Jurus Jitu Anti Bosan bagi Booklover

Kalau ada yang perlu disyukuri saat ini, adalah punya kesempatan lebih banyak untuk berdekatan terus dengan buku. Karena memang tidak semua orang punya kesempatan ini. Ada yang harus tetap bekeja meski WFH. Tapi ada pula yang terpaksa harus keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apapun itu, semoga semuanya tetap sehat selalu dan situasi saat ini semakin membaik.

Bosan baca

Jadi, buat booklover yang memang saat ini banyak punya waktu di rumah, biasanya ngapain aja? Bosan kadang memang melanda. Ya meski booklover biasa kencan sama buku, tapi kadang kalau Cuma itu-itu aja, ya bosen juga ya. Jadi, boleh kok simak Jurus Jitu Anti Bosan bagi Booklover berikut ini ya.

Bersih-bersih Rak Buku

Mumpung ada lebih banyak waktu daripada biasanya, enggak salah nih kalau kamu meluangkan waktu khusus untuk bersih-bersih rak buku. Ya kalau biasanya bersih-bersih hanya di sisi paling luar rak, kali ini kamu bisa melakukan bersih-bersih secara total. Kadang ada yang kelewat kan. Kalau tahu-tahu ada area yang lembap dan bikin buku jadi rusak, duh, ini sedih banget sih. Jadi selain bersih-bersih, kamu juga bisa mengisi kembali dengan gel pengurang kelembapan.


Menyampuli Buku

Rak buku udah bersih? Kenapa bukunya enggak sekalian nih? Selain membersihkan rak, kamu juga bisa melakukan pembersihkan dan perawatan terhadap buku-bukumu. Cek lagi deh, kali aja ada yang lembap, atau malah sudah dihinggapi debu tebal. Kamu juga bisa menyampuli buku-bukumu yang belum sempat disampuli.

Memilah Buku

Beberes rak udah, merawat buku jua udah. Eh ada yang merasa kalau koleksi bukunya sudah terlalu penuh? Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memilah-milah bukumu. Kamu bisa membaginya dengan klasifikasi tertentu. Nah kalau ada beberapa buku lama yang memang sudah tidak kamu baca—dengan berbagai alasan—kamu bisa mengumpulkannya lalu menyumbangkannya. Kan jadi lebih bermanfaat ya?

Baca Ulang Buku Favorit

Nah ini yang seru. Tiap booklover pasti punya buku favorit dong. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membaca ulang buku-buku favorit. Yang namanya buku favorit, mau dibaca ulang berapa kali pun tentu enggak akan bosen. Ngaku?!!! Kapan lagi kan, punya banyak waktu baca gini.


Ikut Reading Challange

Kalau kamu sudah membaca buku favorit, kamu juga bisa ikutan reading challange nih. Gunakan ponsel pintar kamu dan ketikkan di menu pencarian, ‘reading challange’. Ini bisa jadi motivasi untuk tetap membaca juga. Eh ya, selain reading challange, kamu juga jadi punya kesempatan untuk mengupdate bacaan kamu di goodreads dong. Kan seru tuh.

Gabung Klub Buku Online

Selain ikutan reading challange, kamu juga bisa ikutan klub buku online. Di sini kamu bisa ketemu dengan teman-teman sesama pencinta buku. Kamu juga bisa ngobrolin buku favorit kamu, diskusi bahkan mendapatkan rekomendasi buku keren untuk dibaca selanjutnya.

Bookdate Online

Tapi, bagi kamu yang enggak terlalu suka dengan grup yang ramai, kamu juga bisa melakukan bookdate secara online. Bisa ajak teman ataupun pacar, hehehe. Kan seru tuh, baca buku bareng di waktu tertentu. Setelah itu kalian bisa mendiskusikan isi buku yang kalian baca. Seru aja sih, kalau ada teman ngobrolin buku yang habis dibaca.

Nambah Koleksi Buku

Nah kalau yang terakhir ini, siapa sih yang enggak mau? Kalau ada buku baru dan keren, bahkan masuk wishlist, tentu pengen diwujudkan dong. Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk menambah koleksi bukumu. Tapi ingat ya, jangan sampai kalap. Beli buku yang memang benar-benar kamu butuhkan. Dan jangan lupa tanggungjawab untuk membacanya.

Diskusi buku

Oke, segitu dulu beberapa ide jurus jitu anti bosan bagi booklover selama di rumah aja. Kamu juga bisa kok membagikan tips anti bosan lainnya yang kamu lakukan selama di rumah. Komen di bawah ya. sampai jumpa di tulisan lainnya. Semoga tulisan ini bisa menemani waktumu selama di rumah aja.
Jurus Jitu Anti Bosan bagi Booklover Jurus Jitu Anti Bosan bagi Booklover Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.