Jenis Buku yang Harus Diketahui

Daftar Isi [Tampil]
    Pada tulisan sebelumnya, sudah pernah dibahas juga tentang beberapa jenis buku yang perlu diketahui.
     
    jenis buku

    Nah berikut lanjutan dari tulisan itu. Jenis buku yang harus diketahui, bagian kedua.

    Jenis Buku yang Harus Diketahui

    Fotografi

    Fotografi sebenarnya adalah sebuah proses melukis menggunakan media cahaya. Atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai cara atau proses menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan alat tertentu.

    Nah kumpulan karya foto seseorang atau beberapa orang dapat dijadikan buku. Buku ini menarik karena isinya yang berupa hasil fotografi bisa juga diberi penjelasan mengenai cara-cara menghasilkan foto yang dicetak.

    Karya Ilmiah

    Karya ilmiah pada dasarnya adalah laporan tertulis dari hasil penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh seseorang atau timnya. Dalam laporan ilmiah, harus memenuhi kaidah dan etika keilmuan, berisi data, fakta, atau solusi dari masalah yang diangkat.

    Karya ilmiah ditulis secara runtut dan sistematis serta mengikuti struktur dan tata urutan yang telah diatur secara baku. Ini berbeda dengan artikel biasanya yang lebih fleksibel. Contoh karya ilmiah adalah skripsi, tesis, buku ajar, buku referensi, dan lain-lain. Karya ilmiah yang diterbitkan menjadi buku karya ilmiah.

    Tafsir

    Buku tafsir identik dengan buku keagamaan. Buku tafsir adalah jenis buku terjemahan dari karya ulama dan menjadi rujukan. Contoh buku tafsir, berisi suatu hadis atau kumpulan hadis yang diterjemahkan dan dijelaskan dengan Bahasa yang lebih mudah dipahami oleh orang umum. Contoh tafsir adalah buku tentang Fikih, Ilmu Kalam, dan sebagainya.

    Kamus

    Buku jenis kamus adalah buku yang berisi kata dan ungkapan, tentang makna, pemakaian dan terjemahan dari suatu Bahasa. Biasanya disusun secara abjad. Kamus juga dapat disebut buku kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasannya tentang makna dan pemakaiannya.

    Kamus memiliki fungsi membantu pembaca untuk mengenal dan memahami kosakata. Selain itu, kamus juga mempunyai pedoman sebutan, asal usul kata dan contoh penggunannya.

    Panduan (how to)

    Buku panduan (how to) merupakan jenis buku yang berisi tentang sebuah petunjuk. Contohnya tentang cara beternak, berkebun, tips mendapatkan beasiswa, dan sebagainya. Ciri utama buku ini adalah menunjukkan cara atau tutorial.

    Atlas

    Atlas adalah buku yang berisi kumpulan peta. Atlas memuat informasi seperti geografi, batas Negara, sosial, agama, ekomoni ataupun statistic geopolitik. Saat ini atlas tidak hanya dalam bentuk buku saja. Atlas juga ditemukan dalam bentuk multimedia contohnya Google Earth.

    Buku Ilmiah

    Buku ilmiah adalah jenis buku yang berisi uraian suatu bidang ilmu tertentu. Buku ini sering disebut buku non fiksi, karena ditulis berdasarkan riset dan fakta. Berbeda dengan buku karya ilmiah yang sudah punya tata aturan baku, buku ilmiah cenderung lebih fleksibel. Tidak ada aturan baku dalam urutan penulisannya. Buku ilmiah terlihat seperti buku pada umumnya.

    Teks

    Buku teks atau text book adalah jenis buku yang berisi materi pembelajaran dan dipakai untuk belajar di tingkat sekolah maupun universitas. Buku ini berisi materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

    Dalam proses pembelajaran, buku teks dapat berfungsi sebagai bahan referensi dan rujuan oleh peserta didik, bahan evaluasi dan alat bantu dalma melaksanakan kurikulum. Selain itu, buku teks dapat menjadi penentu metode atau teknik pengajaran di sekolah.

    Majalah

    Majalah adalah jenis buku yang berisi kumpulan berita, artikel, cerita, iklan dan sebagainya. Majalah dicetak dalam lembaran kertas dan dijilid menjadi bentuk buku. Umumnya, majalah terbit seminggu sekali, dua minggu sekali atau satu bulan sekali.

    Isi dari majalah sangat beragam, tergantung jenis majalah maupun sasaran konsumennya. Contohnya berisi berita, opini, feature, cerpen, dan lain-lain. Jika Koran berita yang disajikan cenderung fakta padat, maka pada majalah berita dapat disajikan lebih lengkap dengan pembahasan yang lebih dalam.

    Majalah juga menampilkan gambar dan foto yang lebih banyak dibandingkan Koran. Sebagai daya tariknya, majalah dicetak pada kertas dengan kualitas lebih baik bahkan berwarna, dibandingkan Koran.

    Buku Digital

    Buku digital adalah buku elektronik. Jenis buku ini dapat berupa elektronik book atau e-book maupun audiobook. E-book adalah jenis buku yang berisi tulisan tetapi tidak dicetak pada kertas, melainkan berbasis teknologi. Audiobook adalah jenis buku berbentuk suara yang direkam dan disimpan dalam basis teknologi.

    E-book lebih beragam dibandingkan buku biasa, karena bisa berisi teks, gambar bergerak, audio bahkan video. Ebook juga harus dibuka dengan perangkat elektronik, contohnya ponsel, computer, laptop, tablet dan lain-lain.

    Buku digital dianggap lebih menarik jika dibandingkan dengan buku cetak biasa, karena isinya yang lebih bervariasi dan menarik. Sehingga pembaca lebih mudah mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Selain itu, buku digital juga sangat mudah disebarluaskan, baik melalui web, email, ataupun media lain.

    Penutup

    Oke, itu tadi ulasan beberapa jenis buku yang biasa beredar di Indonesia dan wajib kita kenal. Jadi, yang mana buku favoritmu? Yuk sharing di komentar bawah.

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.