Review Buku Berbayar: Bonus Hobi Membaca

Daftar Isi [Tampil]
    Review buku adalah bentuk penghargaan atas sebuah buku, sejak mulai ditulis hingga berada di tangan pembaca. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat buku populer. Dan review buku adalah salah satunya. Tapi, apakah kamu berpikir kalau mereview buku saja bisa dibayar? Kalau iya, lanjutkan membaca ya.

    Penerbit umumnya senang jika buku yang mereka terbitkan dibaca bahkan dibuat ulasannya. Selain membuat buku lebih populer, review buku mendongkrak penjualan. Saat ini review buku banyak dilakukan secara online. Ada banyak situs review buku di luar sana, tapi mana yang terbaik?

    Apakah Semua Situs Review Buku Berbayar Sama?

    Mendapatkan bayaran setelah memublikasikan review buku adalah bonus menyenangkan. Bagiku yang menulis di blog sendiri, ‘bayaran’ seringkali berupa buku baru untuk diulas ataupun merchandise. Tidak selalu berupa uang.

    review buku dibayar

    Selain blog pribadi, sejumlah situs menerima review buku dari pengunjung situsnya dan memberikan timbal balik juga. Timbal balik atau bayaran ini tidak selalu berupa uang, dapat juga berupa buku baru atau berefek pada penjualan buku yang meningkat. Berikut ini beberapa situs yang memberikan ‘bayaran’ pada penulis review buku.

    #1 Goodreads

    Siapa sih book lover yang enggak kenal Goodreads? Situs ini adalah situs paling populer di industri penerbitan buku, pencinta buku, penulis hingga komunitas buku.

    Pada situs ini, kita bisa klaim profil dan mendapatkan badge yang memverifikasi itentitas kita. Kita juga dapat mengakses informasi statistik dari buku yang masuk daftar.

    Jadi, bagaimana Goodreads bermanfaat? Jika ingin buku jadi viral dan mendapat banyak perhatian, Goodreads bisa jadi tiketnya.

    Pada Goodreads, kita bisa sering menemui giveaway. Ini adalah cara yang biasa dilakukan penulis untuk menarik minat pembaca dan akhirnya menulis review buku mereka. Siapa saja yang biasa menulis review buku di Goodreads, bisa ikut undian giveaway tadi. Nah buku giveaway inilah yang jadi bayarannya. 

    Makin sering kita menulis review buku bagus dan diposting di Goodreads, maka makin besar kemungkinan untuk mendapatkan giveaway tadi.

    #2 NetGalley

    Daftar kedua situs yang memberikan bayaran pada reviewer adalah NetGalley. NetGalley dikenal sering memberikan Advanced Reader Copies berbentuk digital atau ARCs pada reviewer. Atau saat ini dikenal juga sebagai Digital Reader Copies (DRC).

    review buku berbayar

    ARC dan DRC artinya buku ini adalah buku khusus yang hanya diberikan pada pembaca tertentu sebelum secara resmi dicetak dan diterbitkan secara massal. Tujuannya agar diberi komentar dan direview.

    ARC dan DRC ini biasanya diberikan pada pembaca profesional, seperti reviewer, media, jurnalis, blogger, pustakawan, penjual buku, hingga host podcast. Pembaca profesioal ini menggunakan akun NetGalley mereka untuk mendapatkan buku, membaca lalu mereviewnya.

    Staf NetGalley menawarkan ARC atau DRC pada pembaca profesional tadi. Inilah bayaran mereka. Jadi, kalau ingin reviewmu dibayar, jadilah reviewer di NetGalley.

    #3 BookSiren

    Di BookSiren adalah lebih dari 10000 pembaca dari berbagai genre dengan rerata rating review 75%. Ini menjadikannya situs review buku terpercaya yang menarik untuk mendapat review buku.

    Tingginya rating review buku tadi karena mereka menggunakan review buku yang dibuat sebagai syarat agar diterima menjadi seorang reviewer di situs mereka. Sebelum diterima bergabung dengan BookSirens, kita butuh paling tidak 20 posting review di Goodreads.

    Jadi penulis bisa mengirimkan buku mereka pada tim BookSirens untuk dievaluasi. Setelah dikonfirmasi sebagai buku berkualitas baru bisa ditawarkan pada user mereka. Setelah buku diterima, tim BookSirens akan mengkategorikan buku sesuai genrenya agar pembaca mudah menemukan, mengunduh ARC dan mulai mmebaca.

    Nah bayaran pembaca di sini. Buku yang diberikan berupa ARC. Reviewer baru bisa download buku baru, jika mereka sudah membaca hingga akhir ARC yang didapat dan mengunggah review mereka.

    Fitur ini keren sih, karena pembaca tidak seperti hantu yang hanya baca dan tidak meninggalkan review sama sekali. Mereka harus fokus dan menyelesaikan satu buku dulu, baru bisa membaca buku lain.

    #4 Booksprout

    Booksprout ini mirip dengan BookSiren, karena dapat mengirim secara otomatis ARC pada lebih dari 40.000 user profesional mereka. Rerata rating review mereka bahkan mencapai 79%.

    Pada Booksprout, fokus mendapatkan review pada waktu khusus. Reviewer juga punya waktu terbatas untuk membaca dan menulis review buku mereka. Selain itu, Booksprout juga membatasi jumlah unduhan ARC, sesuai level subsriction mereka.

    Penutup

    Tiap situs review buku punya tujuan utama yang sama: meningkatkan eksposur, menemukan pembaca baru untuk buku yang diterbitkan, dan menambah jumlah review buku.

    review buku disukai pembaca

    Tidak semua situs ‘bersahabat’ dengan semua penulis. Pilih yang terbaik sesuai kebutuhan, dan paling sesuai dengan kebutuhan kita.

    Bagi reviewer, situs review buku memberikan kesempatan luas untuk mengasah kemampuan membaca kritis hingga menulis review buku yang bagus serta menarik. Bayaran yang didapat, berupa buku, adalah bonus yang tidak ada pembandingnya.

    Ssst, review buku berbayar juga bisa jadi cara dapat buku gratis untuk review buku. Kalau kamu ingin suasana baru, dan tidak hanya menulis review buku di media biasa atau blog pribadi, maka situs review buku di atas adalah pilihan yang bisa dicoba. Sampai jumpa pada tulisan lainnya.


    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.