Kiat Jitu Bangun Bisnis Online Tepat Sasaran

Strategi Membangun Bisnis Online untuk Pemula


bisnis online
membangun bisnis online

Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan penghasilan yang layak, salah satunya adalah dengan membangun bisnis online. Meskipun demikian, jangan asal memilih bisnis hanya karena usaha tersebut sedang viral di kalangan tertentu.

Lalu, bagaimanakah cara untuk mendapatkan bisnis online yang tepat untuk dijalankan? Di bawah ini beberapa kiat jitu yang bisa Anda terapkan untuk membangun bisnis secara online.

1. Identifikasi Masalah yang Ada di Pasar

Kiat pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online dari nol adalah mencari informasi yang berkaitan dengan apa saja yang tengah dibutuhkan oleh pasar.

Dengan melakukan identifikasi masalah ini akan membuat Anda mampu memenangkan pasar. Pasalnya, masyarakat merasa terbantu dengan adanya bisnis online Anda karena produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jadi, sebelum memulai bisnis secara online sebaiknya identifikasi atau carilah masalah yang tengah dihadapi pasar. Kemudian, tentukan solusi yang terbaik lalu tawarkan cara mengatasi masalah tersebut melalui bisnis yang Anda jalankan.

2. Riset Pasar

Setelah menemukan satu permasalahan yang berpotensi untuk dijadikan ladang usaha, kiat kedua yang perlu dilakukan adalah melakukan riset pasar.

Ini dibutuhkan dalam rangka menemukan ide bisnis online, yaitu dengan cara mencari tahu apa saja permintaan pasar berdasarkan data obyektif yang diperoleh dari hasil riset tersebut.

Baca juga: Apa yang Kamu Lakukan di Toko Buku?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan riset pasar tersebut, diantaranya adalah:

         a) Cek Tren di Media Sosial

Cara melakukan riset pasar yang pertama adalah mengecek tren yang sedang viral di media sosial.

Sebab, media sosial merupakan wadah di dunia maya tempat sebagian besar masyarakat berkeluh kesah, termasuk dalam hal mereview suatu produk atau layanan tertentu. Ada banyak produk yang mudah dicari, contohnya review buku, review skincare, review kafe dan tempat makan, review hotel dan penginpan, bahkan review tempat jalan-jalan. Anda bisa mengetikkan keyword di kolom pencarian media sosial sesuai dengan masalah yang ingin Anda temukan.

Maka, dalam waktu singkat akan muncul berbagai postingan dari orang-orang yang berkaitan dengan masalah tersebut.

         b) Bergabung di Forum

Cara yang kedua adalah bergabung di sebuah forum khusus sesuai dengan permasalahan yang ingin ketahui. Misalnya, forum khusus yang membahas tentang cloud hosting, fashion anak, mainan edukasi anak, dan lain-lain.

         c) Melakukan Riset Keyword

Cara yang ketiga ini mirip dengan cara yang pertama, yaitu memanfaatkan kolom pencarian. Perbedaannya adalah, Anda mengetikkan keyword atau kata kunci di mesin pencari.

Untuk cara praktisnya, memanfaatkan keyword tool agar hasil pencarian atau data yang diperoleh menjadi lebih akurat.

         d) Membuat Survei

Cara keempat untuk mendapatkan data yang obyektif saat melakukan riset pasar adalah dengan membuat survei sederhana. Cara yang terakhir ini akan menghasilkan informasi yang lebih detail.

survei online
membuat survei

Pasalnya, melalui survei tersebut Anda bisa bertanya tentang hal-hal yang tidak ditemukan di media lain, atau meminta saran dan masukan secara langsung dari calon pembeli.

3. Mencari Model Bisnis

Setelah melakukan riset pasar, saatnya untuk memilih model bisnis yang berpotensi paling menguntungkan. Pasalnya, walaupun produk/layanan yang dijual adalah sama, namun cara menjualnya bisa berbeda-beda.

Contohnya, Anda ingin membuka usaha online fashion muslimah. Jika memiliki modal, Anda bisa menyetok dan menawarkannya melalui marketplace, website, atau media sosial.

Baca juga: Persiapan Jualan Lewat Livestreaming

Namun jika belum memiliki modal, Anda tetap bisa menjalankan bisnis online dengan memilih model bisnis dropship atau reseller.

4. Analisis Kompetitor

Dalam menjalankan suatu usaha tidak akan lepas dari yang namanya persaingan bisnis. Itu sebabnya, kiat jitu berikutnya dalam membangun bisnis online adalah dengan cara melakukan analisis terhadap kompetitor. Fungsinya adalah untuk mempelajari apa saja kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh kompetitor.

Dengan informasi tersebut, Anda bisa membuat sebuah bisnis online yang mampu bersaing dengan kompetitor. Beberapa tahapan dalam melakukan analisis kompetitor antara lain:   
 
  • Mengelompokkan kompetitor menjadi 3 golongan yaitu kompetitor utama, sekunder, dan tersier. 
  • Mengunjungi website dan media sosial yang dimiliki kompetitor dan memperhatikan setiap detailnya.  
  • Mengecek review kompetitor untuk mencari informasi perihal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor secara langsung dari pelanggan.  
  • Mengidentifikasi image produk atau citra (market positioning) kompetitor di mata pelanggan. 
  • Membandingkan harga yang ditawarkan oleh kompetitor.

5. Menentukan Target Pasar

Kiat berikutnya untuk membangun bisnis online adalah menentukan target pasar. Merupakan sekelompok orang yang karakteristiknya sama dan berpeluang untuk membeli produk/layanan yang Anda tawarkan.

target pasar
menentukan target pasar

Agar lebih maksimal, buatlah target pasar yang lebih spesifik dengan cara mempertimbangkan beberapa aspek. Seperti, aspek gender, usia, tingkat ekonomi, daerah tempat tinggal, dan lain-lain. Intinya, semakin detail dan spesifik target pasar yang Anda tuju, maka semakin mudah untuk menyusun strategi marketing.

6. Pemilihan Produk

Kiat berikutnya adalah menentukan produk yang akan dijual secara online melalui kanal-kanal internet. Sebelum membuat keputusan tentang produk jualan, sebaiknya perhatikan pula faktor peluang dan resikonya. 
 
Kenali karakteristik, kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijual. Semakin unik suatu produk, maka akan mudah menarik konsumen. Dan semakin dibutuhkan suatu produk, konsumen pun akan memburunya. Dengan mengenali kelebihan serta kekurangan produk yang dijual, Anda akan dapat memaksimalkan potensi produk tersebut untuk menarik konsumen.

Misalnya, berjualan dengan sistem model bisnis dropship tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Kelemahan sistem ini adalah tidak bisa maksimal melayani konsumen karena informasi stok dan proses pengiriman bergantung kepada supplier.

7. Membuat Website

Untuk lebih meyakinkan konsumen mengenai keberadaan bisnis online, sebaiknya Anda membuat website khusus. Ini merupakan sebuah media promosi yang diklaim paling murah, efisien, dan juga paling efektif.

Baca juga: Kelas Optimasi SEO

Pasalnya, melalui website resmi yang Anda buat bisa memberikan informasi lengkap mengenai produk mulai dari ukuran hingga stok, potongan harga, dan sebagainya.

Agar tidak kalah dengan kompetitor, Anda bisa memanfaatkan layanan Hostinger agar website tersebut bisa diakses dengan lebih cepat dan mudah.

8. Melakukan Promosi

Agar bisnis yang dijalani bisa berkembang dengan baik, tentunya diperlukan suatu usaha yang maksimal.

Caranya adalah dengan memasarkan atau melakukan promosi terhadap bisnis online dengan pemilihan strategi yang tepat sasaran mulai dari yang gratis hingga berbayar. Misalnya, media promosi yang digunakan adalah melalui media sosial. 

melakukan promosi
melakukan promosi

Maka, strategi yang digunakan adalah dengan memaksimalkan konten promosi, mengadakan giveaway, memanfaatkan copywriting, dan sebagainya.
 
Baca juga: Tips Untuk Promosi Buku Paling Inovatif

Jika media promosi yang dipilih adalah website, maka Anda bisa memanfaatkan strategi berupa optimasi SEO, SEM, dan lain-lain.

9. Mempertahankan Pelanggan Setia

Meningkatkan pelanggan baru merupakan salah satu cara agar produk Anda menjadi lebih dikenal masyarakat.

Walaupun demikian, jangan lupakan pelanggan setia karena mereka juga memiliki andil yang cukup besar bagi kelangsungan bisnis online yang Anda miliki.

Faktanya, budget yang dikeluarkan untuk merawat pelanggan lama yang setia justru jauh lebih murah jika dibandingkan mencari pelanggan baru. Banyak cara yang bisa dilakukan agar hubungan bisnis dengan pelanggan setia terjalin dengan erat.

Misalnya, memberikan potongan harga, menanyakan kabar, memberi hadiah saat mereka ulang tahun, menawarkan harga promo, dan sebagainya.

Kesimpulan

Itulah berbagai kiat yang bisa Anda terapkan dalam upaya membangun bisnis online. Walau masih pemula, sebaiknya lakukan semua tahapan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Mulai dari pengidentifikasian masalah yang ada di pasar, memilih model bisnis, membuat website dengan menggunakan cloud hosting yang terbaik, hingga memelihara hubungan baik dengan pelanggan setia.

Dengan melakukan semua itu, maka peluang untuk memiliki bisnis online yang sukses akan semakin besar.

9 komentar:

   
  1. bergabung di forum nih hal kecil tapi sebenernya penting banget juga. karena sekarang kan eranya udah bukan kompetisi lagi, tapi kolaborasi. jadi makin banyak networking bisa mempercepat pertumbuhan bisnis juga :D

    BalasHapus
  2. kalau mau buka usaha jaman sekarang dan mau bersaing, bertahan sampe akhirnya maju emang harus banget ya riset pasar dan bangun bisnis yang sesuai kebutuhan pasar

    BalasHapus
  3. Wahhh dapat ilmu baru tentang perbisnisan. Pas banget aku lagi buka suatu usaha dan lagi mentok banget

    BalasHapus
  4. Selain riset dan ceki-ceki produk sendiri, analisis kompetitor kudu dilakukan juga ternyata. Iya sih, soalnya kan siapa tahu produknya sama. Makanya kudu dikasih keunikan tersendiri

    BalasHapus
  5. Sangat tercerahkan, Mbak. Dulu sempat memulai bisnis online, tetapi sekarang lagi mandeg.
    Baca ini, jadi ingin membangun bisnis online lagi. Terima kasih, Mbak....

    BalasHapus
  6. Buka bisnisnya sih emang mudah, tapi yg sulit itu pas ngelolanya biar terus sustain. Emang kudu ada plan jelas kayak gini, biar ga semangatnya pas di awal doang.

    BalasHapus
  7. Setuju dengan poin punya website. Bisnis sekarang penting untuk punya website. Soalnya semua serba daring. Orang juga nyari informasi lewat google sekarang.

    BalasHapus
  8. Era digital ini membangun usaha pastinya susah-susah gampang juga ya. Riset tentunya perlu dilakukan untuk memahami kondisi pasar agar tepat sasaran.

    BalasHapus
  9. setuju banget! tren sosial media sangat mempengaruhi produk apa yang ingin dijual

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.