Jenis Buku yang Perlu Diketahui

Daftar Isi [Tampil]
    Sebagai sebuah hasil karya, buku memiliki banyak jenis dan ragam. Perbedaan jenis buku ini menjadi ciri khasnya masing-masing. Penulis dan pembaca, perlu tahu beragam jenis buku. Penulis perlu paham jenis buku agar bisa dengan mudah menentukan tujuannya saat menulis. Pembaca perlu tahu jenis buku agar bisa memilih jenis buku yang ingin dibacanya.

    koleksi buku

    Ada banyak jenis buku (dan karya tulisan lainnya) yang ada di Indonesia. Berikut beberapa jenis buku di Indonesia yang perlu diketahui.

    Jenis-Jenis Buku yang Perlu Diketahui

    Novel

    Jenis buku yang paling umum dan banyak ditemui di masyarakat adalah novel. Novel adalah sebuah karya sastra yang berisi ‘cerita’ tentang rangkaian hidup seseorang dan orang-orang di sekitarnya dengan berbagai watak dan masalah yang dialami. Novel umumnya tebal, atau memiliki jumlah kata lebih dari 35.000 buah serta memiliki halaman lebih dari 100 halaman.

    Novel umumnya memiliki cerita komplek dan panjang, bisa menceritakan tidak hanya satu sudut pandang tokoh saja serta tidak satu masalah. Berbeda dengan cerpen yang lebih pendek, konfliknya tunggal dan hanya memiliki satu plot cerita.

    Novelet

    Ada novel dan ada novelet. Novelet sebenarnya sama seperti novel, tetapi lebih panjang dari cerpen dan lebih pendek dari novel. Novelet biasanya ditemukan pada media massa (koran atau majalah) secara bersambung atau sering disebut cerita bersambung (cerbung). Ketebalan novelet lebih panjang dari cerpen, sekitar 60 hingga 100 halaman.

    Komik

    Komik hampir mirip dengan cerita bergambar. Komik banyak ditemui di surat kabar atau majalah. Pada komik, lebih ditonjolkan gambar sesuai urutan peristiwa. Kadang bahkan hanya berisi gambar saja yang menceritakan jalinan cerita tanpa adanya teks.

    Gambar yang disajikan pada komik merupakan gambar statis yang menunjukkan urutan cerita yang saling berkaitan atau berkesinambungan. Ciri utama komik adalah ceritanya berbahan dasar gambar. Pembaca bahkan bisa memahami ceritanya meski hanya melihat gambarnya saja.

    Nomik

    Nomik merupakan singkatan dari novel-komik. Dari namanya, bisa diketahui kalau nomik adalah gabungan novel dengan komik. Jika novel berisi cerita dengan dominan teks, maka komik berisi cerita dengan dominan gambar. Nah nomik gabungan dari dua hal itu.

    Pada nomik, komik biasanya ada di dalam novel, tergabung dengan novel dan menjadi bagian dari alur cerita. Jadi, sebagian novel diubah bentuknya dari teks menjadi gambar atau komik. Sehingga alurnya seperti novel namun bentuknya seperti komik.

    Cergam

    Cergam adalah cerita bergambar, yakni cerita yang disajikan menggunakan gambar-gambar tidak bergerak, yang disusun sehingga membentuk jalinan cerita. Mungkin sedikit mirip dengan manga atau komik.

    Pada umumnya, cergam yang paling sering ditemui adalah cerita fabel untuk anak. Dalam cergam, isinya tidak dominan tulisan seperti novel. Sebaliknya, pada cergam pembaca akan diajak melihat teks yang ditulis melalui gambar. Ciri utama cergam adalah berisi bahasa percakapan antar tokohnya saja serta ceritanya cenderung sederhana dan mudah dicerna.

    Ensiklopedi

    Ensiklopedi atau ensiklopedia adalah jenis buku berisi informasi mengenai hal tertentu yang lengkap, contohnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan seni, yang disusun secara abjad.

    buku perpustakaan

    Karena isinya yang berupa informasi, maka ensiklopedia dapat menjadi sumber jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan fakta dan data. Ensiklopedia disusun untuk menyajikan materi-materi yang berdasarkan pengetahuan ataupun kejadian dan sesuatu hal yang benar-benar ada, bukan karangan semata. Ensiklopedia memuatan topik dan pengetahuan dasar yang ada hubungannya dengan suatu obyek dan berguna untuk penelusuran lebih lanjut.

    Contoh buku Ensiklopedia diantaranya Ensiklopedia umum atau nasional, Ensiklopedia Geografi, Ensiklopedia Sains.

    Antologi

    Antologi adalah jenis buku yang berisi kumpulan tulisan. Biasanya jenis tulisan atau temanya sama, tetapi berasal dari satu penulis dan atau beberapa penulis yang berbeda. Contohnya kumpulan puisi, kumpulan esai, kumpulan cerpen, dll. Jika antologi ditulis oleh beberapa penulis, maka pembaca dapat menemukan cita rasa tulisan yang berbeda beda, dalam satu tema, karena tiap penulis memiliki gaya tulisan masing-masing.

    Dongeng

    Dongeng adalah jenis karya sastra kuno yang mengandung cerita fiksi atau imajiner. Dongeng biasanya disampaikan secara turun temurun di masyarakat, baik dalam bentuk tulis maupun lisan. Masyarakat menganggap dongeng sebagai sesuatu yang tidak benar-benar terjadi.

    Dongeng juga dapat dikatakan sebagai cerita tradisional yang diceritakan secara turun temurun, tujuannya untuk menghibur atau mengajarkan nilai-nilai moral. Pada anak-anak, dongeng dapat digunakan untuk membantu anak-anak belajar berimajinasi, membentuk dan membangun karakter mereka.

    Biografi

    Buku biografi adalah jenis buku yang berisi riwayat hidup seseorang. Biografi ditulis oleh tokoh atau orang lain. Jika biografi ditulis oleh tokohnya langsung, maka disebut autobiografi.

    Biografi tidak hanya menceritakan perjalanan kehidupan seseorang saja. Tetapi lebih banyak menyoroti nilai-nilai kehidupan si tokoh. Selain itu, yang biasa ditulis kisahnya adalah orang yang perjalanan hidupnya penuh inspirasi sehingga bisa menjadi motivasi bagi pembacanya.

    Catatan Harian

    Jenis buku satu ini umumnya digunakan untuk mencatat kegiatan sehari-hari. Selain itu, catatan harian digunakan juga untuk menuangkan isi pikiran dan perasaan si penulis. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari menulis catatan harian, contohnya melatih menulis dan menuangkan isi tulisan agar perasaan menjadi lebih baik. Jenis buku satu ini juga dapat membantu penulisnya mengasah kreativitas, mengelola emosi dan memperbaiki kepercayaan diri.

    Karena merupakan catatan harian, jenis buku satu ini biasanya hanya untuk konsumsi pribadi dan tidak untuk diterbitkan.

    Penutup

    Tadi sepuluh jenis buku yang perlu diketahui. Jenis buku lainnya ada di artikel bagian kedua. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.