Tips Aman Beli Buku Tanpa Kantong Jebol

Situasi pendemi yang memaksa banyak orang untuk tinggal di rumah, menjadi salah satu pemicu pergeseran trend pembaca. Orang menjadi semakin keranjingan membaca karena memiliki lebih banyak waktu di rumah. Ditambah lagi dengan semakin mudah mendapatkan buku tanpa harus keluar rumah. Kemudahan berbelanja buku secara online juga bisa jadi salah satu pemicu kalap berbelanja buku. Hal ini tentu akan berbahaya bagi kantong Anda. Bagaimana jika kantong mendadak jebol karena terlalu banyak berbelanja buku? 

beli buku di toko buku
Berikut ini beberapa tips aman beli buku tanpa kantong jebol yang bisa Anda terapkan selama masa pendemi. 

Selesaikan dulu, baru beli lagi 

Tipe pembeli dan pembaca buku seperti apa Anda? Kalau Anda hobi membeli dan menumpuk buku tapi ‘malas’ membacanya, sebaiknya Anda tutup mata dulu. Agar aman beli buku tanpa kantong jebol, pastikan Anda menyelesaikan dulu buku-buku yang sudah dibeli baru membeli buku baru. Anda harus tegas dan perlu memaksa diri agar disiplin menyelesaikan dulu buku yang ada baru berbelanja buku baru. Kalap membeli dan menumpuk tapi tidak dibaca bisa jadi salah satu pemicu kantong jebol. 

Sisihkan anggaran beli buku 

Dalam situasi pendemi seperti saat ini, anggaran belanja pun mengalami pergeseran. Tidak jarang, orang memilih untuk memenuhi kebutuhan pokok dulu dan menunda pemenuhan kebutuhan lainnya. Apalagi situasi pendemi ini entah kapan baru akan selesai. 

Sementara itu, bagi sebagian orang membeli buku tetaplah menjadi kebutuhan yang rutin untuk dipenuhi. Nah, agar tetap aman beli buku tanpa kantong jebol, pastikan Anda membuat anggaran khusus membeli buku. Jangan membeli buku di luar anggaran ini. Sisihkan anggaran untuk membeli buku di awal bulan agar tidak digunakan atau tercampur dengan anggaran lainnya. Tegas pada diri sendiri, jangan sentuh anggaran lainnya untuk membeli buku. 

Ada uang, baru beli buku 

Jika anggaran untuk belanja buku sudah ada, maka sisihkan dari pengeluaran yang lain. Anda tentu tetap ingin aman beli buku tanpa kantong jebol kan? Jadi, pastikan uang ini sudah ada dan disisihkan terlebih dahulu sebelum benar-benar membayar tagihan pembelian buku. 

Hati-hati dengan fasilitas ‘pay later’ yang belakangan juga muncul di beberapa aplikasi belanja online. Memang menarik dan menggoda. Tapi kalau Anda memilih fasilitas ini tanpa memperhitungkan ketersediaan uang, maka bisa jadi hutang. Sangat tidak disarankan untuk menumpuk hutang dalam situasi pendemi seperti saat ini. 

Reduce, reuse, recycle 

Salah satu cara jitu aman beli buku tanpa kantong jebol lainnya adalah melakukan 3R, reduce, reuse, dan recycle. Anda bisa bergabung di komunitas buku dan bertukar buku dengan anggota lainnya. Secara ekonomi, jelas ini bisa jadi cara penghematan yang jitu. Anda juga bisa menjadikan ini cara untuk saling mendiskusikan isi buku dengan anggota lainnya. Hemat dan dapat ilmu tambahan. 

Tips Aman Beli Buku Tanpa Kantong Jebol Tips Aman Beli Buku Tanpa Kantong Jebol Reviewed by Bening Pertiwi on Oktober 22, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.