Peluang dan Tips Sukses Usaha Toko Sembako

Trend berbelanja online makin merambah nyaris semua kalangan masyarakat. Meski demikian, ada satu jenis usaha yang ternyata masih tetap bertahan dan tetap diminati baik oleh penjual maupun konsumen, yakni toko sembako. Berjualan sembako, terutama di daerah pedesaan ternyata masih laris. 

aplikasi kasir

Yuk simak peluang, risiko dan tip sukses berjualan sembako berikut:

Peluang dan Risiko Usaha Toko Sembako

Usaha rumahan ini tidak akan jadi pilihan bagi masyarakat kalau tidak ada peluang atau keuntungannya. Berikut beberapa peluang yang membuat bisnis satu ini tetap laku keras dan menguntungkan, misalnya:

1. Pasar yang masih luas, terutama di daerah pedesaan, menjangkau kebutuhan masyarakat berbagai kalangan, jenis kelamin dan usia.

2. Barang yang dijual adalah barang-barang kebutuhan sehari-hari yang benar dibutuhkan oleh masyarakat dan pasti laku.

3. Perputaran barang dan juga modal akan cepat.

4. Waktu buka yang fleksibel. Karena merupakan usaha rumahan, toko sembako punya jam buka yang lebih fleksibel.

Tiap usaha pasti punya risiko yang mungkin terjadi, termasuk bisnis rumahan satu ini. Nah berikut, beberapa risiko yang mungkin terjadi pada toko sembako:

1. Untuk usaha rumahan, toko sembako tidak bisa mengambil keuntungan terlalu besar. Jika penjual sengaja mengambil keuntungan terlalu besar, maka konsumen akan pergi.

2. Sembako adalah kebutuhan pokok sehari-hari yang pada waktu tertentu akan mengalami kenaikan tidak terduga. Ini sangat dirasakan baik oleh pemilik toko maupun konsumen. Akibatnya, harga akan dengan mudah berubah.

3. Karena merupakan usaha rumahan yang mudah didirikan, maka dengan modal terbatas saja, orang bisa dengan mudah membukat toko sembako. Akibatnya, dalam radius beberapa kilometer saja bisa ditemukan sejumlah toko sembako berdekatan. Persaingan ketersediaan barang dan harga pun jadi makin ketat.

Tips Membuka Usaha Toko Sembako

Meski merupakan bisnis rumahan, jika dikelola dengan baik, bisnis rumahan satu ini tetap bisa mendatangkan keuntungan lho. Apalagi jika keuntungannya tercatat dengan baik, contohnya menggunakan aplikasi kasir. Cek ulasan berikut!

Rencana yang Matang

Sebelum memulai bisnis, rencana yang matang harus dilakukan. Kenali dulu seluk beluk usaha sembako. Dan yang jelas, pastikan juga hal-hal yang harus disiapkan, peluang, risiko serta faktor pendukungnya. Mungkin tampak sepele, tapi kalau ingin bertahan dalam usaha rumahan satu ini, maka rencana tetap harus dilakukan dengan matang.

Riset yang Cukup

Sudah ada rencana, masih perlu riset? Ya jelas dong. Setelah membuat perencanaan sedetail mungkin, maka Anda perlu untuk melakukan riset atau survei pasar yang cukup. Untuk apa? Untuk mengetahui bagaimana peluang Anda dalam bisnis rumahan satu ini. Contoh riset yang perlu dilakukan adalah: kemungkinan persaingan, target pasar yang dituju, barang-barang yang dibutuhkan pasar, hingga kebiasaan di lingkungan sekitar.

Sesuaikan dengan Modal yang Ada

Langkah berikutnya setelah melakukan perencanaan dan riset, maka Anda perlu menyesuaikan dengan modal yang ada. Artinya, dengan rencana dan riset yang matang, Anda jadi tahu modal yang diperlukan. Bukan hanya modal untuk berbelanja barang saja, tetapi juga untuk tempat (sewa atau milik sendiri), listrik, air, gaji karyawan jika perlu dan kebutuhan habis pakai lainnya. Anda bisa juga memanfaatkan aplikasi kasir seperti iReap POS. Aplikasi ini seperti kasir toko yang membantu Anda.

Yuk Menata Barang!

Penataan barang belanjaan di toko ternyata berpengaruh lho terhadap penjualan. Jangan salah, penataan yang baik dan rapi akan mempermudah konsumen yang berbelanja. Mereka akan dengan mudah menemukan barang yang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan etalasi maupun rak lalu mengelompokkan barang agar makin mudah dicari. Jangan campur bahan makanan dengan sabun dan teman-temannya.

Wajib Jaga Kebersihan

Selain memperhatikan kerapihan tempat usaha, kebersihan juga harus diperhatikan. Toko atau warung yang bersih, akan membuat konsumen maupun pemilik toko merasa nyaman. Konsumen akan lebih tertarik pada toko yang selalu menjaga kebersihannya daripada yang tidak. Tidak hanya soal kebersihan dari debu saja, tetapi juga kebersihan dari hewan-hewan yang rentan muncul seperti kecoa ataupun tikus.

Barang Berkualitas itu Wajib

Strategi berikutnya saat berjualan sembako adalah menyiapkan barang yang berkualitas. Ada beberapa barang yang memiliki kelas kualitas. Misalnya beras, minyak atau tepung dengan kualitas berbeda akan memiliki harga yang berbeda juga. Dari hasil survei yang Anda lakukan, Anda bisa menyiapkan hal ini. Semakin beragam kualitas barang yang Anda siapkan, maka pilihan yang bisa diambil konsumen juga makin banyak. Konsumenbebas memilih barang yang dibutuhkan sesuai kemampuan dan selera mereka. Bahkan meski dengan harga yang lebih tinggi. Meskipun demikian, Anda tetap harus memastikan kualitas barang yang disediakan tetap layak jual dan layak konsumsi.

Promosi dan Diskon yang Tepat

Meski pada umumnya toko sembako tidak berada di tengah kota, tapi persaingan antar toko bisa jadi memaksa pemilik untuk menerapkan beragam strategi penjualan. Contohnya dengan melakukan promosi serta memberikan diskon pada saat tertentu. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti membuat banner serta memanfaatkan media sosial. Diskon juga bisa diterapkan pada saat momen tertentu, seperti menjelang bulan Ramadan. Selain promosi, Anda juga bisa menerapkan sistem tebus murah untuk pembelian barang tertentu atau dengan nominal tertentu.

Pelayanan Terbaik itu Wajib

Toko yang bisa memberikan pelayanan terbaik pada konsumen lebih disukai dibandingkan toko yang bersikap kurang atau bahkan tidak ramah. Pelayanan terbaik akan membuat konsumen lebih nyaman saat berbelanja dan tidak menutup kemungkinan akan berbelanja kembali. 

Pembukuan Keuangan yang Rapi

Hal penting lain yang tidak boleh terlewatkan adalah pembukuan keuangan yang rapi. Pembukuan berisi transaksi belanja maupun pemasukkan. Dengan pembukuan yang rapi, maka Anda akan lebih mudah memantau status keuangan bisnis Anda. Anda akan tahu keuntungan atau kerugian usaha Anda. Selan itu, pembukuan yang rapi juga dapat membantu Anda mengaveluasi strategi bisnis yang Anda lakukan.

Salah satu aplikasi penunjang pembukuan yang bisa Anda pilih adalah aplikasi kasir iReap POS. Aplikasi kasir ini dapat dipasang dengan praktis di ponsel pintar Anda. Karena dengan mudah bisa dipasang pada ponsel, Anda jadi punya kasir toko yang praktis dan dapat digunakan kapan saja serta di mana saja.


Aplikasi Kasir iReap POS Lite dan Pro

Aplikasi kasir adalah aplikasi yang sangat praktis digunakan oleh penjual untuk mengelola keuangannya. Ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan mesin kasir baisa. Saat ini, iReap POS menyediakan dua jenis aplikasi kasir, yakni iReap Lite dan iReap Pro. Apa sih bedanya? Cek ulasan berikut!

Aplikasi Kasir Gratis iReap POS Lite

Kepanjangan dari iReap POS adalah integrated retail application point of sale. Aplikasi kasir iReap POS Lite ini dikembangkan oleh PT Sterling Tulus cemerlang secara gratis. Aplikasi ini dirancang agar bisa digunakan oleh pemilik usaha kecil yang baru memulai bisnisnya. Aplikasi gratis ini sendiri mempermudah pencatatan transaksi dan penjualan bahkan mengelola persediaan barang.

point of sale


Pada aplikasi POS gratis ini, fitur utamanya adalah POS (point of sale). Pada saat pertama kali membuka aplikasi, maka Anda akan diarahkan untuk memilih jenis usaha Anda. Ada food, salon, retail, fashion, klinik dan spa, jasa profesional hingga distribusi. Anda bisa memilih langsung ataupun menundanya nanti. 

aplikasi kasir

Nah fitur utama yang perlu Anda isi berikutnya adalah setting dan parameter lalu master data. Setelah semua siap, Anda tinggal memanfaatkan fitur-fitur lain seperti receive items, issue items, sales/return transaction, report hingga view and analyze your transaction data. Nah di bagian bawah, ada juga tombol untuk migrasi dari iReap POS Lite ke iReap POS Pro. Fitur-fitur tadi pun bisa digunakan secara offline (tanpa internet) dengan penyimpanan lokal (data tersimpan di perangkat yang digunakan). Fitur-fitur ini bahkan tersedia seterusnya, tanpa harus berlangganan. Aplikasi gratis ini sangat cocok bagi Anda yang baru memulai usaha. 

Aplikasi Kasir Berbayar iReap POS Pro

Berbeda dengan aplikasi kasir iReap POS Lite yang gratis, aplikasi kasir iReap POS Pro justru berbayar. Aplikasi kasir ini adalah aplikasi kasir point of sale berbayar dengan sistem online maupun full offline karena iReap mempunyai penyimpanan database cloud dan lokal. Untuk dapat menggunakannya, Anda juga perlu untuk melakukan login terlebih dahulu.

Aplikasi POS ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki usaha menengah atau besar, dengan toko yang lebih dari satu. Anda bisa memonitor banyak toko sekaligus secara real time dari rumah. Karenanya, Anda jadi lebih hemat waktu, tenaga ataupun biaya. Apalagi jika tiap toko memiliki kasir sendiri. Aplikasi kasir berbayar iReap POS Pro ini juga bisa membantu Anda mencegah terjadinya kecurangan.

Karena berbayar, maka ada beberapa fitur yang tersedia di iReap POS Pro tetapi tidak ada di iReap POS Lite, seperti: product set (fitur yang cocok untuk restoran yang menggunakan resep), customer price list, special price per store, pencatatan transaksi per user (untuk salon), transfer barang (perpindahan barang antar toko), menu expense, menu absensi untuk karyawan, dan laporan yang lengkap dari sales maupun inventory. Selain itu, web dashboard report khusus untuk administrator hanya tersedia pada iReap versi pro.

Meski demikian, Anda tetap bisa mencoba terlebih dahulu sebelum menggunakan secara lengkap. Ada 14 hari yang disediakan untuk uji coba gratis aplikasi satu ini. Setelahnya, Anda tinggal memutuskan akan lanjut berlangganan aplikasi ini atau tidak dengan melakukan pembayaran. Beberapa pilihan pembayaran aplikasi berbayar iReap POS yang bisa Anda pilih, seperti:

- Bayar tunai untuk langganan satu tahun, tiap bulan hanya Rp41.666 untuk satu perangkat. Totalnya tinggal dikalikan 12 bulan saja.

- Pembayaran tiap bulan, Rp99.000

- Pembayaran tiap tiga atau enam bulan

Anda hanya perlu menginstalnya pada satu perangkat, tetapi Anda juga dapat mendaftarkan lebih dari satu toko. Aplikasi kasir berbayar iReap POS Pro bahkan bisa digunakan lebih dari satu perangkat untuk satu toko. Ini karena ada fitur iReap Helper, jadi Anda bisa dengan mudah mengelola ratusan toko dan banyak kasir dalam satu toko.


Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, sebelum memulai bisnis rumahan toko sembako, Anda harus paham dulu peluang dan risikonya. 

iReap POS
iReap POS lite vs pro. sumber: ireappos.com

Kedua, sejumlah tip di atas bisa diterapkan agar usaha toko sembako Anda makin sukses. Termasuk penggunaan aplikasi kasir iReap POS, baik versi iReap POS Lite maupun versi iReap POS Pro. Anda bisa memilih salah satu aplikasi kasir tersebut sesuai kebutuhan. Demikian ulasan mengenai Peluang Bisnis Sembako dan Tips Suksesnya. Sampai jumpa pada tulisan lainnya.

11 komentar:

  1. Wah, mantap nih buat orang-orang yang ingin membuka usaha jualan sembako bisa tercerahkan ya. Kini sudah ada aplikasi gratis maupun berbayar yang memudahkan transaksi dan pengelolaan keuangan. Yang berbayar 99K pun hitungannya termasuk terjangkau ya. Pembukuan jadi lebih rapi. Iya, kebersihan dan kualitas produk jualan mesti sangat diperhatikan. TFS mbak.

    BalasHapus
  2. riset sebelum buka usaha tuh penting banget biar lebih kokoh pondasinya. pembukuan juga ga kalah penting ya mba biar bisa ngetrack cash flownya, aku belum coba aplikasi inii semoga worth to try

    BalasHapus
  3. Bermanfaat banget nih mba, pembukuan yang rapi memang salah satu hal penting dalam membuka usaha. Apalagi kalau dimudahkan dengan aplikasi ini. Sepertinya menarik untuk dicoba.

    BalasHapus
  4. Memang usaha toko sembako tidak ada matinya ya mb. Akan selalu dibutuhkan, baik online maupun offline.

    Artikelnya lengkap sekali mb, mantul๐Ÿ‘๐Ÿป
    Sangat mencerahkan. Terutama untuk aplikasi keuangannya. Apalagi sangat mudah digunakan, tinggal instal di hp beres deh. Penting dan praktis ๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  5. berbisnis sembako memang pilihan yang bagus sih mengingat sudah pasti dibutuhkan masyarakat, hanya tetap diperlukan kecermatan dalam menangani risikonya. bagus nih ulasannya mba bening, jadi bisa sebagai panduan bagi yang ingin nyebur ke bisnis sembako.

    BalasHapus
  6. Pengen banget deh buka toko sembako di daerahku sedang mengumpulkan modal dulu, dengan bantuan aplikasi ini memudahkan kita bertransaksi dengan pembeli ya sekaligus ada catatan keuangan yang lebih rapi dan teratur

    BalasHapus
  7. Setuju sih selama ada manusia sembako akan terus dibutuhkan tp ya tetep harus riset pasar ya

    BalasHapus
  8. Enak nih kalo ada aplikasi keuangan yg bs bantu pantau. Bisnis sembako menjelang lebaran gini kayaknya lumayan yaa

    BalasHapus
  9. Mantap nih aplikasi kasir IReap nya. Bisa bantu manajemen keuangan tentunya ya. Meskipun usaha kecil tetap harus tertata

    BalasHapus
  10. Salah satu kuncinya saat membuka toko, sistem pembukuannya rapi. Jadi tau strategi tepat saat untung ataupun rugi. Alhamdulillah sekarang ada aplikasi iReap yang sangat membantu para pemilik usaha

    BalasHapus
  11. Wah bagus banget sih ini aplikasinya.. jadi bs keitung dengan benar berapa pemasukan dari penjualannya.. keren makasi ka infonya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Diberdayakan oleh Blogger.