menurut saya untuk menjalankan bisnis rumahan dibidang kuliner, paling penting adalah rasa. Kalau udah enak, berapapun harganya, sejauh apapun tempatnya pasti akan didatangi pembeli. Jadi ingat ada penjual risol mayo yang viral di TikTok, bahkan di subuh2 udah banyak calon pembeli.

      BalasHapus
    11. Ternyata berjualan online di Lazada banyak untungnya ya dapat bimbingan berbisnis dari mereka, akses aplikasinya pun mudah dan ringan

      BalasHapus
    12. Kayanya sosial media dan internet saat ini bukan perlu lagi tapi kebutuhan deh untuk para pelaku bisnis ini. Ya jaman sekarang kan semua hampir serba digital, termasuk dalam hal pemasaran. Kalau ga gitu bisa jalan di tempat bahkan tertinggal ya

      BalasHapus
    13. Jualan di lazada untungnya banyak ya mbak. Setelah tiktok ditutup jadi pengen nyoba di lazada juga.

      BalasHapus
    14. Dulu pernah jualan di lazada, dan ada fitur deskripsi produk dimana kita bisa input gambar besar, bahkan seperti format artikel. Ini salah satu kelebihannya.

      BalasHapus
    15. saya percaya, ibu rumah tangga bisa mengelola bisnis rumahan. Apalagi ada lazada dg situs yuk jualan online akan sgt memudahkan para ibu buat melebarkan bisnisnya tingkat nasional

      BalasHapus
    16. Menjalani peran sebagai seorang ibu rumah tangga yang berdaya artinya memiliki beragam potensi untuk mengembangkan diri dan mendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai macam usaha di rumah. Bisnis di lingkungan rumah memberikan kesempatan untuk mengejar minat, bakat, dan hasrat pribadi, sehingga dapat memberikan rasa pencapaian dan kepuasan pribadi.

      BalasHapus
    17. Aku punya toko kecil di rumah, jualan mainan edukasi gitu, abis baca ini, jadi mau buka toko juga di Lazada. Makasih infonya ya kaakkk

      BalasHapus
    18. Setuju banget nih buat poin dukungan keluarga. Meski kadang terabaikan, pdhl sangat berpengaruh.

      BalasHapus
    19. banyak ide bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga, termasuk ibu aku yang dulu pernah jualan makanan atau sayur yang sudah matang. Perlu ketelatenan juga sebenernya dan nggak mudah putus asa

      Apalagi sekarang teknologi udah berkembang, mau bisnis pakaian misalnya, sudah bisa dijalankan via online juga selain display di rumah

      BalasHapus
    20. Keren juga si ini membantu dalam memberdayakan ibu rumah tangga. Banyak banget sekarang yang jualan makanan rumahan online memang. Dengan adanya Lazada ini pasti sangat membantu sekali dalam pemasaran. Lazada keren sih

      BalasHapus
    21. Luar biasa ibu-ibu zaman sekarang sangat kreatif dan banyak yang membangun bisnis rumahan. Apalagi dukungan pemerintah untuk UMKM. Ibu berdaya berkarya dari rumah.

      BalasHapus
    22. Jadi ibu rumah tangga itu multitalent banget ya mbak. Apalgi harus menjalankan bisnis di rumah. Nggak kebayang gimana disiplin waktunya untuk keluarga dan kerjaan

      BalasHapus
    23. Ibu rumah tangga bisa banget nih memulai usaha modal minimal dengan jualan di Lazada

      BalasHapus
    24. Peluang Jajanan rumahan ini memang oke, karena suasana rumahan gitu bakalan selalu terngiang-ngiang apalagi urusannya adalah kulinernya kan

      BalasHapus
    25. pengen banget coba usaha kue kering :D

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.