Fungsi ISBN Buku, Wajib Tahu Nih

Ada yang masih bingung soal ISBN? Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas ya, mengenai ISBN, di artikel Yuk Mengenal ISBN Buku.

contoh ISBN buku

Nah, ringkasnya begini: ISBN adalah kepanjangan dari International Standard Book Number, atau dalam bahasa Indonesia angka standar buku internasional. Setiap buku yang diterbitkan oleh penerbit, maka wajib mencantumkan ISBN ini. Tiap ISBN unik, karena satu ISBN hanya digunakan oleh satu judul buku saja. Logo ISBN ini berbentuk barcode dan biasa ditemukan pada bagian belakang buku. Lalu, apa sih sebenarnya fungsi ISBN? Yuk cek Fungsi ISBN Buku, Wajib Tahu Nih.

ISBN Sebagai Identitas Buku

Setiap buku ada judul, penulis, penerbit, genre, dan juga tahun terbitnya. Nah jika ada banyak buku dari beragam penerbit berbeda, tentu punya cara pemberian identitas masing-masing. Oleh karena itu, ISBN diberikan agar pemberian identitas suatu buku menjadi seragam. Ini akan mempermudah identifikasi buku.

contoh ISBN di sampul buku

Fungsi ISBN di sini sebagai identifikasi setiap buku terbit, jadi tidak bisa sembarangan. Penggunaan ISBN secara umum diatur oleh kantor pusat ISBN di Berlin, Jerman. Di Indonesia sendiri, Perpustakaan Nasional merupakan Lembaga yang ditunjuk untuk mengatur penggunaan ISBN di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, setiap buku yang terbit, oleh penerbit pasti dimohonkan nomor ISBN.

Meski demikian, bagi sejumlah penulis, ada yang menganggap ISBN belum penting. Sejumlah penulis menerbitkan bukunya tanpa ISBN. Tetapi ada juga yang menerbitkan bukunya dengan identitas buku, tentu membutuhkan ISBN. Selain itu, dengan keberadaan ISBN, dapat membantu orang untuk bisa membeli buku sesuai dengan kebutuhannya tanpa risiko tertukar.


ISBN Sebagai Jaminan Kualitas dan Kredibilitas Buku

Sebagai identitas sebuah buku, ISBN bisa membantu untuk menentukan keaslian suatu buku. Artinya, buku yang telah memiliki ISBN memiliki legalitas untuk dipasarkan. Selain itu, buku yang berISBN juga dianggap aman untuk dipasarkan. Ini karena telah terjamin keaslian serta kualitasnya.

Mendapatkan ISBN buku bukanlah hal mudah dan tidak bisa sembarangan. Penerbit pasti memiliki tim editor yang berpengalaman serta profesional untuk memastikan isi buku yang akan diterbitkan nantinya berkualitas baik. Oleh karena itu, pantas jika ISBN dapat menjadi jaminan kualitas suatu buku.

ISBN Mendorong Bertambahnya Jumlah Penulis yang Menerbitkan Buku

Permohonan pengajuan nomor ISBN hanya bisa dilakukan oleh penerbit dengan sejumlah syarat. Oleh karena itu, bagi penulis yang ingin menerbitkan buku dengan ISBN, mereka harus bekerjasama dengan penerbit. Ini karena ISBN tidak dapat dibuat oleh perorangan.

angka ISBN buku

Untuk bisa mengajukan ISBN, penerbit juga harus memenuhi sejumlah syarat. Dan ini tidak gratis. Oleh karena itu, pengajuan ISBN tidak bisa sembarangan dilakukan. Kebutuhan akan ISBN inilah yang kemudian menjadi peluang bagi penerbit untuk mengajak lebih banyak penulis menerbitkan buku.

Ada beberapa genre buku yang paling banyak mengajukan ISBN, yakni fiksi, penelitian, modul (buku ajar), buku-buku terbitan pemerintah (grey literature) dan terjemahan.


ISBN Memperlancar Proses Distribusi Buku

Hampir sama dengan fungsinya sebagai identitas buku, ISBN juga membantu dalam proses distribusi buku. Buku yang berISBN dapat dengan mudah diidentifikasi dan dikelompokkan, sehingga dapat meminimalkan kekeliruan saat pemesanan buku.

Penerbit sendiri akan lebih mudah dalam mendistribusikan bukunya, sehingga tidak akan salah buku. Hal ini karena ISBN terdiri dari beberapa bagian yang berbentuk barcode, yakni pengenal kelompok (group identifier), pengenal penerbit (publisher prefix), pengenal judul (Title identifier), angka pemeriksaan (check digit), LAN Barcode untuk produk terbitan, dan ngka pemeriksaan setelah penggabungan dengan LAN Barcode

ISBN Sebagai Sarana Promosi

Bagi penerbit, dengan adanya ISBN bisa menjadi sarana promosi. Ini karena pencantuman ISBN dicatat dan disebarluaskan oleh Badan Nasional ISBN di Jakarta maupun Badan Internasional ISBN di Berlin, Jerman. Di Indonesia sendiri, lembaga yang berhak mengeluarkan ISBN di wilayah Indonesia adalah Perpustakaan Nasional RI.

Selain ISBN, di Perpustakaan Nasional RI juga terdapat Katalog Dalam Terbitan (KDT). KDT ini memuat informasi bibliografis yang dihasilkan oleh penerbit untuk dicantumkan juga di halaman balik judul sebagai kelengkapan suatu buku. Hampir sama seperti ISBN, keberadaan KDT ini juga bisa berfungsi sebagai promosi buku.


ISBN Menghidupkan Peran Perpustakaan Nasional

Data berupa ISBN dan KDT tentu ada di arsip Perpustakaan Nasional. Jika ada orang yang melakukan pencarian atau pengecekan di situs resmi Perpusnas, maka buku yang telah terdaftar dan memiliki ISBN maupun KDT akan muncul.

Keberadaan buku berISBN ini secara tidak langsung juga menghidupkan peran Perpusnas. Sebab, semakin banyak buku tercatat dalam sistem di Perpusnas, maka akan peran peran Perpusnas pun akan semakin terasa.

Selain itu, keberadaan informasi di Perpusnas ini juga dapat membantu mendistribusikan buku ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Ini artinya, semakin banyak buku yang lalu Lalang perpusnas.

ISBN Mendukung Perkembangan Literasi secara Umum

Dari beragam fungsi ISBN yang telah disebutkan di atas, pada akhirnya fungsi ISBN akan bermuara pada adanya dukungan dalam perkembangan literasi secara umum atau nasional.

ISBN mendorong jumlah penulis buku yang menerbitkan buku. ISBN juga mendorong muncul dan berkembangnya industri penerbitan. Secara ekonomi, hal ini akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, dengan semakin banyak buku yang tersedia dan beredar di masyarakat, pada akhirnya nanti juga akan mendorong minat baca masyarakat.

Siklus ini akan terbentuk dalam suatu jaring-jaring panjang, dan pada akhirnya bermuara pada semakin meningkatnya literasi nasional.


Demikian tadi beberapa fungsi ISBN dalam artikel Fungsi ISBN Buku, Wajib Tahu Nih. Selamat membaca dan sampai jumpa di artikel lainnya.
Fungsi ISBN Buku, Wajib Tahu Nih Fungsi ISBN Buku, Wajib Tahu Nih Reviewed by Bening Pertiwi on Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.