Cara dapat Buku Gratis ala Blogger Buku

Enggak harus seorang blogger buku saja sih. Siapa saja pasti akan tergiur dengan satu hal ini, iya, buku gratisan. Eits, meski gratis bukan berarti meninggalkan etika ya. Bukan mendapatkannya dari situs ilegal apalagi bentuknya buku bajakan. Duh jangan sampai deh. Dosa atau enggak, ya enggak tahu. Tapi yang jelas, salah satu etika pencinta buku ya dengan tidak membaca buku bajakan.

Buku Gratis? Kenapa Tidak!

Berikut ini beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buku secara gratis. Disclaimer: beberapa tips ada yang pernah aku coba dan berhasil, tapi ada juga yang belum aku coba.

Pinjam di Perpustakaan

Salah satu cara termudah mendapatkan buku gratis untuk dibaca, ya pinjam perpustakaan. Kalau masih sekolah atau masih kuliah, akses perpustakaan bisa didapat dengan mudah di sekolah atau kampus. Pun kalau sudah lulus, masih ada yang namanya perpustakaan daerah. Tinggal daftar anggota, dan bisa pinjam buku sepuasnya. Kelemahannya memang tidak selalu tersedia buku terbaru. Tapi, itu bukan halangan buat blogger buku kan? Blogger buku bisa tetap menulis tentang buku lama, tetapi dengan sudut pandang yang berbeda.

cara dapat buku gratis

Kalau jauh atau enggak sempat datang ke perpustakaan reguler? Hei, punya ponsel pintar kan? Saat ini ada banyak layanan perpustakaan digital yang bisa dipilih. Sebut saja salah satunya perpusnas. Blogger buku bisa kok pinjam buku di sana. Keuntungannya, bentuknya yang digital atau ebook, jadi sangat praktis. Tapi kelemahannya, kadang harus antre. Tapi itu bukan masalah kan? Apalagi perpustakaan digital biasanya jauh lebih update buku-buku terbaru.

Langganan Aplikasi Baca Ebook

Nah kalau yang satu ini, sebenarnya enggak gratis-gratis banget sih. Gratis biasanya kalau masa trial. Tapi ada juga kok aplikasi atau website yang tetap menyediakan buku secara gratis.

Kamu bisa pilih aplikasi yang cocok, lalu instal di ponsel pintar kamu. Setelahnya tinggal manfaatkan dengan membaca buku-buku digital atau ebook yang tersedia. Kelebihan dari aplikasi ebook ini biasanya buku-bukunya jauh lebih update dan terbaru. Apalagi kalau kamu suka buku-buku dari penulis luar, nah biasanya buku-buku asing atau penulis luar lebih mudah ditemukan pada aplikasi baca ebook.

Ikutan Giveaway

Kalau yang satu ini bisa jadi salah satu cara mendapatkan buku gratis. Tapi ya, sekali lagi, tergantung keberuntungan kamu. Ikutan giveaway bisa dilakukan di media sosial seperti instagram, twitter, facebook ataupun tiktok.

Biasanya penyelenggara giveaway penerbit langsung atau penulis. Tidak jarang juga penerbit bekerjasama dengan sejumlah bookstagram atau blogger buku lain untuk melakukan giveaway. Cara ini merupakan salah satu cara untuk publikasi dan mengiklankan buku juga. Jadi, kalau sudah dapat bukunya, jangan lupa buat reviewnya ya. Itu merupakan timbal balik yang bisa diberikan seorang blogger buku pada pemberi bukunya.

Mengirim Email pada Penerbit

Pernah mengirimkan email pada penerbit untuk mendapatkan buku gratis? Tentu dengan timbal balik review buku serta publikasi atau iklan yang menarik ya. Sejujurnya, aku belum pernah coba cara ini.

Tapi ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan buku gratis dari mengirim email pada penerbit, yaitu dengan baca salah satu buku terbaru dari penerbit, tulis review bukunya, lalu review-nya dikirimkan ke media. Terutama media koran atau media online yang terpercaya. Nah ketika review tadi sudah terbit, tinggal kirimkan bukti atau link tayangnya ke email penerbit. Sejumlah penerbit biasanya akan sangat mengapresiasi hasil kerja blogger buku ini, salah satunya dengan memberikan sejumlah uang atau memberikan beberapa buku baru lain untuk si blogger tadi. Kan lumayan itu dapat buku baru, bisa juga buat modal review buku lagi.

Loh, terus apa kabar di blog sendiri? Kalau terbit di media, blogger buku bisa kok menampilkan bukti terbit atau ringkasan review buku termasuk link tayang di media, untuk ditampilkan di blog sendiri. Nah, jadi timbal balik kan, saling menguntungkan?

Menawarkan Review pada Penulis

Cara satu ini juga bisa dilakukan kalau kita, sebagai blogger buku sudah punya jam tayang tinggi. Beberapa penulis—kadang tanpa diminta—justru sengaja mengirimkan buku-buku mereka pada sejumlah blogger buku untuk dibuatkan reviewnya.

Kalau pengalamanku sendiri, aku tidak pernah menawarkan review pada penulis. Tapi justru beberapa kali aku mendapatkan tawaran untuk membuat review dari beberapa penulis. Mereka mengirimkan buku mereka padaku lalu aku tinggal menuliskan review-nya. Tidak hanya menulis review saja sih, tapi juga mengiklankan buku-buku mereka ini di media sosialku. Timbal balik yang menguntungkan kan? Dapat buku gratis dari penulis, dan si penulis juga dapat kesempatan iklan. Eits, penulis juga suka banget lho kalau bukunya direview. Mereka merasa kalau kerja keras mereka pun sangat dihargai.

Book Tour, Bertukar Buku, Pinjam Buku

Cara lain untuk mendapatkan buku gratis dari sesama blogger buku yaitu lewat book tour, bertukar buku ataupun pinjam meminjam buku. Ada komunitas blogger buku yang sering mengadakan berbagai kegiatan. Contohnya ya bertukar buku ini.

Hanya saja, karena bertukar buku atau pinjam buku, ada kemungkinan buku yang ditukarkan dan dipinjam sudah pernah ditulis review-nya oleh blogger buku lain. Tapi itu bukan masalah sih. Asal bisa membuat ulasan atau review buku dengan cara dan sudut pandang lain, tentu bisa didapat konten yang berbeda juga.

Penutup

Oke, itu tadi beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan blogger buku atau siapapun kamu, pencinta buku untuk mendapatkan buku gratis. Gratis di sini maksudnya bukan hanya dimiliki saja ya. Gratis dibaca, meski tidak dimiliki pun—hasil meminjam—sudah termasuk gratis. Pokoknya, selalu ada cara deh untuk memenuhi kehausan membaca sekaligus membuat review buku.

Ternyata aku nulis lumayan banyak juga ya, hehe. Sampai jumpa di tulisan lainnya.

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.