Tips Baca Audiobook Gratis tapi Legal

Daftar Isi [Tampil]
    Apakah seorang blogger buku selalu membaca buku tiap hari? Idealnya sih begitu ya. 15-30 menit tiap hari disisihkan untuk membaca. Tapi faktanya, 15-30 menit pun kadang tidak bisa selalu dilakukan. Apalagi kalau ada kesibukan lain atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan sama sekali. Akhirnya ya tidak membaca.

    audiobook gratis tapi legal

    Eits, tapi meski sibuk sebenarnya bisa saja sih tetap membaca. Selalu ada cara untuk tetap mendapatkan nutrisi otak satu ini, sekaligus bahan bakar menulis di blog. Salah satunya dengan ‘mendengarkan’ a.k membaca dengan suara buku audiobook.

    Baca Audiobook Gratis tapi Legal

    Seperti halnya buku pada umumnya, audiobook adalah buku yang diubah menjadi suara. Artinya, bisa didengarkan alih-alih dibaca dengan mata. Membaca audiobook lebih hemat waktu, karena bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lainnya.

    Audiobook pun ternyata ada yang tidak legal alias bajakan. Ya sama seperti buku pada umumnya. Meski begitu, beberapa aplikasi audiobook atau situs penyedia audiobook juga menyedikan audiobook yang bisa dinikmati secara gratis. Audiobook ini bisa dinikmati tanpa harus membayar langganan atau mengunduh audiobook ilegal. Berikut beberapa tips untuk membaca audiobook gratis tetapi legal:

    Situs dan Aplikasi Penyedia yang Legal

    Beberapa aplikasi audiobook dan situs penyedia audiobook juga menyediakan audiobook yang gratis dan legal. Tentu dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, pastikan baca dulu syarat dan ketentuannya agar saat mendapatkan audiobook yang diunduh tidak melanggar hak cipta.

    Pinjam Audiobook di Perpustakaan

    Selain menyediakan buku-buku digital, sejumlah perpustakaan saat ini juga sudah menawarkan koleksi audiobook-nya. Nah kalau kamu anggota perpustakaan, bisa pinjam audibook koleksinya dengan gratis.

    Program Uji Coba Gratis

    Untuk menarik konsumen, sejumlah layanan penyedia audiobook juga menawarkan program uji coba gratis. Nah, bisa dong memanfaatkan layanan ini. Kamu bisa mendengarkan audiobook secara gratis selama beberapa hari atau minggu, sebelum memutuskan untuk berlangganan atau tidak pada layanan tersebut.

    Cari Komunitas

    Seperti halnya komunitas buku lainnya, audiobook juga bisa didapat di sini. Komunitas buku online seperti Goodreads atau BookTube bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan rekomendasi audiobook dari pembaca lain. Akan lebih seru jika rekomendasi berasal dari orang lain yang memiliki selera baca yang sama. Mungkin juga ada pengguna lain yang bersedia membagikan audiobook koleksinya secara gratis. Bisa saling bertukar koleksi juga.

    Manfaatkan Domain Publik

    Seperti halnya buku biasa, sejumlah buku yang telah menjadi domain publik juga bisa ditemukan versi audiobook-nya. Kamu bisa memanfaatkan situs Project Gutenberg untuk mendapatkan audiobook gratis dari sejumlah buku klasik yang sudah menjadi domain publik atau hak ciptanya sudah berakhir. Kalau seperti ini, bisa didownload secara gratis dan legal kan.

    Penutup

    Demikian tadi beberapa tips membaca audiobook gratis tetapi tetap legal. Membaca audiobook adalah salah satu cara untuk tetap membaca, meski sibuk. Karena bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lainnya.

    Saat mendapatkan audiobook secara gratis, pastikan untuk melihat legalitasnya. Jangan sampai mendownload audibook bajakan yang tidak legal. Sayang kan? Sampai jumpa di tulisan lainnya.

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.