Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula

Beberapa waktu yang lalu, video kucing lucu muncul di timeline saya. Dalam video itu, si kucing tampak cool dengan baju kucingnya dan berkaca mata. Anehnya, si kucing anteng saja saat ownernya bercuap-cuap di sebelahnya. Ohooo ... dan akhirnya saya tahu kalau video itu aslinya adalah video saat sang pemilik tengah melakukan livestreaming memasarkan dagangannya. Kucing kesayangan pun ternyata bisa jadi teman mencari cuan ya.

Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula

Eh tapi, kok ya jadi menarik gitu ya? Dan beberapa kali ikut menyimak livestreaming ternyata seru. Btw nih, ada nggak ya orang beli buku pada saat livestreaming? Tapi, apa sih sebenarnya livestreaming itu?

Apa Itu Livestreaming?

Livestreaming adalah penyiaran video yang dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang sama saat itu juga. Artinya, orang yang menonton video, melihat hal, yang sama dengan yang tengah melakukan livestreaming. Tidak ada editing atau proses post-production.

Salah satu ciri khas livestreaming adalah interaksinya yang bersifat dua arah. Artinya, pemilik siaran video dapat berinteraksi dengan audiens dan sebaliknya. Audiens juga bisa memberikan beragam reaksi serta komentar saat livestreaming berlangsung.

Ciri khas kedua, pada livestreaming tidak ada batasan waktu. Artinya, pemilik siaran video bisa melakukan livestreaming kapan saja dan dalam waktu yang tidak terbatas. Selain itu, pada saat livestreaming, videonya juga masih tersimpan sehingga bisa ditonton lain waktu bagi yang ketinggalan.

Ciri khas ini yang kemudian dimanfaatkan para penjual atau seller untuk melakukan jualan secara online. Sejumlah manfaat bisa dirasakan oleh seller ataupun audiens yang kemudian menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan. Lalu, kenapa sih harus livestreaming?

Kenapa Harus Berjualan dengan Livestreaming?

Melakukan penjualan barang secara langsung atau dengan livestreaming ternyata memiliki sejumlah keuntungan, baik bagi seller maupun konsumen. Nah, untuk tahu lengkapnya, berikut beberapa manfaatnya:

Interaksi yang dilakukan seller dan pembeli secara real time. Ini seperti berbelanja secara konvensional tetapi dengan bantuan teknologi. Selain itu, toko jadi punya kesempatan untuk menjelaskan detail produk lebih lama pada konsumen. Hal ini ternyata menarik bagi konsumen. Mereka jadi punya pertimbangan lebih banyak sebelum memutuskan membeli. Pun bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada toko.

Produk yang dijelaskan dengan detail pada akhirnya akan menarik lebih banyak konsumen. Efeknya, terjadi peningkatan jumlah barang yang terjual. Sejumlah konsumen memilih membeli barang pada saat live berlangsung karena sejumlah alasan, seperti adanya diskon.

Efek lain yang terjadi, jika jumlah barang yang terjual bertambah, maka follower toko atau seller juga makin bertambah. Dan berlaku juga sebaliknya. Bagi toko yang melakukan livestreaming, cara jualan seperti ini bisa meningkatkan exposure toko lho. Akhirnya, semua manfaat ini akan membentuk dan memperkuat branding toko.

Nah, setelah membaca beberapa manfaat tadi, bagaimana denganmu para seller?

Tips Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula

Dengan semakin banyak pengguna marketplace, persiangan antar seller pun makin ketat. Kalau yang tidak mau belajar hal baru dan mengubah cara jualan agar bisa sesuai trend, ya akan tertinggal. Kalau begitu, mulai Yuk Jualan Online lewat livestreaming. Tapi, sebelumnya simak beberapa tips berikut ya terutama bagi para pemula.

1. Peralatan yang Mendukung

Untuk bisa melakukan livestreaming, tentu harus punya perangkat pendukungnya ya, seperti ponsel pintar, tripod dan juga mikrofon. Nah pastikan kamu, seller pemula sudah mempersiapkan ini semua.

Pertama, pastikan ponsel yang digunakan memiliki kamera. Usahakan kameranya cukup layak untuk menampilkan gambar, meski tidak selalu harus kamera dari ponsel mahal. Kedua, pastikan ponsel yang digunakan terisi penuh baterainya. Kan tidak lucu kalau sedang live, tiba-tiba berhenti karena kehabisan baterai. Ketiga, internet juga harus lancar agar tidak terjadi masalah di tengah-tengah live.

Agar livestreaming tidak melelahkan dan tampilan video yang dihasilkan baik, maka dibutuhkan juga tripod. Tidak ada ketentuan baku jenis tripod yang harus diguanakan. Asal dapat membantu mempermudah posisi kamera ponsel serta nyaman digunakan, sudah cukup kok.

Nah pelengkap berikutnya adalah mikrofon. Mikrofon clip on bisa dijadikan pilihan saat melakukan livestreaming karena jenis ini relatif mudah digunakan dan fleksibel saat membuat video yang dinamis atau banyak melakukan gerakan.

Peralatan berikutnya yang tidak kalah penting adalah background atau latar belakang. Gunakan background yang polos saja, agar lebih fokus dan produk yang ditampilkan lebih jelas. Selain itu, perhatikan juga faktor pencahayaan. Penempatan posisi dan pengambilan gambar harus disesuaikan dengan pencahayaan juga, agar dihasilkan video yang baik. Sumber cahaya bisa berasal dari cahaya matahari, pada waktu tertentu. Tetapi bisa juga dengan bantuan ring light.

2. Visual on Point di Depan Kamera

Hal yang pertama kali dilihat saat livestreaming tentu penampilan. Jadi, bagi seller yang akan berjualan dengan livestreaming, pastikan visualmu on point saat di depan kamera. Tidak hanya soal produk saja yang ditata dan ditampilkan dengan rapi dan apik, tetapi juga wajah si seller yang enak dilihat. Pastikan produk maupun wajahmu tampil di layar kamera.

Contohnya dari video seller pakaian kucing yang saya ceritakan di atas. Karena produk yang dijual adalah pakaian kucing, ya model yang digunakan si kucing itu sendiri. Apalagi pemiliknya ternyata lebih kreatif dengan memasang sejumlah aksesori lain agar si kucing makin ‘ganteng’.

3. Judul Menarik itu Wajib

Tidak hanya soal kualitas video saja yang harus baik. Sebelum melakukan livestreaming, seller pemula juga harus membuat judul yang menarik. Ini wajib ya. Judul yang menarik adalah judul yang sesuai dan menggambarkan produknya. Akan lebih baik lagi jika judul itu nantinya mengundang rasa penasaran calon pembeli. Mereka tidak hanya menonton saja tapi akhirnya akan membeli produk yang ditawarkan oleh seller

4. Perbanyak Interaksi dengan Audiens

Seperti sudah dibahas sebelumnya, livestreaming memungkinkan adanya interaksi dengan audiens. Nah, ini dimanfaatkan dong. Dengan adanya interaksi dengan audiens, maka bisa membangun hubungan erat dengan audiens. Nantinya, selain mendongkrak jumlah audiens. juga berpotensi meningkatkan penjualan.

5. Konsisten

Tips kelima yang bisa dipraktikkan seller pemula adalah konsisten, baik konten maupun visual. Agar brand awareness toko makin baik, maka seller bisa melakukan livestreaing secara rutin dan konsisten. Misalnya satu atau dua kali dalam satu minggu selalu di waktu tertentu.

Konsisten secara visual dapat diwujudkan dengan memberikan ciri khas tertentu yang unik sehingga mudah diingat oleh audiens dan konsumen. Contohnya seperti kucing yang saya ceritakan di atas. Kucing ini konsisten dengan ke-antengannya saat menjadi model pakaian kucing.

Selain konten dan visual, konsisten juga bisa dilakukan melalui interaksi dengan audiensSeller bisa melakukan komunikasi dua arah, menjawab pertanyaan dari audiens bahkan memberikan tanggapan atas komentar-komentar unik dan lucu dari audiens, secara konsisten tiap live.

6. Promosi Sebelum Livestreaming

Tips keenam yang wajib dilakukan sebelum melakukan livestreaming adalah melakukan promosi. Tidak setiap orang sedang live saat si seller tengah live. Oleh karena itu, perlu dibuat promosi sebelumya di media sosial. Ini dilakukan agar audiens mau mempesiapkan waktunya untuk menonton. Nah, promo khusus juga bisa ditawarkan untuk menarik lebih banyak audiens.

Sssst! Saatnya Mengungkap Rahasia Jualan Online Lewat Livestreaming

Udah tahu kan persiapan buat jualan online harus gimana aja? Biar makin sip, jangan lupa buat catatan atau ceklis persiapan jualan lewat livestreaming untuk pemula. Jangan sampai ada yang ketinggalan deh. Kalau persiapan jualan dengan livestreaming sudah selesai, ya tinggal jualan dong. Eh tapi, tidak begitu dong. Agar dagangan makin laris, ah simak juga rahasia Yuk Jualan Online berikut.

1. Punya ruangan khusus untuk livestreaming, agar tidak repot memindahkan barang-barang dan terhindar dari kebisingan
2. Pastikan produk ditata dekat dengan tempat livestreming agar mudah dijangkau saat dibutuhkan
3. Gunakan background polos dan pencahayaan cukup, agar audiens tidak gagal fokus.
4. Pilih jam-jam santai, seperti jam makan siang, sore setelah pulang kerja atau setelah makan malam saat orang banyak mengakses ponsel mereka
5. Penampilan harus rapi dong, dandan boleh
6. Sapa audiens yang hadir dan usahakan selalu berinteraksi dengan mereka
7. Punya ciri khas tertentu yang unik sehingga mudah diingat orang. Contohnya si kucing ganteng yang anteng tadi.
8. Beritahu audiens, kalau produk-produknya bisa dibeli di Lazada dengan banyak promo menarik. Ini menegaskan kalau kamu memang Jualan di Lazada.

Sudah punya bayangan untuk memulai jualan online kan? Kalau gitu, Yuk Jualan Online di Lazada!

Kenapa Harus Lazada?

Kenapa sih harus jualan di Lazada? Jawabannya mudah sih. Pertama, Lazada ini adalah portal belanja terbesar di Asia Tenggara. Jelas dong, menjangkau konsumen yang lebih luas. Bagi seller baru, pendaftaran sangat mudah dan validasi hanya satu hari saja, sekaligus ada pendampingan bagi seller baru selama 90 hari. Belum lagi komisi 0% yang bikin mupeng. Eits, makin lengkap juga dengan gratis ikut promo dan campaign
kenapa jualan di lazada
kenapa harus Lazada? (lazada.co.id)

Jadi, masih ragu nih? Udah, singkirin aja ragunya. Yuk jualan online bersama Lazada.

Ingin Naik Kelaz? Yuk Jualan Online di Lazada

Jualan secara online di Lazada ini prosesnya mudah dan pendaftarannya gratis. Tidak perlu perangkat yang ribet dan mahal, karena ponsel pintar saja sudah cukup. Yang jelas, customer service-nya juga siap untuk membantu melayani kapan saja.  Untuk bisa jualan online di Lazada, bisa ikut cara mudah berikut ya.

- Buka situs Lazada di lazada.co.id
- Di halaman depan, klik ‘Daftar Sekarang’

jualan di lazada
syarat jualan di lazada (lazada.co.id)

- Siapkan berkas yang diperlukan. Ini bisa berbeda disesuaikan dengan tipe penjual yang dipilih ya. (marketplace perorangan, marketplace perusahaan, distributor resmi atau pemilik brand/distributor tunggal)
jualan di lazada sebagai seller lokal
pilihan untuk seller (lazada.co.id)

- Ada dua pilihan, yakni Seller Lokal Lazada atau LazMall, silakan tentukan pilihan
- Bagian berikutnya adalah mengisi alamat toko dan dokumen penjual lainnya.
- Persiapan selesai, saatnya mengunggah produk yang dijual. Berikan deskripsi yang sesuai dengan produknya ya, dan pastikan calon pembeli paham
- Selesai, dan saatnya Jualan di Lazada

Kesimpulan

Kalau melihat trend yang ada saat ini, sebenarnya siapa saja bisa menjadi seller atau penjual. Apalagi Lazada memberikan berbagai kemudahan untuk para seller ini, baik bagi pemula maupun seller lama.

Berjualan secara online sudah menjadi trend. Pun dengan membeli secara online pada saat livestreaming. Dengan lebih banyak kemudahan dan beragam promo, tidak mengherankan jika berjualan dengan livestreaming mengundang lebih banyak audiens, hingga meningkatkan penjualan. Seller senang, konsumen lebih senang lagi.

Yuk Jualan Online
aku belajar jadi seller di lazada

Bagi para seller pemula, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik ya sebelum memulai berjualan. Selain enam tips di atas, baca juga artikel tentang Ceklis Persiapan Jualan Lewat Livestreaming untuk Pemula lainnya ya. Terus belajar hal baru lagi dan jangan takut mencoba inovasi. Pokoknya, jadi lebih keren lagi deh.

Meski di awal dituliskan ceklis jualan online untuk pemula, sebenarnya siapa saja boleh kok menyimak tulisan ini. Bagi seller baru, ini bisa membantu mempersiapkan jualannya. Bagi seller lama, bisa juga untuk menambah wawasan dan upgrade pengetahuan. Itu tadi ceritaku tentang tips mempersiapkan jualan online dengan livestreaming. Udah siapkan ceklisnya dong, kalau gitu Yuk Jualan Online di Lazada. Bagi juga ceritamu juga di komentar bawah ya.

27 komentar:

  1. Ckckck,
    aku penasaran sama kucingnya,
    apakah dia cewek atau cowok,
    berkumis atau tidak,
    ekornya panjang apa tidak.
    aaaaa... membuat nggak bisa tidur memikirkan hal ini.

    btw, mbak ini udah jadi guru, penulis buku, blogger, ini jadi pebisnis onlen juga.
    waktumu itu loh mbak, kayak ngga ada habisnya.
    Aku yang tidur seharian aja serasa waktu cepat berlalu :P

    BalasHapus
  2. Wah, iya tuh zaman now banyak penjual menjajakan produknya secara online melalui live streaming. Oh, waktunya ga terbatas ya bisa terus2an sampai capek hihihi :) Mantap ternyata di Lazada jualan online difasilitasi dengan baik. Gampang caranya tinggal ikuti saja langkah2nya :) Ceki2 lebih lanjut ah, menarik nih :) TFS.

    BalasHapus
  3. Sekarang seller jadi punya wadah jualan lebih interaktif ya via live streaming ini jadi tertarik pengen berjualan buku via live streaming ini coba ah mau jual buku-bukuku di IG

    BalasHapus
  4. Wah aku suka nonton tuh jualan pakaian kucing dan kucingnya ikut nampang memamerkan baju-baju jualan, mana tampangnya cool banget, Pororo ya namanya hihi gemes

    BalasHapus
  5. Pingin, Mbak. Tapi ga pede, takut ga ada yg nonton, follower masih seuprit hehe... Tp, aku save nih, kiatnya bisi suatu hari mendadak pede live streaming hoho...

    BalasHapus
  6. Lazada ini sepertinya salah satu portal belanja online yang sangat digemari masyarakat. Banyak banget kelebihannya, di antaranya yaitu ongkir yang murah atau bahkan gratis, lalu harga-harga barangnya yang lebih terjangkau

    BalasHapus
  7. bener banget nih kalo mau streaming kualitas visual harus bagus dan yang penting judulnya menarik penonton yaa. helpful banget banget artikelnya buat seller yang lagi siap-siap buat streaming 👍

    BalasHapus
  8. Livestreaming sekarang sebagai salah satu strategi marketing juga ya untuk menarik minat pembeli. Lazada memfasilitasi ini , mantap jugaa

    BalasHapus
  9. Si Pororo yah? Kucing paling hits seTikTok. Tapi barusan lihat di TikTok, katanya dia hilang, semoga cepet ketemu. Emang jaman sekarang jualan di marketplace/online ga hanya naro foto aja, tapi disarankan untuk livestreaming karena emang meningkatkan exprosure toko.

    Salut sama penjual yg rajin live streaming, saya pribadi kayaknya belum ada nyali tuk jualan kayak gitu. Btw tips nya nambah wawasan banget kak.

    BalasHapus
  10. Konsisten live streaming, jadinya banyak calon pembeli juga yang melihat dan tertarik. Apalagi bagian fitur ini diletakkan strategis ya

    BalasHapus
  11. Kak, cara nambah viewer live streaming gmn ya?

    BalasHapus
  12. Sekarang lebih canggih ya kak, selain jualan lewat olshop.
    Eh ada terobosan baru bisa jualan lewat live streaming.. Jadi pengn reseller di Lazada, seperti mudah banget dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  13. Sekarang makin mudah yah jualan online karena medianya makin banyak.

    BalasHapus
  14. bener banget mbak, sekarang ini makin banyak online shop yang juga melakukan livestreaming, disatu sisi kita-kita yang males keluar ke mall misalnya, cukup terbantu juga dengan livestreaming ini, karena seller juga interaktif nantinya

    BalasHapus
  15. duh saya belum pede jualan live streaming di ecommerce, barangnya belum banyak dan masih kurang jumlah tim. insyallah laahh ya semoga segera bisa ikutan jualan live

    BalasHapus
  16. Saya scrolling beberapa kali, gak ketemu juga penampakan kucingnya :D
    Jualan lewat live streaming ini asik juga sih, kak.. selain cara yang berbeda, juga bisa lebih meningkatkan kepercayaan bahkan ketertarikan calon pembeli karena langsung bersama produk yang akan dijual tanpa editorial, kan?

    BalasHapus
  17. Jaman skg banyak seller memang pakai sistem live streaming. Jadi kaya interaksi di pasar tapi online ya. Mgkn karena diskonnya juga banyak & ketauan stoknya berapa, jd lebih diminati. Baru tau lazada bisa live juga skg.

    BalasHapus
  18. Poin penting lain saat jualan dengan live streaming adalah persona yang kuat. Untuk membangun persona yang kuat melalui personal branding dan kredibilitas. Saya suka liat pewara acara belanja livestreaming.

    BalasHapus
  19. Sekarang makin mudah yah jualan online karena medianya makin banyak gak hanya satu saja.

    BalasHapus
  20. semakin berkembang nih penjualan online dengan beragam strategi, teramsuk livestreaming ini. Kalau dilihat dari habit para calon pembeli yang melek digital sih emang ini jadi cara yang cukup potensial ya. ke depan sepertinya akan banyak digemari nih...

    BalasHapus
  21. berarti host atau pelakunya musti pinter public speaking dan marketing nih supaya live streamingnya menarik dan membuat para calon customer mengambil keputusan untuk membeli ya

    BalasHapus
  22. Kucingnya Pororo ya mba, haha.. lucu banget emang si pororo. Kemarin juga sempet ilang, tapi Alhamdulillah udah ketemu.

    Jualan streaming sekarang emang lebih menarik karena kayak dijelasin dengan detail barangnya jadi yang mau beli juga lebih yakin

    BalasHapus
  23. Wah keren ini mbak.. duh iya juga ya apalahi trend nya skrg tuh pasa suka lihat video lho. Dan sebagai pebisnis harus ikut trend biar bisa up binsisnya ..tahu eranya.

    Keren sah kalo udha punya ruangan sendiri buat Live streaming

    BalasHapus
  24. sekarang banyak platform streaming ya jadi makin banyak yang jualan secara streaming dan herannya laku. hebat banget

    BalasHapus
  25. Iyaya malahan kucingnya sering diajakin berjualan di ignya ya Mbak, lucu kalau udah muncul di timeline IG, hehe etapi sempat hilang dan skrg sudah ketemu lgi. Lwat live streaming memang banyak dicoba skrg ya Mbak dan banyak yg tertarik untuk menonton sprti itu..

    BalasHapus
  26. Wah kasih masukan dong kak, saya masih kurang percaya diri ini bicara banyak di depan kamera

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.